Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting APN Telkomsel Tercepat 4G dan 5G Unlimited

Cara Setting APN Telkomsel Tercepat 4G dan 5G UnlimitedMengganti APN adalah salah satu cara mempercepat internet menjadi lebih optimal ketika tengah berselancar di dunia maya. Meskipun pihak operator sudah punya settingan otomatis atau default, namun tetap saja kecepatan yang didapat masih kurang maksimal. Terlebih lagi untuk aktivitas gaming, streaming, dan download yang notabennya memerlukan koneksi internet stabil. Maka dari itu, sebagai alternatif kita bisa mengubah APN default menjadi APN telkomsel tercepat lewat menu pengaturan.

cara setting APN telkomsel dengan server paling cepat dan stabil
APN telkomsel Tercepat

Prinsip kerja APN tersebut adalah sebagai penghubung antara smartphone dengan jaringan internet. Seluruh ponsel memiliki fitur tersendiri untuk mengatur penggunaan nama akses poin tersebut tanpa terkecuali. Jika dalam smartphone tidak terdapat Access Point Names maka tidak akan bisa dipakai untuk berkomunikasi baik SMS/Nelpon.

Mengganti APN telkomsel dafault merupakan trik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pelanggan. Alih-alih menggunakan APN default, cara setting APN Telkomsel 4G secara manual hadir untuk mempercepat internet dan menstabilkan jaringan. Melalui menu pengaturan, user bisa leluasa mengubah server, proxy, port dan sebagainya yang berhubungan dengan konfigurasi jaringan ponsel.

Bagi anda para pengguna kartu AS dan simpati tentunya harus mengetahui pengaturan APN Telkomsel tercepat agar akses internetnya lebih stabil. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mengubah APN Telkomsel unlimited tercepat. Apakah anda tertarik ingin mempercepat internet telkomsel menggunakan metode ganti APN? jika iya silahkan simak penjelasan di bawah hingga selesai.

Cara Setting APN Telkomsel Tercepat 4G dan 5G Unlimited

Setiap provider baik itu XL, Indosat, Smartfren ataupun Axis memiliki settingan APN berbeda-beda. Termasuk juga dengan APN default yang terdapat pada perdana kartu AS dan simpati. Oleh karena itu ketika kita memasukkan kartu perdana ke dalam smartphone secara otomatis sudah tersedia pengaturan APN dan ponsel siap digunakan. Jadi kita tidak perlu repot untuk setting APN telkomsel tersebut.

Meskipun demikian, terkadang APN bawaan dari smartphone memiliki jaringan 3G dan 4G yang tidak stabil. Contohnya pengguna Telkomsel yang berada di pedesaan atau pinggiran kota memiliki sinyal yang naik turun. Sehingga menyebabkan adanya delay atau lag parah ketika dipakai untuk bermain game, streaming, ataupun sekedar browsing biasa. Hal ini disebabkan karena setting APN Telkomsel 4g pelanggan tersebut masih default bawaan kartu.

Baca juga: Cara Setting APN Smartfren 4G Unlimited Tercepat

Untuk mengatasi masalah jaringan lemot tersebut, pihak Telkomsel memberikan beberapa opsi. Salah satunya adalah server APN Telkomsel tercepat yang memungkinkan pelanggannya mendapatkan jaringan yang lebih kuat dan stabil. Namun cara setting APN Telkomsel menuntut kita harus hati hati karena salah sedikit saja ponsel kita malah tidak bisa tersambung ke internet. Maka dari itu saya telah merangkum langkah-angkah serta beberapa server proxy untuk mempercepat internet kalian.

Sebagai catatan, artikel ini akan selalu saya perbarui untuk menjaga konten/isi tetap update dengan kebutuhan pembaca. Update tersebut meliputi pembaruan server APN telkomsel, cara mengganti APN, dan cara mempercepat jaringan khusus untuk kartu AS simpati dan loop. Informasi terbaru telah saya himpun dan letakan di bagian awal artikel agar kalian mudah membacanya.

Cara Setting APN

Pentingnya mengganti APN telkomsel telah disadari oleh banyak pengguna operator seluler satu ini. Tidak hanya untuk menambah kecepatan internet telkomsel saja, melainkan juga untuk membuat koneksi menjadi lebih stabil. Pasalnya dalam beberapa kasus sering terjadi masalah seperti sinyal 4G hilang yang menyebabkan internet lemot bahkan tidak terhubung ke jaringan.

Pengguna awam biasanya hanya akan pasrah ketika mendapati hal demikian. Tindakan yang diambil pun mungkin hanya sebatas reset paket data saja. Yakni dengan menghidupkan lalu mematikan mode pesawat agar ponsel kembali menangkap sinyal 4G. Tapi kalian tak bisa terus bergantung pada metode tersebut bukan?

Problematika di atas akhirnya menimbulkan pertanyaan di tengah masyarakat. Bagaimana cara setting APN tercepat? Meskipun dalam situs telkomsel ataupun aplikasi resmi tidak dijelaskan, kita bisa mencari triknya lewat internet. Adapun cara setting APN tercepat Tekomsel 4G unlimited yaitu sebagai berikut:

  1. Langkah pertama adalah membuka menu Pengaturan/Setting di smartphone anda.
  2. Setelah itu pilih Koneksi - Jaringan Internet - Access Point Names (APN).
  3. Untuk anda yang menggunakan single SIM pada smartphone hanya tinggal memilih menu APN atau Nama Poin Akses nya saja.
  4. Namun jika dalam smartphone anda terdapat dual SIM maka harus memilih salah satu sim yang akan di setting APN Telkomselnya.
  5. Kemudian klik pada bagian Tambah atau simbol (+) untuk menambahkan APN 4G Unlimited terbarunya.
  6. Selamat, kalian sudah selesai setting APN telkomsel.

Apapun provider yang kalian pakai sebenarnya sudah tersedia pengaturan akses poin secara otomatis ketika kartu dimasukkan ke dalam ponsel. Maknanya kita tidak perlu repot mengganti APN default bawaan hp. Namun tidak menutup kemungkinan untuk melakukan peningkatan jaringan guna memperoleh performa lebih baik.

Untuk mempercepat internet kalian perlu server APN telkomsel tercepat dan ping stabil. Setelah memperoleh data APN maka barulah kita bisa memasukannya ke pengaturan ponsel masing-masing. Saya telah merangkum beberapa pengaturan APN simpati, kartu AS, dan loop dari berbagai forum untuk menunjang kebutuhan anda.

APN Telkomsel Internet Gratis

Di tahun ini pihak operator tecatat sudah memiliki lebih dari 200 juta pelanggan aktif yang tersebar di penjuru Negeri. Selalu terhubung ke internet pun sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat sebagai dampak perkembangan jaman. Lonjakan pengguna yang tidak bisa diitampun terkadang membuat koneksi menjadi lamban di jam-jam tertentu.

Misalnya saja jam siang (10.00-14.00) dimana semua orang sedang istirahat atau memiliki waktu luang untuk memakai ponsel. Akses bersamaan melalui satu gateway tentunya akan membuat lalu lintas sambungan data padat dan akhirnya menjadi penyebab internet lemot.

Untuk menghindari traffic collision akibat padatnya pemakaian pelanggan harus mengatur ulang APN telkomsel secara manual. Siapa sangka? Selain menyediakan paketan murah ternyata pihak operator juga menawarkan akses internet gratis yang dapat diatur sendiri. Lewat APN telkomsel internet gratis kita bisa memaksimalkan koneksi menggunakan gateway private yang hanya sedikit orang mengetahuinya.

APN Telkomsel 4G Terbaru:

DataAPN
APN NameTELKOMSEL
UsernameKosongi
PasswordKosongi
Proxy202.2.208.129
Port8080
ServerKosong

Setelah saya coba ternyata settingan nama akses poin di atas valid untuk kartu AS dan simpati pada jaringan 3G 4G. Walaupun begitu kita harus tetap cek kecepatan internet terlebih dahulu memakai speedtest. Dalam beberapa kasus, pelanggan masih merasa pengaturan APN telkomsel 4G diatas lemot dan tidak stabil. Untuk mengatasinya silahkan gunakan settingan lain sesuai kebutuhan masing-masing.

APN Telkomsel Tercepat

Pengaturan Access Point Names Telkomsel dapat dilakukan sendiri untuk mempercepat internet dan mendapatkan stabilitas yang lebih baik. Penggantian APN ini bisa kita lakukan pada semua kartu baik itu simPATI, Kartu AS, maupun Loop. Kita hanya perlu menambah dan sedikit mengganti default setting menjadi server APN telkomsel tercepat ataupun yang bersifat unlimited.

Di lain sisi, ada banyak sekali server yang mengklaim mampu memberi privilege di atas. Pelanggan harus selektif ketika hendak memilih akses poin karena tak semua work dan masih live. Ada kalanya proxy terlalu banyak dipakai oleh user lain sehingga kelebihan beban. Bukannya mempercepat tapi koneksi pun malah berubah tidak stabil.

APN AHA merupakan salah satu alternatif setting APN telkomsel tercepat yang sangat direkomendasikan. Tidak hanya digunakan oleh telkomsel saja, bahkan provider lain seperti smartfren, tri, dan axis juga bisa menggunakan server AHA. Dari sini tentu sudah terbayang bagaimana kuatnya jaringan APN AHA.

Cara setting APN telkomsel tercepat bersifat global satu ini juga cukup mudah. Langkah langlahnya pun telah saya bahas pada sesi sebelumnya. Kalian hanya perlu masuk ke menu pengaturan pada ponsel masing-masing. Selanjutnya samakan settingan APN di ponsel dengan APN 4G unlimited tercepat di bawah ini:

DataTelkomsel Tercepat
NameAHA
APNTELKOMSEL.R
UsernameKosongkan
PasswordKosongkan
Proxy10.7.246.194 / 54.72.9.71
Port80
ServerKosongkan
MMSCNot Set
Proksi MMSNot Set
Port MMSNot Set
Tipe OtentikasiPAP/CAP
Tipe APNDefault
Protocol APNIPV4/IPv6
Protocol Jelajah APNIPV4/IPv6
BearerLTE
Tipe Operator Jaringan-
Catatan: Meskipun ada dua jenis, tapi kalian bisa memasukan proxy saja dalam pengaturan. Cobalah untuk tes terlebih dulu masing-masing proxy untuk hasil yang lebih maksimal. 

Bagaimana kalau koneksi internet telkomsel sama saja? kita bisa menggantinya dengan yang masih baru. Secara garis besar ada banyak sekali metode dan server setting APN telkomsel tercepat saat ini. Kita bisa mencari referensinya di internet maupun forum diskusi internet gratisan. Namun salah satu akses poin yang menjadi andalan para penikmat internet adalah APN 4G LTE telkomsel. Seperti apa settingannya? silahkan simak pada penjelasan di bawah.

APN Telkomsel 5G

Seiring berjalannya waktu industri telekomunikasi terus mengalami perkembangan signifikan. Hal ini terbukti dari munculnya teknologi pancaran sinyal terbaru yang diklaim memiliki kualitas 10 kali lebih baik dari pendahulunya.

Berdasarkan press release hanya ada 2 provider yang mengantongi izin untuk mengembangkan paket internet 5G. Pemenang lelang frekuensi 5G tersebut tak lain adalah telkomsel dan smartfren. Meski demikian sampai sekarang keduanya masih belum merilis paket kuota 5G.

Untuk menyambut modernisasi teknologi itu vendor ponsel ternama pun mulai meluncurkan produk yang support sinyal 5G. Misalnya xiaomi poco GT, samsung note 20 ultra, samsung s21, Iphone 13 pro max, dan beberapa merk lainnya. Bahkan muncul pula rumor di internet cara mengubah sinyal 4G menjadi 5G. Apakah bisa? menurut saya teori itu sangat keliru.

Kalau kalian mencari cara setting apn telkomsel 5G saya rasa hal itu belum mungkin untuk dilakukan. Mengapa demikian? karena frekuensi 5G telkomsel masih dalam tahap uji coba dan pengembangan. Jadi, lebih baik kita menunggu peluncuran produknya setelah teknologi tersebut benar-benar matang.

Beberapa waktu lalu saya menyempatkan membuka situs resmi telkomsel dan mencari informasi dengan keyword "APN 5G" di search bar. Sayangnya provider merah masih belum mencantumkan produk atau info apapun terkait frekuensi sinyal terbaru tersebut.

APN Telkomsel 4G

Kecepatan merupakan faktor penting yang mempengaruhi kenyamanan dalam menggunakan internet. Telkomsel telah menjadi penyedia paket internet murah sejak lama di Indonesia. Provider ini juga sudah mengaplikasikan teknologi LTE yang diklaim memiliki kecepatan sangat tinggi. Namun, karena persebaran sinyal yang belum merata akhirnya banyak yang belum menikmati akses internet telkomsel 4G.

Hal ini biasanya terjadi ketika kalian berpindah dari kota menuju daerah pedesaan yang notabenya masih belum terjaman infrastruktur. Secara otomatis pelanggan telah berada di luar zona telkomsel dan perlu mengonfigurasi sinyal ponselnya.

Cara setting APN telkomsel 4G tercepat

Jaringan internet lemot tentu pernah dirasakan oleh semua pengguna kartu telkomsel baik itu simPATI, kartu AS, maupun Loop. Penyebabnya tidak lain adalah server jaringan yang down atau dalam maintenance. Untuk mengakalinya kita bisa setting APN telkomsel 4G LTE dari yang semulanya default.

Hal ini tentunya bertujuan untuk mempercepat internet smartfren dan membuatnya ping stabil. Cara setting APN 4G telkomsel juga sangatlah mudah, samakan settingan APN ponsel anda seperti di bawah ini:

DataDeskripsi
NamaAPN Telkomsel 4G
APNInternet
ProxyKosongi
PortKosongi
Username-
Password-
Server-
Proxy MMSKosongi
Port MMSKosongi
MCC510
MNC10
Tipe Otentikasi-
Tipe APNdefault,supl
Protocol APNIPv4
Protocol JelajahIPv4
BearerLTE
Tipe MVNONone
Nilai MVNO-

Pastikan untuk selalu berhati hati dalam melakukan setting APN telkomsel 4G seperti pada tabel. Pasalnya jika terdapat kesalahan yang ada kartu kita tidak akan bisa mengakses internet sama sekali. Lantas bagaimana kalau setelah mengganti pengaturan di atas kecepatan masih sama saja? langsung ganti dengan akses poin lain.

Namun dalam beberapa kasus terdapat kegagalan dalam setting APN telkomsel tercepat disebabkan karena merk hpnya. Memang hal ini terkesan sangat aneh, namun faktanya memang demikian. Ambil saja contoh hp Xiaomi dan Iphone. Kedua ponsel ini memiliki server APN dan pengaturan APN yang berbeda.

APN Telkomsel HP Xiaomi

Xiami adalah merk atau vendor yang menyediakan ponsel dengan harga yang cukup murah. Karena kelebihan tersebut masyarakat pun banyak memakai device bermerk xiaomi sebagai gawai mereka. Meski demikian tapi tak serta merta membuat kualitas hp dari cina ini mumpuni dan terhindar dari masalah.

Faktanya banyak pelanggan dari provider ternama yang mengeluh internet lemot. Beberapa spekulasi pun mencuat seperti hp xiaomi tak mampu menangkap transmisi sinyal 4G secara sempurna. Maka dari itu pengguna pun harus memutar otak mencari solusi problematika di atas.

Pada dasarnya kita memang tidak bisa langsung menyimpulkan cara setting APN telkomsel 4G pada semua hp sama saja. Faktanya terdapat beberapa hp xiaomi yang membutuhkan settingan khusus. Wajar saja jika beberapa pelanggan xiaomi sering mengeluh internet telkomsel di ponselnya terasa lemot dan tidak stabil.

Selain pada xiaomi, masalah gagal setting APN juga sering dialami oleh pengguna Iphone. Maka dari itu kita harus menemukan konfigurasi yang lebih spesifik. Untuk mengatasinya, pelanggan bisa setting APN telkomsel 4G khusus untuk ponsel Xiaomi.

DataDeskripsi
NamaAPN Xiaomi
APNsabartbs5
Proxy203.6.149.156
Port80
Username-
Password-
Server8.8.8.8
Proxy MMSNot Set
Port MMSNot Set
MCC510
MNC10
Tipe OtentikasiPAP/CAP
Tipe APNdefault,supl
Protocol APNIPv4/IPv6
Protocol JelajahIPv4/IPv6
BearerLTE

APN Sabartbs merupakan server khusus yang diperuntukkan pengguna hp xiaomi. Jika anda pengguna hp xiomi, maka silahkan ubah konfigurasi default APN ponsel anda menjadi setting APN Telkomsel tercepat hp xiaomi seperti pada tabel. Misal kalian menggunakan ponsel merk lain alangkah baiknya jangan memakai pengaturan di atas.

Setting APN Telkomsel Iphone

Iphone merupakan ponsel pintar dengan label eksklusif dan memiliki segudang kelebihan. Salah satunya adalah tingkat keamanan yang sangat tinggi. Sistem operasi Iphone pun berbeda dengan smartphone pada umumnya. Jika smartphone menggunakan android maka Iphone menggunakan IOS. Oleh karenanya kedua platform ponsel tersebut juga memiliki pengaturan jaringan yang berbeda.

APN telkomsel tercepat khusus Iphone

Ponsel Iphone juga terbagi menjadi beberapa versi mulai dari iphone keluaran lama hingga terbaru. Namun pada dasarnya cara setting APN telkomsel Iphone sama saja. Mudah untuk dilakukan asalkan kita mengetahui server tercepat. Jika ponsel anda berplatform Iphone, maka silahkan ikuti langkah di bawah ini:

  1. Masuk ke menu pengaturan.
  2. Pilih data ponsel.
  3. Masuk ke jaringan data ponsel.
  4. Pilih APN.

Setelah berhasil masuk pada menu jaringan ponsel kita akan disuguhkan settingan dengan beberapa bagian. Lebih tepatnya 3 bagian yakni Cellular data, LTE set-up, dan MMS. Samakan setting APN telkomsel 4G di Iphone pada setiap bagian seperti di bawah ini.

Data selular:

  • APN: telkomsel
  • Username: wap
  • Password: wap123

LTE set-up (yang ini opsional, bisa ada bisa tidak):

  • APN: kosongkan
  • Username: kosongkan
  • Pass: kosongkan

MMS:

  • APN: MMS
  • Username: wap
  • Pass: wap123
  • proxy: not set
  • MMSC: mms.telkomsel.com
  • Message size:1048576
  • MMS UA URL: www.apple.com/mms/uaprof.rdf

Cara setting APN telkomsel tercepat iphone memang sangat berbeda dengan pengaturan ponsel pada umumnya. Kuatnya sistem enkripsi menjadi kendala utama mengapa mencari server khusus ponsel IOS sangatlah susah.

Banyak teman saya mengeluhkan lag ketika bermain game online seperti mobile legends bahkan setelah mereka mengganti APN telkomsel IPhone sekalipun. Oleh karena itu, jika anda menemukan server APN Iphone selain di atas silahkan cantumkan dalam kolom komentar.

Setting APN Telkomsel Mobile Legends

Game online menjadi kegiatan yang sedang naik daun di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan bermunculannya turnamen dan tim e-sports di setiap daerah. Peminat dari game online pun juga semakin banyak setiap tahunnya. Misalnya saja game mobile legends yang sudah banyak dikenal hampir di semua kalangan.

Game mobile legends menuntut koneksi internet cepat dan stabil dalam spesifikasi minimumnya. Tidak heran jika banyak pemain game online sering mengganti setting APN telkomsel 4G mereka menjadi pengaturan tercepat. Pasalnya, koneksi yang buruk akan mempengaruhi performa dan hasil permainan. Bisa dibilang koneksi internet menjadi salah satu penentu kemenangan dalam game online.

Terdapat banyak rekomendasi access point name yang bisa dipakai untuk mempercepat internet telkomsel 4G. Ubahlah default APN telkomsel pada ponsel anda, dan samakan settingan seperti tabel di bawah:

DataDeskripsi
NamaAPN Mobile Legends
APNsabarbrn8
Proxy157.240.7.32
Port80
Username-
Password-
Server8.8.8.8
Proxy MMSNot Set
Port MMSNot Set
MCC510
MNC10
Tipe OtentikasiPAP/CAP
Tipe APNdefault,supl
Protocol APNIPv4/IPv6
Protocol JelajahIPv4/IPv6
BearerLTE

Dalam memainkan game online khususnya mobile legends tentu kita memerlukan koneksi internet yang tidak hanya cepat namun juga stabil. Ada kalanya meski kita telah mengganti APN Telkomsel tercepat tetap saja kita masih mendapat efek lemot ketika bermain game online. Solusinya silahkan ganti pengaturan default ponsel menjadi APN Telkomsel mobile legend di atas.

Setting APN Telkomsel Ping Stabil

Stabilitas memang sudah jadi salah satu tolak ukur apakah jaringan dikatakan baik ataupun tidak. Sadar atau tidak kita memerlukan bandwith yang lebih besar pada saat melakukan aktivitas berat. Misalnya streaming youtube atau netflix di hp masing-masing. Oleh karenanya banyak yang cari cara mempercepat internet telkomsel melalui pengaturan APN.

Di lain sisi, ternyata masih ada sebagian pelanggan yang mengeluh kalau ping mereka mengalami lonjakan naik turun. Mungkin kalian tak akan merasakannya apabila hanya sebatas chattingan whatsapp. Tapi anomali itu tentu membuat pengalaman streaming, browsing, dan gaming jadi kurang menyenangkan.

Mempertimbangkan kebutuhan itu akhirnya saya pun coba mengembangkan cara setting APN telkomsel ping stabil. Bukan perkara mudah memang memenuhi ekspektasi pembaca yang terus merasa kurang meski sudah berhasil mempercepat internet telkomsel. Tapi demi kredibilitas yang sudah terbangun dan terjaga tak ada salahnya bila kita mengorek kembali info terkait APN ping stabil telkomsel.

NAMA APNTelkomsel PING Stabil
APNomnitel
Usernameomni
Passwordomni
Proxy-
port-
Server54.251.190.247
MCC510
MNC11
MMSC-
MMS Proxy64.227.23.88
MMS Port8118
AuthenticationPAP CHAP
APN Typedefault,supl,mms
APN ProtocolIPv4
Roaming ProtocolIPv4 IPv6

Jujur saja saya belum pernah coba menggunakan APN telkomsel tercepat dengan klaim ping stabil pada tabel tersebut. Tapi berdasar informasi yang saya rangkum dari situs terpercaya mengatakan kalau server dan DNS dari omnitel dapat menjadi solusi ping naik turun.

Setting APN Telkomsel Gojek dan Grab

Semua orang pasti sudah sangat familiar dengan platform aplikasi ojek online. Untuk mengakses aplikasi itu kita memerlukan koneksi internet. Tapi pengaturan kali tidak dutujukan untuk konsumen melainkan mereka yang berprofresi sebagai driver.

Grab dan gojek masuk kategori pekerjaan yang memerlukan akses internet setiap saat untuk menerima orderan. Mereka yang menekuni bidang pengantaran baik paket, makanan, atau penumpang hendaknya memiliki koneksi internet stabil.

Agar tetap prima driver ojol wajib memiliki paket internet dengan kualitas yang mumpuni baik dari segi kuota, stabilitas, serta kecepatan. Karena sedikit saja ping naik turun maka tingkat akurasi maps akan menurun.

Dalam beberapa kasus, proxy dan DNS telkomsel juga kerap dipakai sebagia bahan untuk internetan gratis. Semua itu berkat bug OPOK yang sedang beredar sehingga para driver bisa lebih hemat tak selalu membeli kuota. Apabila kalian tertarik juga mengonfigurasi APN ping stabil untuk ojek online maka simaklah tabel di bawah:

NAMA APNTelkomsel GOJEK
APNdata.lycamobile.fr
Usernamelmfr
Passwordplus
Proxy-
port-
Server8.8.8.8
MCC510
MNC10
MMSC-
MMS Proxy198.211.117.231
MMS Port80
AuthenticationPAP CHAP
APN Typedefault,supl,mms
APN ProtocolIPv4
Roaming ProtocolIPv4 IPv6

Jujur saja saya belum pernah mempraktekan cara setting APN telkomsel tercepat untuk gojek dan grab. Pasalnya saya sendiri tidak melakoni pekerjaan sebagai driver ojol. Tapi semua sepakat apabila membutuhkan akses internet cepat dengan ping stabil. Maka dari itu, tak ada salahnya apabila kita ganti default akses poin menggunakan APN telkomsel gojek tersebut.

Setting APN Telkomsel 3G

Internet 3G merupakan tipe koneksi internet satu level di bawah jaringan 4G. Bisa dikatakan kecepatan 3G terpaut jauh di bawah penerusnya. Meski mulai ditinggalkan tapi ternyata pihak operator masih melakukan maintenance di jaringan 3G. Hal ini dibuktikan dengan existensi paket internet 3G yang masih bisa kalian beli lewat kode dial.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut pegguna ponsel berbasis 3G biasanya mengubah dan setting APN telkomsel 3G agar jaringan lebih stabil. Tidak hanya itu saja, banyak pelanggan dengan hp 4G yang juga turut mengganti pengaturan miliknya menjadi 3G ketika jaringan 4G tidak stabil. Untuk mempercepat internet 3G anda silahkan samakan setting APN telkomsel seperti di bawah ini:

DataDeskripsi
NamaTelkomsel Global 3G
APNTelkomsel
ProxyKosongkan
PortKosongkan
Usernamewap
passwordwap123
ServerKosongkan
MMSCNot Set
Proxy MMSNot Set
Port MMSNot Set
MCC510
MNC10
Tipe OtentikasiPAP
Tipe APNdefault,supl
Protocol APNIPv4
Protocol JelajahIPv4
Disable/EnableEnable APN
BearerUnspecified
Tipe MVNONone
Nilai MVNONone

Meskipun jaringan 4G sudah semakin berkembang dan menyebar, namun pihak operator tidak melupakan pelanggannya yang masih menggunakan jaringan 3G. Hal ini dibuktikan dengan adanya server APN Telkomsel 3G tercepat android diatas. Kita juga bisa mengubah settingannya dengan server lain yang sama cepatnya.

Baca juga: 12 Paket Internet Simpati Bulanan Termurah di Bawah 50 Ribuan

Selain settingan APN Telkomsel tercepat di atas, anda juga dapat melakukan eksperimen agar koneksi internet pada smartphone menjadi lebih cepat dari biasanya. Caranya yaitu dengan melakukan penggantian data sensitif seperti:

  • Nama : (Nama Bebas)
  • APN : sabartbs / TELKOMSELBRN1 / sabarbrn (pilih satu APN diantara pilihan tersebut)
  • Proxy : 157.240.7.32 / 10.1.89.130 (pilih satu proxy diantara pilihan tersebut)
  • Port : 80 / 8000 (pilih satu port diantara pilihan tersebut)

Namun ketika anda memutuskan untuk bereksperimen haruslah berhati hati. Tentu kita tidak ingin ponsel kita rusak dan tidak bisa digunakan untuk mengakses internet. Kita juga harus menghafalkan setting APN telkomsel default untuk berjaga jaga jika ingin mereset settingan. Lantas seperti apa settingan default dari telkomsel? silahkan simak pada penjelasan di bawah.

APN Telkomsel Otomatis (Default)

Gagal saat mengatur akses poin merupakan hal biasa yang sering dialami oleh pengguna ponsel. Alih-alih mampu mempercepat internet, pelanggan justru akan dipusingkan karena ponselnya tidak terhubung ke jaringan. Di lain sisi, kita pun tak bisa menampik fakta bahwa sedikit saja kesalahan memasukan server akan membuat settingan di ponsel menjadi error.

Seperti yang sudah saya jelaskan dalam sesi sebelumnya bahwa setiap operator memiliki pengaturan jaringan berbeda-beda. Lazimnya, pada saat pertama aktivasi kartu SIM akan langsung menggunakan APN default bawaan dari provider itu sendiri. Maknanya, ketika kalian mendaftarkan kartu AS, simpati, dan loop untuk pertama kalinya maka kalian tidak perlu mengganti APN hp milik kalian.

Jika anda sudah tidak memerlukan APN telkomsel tercepat, unlimited, maupun 4G LTE diatas. Atau dalam kasus tertentu, misal anda berubah pikiran ingin mengembalikan pengaturan APN telkomsel menjadi default. Silahkan ikuti langkah langkah dibawah ini:

  • Nama : Telkomsel GPRS WEB
  • APN : internet
  • Proksi : kosongkan.
  • Port : not set.
  • Nama Pengguna : Telkomsel.
  • Kata Sandi : not set.
  • Server : not set.
  • MMSC : not set.
  • Proksi MMS : not set
  • Port MMS : not set.
  • MCC : 510
  • MNC : 10
  • Tipe otentikasi : PAP
  • Tipe APN : default,supl
  • Protocol APN : IPV4
  • Protokol jelajah APN : IPv4
  • Bearer : not set
  • Tipe operator jaringan virtual seluler : not set.

Pengaturan APN (Access Point Names) diatas termasuk settingan APN Telkomsel Default yang telah aktif ketika kartu provider anda telah masuk ke dalam smartphone. Apabila settingan APN 4G Telkomsel tersebut kurang stabil dan tidak cepat, maka anda dapat menambah beberapa settingan APN tercepat Telkomsel 4G unlimited terbaru.

Cara Cek Kecepatan APN Telkomsel

Meskipun telah mengubah server dan melakukan konfigurasi jaringan belum tentu hasilnya sama. Cara setting APN telkomsel tercepat yan telah saya terangkan memiliki hasil yang berbeda pada setiap kota. Hal ini dipengaruhi oleh kuat lemahnya sinyal 4G pada daerah tersebut. Maka dari itu kita harus menyiapkan alternatif dan APN cadangan ketika ternyata settingan di atas tidak berfungsi.

Setelah berhasil melakukan setting APN telkomsel 4G stabil diatas kita harus tetap melakukan pengecekan jaringan. Fungsinya adalah untuk memastikan apakah settingan kita berfungsi atau tidak. Selain itu, dengan melakukan tes kecepatan jaringan kita bisa membandingkan kecepatan dari masing masing server.

Saya sendiri sering menggunakan website speedtest untuk cek kecepatan internet telkomsel saya. Situs ini akan mendiagnosa kecepatan ping, download, dan upload dari server ke ponsel kita. Lantas bagaimana caranya?

  1. Buka situs speedtest.net.
  2. Tunggu hingga sistem mengidentifikasi server.
  3. Mulai tes dengan tap GO.
  4. Tunggulah hasilnya.

Pada halaman result akan ditampilkan kecepatan internet telkomsel kita mulai dari ping, download, dan upload. Jika kita masih kurang puas dengan hasil setting APN telkomsel 4G tercepat maka kita bisa menggantinya. Lakukanlah pengetesan satu persatu untuk mendapatkan hasil perbandingan yang memuaskan.

Sekian penjelasan mengenai cara setting APN Telkomsel 4G unlimited tercepat di semua tipe hp yang dapat saya sampaikan. Pada dasarnya, mengganti nama akses poin merupakan tindakan yang beresiko karena keliru input sedikit saja ponsel tidak akan bisa tersambung ke internet.

Maka dari itu perlu adanya ketelitian dalam mencari server APN telkomsel tercepat dan terbaik. Kuncinya adalah mencari server yang tidak banyak diketahui/dipakai oleh orang banyak. Semoga artikel tutorial cara setting APN telkomsel tercepat di atas dapat bermanfaat.

Kenapa Harus Setting APN

Kita sudah belajar bagaimana cara mengganti APN Telkomsel tercepat yang notabenya bisa dipakai untuk segala aktivitas. Kendati demikian, masih banyak orang yang meragukan manfaat dari metode satu ini. Tapi bagi saya sendiri yang sudah bergelut di bidang teknologi bisa mengonfirmasi bahwa trik di atas benar-benar work.

Lalu kenapa harus kita harus setting APN telkomsel default ke custom? inilah jawabannya:

  1. Bisa mempercepat jaringan internet.
  2. Menghemat kuota.
  3. Terhindar dari buffering saat streaming.
  4. Bermain game secara lancar tanpa lag.
  5. Dan masih banyak lagi manfaat lain.

Tapi dalam praktenya pelanggan harus berhati hati karena sedikit saja kesalahan pada cara setting APN Telkomsel tercepat maka dampaknya fatal. Alangkah baiknya sebelum memulai trik mempercepat internet telkomsel kalian cadangkan dulu pengaturan APN default. Hal ini saya lakukan untuk berjaga jaga apabila ternyata terjadi kegagalan pada proses setting.

Apakah APN berpengaruh terhadap sinyal

Secara garis besar APN memang tak ada hubungannya dengan perangkat penangkap sinyal operator. Tapi dengan setting APN tercepat terbukti bisa meningkatkan performa jaringan sehingga pengguna terhindar dari internet lemot. Kendati demikian, mengatur akses poin tidaklah sesederhana itu karena perlu ketelitian dalam memilih server. Alih-alih mempercepat internet telkomsel justru pengaturan yang salah akan menyebabkan ponsel tidak tersambung ke jaringan.

Apa saja jenis APN

Ada banyak sekali server dan proxy yang bisa dipakai untuk mempercepat internet yang lemot. Masing-masing APN pun memiliki fungsi berbeda baik untuk aktivitas gaming, streaming, atau sekedar scroll sosial media. Mengacu dari artikel di atas kita bisa mengklasifikasikan akses point name menjadi beberapa jenis. Diantaranya adalah APN telkomsel tercepat, APN 4G, game online, APN youtube, bahkan ada pula yang menyesuaikan merk ponsel seperti Iphone dan Xiaomi.

Apa kata sandi APN Telkomsel

Beberapa jenis APN memang mengharuskan kita untuk memasukan password agar work. Dari situ akhirnya banyak yang bertanya apa password yang harus diisikan? jawabannya menyesuaikan. Apabila memakai username wap, maka passwordnya adalah wap123. Tapi ada pula beberapa jenis APN telkomsel yang tidak memerlukan sandi sehingga pelanggan hanya perlu meninggalkan kolom tetap kosong.

Mungkin cukup sekian pengalaman sekaligus trik mempercepat internet yang dapat saya sampaikan dalam artikel ini. Pada dasarnya, mengganti nama akses poin memang bukan sesuatu yang wajib untuk dilakukan. Pasalnya tanpa settingan tersebut ponsel pun masih bisa tersambung ke internet. Tapi dengan bantuan APN simpati maupun kartu AS tercepat di atas kita bisa memperoleh performa lebih baik.

Posting Komentar untuk "Cara Setting APN Telkomsel Tercepat 4G dan 5G Unlimited"