Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting APN ByU Tercepat 4G Paling Stabil

Cara Setting APN ByU Tercepat 4G Paling Stabil - Koneksi internet lemot lelet bisa membuat penggunanya kesal ketika sedang dalam keadaan terdesak. Apalagi jika akses internet tersebut digunakan untuk pekerjaan dan belajar yang notabenya membutuhkan kecepatan serta stabilitas sinyal. Inilah alasan mengapa pelanggan perlu setting APN By U demi menghindari jaringan drop.

Di bawah naungan PT telkom indonesia, ByU menjadi anak perusahaan yang menawarkan layanan paket internet murah. Berbekal infrastruktur jaringan telkomsel membuatnya menjadi operator yang superior meski umurnya masih muda. Lantas apakah pelanggan tetap harus setting APN ByU secara manual?


Cara Mempercepat Koneksi Internet By U
Cara Mempercepat Koneksi Internet By U

Meski memakai teknologi telkomsel tapi tak serta merta membuat koneksi serta kecepatan ByU menjadi stabil. Faktanya, banyak pelanggan mengeluhkan internet lemot, buffering saat streaming, sampai sinyal hilang tiba-tiba. Mengganti settingan APN By U menjadi solusi jitu jika kalian ingin mempercepat internet di ponsel. Lantas bagaimana cara setting APN ByU 4G agar tidak lemot? mudah saja.

Mengatur APN sering dilakukan apabila merasa internet ByU lemot sehingga mengganggu aktivitas harian. Jika hal ini terjadi maka modem atau smartphone anda dapat disetting agar koneksinya menjadi cepat dan lancar lagi. Apakah fungsi APN itu? APN berfungsi untuk mengoneksikan sebuah perangkar agar jaringan internetnya baik dan lancar.

Cara Setting APN ByU Tercepat 4G Paling Stabil

Kebutuhan telekomunikasi khususnya internet terus mengalami peningkatan seiring berjalannya waktu. Kini, hampir semua sektor baik pendidikan, ekonomi, dan penjualan memerlukan adanya koneksi internet. By U sebagai anak operator telkomsel hadir memberikan solusi berupa paket internet murah kuota besar.

Sementara itu, tiap operator seluler memiliki pengaturan jaringan yang berbeda satu sama lain. Lewat pengaturan default tersebut pengguna bisa langsung terhubung ke internet, berkirim pesan, dan nelpon tanpa harus mengatur ponsel terlebih dulu. Tetapi APN default ByU terkadang memberikan koneksi internet yang tidak stabil dan kurang cepat.

Penyebabnya pun bermacam-macam mulai dari pengguna yang berlebih pada satu server sampai sinyal patah-patah. Oleh karenanya, kalian perlu mengganti pengaturan jaringan hp untuk mendapatkan koneksi stabil dan tercepat. Inilah konsep yang akan kita pakai dalam metode cara setting APN ByU tercepat dari telkomsel.

Setiap ponsel pasti sudah memiliki APN yang tersetting secara otomatis. Walau begitu cara setting APN yang tepat juga perlu kita ketahui. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara setting APN By U beserta kelebihannya.

Apa itu APN

Pengertian APN atau Access Point Name ialah suatu gerbang jalur atau titik akses koneksi dalam teknik gateway. Sebuah perangkat menggunakan APN ketika akan mengakses internet karena tanpanya sangat tak mungkin untuk tersambung ke jaringan.

Baca juga: Cara Daftar Paket Unlimited By U Tanpa FUP Rp 30000

Pada smartphone umumnya menggunakan koneksi internet berbasis 4G LTE, 3G, maupun HSDPA. Koneksi internet pada provider seluler ini menggunakan pengaturan internet yang dinamakan dengan APN. Hal ini juga berlaku pada provider Telkomsel dari By U. Untuk itulah tercipta cara setting APN By U terbaru. Selain itu, koneksi lemot lelet juga bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti:

  • Modem terlalu panas.
  • Tidak didukung oleh kondisi cuaca
  • Jaringannya memiliki model otomatis atau default.

Access Point Name merupakan kepanjangan dari APN yang berguna untuk menghubungkan ponsel dengan internet sehingga fungsinya menyerupai gateway. Tugas APN ini ialah sebagai jembatan penggunaan HP dengan operator yang menyediakan jaringan internet tersebut. Settingan APN pada setiap provider tentunya berbeda beda, tidak terkecuali provider By U ini.

Apa kelebihan By U dibanding kompetitornya? Namun apakah perbedaan VPN dengan APN itu? Perbedaan kedua hal ini sangatlah jauh. Hal ini dikarenakan fungsi VPN ialah membuat identitasmu di dunia maya menjadi tersembunyi. Sedangkan APN berfungsi menghubungkan ponsel ke jaringan internet.

Kenapa Harus Setting APN ByU

Meski banyak digunakan oleh pengguna ponsel pintar tak semua tau kegunaan APN untuk apa. Sebenarnya fungsi APN adalah sebagai jembatan penghubung antara perangkat ponsel dan jaringan dari pihak operator

Ada banyak alasan kenapa kita harus mengubah APN default menjadi custom. Semua itu dilakukan untuk memperoleh kelebihan yang terdiri dari:

  1. Peningkatan jaringan dan kualitas sinyal.
  2. Internet lebih stabil.
  3. Kecepatan internet meningkat.
  4. Meminimalisir ByU lemot.
  5. Mengatasi sinyal lemah.

Nah, setiap kartu seluler lintas provider memiliki pengaturan APN berbeda satu sama lain. Inilah alasan mengapa kita tak bisa sembarangan ketika memutuskan mencari cara setting APN ByU tercepat.

Alih-alih mempercepat internet kalian justru tak akan tersambung ke jaringan ketika memakai pengaturan yang salah. Terlebih mengingat By.U merupakan operator jenis baru yang notabenya belum dikenal luas oleh pengguna ponsel di Indonesia.

Bagaimana cara setting APN By U tercepat? biasanya kartu perdana sudah memiliki data APN default sendiri. Akses poin tersebut akan aktif segera setelah kalian melakukan aktivasi atau registrasi. Tapi ada kalanya pelanggan merasa jaringanya lemot sehingga perlu memodifikasi server, proxy, serta DNS di dalamnya.

Cara Setting APN ByU

Secara garis besar perdana By U masih termasuk kategori produk telkomsel. Oleh karenanya seluruh infrastruktur termasuk server jaringannya pun tidak berdiri sendiri alias tergabung bersama telkomsel. Meski sudah dibekali teknologi jaringan mumpuni tapi kalian masih bisa mempercepat internet ByU untuk merasakan performa terbaik.

Bagaimana caranya? tentu saja dengan setting APN By U tercepat memakai data serta server milik tekomsel. Sayangnya tak semua pelanggan menyadari potensi trik ini. Setelah mengetahui kelebihan By U, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang cara mengganti APN By U. Pengaturan jaringan By U dapat kalian lakukan dengan mudah sehingga berbeda dengan provider lainnya. Adapun caranya yaitu sebagai berikut:

Buka pengaturan HP

Langkah pertama yang perlu dilakukan ialah membuka settingan pada HP. Anda hanya cukup mencari menu Pengaturan pada Ponsel dan pilih menu Koneksi. Untuk lebih jelasnya dapat anda perhatikan gambar di bawah ini:

Cara Mempercepat Koneksi Internet By U
Cara ganti APN By.U

Masuk ke Menu Pengaturan Jaringan

Cara setting APN By U selanjutnya ialah masuk ke menu APN nya. Adapun caranya yaitu klik jaringan internet dan pilih Nama Poin Akses atau Access Poin Name (APN). Untuk lebih jelasnya dapat anda perhatikan gambar di bawah ini.

Cara Mempercepat Koneksi Internet By U
Setting APN By.U

Buat APN Baru

Cara mempercepat internet ByU lemot kita lanjutkan dengan membuat APN baru sekaligus memasukkan datanya. Anda tidak perlu mengisi kolom lainnya pada pembuatan APN baru ini sehingga kolom selain Nama dan APN dapat dikosongkan saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda perhatikan gambar di bawah ini:

Cara Mempercepat Koneksi Internet By U
Hasil Settingan APN By.U

Bagian paling krusial sebenarnya terletak pada langkah terakhir. Entah kalian coba membuat apn baru ataupun mengganti APN default wajib memperhatikan data yang diisikan. Setelah mengikuti 3 tahapan di atas maka isikan data sesuai dengan kebutuhan.

APN ByU Unlimited

Paket unlimited ByU adalah salah satu produk unggulan yang banyak dicari oleh pelanggan selain paket internet 50GB dan 75GB. Sama seperti operator lain, ketika FUP paket unlimited habis maka performa serta kecepatan pun akan mengalami penurunan drastis. Hal inilah yang terkadang membuat pengguna ponsel jengkel dan akhirnya beralih membeli kuota tambahan.

Apakah paket unlimited By U lemot? Fenomena ini sudah biasa terjadi. Secara garis besar pihak operator memang menyediakan paket internet unlimited tanpa FUP pada pelanggan. Berbekal kecepatan flat 1 sampai 1.5Mbps kita bisa menikmati akses sosial media, streaming, sampai game online lebih leluasa. Dibalik kebebasan tersebut beberapa pelanggan sering mengeluh paket unlimited ByU lemot.

Menurut saya pribadi wajar saja karena kecepatan yang diberikan hanya sebesar 1Mbps saja. Cara setting APN By U unlimited menjadi salah satu opsi mempercepat internet yang mulanya 1Mbps. Sehingga kalian tetap bisa menikmati streaming sampai game online tanpa takut buffering dan lag lagi. Samakan pengaturan jaringan kalian seperti pada tabel di bawah ini:

DataAPN
APN NameBy U Unlimited
APNBy.U
UsernameKosongi
PasswordKosongi
ProxyKosongi
PortKosongi

Untuk pengguna perangkat Iphone tak perlu risau karena data pada tabel di atas tetap bisa kalian gunakan. Secara garis besar cara settingnya pun sama yakni lewat menu pengaturan jaringan. Selanjutnya kalian hanya perlu membuat akses poin baru lalu memasukan data APN ByU tersebut.

APN ByU Iphone

Iphone merupakan jenis ponsel yang populer di kalangan masyarakat khususnya Indonesia. Harga per unit yang fantastis benar-benar terbayar dengan reputasi brand yang cemerlang. Jadi wajar saja apabila Iphone jadi ponsel dambaan semua orang.

Meski dibekali hardware mumpuni tapi tetap saja penggunanya sering merasa ByU lemot. Bukan salah HP kalian tapi memang jaringan ByU error atau bermasalah. Dari kendala itu akhirnya banyak yang coba mencari APN ByU untuk Iphone.

Secara garis besar cara setting APN ByU tercepat khusus Iphone memang sedikit berbeda dari platform android. Berdasar informasi yang saya himpun ternyata banyak pengguna ponsel yang mengalami kesulitan untuk melakukan hal tersebut.

Maka dari itu, dalam sesi ini tak hanya mengajarkan cara setting ByU Iphone yakni:

  1. Buka menu Pengaturan di Iphone.
  2. Masuk ke menu Cellular.
  3. Lalu pilih Cellular Data Option.
  4. Selanjutnya Tap Cellular Data Network.
  5. Pada menu selanjunya silahkan isi dengan format
    Name: ByU
    APN: ByU
  6. Kosongkan Username dan Password.
  7. Simpan pengaturan.
  8. Selesai.

APN ByU Tercepat

Merasakan pengalaman streaming maupun bermain game tanpa lag merupakan dambaan seluruh pengguna ponsel. Banyak orang mencari cara mempercepat internet karena merasa performanya yang masih kurang maksial. Di lain sisi, sebagai operator baru By.U tak memberikan banyak opsi pengaturan APN kepada pelanggannya.

Status provider yang masih berkembang menjadi alasan utama kenapa bug maupun server proxy ByU masih sangat sedikit. Apakah bisa APN Telkomsel dipakai untuk mengatasi internet By.U lemot? jawabannya tentu saja tidak. Kalian tak bisa mengubah pengaturan jaringan secara leluasa layaknya sedang menggunakan kartu AS, simpati, dan loop.

Meski berasal dari perusahaan yang sama, tapi cara setting APN By U tercepat memiliki konfigurasi berbeda dari telkomsel. Jika merasa internet ByU lemot maka silahkan ganti pengaturan akses poin kalian seperti pada tabel di bawah:

DataAPN
APN NameBy.U
Username-
Password-
Proxy-
Port-

Seperti yang kita tau bahwa By U masih tergolong baru dan belum memisahkan diri dari telkomsel. Hal itu membuat minimnya opsi konfigurasi jaringan yang tersedia. Jujur saja, sampai saat ini belum ada APN ByU tercepat yang mampu mengalahkan pengaturan server di atas. Tapi apabila kalian menghendaki tingkat stabilitas yang baik maka saya masih punya alternatif.

APN ByU 4G

Secara garis besar operator By.U memang dibekali dengan jaringan 4G milik telkomsel. Secara otomatis teknologi tersebut seharusnya mampu menciptakan pengalaman berselancar lebih nyaman di dunia maya. Tapi, karena gateway yang dipakai sama seperti telkomsel akhirnya membuat kecepatan internet keduanya menjadi lemot.

Bagaimana cara setting APN By U 4G telkomsel? inilah yang sering ditanyakan oleh pelanggan. Mengingat ByU adalah provider baru maka tak banyak opsi yang dapat kita pilih. Tapi dalam sesi ini saya telah menyediakan pengaturan alternatif yang berfungsi memaksimalkan sinyal 4G.

Cara Setting Sinyal 4G Only

Pertama, kita harus mengganti mode jaringan terlebih dahulu ke 4G only. Tujuanya agar tak berubah-ubah dari 4G ke 3G maupun sebaliknya ketika sinyal sedang tidak stabil. Hal ini didasarkan atas prinsip kerja dari APN ByU 4G yang notabenya khusus untuk mempercepat sinyal 4G.

Seharusnya kalian sudah tau bagaimana cara ganti mode jaringan di HP. Tapi, jika kebetulan belum mengetahuinya maka simaklah tutorial di bawah ini:

  1. Masuk pengaturan jaringan di ponsel.
  2. Pilih mode jaringan.
  3. Ganti ke 4G only.
  4. Simpan pengaturan.

Cara Memasukan APN ByU 4G

Kedua, kita harus mencari data yang berisi server, proxy, port, serta DNS. Biasanya pelanggan bisa menjumpai data tersebut pada forum internet gratisan di facebook/telegram. Setelah berhasil kita hanya perlu memasukan kode yang sudah didapatkan ke dalam settingan akses poin. Pada sesi ini saya telah merangkum APN yang cocok dipakai untuk mode jaringan 4G. Simaklah data pada tebel di bawah ini:

APN By.U 4GKeterangan
NamaBy U 4G
APNInternet
Username-
Password-
Proxy-
Port80

Cara Setting APN ByU 4G memang sedikit lebih kompleks daripada pengaturan lain. Sebab kita harus memfokuskan lalu mengunci jaringan hanya di 4G only. Apabila kalian tak melakukannya mungkin masih bisa tapi kurang maksimal karena saat jaringan berganti APN akan mati.

Cara Setting APN ByU 5G

Sebagai provider pendatang baru, By U sudah mulai dilirik serta dipertimbangkan masyarakat khususnya kalangan muda. Tapi apakah mereka menyediakan APN 5G secara universal? pertanyaan inilah yang sering diajukan pengguna.

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita pahami lebih dalam tentang apa itu jaringan 5G. Sinyal 5G diklaim mampu menghadirkan kecepatan lebih tinggi dan stabil dari para pendahulunya yakni 4G. Hal itupun akhirnya membuka kesempatan baru pada perkembangan telekomunikasi sehingga banyak provider berlomba menghadirkan pengaturan APN 5G.

Mencari cara setting APN ByU 5G tercepat pun akhirnya jadi prioritas sejumlah orang yang penasaran. Di lain sisi, pihak operator pun sebenarnya juga telah mengutarakan gagasannya untuk menghadirkan layanan paket internet 5G. Pernyataan itu pun sesuai dengan komitmen mereka untuk meningkatkan pengalaman pengguna lewat perkembangan teknologi masa kini.

Instalasi jaringan berbasis 5G pun mulai digalakkan di beberapa kota besar demi mencapai ambisi tersebut. Jadi, apakah By U sudah menyediakan jaringan 5G? jawabannya adalah iya meskipun secara bertahap.

Sedikit saran, hendaknya kita lebih sabar dan menunggu sampai koneksi tersebut benar-benar stabil. Daripada mencari cara setting APN ByU 5G tercepat tapi ternyata daerahnya belum support lebih baik kita memanfaatkan apa yang ada terlebih dulu.

APN ByU Khusus Game

Bermain game online kini telah menjadi hobi masyarakat khususnya anak muda untuk mengisi kesibukan. Munculnya berbagai platform game seperti mobile legends, free fire, pubg mobile, dan genshin impact seolah menjadi euforia bagi pengguna ponsel.

Selain hardware perangkat yang mumpuni untuk menjalankan game. Kita juga harus menyadari bahwa koneksi internet cepat dan stabil juga memegang peranan penting. Semua player pasti ingin merasakan pengalaman bermain maksimal demi meraih kemenangan. Tapi harapan itu kadang berbalik menjadi bencana saat sinyal By.U lemot hingga membuat lag.

Tak jarang pengguna ponsel mengganti APN ByU miliknya untuk mendapatkan performa jaringan terbaik. Sayangnya, usaha itu sering terkendala karena provider By.U sendiri masih tergolong berkembang. Server yang masih menumpang pada telkomsel membuat APN dari operator ini juga terbatas jumlahnya.

Cara setting APN By U ping stabil untuk mobile legends dan beberapa game online lainya cukup mudah. Silahkan ganti atau buat pengaturan baru dengan data sesuai pada tabel berikut:

DataKeterangan
NamaByu Gaming
APNcs4glte.com
proxy-
port-
server200.69.80.84
Username-
Password-

APN ByU Ping Stabil

Semua orang pasti setuju bahwa koneksi internet stabil menjadi salah satu parameter kenyamanan pada saat beraktivitas. Meski kecepatan menjadi tolak ukur kualitas sebuah provider tapi kita juga tak bisa mengabaikan stabilitas internetnya. Dua aspek inilah yang berusaha dihadirkan oleh anak perusahaan telkomsel tersebut.

Pihak operator pun mengerahkan sumber dayanya untuk membangun tower pemancar baru, memperbarui layanan, dan memperbanyak server. Semua itu bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna agar merasa lebih nyaman.

Tapi beberapa pelanggan justru mengeluh internet by U lemot di waktu tertentu. Penyebab masalah ini menurut saya cukup beragam tapi indikasi paling kuat karena kalian berada di server yang padat. Maka dari itu, lalu lintas bandwith menjadi tidak lancar dan mengakibatkan kecepatan berselancar menurun.

Lalu bagaimana cara mengatasi problematika tersebut? tentu saja kalian harus mengubah settingan APN by U stabil. Kalian bisa mengikuti langkah-langkah cara setting apn iphone dan andorid pada sesi sebelumnya. Pada saat masuk menu edit akses poin masukanlah data pada tabel di bawah:

DataKeterangan
NamaBy U Stabil
APNTelkomsel
Proxy-
Port-
Usernamewap
Passwap123
Server-
Kenapa Koneksi Internet Masih Lambat

Sudah mengikuti cara setting APN ByU di atas tapi kenapa koneksi internet saya masih lemot? terkadang masalah seperti itu juga dialami oleh pengguna.

Walaupun sudah menggunakan APN By U tercepat tapi beberapa pelanggan masih merasakan sinyal drop. Hal itu pun akhirnya memunculkan trust issue apakah benar dengan mengganti nama akses poin bisa mempercepat internet ByU.

Apabila memang sudah mengubah APN ByU tercepat tapi belum merasakan peningkatan jaringan. Kemungkinan hal itu disebabkan oleh beberapa faktor seperti:

  1. Salah dalam mengonfigurasi jaringan.
  2. Salah memasukan host atau server APN.
  3. Adanya perbaikan jaringan.
  4. Internal server error.
  5. Kuota internet habis.
  6. FUP paket unlimited habis.

Apabila cara setting APN ByU tercepat di atas ternyata tidak work silahkan coba mencari server lain yang lebih berkualitas. Karena berada pada satu naungan perusahaan, kalian juga bisa memanfaatkan APN telkomsel untuk mengatur jaringan.

Demikianlah penjelasan mengenai cara setting APN By U tercepat yang dapat saya sampaikan. Kualitas internet yang dihasilkan oleh By U memang terasa lancar karena memakai jaringan milik telkomsel. By U sendiri merupakan keluaran produk Telkomsel yang diklaim sebagai provider serba digital. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "Cara Setting APN ByU Tercepat 4G Paling Stabil"