Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Transfer Kuota Telkomsel Gratis Tanpa Biaya dan Potongan

9 Cara Transfer Kuota Telkomsel Gratis Tanpa Biaya dan Potongan - Paket data menjadi kebutuhan pokok yang sudah tidak terelakkan lagi di jaman serba modern. Berbagai pilihan paket sesuai kebutuhan pun tersedia sebagai komitmen telkomsel memanjakan pelanggan. Selain harganya murah, provider ini juga membelaki layanan prima dengan cara transfer kuota telkomsel ke sesama.

Pada dasarnya, fitur transfer kuota internet tidak akan bisa kalian temukan pada operator lain. Tak sebatas kirim pulsa saja, kini kita bisa saling berkirim paket data kepada teman dan keluarga. Selain menambah kuota internet, pelanggan juga akan mendapatkan masa aktif tambahan hingga 7 hari lamanya. Cara transfer kuota telkomsel bisa dinikmati oleh seluruh pengguna kartu AS, simpati, loop, dan HALO dengan syarat ketentuan berkaku.


Cara Transfer Kuota Telkomsel Gratis Tanpa Biaya dan Potongan
Transfer kuota telkomsel lewat aplikasi

Memiliki kuota berlebih dengan masa aktif yang tinggal sedikit memang sangat menyebalkan. Sehingga munculah anggapan rugi kalau tidak digunakan tapi misal kalian pakai juga untuk apa. Masalah ini sering dialami oleh pelanggan kartu AS dan simpati yang membeli paket internet volume kuota besar. Cara transfer kuota telkomsel ke sesama pun akhirnya banyak dicari oleh pengguna ponsel agar sisa paket data tidak hangus.

Apakah transfer kuota telkomsel gratis? Jika tidak, maka berapa biaya yang harus pelanggan bayarkan. apa syarat kirim kuota ke sesama simpati, kartu AS, dan Loop? Bagaimana cara mengatasi gagal pada saat pengiriman? Kita akan membahas jawabannya. Karena pada artikel kali ini saya ingin menjelaskan bagaimana cara mengirim paket data ke nomor sesama.

9 Cara Transfer Kuota Telkomsel Gratis Tanpa Biaya dan Potongan

Trik internet gratis menjadi salah satu hal yang paling banyak dicari oleh pengguna ponsel tanah air. Lewat trik tersebut kita tak perlu repot membeli kuota internet dan bisa menghemat pengeluaran bulanan. Nah, salah satu cara mendapatkan kuota internet cuma-cuma yakni dengan meminta kepada teman ataupun kerabat.

Apakah pelanggan bisa mengirim kuota ke sesama simpati, kartu AS, atau Loop? pertanyaan ini pernah terbesit di benak saya. Lazimnya tiap operator hanya menyediakan layanan transfer pulsa saja. Namun seiring berjalannya waktu provider pun membuka kemungkinan untuk saling berbagi kuota data. Hal tersebut seolah menjadi angin segar untuk sebagian orang karena kalian bisa mendapakan kuota gratis dari teman ataupun kerabat.

Meski berkirim data merupakan salah satu layanan bermanfaat namun tidak semua orang familiar dengannya. Buktinya masih banyak pelanggan tidak tau kalau ternyata telkomsel menyediakan layanan tersebut. Ditambah kurangnya sosialisasi dari operator membuat informasi cara kirim kuota internet ke sesama telkomsel menjadi semakin tertutup.

Namun seiring berjalannya waktu, cara transfer kuota telkomsel pun menjadi perbincangan hangat di forum-forum internet gratisan. Karena selain mendapatkan data internet gratis, masa aktif penerima pun juga akan bertambah hingga 30 hari (menyesuaikan nominal kuota yang dikirim). Karena masuk kategori transaksi jadi kalian bisa mengirim kuota lewat SMS, kode dial, dan tentunya aplikasi.

Apa Bisa Transfer Kuota Telkomsel ke Sesama

Dalam beberapa kesepatan saya sering menemui orang bertanya apakah ada cara transfer kuota telkomsel gratis ke sesama simpati, kartu AS, atau loop? tentu saja ada. Jawaban tersebut bahkan sudah dikonfirmasi oleh pihak operator melalui fitur kirim hadiah pada aplikasi resminya. Sayangnya, telkomsel tidak memberikan keterangan resmi ataupun SMS notifikasi terkait fitur itu sehingga memunculkan pertanyaan ambigu di kalangan pelanggan.

Cara transfer kuota telkomsel memiliki konsep yang hampir sama seperti berbagi pulsa ke nomor simpat dan kartu AS. Perbedaanya terletak pada objeknya yakni dalam bentuk pulsa dan data internet. Lazimnya ada tiga metode yang bisa dipakai untuk transfer kuota ke sesama telkomsel yakni lewat SMS, aplikasi mytelkomsel, dan kode dial USSD. Setiap cara memiliki langkah-langkah serta peluang keberhasilan berbeda antara satu sama lain.

Baca juga: Gagal Daftar Paket 4G Ceria Telkomsel (Penyebab dan Solusinya)

Dalam prakteknya, beberapa pelanggan mengeluh tidak bisa transfer kuota internet telkomsel karena suatu asalan. Kegagalan tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti syarat/ketentuan yang tidak terpenuhi, salah mengirim format. Cara kirim kuota telkomsel yang sudah tidak berlaku juga turut menjadi faktor utama kegagalan.

Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara transfer kuota telkomsel ke sesama tanpa biaya dan potongan sedikitpun. Setidaknya ada tiga metode yang akan saya ajarkan kepada kalian yakni kirim kuota lewat aplikasi, menggunakan format SMS, serta mengakses kode dial. Selain itu, kita kita juga akan mendalami beberapa penyebab gagal ketika proses pengiriman tersebut.

Cara Transfer Kuota Telkomsel Lewat MyTelkomsel

Mytelkomsel adalah aplikasi khusus operator yang memberikan beragam manfaat untuk semua usernya. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk kebutuhan transaksi pelanggan seperti membeli paket internet, paket nelpon, cek pulsa dan masa aktif. Tapi siapa sangka ternyata aplikasi mytelkomsel juga menawarkan segudang fitur yang wajib kalian eksplore.

Salah satunya yakni layanan kirim paket internet serta kuota spesifik ke nomor sesama. Kalian bisa pakai metode transfer data ke sesama untuk memperoleh data internet dari nomor lain. Metode satu ini dapat diterapkan untuk semua varian perdana baik simpati, kartu AS, dan loop.

Seingat saya ada biaya tambahan yang akan dibebankan oleh nomor pengirim. Jadi misal sejumlah pulsa terpotong secara tiba-tiba jangan kaget.

Cara Transfer Kuota Gratis

Setidaknya ada dua opsi yang bisa kalian pilih apabila ingin berbagi paket internet. Selain membelikan paket sebagai hadiah tentunya kalian juga bisa kirim kuota internet secara langsung. Cara transfer kuota telkomsel gratis lewat Mytelkomsel cukup mudah, silahkan simak tutorial berikut:

  1. Install mytelkomsel dan login menggunakan nomor kamu.
  2. Buka menu Features.
  3. Pilih Transfer Kuota.
  4. Input nomor penerima beserta jumlah kuota yang ingin kalian kirim.
  5. Contoh "081312004949", "100MB".
  6. Tap transfer untuk mulai mengirim.

Setelah mengalami banyak sekali perubahan kebijakan sepertinya pihak operator menghapus halaman features dan beberapa fungsi lain. Nah, cara transfer kuota telkomsel gratis menjadi salah satu layanan yang dihapus dan digatikan. Pada update aplikasi terbaru pelanggan sudah tidak bisa lagi mengirim kuota internet ke sesama nomor simpati maupun kartu AS.

Meskipun demikian kalian tetap bisa berbagi pulsa, kuota, maupun paket data lain melalui menu gift (hadiah). Keduanya memiliki konsep yang berbeda, jika sebelumnya kita mengirim sejumlah kuota dari paket internet yang sudah kalian  beli jauh-jauh hari. Sekarang pelanggan dapat membelikan paket internet dari menu gift dan mengirimkannya ke nomor tujuan.

Cara Transfer Paket Data (Gift Program)

Mengirim paket internet merupakan hal yang masih baru di kalangan pengguna ponsel. Tak semua orang tau bagaimana cara mendapatkan kuota gratis dari paket gift bahkan terkadang mereka salah mengartikannya. Padahal paket gift sendiri mengacu pada layanan bundling yang diberikan dari pelanggan ke nomor sesama.


Cara Transfer Kuota Telkomsel Gratis Tanpa Biaya dan Potongan
Kirim hadiah paket internet telkomsel

Bila sebelumnya kita belajar cara transfer kuota telkomsel gratis. Maka kali ini saya akan berikan tips berkirim paket internet ke sesama:

  1. Buka dan login ke aplikasi mytelkomsel.
  2. Dari dashboard masuk ke menu hadiah.
  3. Tap pilihan kirim hadiah.
  4. Masukan nomor tujuan.
  5. Pilih hadiah yang ingin dikirim (bisa berupa paket internet, nelpon, dll).
  6. Lakukan pembayaran.

Singkatnya apabila mengikuti program gift di atas sama seperti kita membelikan paket internet ke nomor yang dituju. Hadirnya fitur gift di mytelkomsel akhirnya menimbulkan pertanyaan baru. Apakah ada batasan paket yang dapat dikirimkan? Jujur saja, saya belum pernah memanfaatkan fitur ini sehingga tak mampu menjawab kebingungan tersebut.

Salah satu perbedaan cara transfer kuota telkomsel dan kirim paket internet terletak pada biaya dan potongannya. Jika pengirim dikenakan biaya ketika transfer kuota, maka tidak dengan kirim paket internet. Maknanya, pengirim akan dikenakan tarif yang sama layaknya sedang membeli paket internet pada umumnya.

Cara Transfer Kuota Telkomsel Lewat SMS

Pesan singkat sudah menjadi media alternatif untuk bertransaksi ketika ada masalah pada aplikasi maupun kode dial. Dalam dunia telekomunikasi, SMS dengan format khusus menjadi layaknya perintah absolut untuk melakukan sesuatu. Faktanya, ada banyak sekali format SMS yang dipakai untuk transaksi, misalnya INFO untuk cek status pemakaian, REG/UNREG untuk mendaftar layanan, dan TRF untuk menyatakan perintah.

Melalui cara inilah pelanggan bisa mengirim kuota internet secara gratis tanpa potongan. Hanya saja, baik pengguna kartu AS maupun simpati hanya memiliki dua pilihan untuk mentransfer kuota internet sebesar 100MB dan 1GB. Simaklah cara transfer kuota telkomsel gratis lewat format sms berikut:

  1. Buat SMS baru dengan format TRF (spasi) Jumlah kuota dalam MB (spasi) Nomor penerima.
  2. Contohnya TRF 100 081328836489.
  3. Kirim SMS tersebut ke nomor 3636.
  4. Tunggu beberapa saat maka anda akan mendapatkan SMS konfirmasi pengiriman kuota.
  5. Balas SMS dengan TRF YA.
  6. Selamat, anda sudah berhasil mengirim kuota telkomsel ke sesama.

Jika anda ingin mengirim kuota sebesar 1GB maka tinggal ganti nominal jumlahnya menjadi 1000. Karena kita harus mencantumkan nominal kuota dalam satuan megabytes (MB) pada format SMS tersebut. Dengan kata lain 1000MB jika dikonversikan sama dengan 1GB.

Berdasarkan informasi yang sudah saya himpun, ternyata cara transfer kuota telkomsel lewat SMS sudah tak lagi valid. Informasi tersebut sudah terkonfirmasi dan memang terbukti tidak wordk 100% untuk kartu AS, loop, dan simpati. Meski demikian, kalian masih tetap bisa mengirim kuota menggunakan beberapa opsi lain seperti dari kode dial, aplikasi, ataupun via paket gift.

Cara Transfer Kuota Lewat Kode Dial

Kode rahasia memberikan perintah dan akses ke banyak layanan operator seluler. Bisa dikatakan setiap provider memiliki kode dial yang berbeda-beda. Telkomsel misalnya, seluruh informasi pelanggan, pembelian produk, dan beragam pilihan lain dapat diakses melalui kode *363#. Pada mulanya layanan transfer pulsa/kuota dapat diakses melalui kode tersebut, namun seiring berjalannya waktu pihak operator memindahkannya.

Baca juga: Cara Setting APN Telkomsel 4G Unlimited Tercepat

Cara transfer kuota telkomsel lewat kode dial memang terdengar cukup mudah. Tapi setiap kode rahasia merepresentasikan fungsi yang berbeda-beda. Ada beberapa untuk membeli paket internet murah dan yang lainnya untuk cek info pemakaian (bonus, poin, masa aktif dll). Adapula kode rahasia untuk menjalankan perintah untuk kirim pulsa atau data internet ke sesama telkomsel.

Cara Transfer Kuota Telkomsel Gratis Tanpa Biaya dan Potongan
Kode Rahasia Untuk Mengirim Kuota Telkomsel

Sayangnya, hanya segelintir pelanggan yang mengetahui cara transfer kuota telkomsel gratis via kode dial karena minimnya sosialisasi dari operator tersebut. Mengutip informasi dari situs resmi telkomsel, ternyata pelanggan tetap bisa mengirim kuota internet ke nomor simpati dan kartu AS lewat kode USSD. Jumlah kuota yang bisa dikirim pun mencapai 500MB untuk satu kali transaksi.

  1. Dial kode *500*2#.
  2. Pilih 1 untuk berbagi data internet ke sesama.
  3. Input nomor penerima dan jumlah kuota yang ingin ditransfer dalam satuan MB.
  4. Lakukan konfirmasi pengiriman dengan pilih angka 1.

Cara transfer kuota telkomsel di atas tidak bisa serta merta dilakukan begitu saja. Mengapa demikian? karena pihak operator memberlakukan kebijakan yang mengatur pemakaian layanan. Dengan kata lain, kita harus memenuhi beberapa syarat terlebih dahulu sebelum berbagi kuota ke sesama pelanggan.

Misalnya saja masa aktif paket internet harus lebih dari 30 hari, setidaknya memiliki kuota flash sebesar 3GB, dan memenuhi batas wajar pengiriman harian. Meskipun sama-sama produk operator telkomsel namun kartu AS maupun simpati memiliki kebijakan yang berbeda. Syarat dan ketentuan transfer kuota telkomsel antara keduanya pun juga berbeda. Inilah salah satu poin penting harus digaris bawahi setiap pelanggan.

Syarat Transfer Kuota simPATI

Simpati adalah salah satu varian kartu telkomsel yang menyediakan beragam penawaran eksklusif lain daripada yang lain. Sebagai pelanggan setia simpati, kita bisa membeli paket internet volume kuota besar dengan harga termurah. Tekadang, saat masa aktif mendekati habis pun kuota dari paket internet simpati masih tersisa sangat banyak. Inilah alasan mengapa kita harus mengirim kuota tersebut agar tidak rugi karena tidak terpakai.

Apakah ada cara transfer kuota telkomsel gratis lewat kode dial yang valid? inilah pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna ponsel. Bukan perkara mudah mencari eksistensi kode rahasia tersebut mengingat tidak ada info resmi dari pihak operator. Tapi pelanggan simpati tetap bisa menggunakan kode dial yang sudah saya berikan pada sesi sebelumnya.

Sebelum mengirim kuota telkomsel kepada teman sesama pengguna simpati kita harus menegetahui beberapa syarat khusus terlebih dahulu. Hal ini menjadi penting karena jika salah satu syarat tidak terpenuhi maka proses transfer akan gagal. Berikut adalah beberapa hal yang harus kalian ingat sebelum kirim kuota internet simpati:

  1. Pelanggan hanya bisa mentransfer kuota internet ke nomor sesama simpati saja.
  2. Harus memiliki paket internet dengan kuota 3GB dengan masa aktif 1 bulan.
  3. Atau minimal pulsa Rp 60000
  4. Biaya transfer kuota per 100MB adalah Rp 1000, berlaku kelipatan.

Ketika anda berhasil kirim kuota internet telkomsel ke nomor simpati maka penerima akan mendapatkan sejumlah data yang bisa langsung dipakai. Selain itu, masa aktif paket internet pun juga bertambah dengna rentan waktu mulai 7 hari hingga 30 hari tergantung nominal kuota yang dikirim. Bagaimana, menarik bukan? jika anda tertarik mencobanya silahkan ikuti panduan kirim kuota di atas.

Syarat Transfer Kuota Kartu AS

Layaknya pengguna simpati, pelanggan kartu AS harus mematuhi syarat dan ketentuan transfer kuota telkomsel sebelum mulai berbagi ke nomor lain. Kartu AS sendiri merupakan produk perdana yang ditargetkan untuk pengguna kalangan menengah ke atas. Teori ini didasarkan pada harga paket internet dan beberapa tarif layanan kartu AS yang jauh lebih mahal dari perdana lainnya.

Walaupun begitu, masih banyak pengguna yang memakai kartu AS karena memang merasakan banyak manfaat. Privilege tersebut biasanya hanya bisa dipakai oleh nomor kartu AS lewat kode dial rahasia. Salah satunya adalah cara transfer kuota telkomsel ke sesama meskipun dengan harga yang sedikit mahal.

Baca juga: Cara Daftar Paket SMS Telkomsel Murah Unlimited ke Semua Operator

Jika anda memiliki kuota internet berlebih dengan masa aktif yang hampir habis tidak ada salahnya mengirimkannya ke teman/kerabat sesama pengguna kartu AS. Namun perhatikan terlebih dahulu beberapa syarat ketentuan berikut:

  1. Minimal harus memiliki kuota utama 800MB yang aktif selama 30 hari.
  2. Minimum pulsa Rp50000.
  3. Kuota internet hanya bisa dikirimkan ke sesama kartu AS.
  4. Biaya transfer untuk 100MB adalah Rp2000 (lebih mahal 1 ribu dari simpati).
  5. Sedangkan biaya transfer 1GB adalah Rp15000.
  6. Masa aktif bertambah 30 hari.

Apakah bisa transfer kuota dari kartu AS ke simpati maupun sebaliknya? tentu saja kalian dapat melakukannya. Meski kedua produk tersebut berbeda program tapi masih dalam satu lingkup provider yang sama. Hanya saja metode, syarat ketentuan, dan kode dial yang dipakai untuk berbagi data antara dua jenis kartu di atas berbeda.

Tidak Bisa Transfer Kuota Telkomsel

Transfer kuota telkomsel gagal terus? problematika ini banyak dialami oleh pelanggan meski sudah mengikuti langkah langkah secara tepat. Sering kali penyebabnya muncul dari hal sepele seperti salah input nomor, syarat yang belum terpenuhi, dan lain-lain. Tapi ada kalanya hal itu juga disebabkan karena faktor internal dari pihak operator yang menghapus layanan transfer kuota.

Hadirnya cara transfer kuota telkomsel ke sesama memang memberi banyak manfaat untuk masing-masing pihak. Pihak pengirim bisa menyalurkan data agar tidak hangus sedangkan penerima akan terbantu karena tak perlu membeli paket internet. Namun fitur bermanfaat tersebut tidak sepenuhnya diketahui oleh pengguna ponsel karena minimnya publikasi.

Seiring berjalannya waktu ternyata banyak pelanggan kartu AS, simpati, dan loop yang mengeluhkan tidak bisa transfer kuota telkomsel ke nomor sesama. Penyebabnya tak lain karena fitur pada aplikasi hilang, kode dial tak dapat diakses, dan lain sebagainya.

Setelah saya cek ternyata keluhan tersebut benar adanya karena di aplikasi saya memang tidak ada. Sehingga pihak operator terkesan menonaktifkan layanan kirim kuota gratis ke sesama secara sepihak. Dengan matinya trik di atas tentu menimbulkan kerugian tersendiri dari segi pelanggan. Lantas apakah ada cara lain agar kita mendapatkan kuota gratis telkomsel?

Pengalaman Pribadi Transfer Kuota

Setelah melakukan riset saya menemukan layanan yang mampu mengirim paket internet tertentu ke nomor lain. Layanan satu ini mirip seperti cara transfer kuota telkomsel di atas hanya saja dengan skala lebih besar karena seluruh paket yang akan dikirim. Singkat cerita, teman atau kerabat bisa membelikan paket internet tertentu yang nantinya seluruh data dan masa aktif akan masuk ke nomor kalian.

Menurut saya pribadi cara dapat kuota gratis telkomsel dengan meminta paket data tersebut lebih efektif. Mengapa demikian? karena dari segi harga lebih murah daripada paket konvensional yang ada di menu *363#. Selain itu, pengirim juga tetap akan memperoleh privilege tersendiri. Yakni POIN yang nantinya bisa ditukar berbagai produk menarik, serta tambahan masa aktif mulai dari 7 hari sampai satu bulan.

Itulah cara transfer kuota telkomsel gratis yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Sebagai operator seluler, telkomsel bisa menonaktifkan ataupun merubah kebijakan layanan kirim kuota internet tersebut sewaktu-waktu.

Oleh karenanya, manfaatkanlah kesempatan ini untuk berbagi ke sesama pengguna kartu AS dan simpati. Jika ada pertanyaan ataupun informasi yang sudah tidak valid pada artikel di atas silahkan ajukan lewat kolom komentar.

Posting Komentar untuk "9 Cara Transfer Kuota Telkomsel Gratis Tanpa Biaya dan Potongan"