Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Frekuensi RCTI Digital Terbaru 2023 di Semua Satelit

Frekuensi RCTI Digital Terbaru 2024 di Semua Satelit - Channel RCTI telah mengalami berbagai perubahan jika ditinjau dari segi frekuensi. Perubahan frekuensi ini terjadi karena berbagai faktor, salah satunya adalah peningkatan kualitas. Peningkatan tersebut mengharuskan kalian untuk memperbarui saluran RCTI digital. Akibatnya banyak penonton setia kebingungan mencari frekuensi RCTI terbaru karena yang lama sudah kadaluarsa atau dialihkan.

RCTI merupakan salah satu channel Televisi di Indonesia yang cukup terkenal. Popularitas RCTI semakin menjadi setelah diluncurkannya berbagai program unggulan yang banyak disukai masyarakat seperti sinetron dan sebagainya. Setiap tayangan tidak hanya memberi hiburan saja melainkan juga memberikan Edukasi yang baik bagi para penontonnya. Stasiun TV ini juga berhasil menarik minat kalangan muda melalui rogram FTV bulletin hingga box office movie.

Daftar Frekuensi RCTI terbaru
Daftar Frekuensi RCTI terbaru 2024

RCTI sekaligus menjadi anak stasiun televisi yang tergabung dalam MNC Group sama seperti iNews TV, MNC TV (namanya yang dulu ialah TPI) dan Global TV. Dari tahun ke tahun frekuensi RCTI digital terbaru tersebut terus dicari oleh para pengguna Televisi di Indonesia. Mengapa demikian? sudah jelas karena kode channel RCTI telah diganti dan sudah tidak sama dengan yang lamanya.

Hal tersebut pernah terjadi ketika masa transisi perubahan kode pemancar dari telkom 3s. Kini kalian bisa memasukan frekuensi RCTI di satelit telkom 4 yang notabenya memiliki kualitas video serta audio lebih baik. Nah, apakah kalian tertarik? jika iya maka simaklah artikel di bawah sampai selesai.

Frekuensi RCTI Digital Terbaru 2024 di Semua Satelit

Setiap orang pasti pernah mengalami beberapa masalah ketika hendak menonton televisi. Contohnya kualitas gambar jelek (bruwet) dan tidak jelas, tayangan menghilang tiba-tiba, bahkan tidak bisa menemukan channel RCTI dengan benar. Permasalahan tersebut disebabkan adanya gangguan yang berasal dari sinyal maupun transponder tv itu sendiri.

Saluran RCTI hilang dari transponder sebenarnya merupakan hal yang biasa terjadi. Berakhirnya masa edar beberapa satelit versi lama membuat sebagian penonton kehilangan acara TV favoritnya. Hal ini memaksa pihak stasiun televisi harus meluncurkan satelit pemancar baru yang lebih unggul.

Saya sendiri pernah mengalami frekuensi RCTI hilang tidak bisa ditemukan meskipun berkali-kali mencarinya. Selang beberapa hari akhirnya saya baru menyadari bahwa ada masalah pada satelit Palapa D dan telkom 3s yang notabennya menjadi satelit pemancar sinyal. Di lain sisi, tak banyak orang tau bagaimana cara memasukan kode frekuensi ke transponder secara manual. Mayoritas lebih mengandalkan fitur blindscan yang notabenya sekarang tak lagi relevan.
Apakah anda mengalami masalah serupa dengan saya yakni channel RCTI hilang dan tidak bisa diakses? tenang saja. Karena saya punya cara mengembalikan frekuensi RCTI digital yang hilang dengan format MPEG2, MPEG4, HD dan MHZ. Frekuensi channel RCTI yang akan saya bagikan berada di satelit Palapa D. Masing masing kota memiliki frekuensi terbaru channel RCTI yang berbeda beda. Adapun daftar frekuensi channel RCTI di semua daerah di Indonesia yaitu sebagai berikut.

Frekuensi RCTI di Satelit Telkom 4

Telkom 4 adalah nama satelit terbaru yang diluncurkan untuk menggantikan pendahulunya seperti palapa D maupun telkom 3s. Habisnya masa edar ditambah satelit versi lama yang sudah tak efektif membuat pihak stasiun tv menciptakan gagasan ini.

Secara garis besar frekuensi RCTId digital telkom 4 menawarkan kualitas yang tentu saja lebih baik dari sebelumnya. Didukung teknologi yang lebih mutakhir membuatnya mampu menampilkan kualitas gambar dan suara lebih jernih. Sehingga kita pun bisa menikmati pengalaman menonton tv lebih nyaman.

Sayangnya, tak semua transponder bisa menangkap sinyal yang dipancarkan dari satelit ini. Kode frekuensi telkom 4 hanya valid untuk beberapa merk receiver yang notabenya keluaran terbaru saja. Oleh karenanya jika kalian pengguna perangkat lama harus memasukan sendiri berapa kode frekuensi RCTI di satelit telkom 4 secara manual.

Jika kalian sedang kehilangan tayangan televisi secara tiba-tiba maka tak perlu risau. Pada sesi pertama ini saya ingin membahas cara memasukan kode frekuensi ke transponder. Tapi, pertama simaklah data informasi pada tabel di bawah:

RCTISatelit Telkom 4
Frekuensi4035
PolaritasHorizontal
Symbol rate16600
SID0003
SystemMPEG4 HD

Meski mengetahui frekuensinya tapi ternyata tak semua orang mengetahui cara memasukan kode tersebut ke transponder. Masalah ini sebenarnya cukup sepele karena kita bisa mencari tutorialnya dari internet. Bagaimana caranya? saya telah mengulasnya beberapa kali dalam artikel sebelumnya. Tapi pada sesi ini pun saya telah menyertakanya pada bagian terakhir.

Daftar Frekuensi RCTI Digital di Semua Daerah Indonesia

Mengatur transponder untuk menangkap sinyal stasiun TV merupakan perkara mudah. Masalahnya, kode frekuensi yang terus berubah-ubah sering kali menyulitkan penonton mengatur transponder tersebut. Memahami satelit yang mentansmisikan sinyal RCTI menjadi salah satu modal awal untuk melakukan sinkronisasi antara frekuensi RCTI digital baru dengan ransponder.

Setiap kota atau daerah memiliki frekuensi masing masing yang berbeda antara satu dengan lainnya. Frekuensi RCTI digital di daerah tersebut dibedakan untuk menghindari traffic collision dan menyebabkan fraud. Dalam menentukan frekuensi RCTI digital di Indonesia tentu stasiun TV tersebut sudah penuh dengan perhitungan.

Melakukan update dan mengganti frekuensi tv sangatlah penting. Hal ini bertujuan agar kualitas sinyal dan gambar yang didapatkan senantiasa jernih. Dalam sesi ini kita akan membahas lebih dalam kode frekuensi RCTI terbaru seluruh kota di Indonesia. Silahkan simak dan samakan frekuensi di televisi anda seperti pada tabel berikut:

Daerah/KotaFrekuensi RCTI
Ambon12 UHF
Balikpapan30 UHF
Bandar Lampung32 UHF
Banda Aceh28 UHF
Bandung50 UHF
Batam43 UHF
Banjarmasin30 UHF
Batu Sangkar31 UHF
Bukittinggi58 UHF
Bengkulu30 UHF
Cirebon38 UHF
Garut34 UHF
Denpasar35 UHF
Gorontalo58 UHF
Jambi33 UHF
Jember58 UHF
Jakarta43 UHF
Jayapura24 UHF
Kediri57 UHF
Kotabaru54 UHF
Kendari26 UHF
Kupang12 UHF
Malang40 UHF
Lhokseumawe24 UHF
Makassar33 UHF
Madiun46 UHF
Manado30 UHF
Mamuju48 UHF
Mataram10 VHF
Merauke11 VHF
Medan33 UHF
Padang43 UHF
Palembang24 UHF
Painan32 UHF
Palangkaraya31 UHF
Palu27 UHF
Pangkal Pinang50 UHF
Purwokerto41 UHF
Pekanbaru22 UHF
Pontianak47 UHF
Sabang11 VHF
Sawahlunto30 UHF
Samarinda43 UHF
Semarang33 UHF
Sukabumi24 UHF
Serang59 UHF
Surakarta32 UHF
Surabaya30 UHF

Selain daftar frekuensi RCTI terbaru untuk semua daerah Indonesia di atas. Adapula beberapa satelit yang digunakan oleh saluran RCTI digital. Adapun daftar satelit yang digunakan oleh RCTI yaitu sebagai berikut:
  • Daftar Satelit Yang Digunakan RCTI
  • Nama satelit Frekuensi RCTI
  • Palapa D 3934/H/7200 (MPEG-4) dan 4186/V/8800 (MPEG-2)
  • MNC Vision 80 (SD) dan 430 (HD)
  • TransVision 808
Meskipun frekuensi RCTI di satelit telkom 4 tahun 2024 telah mengalami perubahan yang lebih baik. Namun terkadang masih ada juga yang mengalami gangguan sinyal dalam saluran RCTI tersebut. Bahkan jaringan RCTI tiba tiba dapat hilang begitu saja ketika sedang asik asiknya menonton siaran yang ada. Gambar siaran RCTI yang dikeluarkan hanya blank hitam dengan tulisan no signal didalamnya. Bagaimana cara mengatasi signal hilang tersebut?
Untuk anda yang sering mengalami frekuensi RCTI digital yang susah sinyal tersebut tidak perlu khawatir. Gangguan jaringan ini berasal dari channel RCTI itu sendiri dan bukan dikarenakan gangguan parabola ataupun cuaca. Kesalahan jaringan tersebut merupakan tanda bahwa frekuensi channel RCTI telah mengalami pembaharuan. Dengan begitu frekuensi terbaru channel RCTI sudah tidak sama dengan frekuensi yang lama.

Cara Mengembalikan Frekuensi RCTI Hilang

Sering kali kita menemukan permasalahan seperti Channel RCTI hilang dan tidak bisa diakses. Lantas bagaimana cara mengembalikannya? mudah saja. Kita hanya perlu melakukan setting frekuensi RCTI digital  terbaru yang sudah diupdate mengingat Stasiun televisi ini sering sekali mengubah saluran dan frekuensinya. Dengan hilangnya channel RCTI tentu membuat kita tidak bisa mengikuti update berita ataupun tayangan favorit kita.

Apa yang menjadi penyebab frekuensi RCTI di satelit telkom 4 hilang? simpel saja. Penyebab hilangnya channel RCTI di berbagai wilayah bisa datang dari berbagai faktor baik itu internal maupun eksternal. Misalnya saja terjadi error pada jaringan stasiun televisi tersebut. Atau bisa juga memang disebabkan karena faktor cuaca yang tidak mendukung sehingga mengganggu kestabilan sinyal.

Mencari tau sumber masalah pada channel frekuensi RCTI digital yang hilang memang sangat penting. Bagaimana kita bisa mengembalikan channel RCTI yang hilang tanpa mengetahui penyebabnya? sangat tidak mungkin bukan. Maka dari itu silahkan simak beberapa faktor yang mungkin bisa menjadi penyebab utama channel frekuensi RCTI hilang di kota anda:
  • Faktor cuaca buruk: Salah satu penyebab channel TV tidak bisa diakses adalah karena faktor yang berasal dari luar yakni cuaca buruk. Faktor cuaca ini sering kali membuat frekuensi RCTI hilang dan tidak bisa diakses sama sekali. Terlebih lagi ketika musim penghujan tiba, banyak daerah yang mengeluhakan hampir semua channel stasiun televisi tidak bisa diakses.
  • Tracking Parabola yang belum selesai juga bisa menjadi penyebab errornya channel televisi. Biasanya proses tracking parabola tidak memakan waktu lama, namun dalam beberapa kasus perabola perlu waktu tambahan untuk menangkap sinyal frekuensi RCTI terbaru. Sehingga, ketika proses tracking dihentikan channel tersebut tidak bisa diakses karena proses yang belum selesai.
  • Hipotesis terakhir ketika suatu stasiun televisi tidak bisa diakses adalah karena frekuensinya berubah. Banyak sekali stasiun TV yang merubah frekuensi channelnya untuk mendapatkan kualitas jaringan yang lebih baik. salah satunya adalah RCTI, kita harus mencari channel RCTI terbaru yang paling update untuk mengembalikan channel yang hilang.
Nah setelah kita mengetahui berbagai penyabab frekuensi RCTI hilang diatas barulah kita bisa mencari solusinya. Untuk permasalahan eksternal seperti cuaca buruk tidak ada hal yang bisa kita lakukan selain menunggu. Namun untuk permasalahan internal seperti frekuensi channel yang diganti, kita bisa mengatasinya dengan mudah.

Dalam artikel sebelumnya pun sudah saya bahas bagaimana cara mengembalikan frekuensi RCTI yang hilang dan tidak bisa ditemukan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak kembali artikel berjudul Cara Mengembalikan Frekuensi Channel RCTI Hilang di Parabola Lengkap.

Kita hanya perlu mengganti frekuensi RCTI lama dengan yang baru. Proses mengganti channel RCTI terbaru tersebut tidaklah terlalu sulit. Bahkan pada artikel inipun juga sudah dibahas dengan sangat jelas. Selain itu, kita juga bisa menggunakan transponder RCTI untuk memperkuat sinyal RCTI yang ada. Lantas apa itu transponder dan apa fungsinya?

Transponder RCTI Ninmedia dan Satelit D

Perkembangan industri pertelevisian memang terus mengalami perkembangan besar-besaran. Hal ini dibuktikan dengan mengudaranya frekuensi RCTI di satelit telkom 4 yang baru-baru ini support tv digital. Tapi tak semua siap menerima perubahan tersebut dan lebih memilih bertahan pada teknologi analog.

Transponder merupakan alat sekaligus perangkat TV yang bertugas menerima serta memperkuat sinyal yang berasal dari satelit pemancar. Prinsip kerjanya adalah transponder akan menerima, lalu memperkuat, dan mengirim sinyal dalam bentuk frekuensi tertentu. Dengan alat ini kita bisa memperkuat frekuensi RCTI digital terbaru agar kualitas lebih baik.

Transponder RCTI juga sering dipakai di beberapa wilayah pelosok desa karena memberikan dampak positif. Selain itu transponder RCTI ini juga sudah terbukti memperkuat dan memperjernih sinyal yang didapatkan. Jika anda berencana mengganti frekuensi RCTI digital terbaru dan menggunakan transponder pada ninmedia ataupun satelit palapa D maka simaklah settingan di bawah ini:

Nama SatelitFrekuensi Transponder Keterangan
Chinasat 11 - 98.0oE12560 V 43200MPEG4, Ku-band / Ninmedia
Palapa D 113.0oE3934 H 7200MPEG4, C-Band
Palapa D 113.0oE4186 V 8800MPEG2, C-Band

Itulah beberapa transponder RCTI terbaru di satelit palapa D dan ninmedia. Selanjutnya kita hanya perlu mengaplikasikan transponder RCTI tersebut dengan frekuensi RCTI digital terbaru yang akan saya bagikan dibawah ini.

Frekuensi RCTI MPEG2 MPEG4 HD Mhz memang mengalami perubahan karena bertujuan untuk mencegah adanya gangguan jaringan yang akan terjadi. Untuk itulah pihak perusahakan mengganti frekuensi channel RCTI yang lama menjadi frekuensi terbaru channel RCTI. Dibawah ini terdapat frekuensi terbaru RCTI yaitu meliputi:

Frekuensi RCTI MPEG2 Terbaru 
  • Kode frekuensi : 04188
  • Kode Video PID : 1111
  • Kode Audio PID : 1121
  • Simbol Rate : 08799
  • Polaritas : V
Frekuensi RCTI MPEG4 Terbaru 
  • Kode frekuensi : 04533
  • Kode Video PID : 1120
  • Kode Audio PID : 1110
  • Simbol Rate : 07199
  • Polaritas : H
Daftar saluran yang saya bagikan di atas merupakan frekuensi RCTI terbaru. Anda hanya cukup memasukkan semua data transponder di atas agar memperoleh frekuensi channel RCTI nya. Namun jika sinyal jaringan RCTI tetap hilang (no signal), maka yang perlu dilakukan ialah mengaktifkan kembali sinyalnya dengan cara blind scan (scanning buta). Dengan begitu pergantian transpondernya akan kembali muncul.

Pada dasarnya penjelasan tentang cara setting ataupun mengembalikan frekuensi RCTI yang hilang sudah dibahas di berbagai media online. Jika anda masih kesulitan untuk menemukan channel RCTI, maka langkah terakhir adalah meminta panduan langsung dari pihak RCTI melalui email atuapun mention twitter mereka.

Sekian penjelasan mengenai frekuensi RCTI digital terbaru januari februari 2023. Frekuensi channel RCTI yang saya bagikan di atas berada di satelit Palapa D. Frekuensi terbaru channel RCTI tersebut memang mengalami pergantian dengan tujuan untuk meminimalisir permasalahan dalam jaringan televisinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "Frekuensi RCTI Digital Terbaru 2023 di Semua Satelit"