Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Frekuensi Indosiar Digital DVB-T2 Terbaru 2024 di Semua Satelit

Frekuensi Indosiar Digital DVB-T2 Terbaru 2024 di Semua Satelit - Indosiar dikenal sebagai salah satu stasiun televisi swasta berskala nasional di Indonesia. Kiprahnya di bidang pertelevisian sudah tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya kode frekuensi indosiar sudah mengudara ke seluruh negeri sejak tahun 1995 silam. Sampai sekarang channel indosiar pun terus berkembang dan bisa kalian akses di hampir semua satelit mulai dari palapa D, telkom 3s, dan telkom 4 tentunya.

Cara mengatasi frekuensi indosiar hilang dan membuatnya menjadi lebih jernih dari sebelumnya
Transponder indosiar terbaru MPEG2 MPEG4 HD

Dalam beberapa kasus penonton sering mengeluh saluran indosar miliknya hilang dari transponder. Padahal berbagai program tayangan seperti liputan berita, drama kolosal, cartoon, sampai drama FTV membuatnya cukup digemari oleh masyarakat. Inilah mengapa kita harus memasukan frekuensi indosiar digital MPEG4 dan MPEG2 kembali ke transponder.

Menurut saya pribadi saluran tv hilang sudah menjadi hal biasa di tengah keseharian. Seiring berjalannya waktu penonton dituntut untuk bermigrasi dari teknilogi analog ke tv digital. Pun begitu juga dengan stasiun televisi yang melakukan upgrade siaran dan memancarkannya dari satelit telkom 4 yang notabenya support mode digital.

Kalian tidak bisa menampik fakta bahwa perubahan pada kode transponder indosiar sering kali terjadi. Ada banyak penyebab channel indosiar hilang yang tidak diketahui oleh penonton. Hal ini membuat para penonton harus mencari transponder indosiar terbaru lalu menyeting ulang televisi mereka. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar mereka mendapatkan frekuensi indosiar digital dengan kualitas terbaik.

Frekuensi Indosiar Digital DVB-T2 Terbaru 2024 di Semua Satelit

Pada awal kemunculannya, stasiun televisi ini berhasil menarik minat banyak penonton. Tidak heran jika channel indosiar menduduki 3 besar stasiun televisi di indonesia bersaing dengan TVRI, dan RCTI. Pengembangan kualitas pada frekuensi indosiar pun terus dilakukan. Hingga pada akhirnya stasiun televisi ini menggunakan teknologi transponder. Transponder indosiar tersebut pertama disiarkan pada awal tahun 2000an dan masih terus memancar hingga saat ini.

Sayangnya ketika tayangan indosiar hilang, secara otomatis kode transponder indosiar juga ikut hilang. Sehingga kita harus melakukan setting ulang frekuensi untuk menangkap channel tersebut. Kalian bisa memilih pengkodean berdasarkan kualitasnya misalnya frekuensi indosiar digital. Keduanya merupakan kualitas yang umum digunakan di indonesia pada satelit palapa c2 dan telkom s3.

Hadirnya satelit telkom 4 juga turut serta mendukung persebaran pancaran sinyal dari stasiun tv ini. Kini, kalian bisa memasukan frekuensi indosiar satelit telkom 4 ke transponde untuk memperoleh kualitas yang lebih baik. Peningkatan dari segi video dan audio saya rasa sudah sangat memuaskan karena penonton dapat menyaksikan siaran tanpa gangguan.

Nah, apakah anda mengalami permasalahan frekuensi indosiar hilang di tv? jika iya maka simaklah penjelasan saya. Pada artikel kali ini kita akan membahas kumpulan frekuensi dan transponder indosiar terbaru MPEG2 MPEG4 dan HD di semua satelit.

Kode Frekuensi Indosiar Digital

Menonton tv dengan kualitas video dan audio jernih merupakan harapan semua orang. Sayangnya untuk memperoleh kualitas tersebut tidaklah semudah membalik telapak tangan. Faktanya, beberapa penonton sering kesulitan mencari siaran indosar HD/FHD karena kode frekuensi yang terus berubah-ubah. Oleh karenanya pada sesi ini saya menghimpun beberapa kode transponder indosar yang siap kalian gunakan.

Satelit Transponder Keterangan
Telkom 3s 12560 H 10000 Transvision
Palapa D 113.0 E 4131 H 12250 MPEG2
Palapa D 113.0 E 3835 H 7000 MPEG4
JCSAT 4B 124.0 E 12602 H 15000 BigTV, FTA, Ku-band
Measat 3A 91.4 E 12436 H 31000 Ku-band, KVision / Gramedia
SES 9 108.2 E 11024 V 15675 Matrix Garuda, Ku-band
Chinasat 11 98.0 E 12560 V 43200 Ninmedia, Ku-band
Chinasat 10 110.5 E 3560 V 30000 C-band
Thaicom 4 119.5 E 11686 V 6666 Ku-band

Secara umum kita dapat melihat kode data transponder indosiar pada tabel di atas. Kalian bisa menjadikannya sebagai acuan dan mengimplementasikannya pada televisi kita. Kita hanya tinggal memilih satelit dan kualitasnya saja. Misalnya frekuensi indosiar digital di satelit palapa D, maka kita tinggal memasukan transponder ke receiver.

Dengan demikian kita akan mendapatkan kualitas gambar yang jernih ketika menonton tv. Lantas bagaimana jika frekuensi indosiar digital terbaru diatas berubah kembali? mudah saja. Kita hanya perlu mencari dan mengatur ulang transponder indosiar tersebut.

Selain mengacu pada tabel frekuansi indosiar terbaru diatas, kita juga akan membahasnya secara detil. Jadi kita bisa memiliki informasi tentang satelit yang memancarkan sinyal, polaritas transponder dan lain sebagainya di masing masing satelit. Penasaran? silahkan simak penjelasan channel indosiar di semua satelit pada bagian bawah.

Frekuensi Indosiar DVB-T2

DVB-T2 merujuk pada jenis sinyal digital generasi terbaru yang memenuhi standarisasi DVB Project. Penggunaan sinyal DVB-T2 kini bisa kita jumpai di semua perangkat televisi berbasis android maupun smart tv. Kelebihannya tak lain mampu mengubah polaritas video jadi lebih kecil namun tetap menjaga kualitas original video tersebut.

Untuk menikmati saluran digital, kini penonton harus mencari frekuensi indosar DVB-T2 di perangkat miliknya. Ada yang memakai fitur blind scan langsung menemukannya tapi tak sedikit pula yang harus memasukan kode secara manual.

Kita bisa menangkap pancaran frekuensi indosiar digital di satelit telkom 4 untuk memperoleh kualitas terbaik. Terlebih, satelit tersebut juga sudah sangat mumpuni sehingga membuatnya sempurna untuk penikmat TV. Adapun settingan manual indosiar DVB-T2 adalah:

KotaUHFDBV-T2
Aceh35 UHF586
Jabodetabek24 UHF498
Yogyakarta32 UHF562
Denpasar36 UHF594
Semarang33 UHF570
Manado38 UHF610
Medan34 UHF578
Malang29 UHF538
Surabaya29 UHF538

Apabila kota kalian tidak ada dalam daftar maka cobalah untuk memakai kode frekuensi DBV-T2 yang terdekat dari kotamu.

Frekuensi Indosiar Satelit Telkom 4

Telkom 4 menjadi salah satu satelit yang memancarkan sinyal dengan kualitas terbaik. Penonton akan dimanjakan oleh tayangan berformat MPEG2, MPEG4, HD, dan Mhz yang notabenya memiliki output lebih jernih. Sayang tidak semua orang tau bagaimana cara mendapatkan nomor kode indosar mengingat minimnya publikasi

Cara memasukan kode frekuensi indosiar satelit telkom 4 ke transponder sebenarnya cukup mudah. Saya pun telah membuat rangkuman penjelasannya di bawah. Tapi sebelumnya pilihlah kualitas terlebih dulu karena keduanya memiliki nomor data berbeda.

Indosar SD Mpeg2

Pertama, mari kita bahas frekuensi MPEG2 terlebih dahulu karena format saluran satu ini bisa diakses oleh hampir semua receiver. Meski belum menampilkan kualitas HD tapi menurut saya pribadi SD pun sudah cukup untuk televisi 30 inch ke atas. Masukan data berupa kode di bawah ke transponder milik kalian.

DataKeterangan
ChannelIndosiar SD
SatelitTelkom 4
Frekuensi4005 Mhz
PolaritasHorizontal
Transponder4005 H 9000 Msyb
Posisi108.0°E
Symbolrate9000
Video PID1110
Audio PID1211
PCR PID1110

Merasa kurang dengan kualitas yang muncul? atau tak mau membuat fitur tv digital kalian sia-sia? tak perlu risau. Karena saya juga menyediakan opsi yang lebih baik pada sesi selanjutnya. Lucunya, beberapa orang justru mengeluh remote televisi mereka rusak ketika sudah berhasil mengembalikan frekuensi indosiar yang hilang.

Tak sedikit yang akhirnya lebih memilih beli lalu memasukan kode remot tv joker agar kembali bisa menonton saluran yang ada. Apakah kalian salah satunya? bila iya maka simaklah artikel sebelumnya karena saya sudah membahas kode remot universal tersebut.

Indosiar HD Mpeg4

saluran Mpeg4 menawarkan pengalaman menonton yang lebih baik daripada pendahulunya. Kualitas video yang ditampilkan pun mencapai HD atau high deviation dan cocok untuk televisi lebar. Misalkan kalian mengalami frekuensi Indosiar hilang di satelit telkom 4 simaklah tabel di bawah. Kamu bisa mengembalikan siaran tersebut setelah memasukan nomor data berikut.

DataKeterangan
ChannelIndosiar HD
SatelitTelkom 4
Frekuensi4121 Mhz
PolaritasHorizontal
Transponder4121 H 12250 Msyb
Posisi108.0°E
Symbolrate12250

Seiring berjalannya waktu perkembangan industri pertelevisian pun juga terus meningkat. Kini, kalian juga bisa mengakses frekuensi indosiar digital yang pada mulanya masih bertipe analog. Lewat satelit telkom 4 inilah tv digital bisa menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik dan jernih.

Frekuensi Indosiar Satelit Palapa D

Satelit palapa C2 atau yang biasa disebut palapa D bisa dibilang sebagai penerus sataelit pertama di Indonesia. Satelit ini mengudara sejak awal kemerdekaan indonesia sebagai simbol untuk menyatukan bangsa melalui siaran televisi serta radio. Hingga saat ini satelit palapa C2 telah memancarkan banyak sekali channel. Misalnya saja channel dan kode indosiar terbaru, transTV, TVRI, Global TV, dan lain sebagainya.

Frekuensi TV pada satelit palapa D ini termasuk yang paling awet dan jarang terjadi error. Jadi bisa disimpulkan bahwa frekuensi indosiar digital di satelit palapa akan bertahan sangat lama. Sekalipun hilang, kita hanya perlu mengganti transponder indosiar dengan yang baru. Dari mana kita bisa mendapatkannya? mudah saja. Simaklah tabel di bawah:

DataKeterangan
ChannelIndosiar
SatelitPalapa D
Frekuensi3835 Mhz
PolaritasHorizontal
Transponder3835 H 7000
Symbolrate7000
Video PID1110
Audio PID1211
SID2

MPEG2 merupakan kode penyiaran sebelum MPEG4 yang sudah dipakai dalam industri pertelevisian sejak lama. Algoritma MPEG2 bisa dikatakan sangat rumit dengan kompresi video dan audio yang masih mulayan besar. Banyak penonton yang masih menggunakan frekuensi indosiar digital ini karena TV mereka belum support MPEG4 ataupun HD.

Itulah detail frekuensi indosiar digital di satelit palapa C2 atau satelit palapa D. Tidak hanya itu saja, masih terdapat banyak sekali transponder yang bisa kita dapatkan sesuai dengan satelit yang memancarkan sinya. Apa saja itu? untuk melihat detailnya silahkan ikuti artikel ini hingga akhir.

Frekuensi Indosiar Satelit Palapa C2

Sebelumnya telah saya terangkan bahwa satelit palapa D sama dengan palapa C2. Jadi jangan heran ketika menemukan penyebutan yang berbeda. Seiring berjalannya waktu, industri pertelevisian terus mengalami perkembangan secara signifikan. Hal ini dibuktikan dengan munculnya frekuensi indosiar MPEG4 dan HD yang menggantikan pengkodean penyiaran sebelumnya.

Frekuensi MPEG4 menggunakan algoritma yang lebih simpel dari pendahulunya. Tidak heran jika kompresi video dan audio yang dipancarkan cukup ringan. Inilah yang membuat transponder indosiar terbaru menjadi jernih gambar dan suaranya. Jika memang benar demikian, lalu berapa frekuensi indosiar digital di satelit palapa c2 terbaru? silahkan simak detailnya di bawah ini:

  • Transponder Indosiar MPEG4: 4131 H 12250
  • Frekuensi Indosiar: 4131 Mhz
  • Molaritas: H
  • Simbol rate: 12250
  • SID: 2
  • Audio PID: 2002
  • Video PID: 2001

Itulah detail frekuensi indosiar MPEG4 di satelit palapa C2 yang dapat kita jadikan acuan. Jika ternyata televisi anda belum support pengkodean MPEG4 maka gantilah menjadi MPEG2 saja. Namun jika anda ingin menggunakan frekuensi dan transponder dari satelit lain maka simaklah penjelasan di bawah.

Frekuensi Indosiar MPEG4 satelit SES 9

SES 9 adalah satelit besutan matrix garuda dan sudah mengorbit di bumi sejak awal tahun 2000an. Sateli ini memancarkan banyak sekali frekuensi mulai dari tv lokal hingga channel internasional. Jika anda merupakan penikmat layanan matrix garuda maka sangat familiar dengan cara setting dan mencari frekuensi di satelit ini.

Namun bagaimana jika ternyata anda adalah pengguna awal yang masih belum tau cara mencari frekuensi indosiar digital di satelit SES 9? mudah saja. Untuk itulah saya membuat tutorial dan sekaligus memberikan detil transponder indisiar MPEG4 tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan simak detaulnya di bawah:

  • Transponder MPEG4: 11024 V 15675
  • Frekuensi indosiar: 11024Mhz
  • Molaritas: V
  • Simbol rate: 15675
  • Audio PID: 804
  • Video PID: 704

Setelah mengetahui informasi diatas, kita hanya tinggal memasukan transponder indosiar ke receiver. Selanjutnya receiver akan mencari dan menangkan frekuensi indosiar digitalterbaru di satelit SES 9. Nah bagaimana? menurut saya cara mengatasi channel indosiar hilang tersebut sangat mudah untuk dilakukan.

Frekuensi Indosiar di Semua Kota

Kota Frekuensi
Jakarta 41 UHF
Ambon 38 UHF
Bandung 54 UHF
Bandar Lampung 28 UHF
Balikpapan 28 UHF
Banjarmasin 38 UHF
Banyumas 39 UHF
Batam 49 UHF
Bengkulu 28 UHF
Bukittinggi 50 UHF
Cirebon 46 UHF
Denpasar 27 UHF
Jambi 23 UHF
Jayapura 38 UHF
Jember 60 UHF
Kediri 51 UHF
Kupang 38 UHF
Madiun 44 UHF
Makassar 27 UHF
Malang 38 UHF

Sering kali terdapat pertanyaan apakah frekuensi dan transponder indosiar di setiap kota berbeda? Tidak. Pada dasarnya sama saja. Namun kita juga perlu menganalisa dan mengetahui bahwa transmisi di setiap daerah memiliki kekuatan yang berbeda beda. Maka dari itu diciptakanlah sistem terestrial frekuensi yang dimaksudkan untuk memperancar transmisi di setiap daerah.

Pada tabel terestrial diatas dapat kita lihat frekuensi dan kota yang ada di indonesia. Itu hanyalah sebagian karenya hanya bersifat contoh saja. Masih terdapat banyak sekali kode transmisi di setiap kota yang tentunya berbeda antara satu sama lain. Jika anda mendapati frekuensi indosiar digital di kota anda tidak jernih maka gunakanlah kode diatas sebagai acuan untuk mengatur transmiter.

Itulah sedikit banyak cara mencari frekuensi Indosiar digital terbaru di semua satelit yang dapat saya sampaikan. Pada dasarnya dalam mengatasi channel indosiar hilang tidaklah terlalu sulit. Kita hanya perlu menemukan transponder indosiar terbaru dan mengimplementasikannya pada transmiter. Dengan demikian kita akan mendapatkan kembali channel indosiar yang lebih jernih.

Posting Komentar untuk "Frekuensi Indosiar Digital DVB-T2 Terbaru 2024 di Semua Satelit"