Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Frekuensi Global TV (GTV) Digital Terbaru 2024 di Semua Satelit

Frekuensi Global TV (GTV) Digital Terbaru 2024 di Semua Satelit - Frekuensi GTV disiarkan melalui sejumlah satelit yang selanjutnya ditangkap oleh transponder televisi digital. Sampai sejauh ini kita bisa menjumpainya pada satelit telkom 4, telkom 3s, palapa D, measat, dan beberapa pemancar milik swasta lainya. Global TV (GTV) adalah salah satu stasiun siaran Nasional milik Indonesia. Stasiun TV satu ini mengudara di bawah naungan perusahaa MNC Group bersama RCTI dan MNCTV.

Progran tayangan berkualitas dalam frekuensi Global TV digital menyediakan beragam informasi yang dikemas dalam bentuk Talk Show, Religi, Hiburan, Olahraga, Film Box Office dan sebagainya. Di bawah naungannya, frekuensi GTV digital berhasil menduduki puncak nominasi stasiun televisi paling populer saat ini.

frekuensi global tv terbaru
Frekuensi GTV terbaru

Saluran global tv juga terkenal baik di tengah masyarakat melalui program unggulannya. Kalian juga akan menjumpai tayanga ramah anak yang bersifat edukatif saat memasukan frekuensi GTV digital. Namun frekuensi global TV terbaru sedang dalam pembaharuan pengaturan, baik MPEG2 maupun MPEG4. Hal itu dilakukan tidak lain untuk meningkatkan kualitas pancaran sinyal milik GTV.

Sebagai penonton tentunya pernah mengalami saluran Global TV hilang dari transponder yang membuat banyak pengguna televisi parabola menjadi kebingungan. Lantas bagaimana bisa frekuensi GTV hilang begitu saja? penyebabnya bisa berasal dari berbagai faktor. Misalnya kode transponde yang berubah, satelit mengalami kerusakan, gangguan sinyal, dan lain sebagainya.

Frekuensi Global TV (GTV) Digital Terbaru 2024 di Semua Satelit

Namun pihak MNC Grup akan memberikan pemberitahuan terlebih dahulu jika terdapat perbaikan dalam siarannya. Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang frekuensi GTV digital terbaru 2024.

Beberapa pengguna tv parabola kebingungan dalam mencari frekuensi Global TV digital terbaru. Padahal mereka sudah mencarinya melalui menu receiver dengan cara blind otomatis maupun secara manual berkualitas digital. Namun dalam beberapa kasus hasilnya sama saja channel frekuensi global tv hilang dan tidak bisa ditemukan.

Mengapa bisa demikian? karena setiap beberapa periode pihak MNC group melakukan pembaruan frekuensi global tv melalui metode pengacakan bebas. Inilah alasan utama mengapa receiver dengan merk apapun seperti merk Matrix, Technosat, Geosat, dan Tanaka kesulitan menemukan kode frekuensi terbaru.
Baca juga: Frekuensi RCTI Terbaru 2024 di Semua Satelit
Lazimnya, kita bisa memperoleh frekuensi Global TV GTV terbaru secara otomatis lewat fitur blind otomatis. Maka dengan sendirinya semua channel berserta kondenya akan tersimpan secara langsung, termasuk kode tv yang tidak berfungsi lagi. Namun untuk memperoleh frekuensi GTV digital terbaru secara manual dapat dilakukan dengan memasukkan satu nomor kode saja. 

Transponder GTV

Transponder adalah alat yang sudah pasti dimiliki oleh semua perangkat modern baik berbasis analog maupun tv digital. Alat ini bekerja dengan menangkap sinyal, memperkuat, lalu mengirimkannya kembali dalam bentuk frekuensi. Inilah alasan mengaka kalian dapat menikmati jernihnya kualitas video dan audio dari berbagai channel.

Lantas bagaimana jika frekuensi GTV hilang di transponder? sudah menjadi tugas kita untuk mengembalikannya. Hal ini pernah saya alami ketika masih memakai saluran dari satelit telkom 3S. Setelah mencari ternyata masalahnya ada pembaruan yang tak saya ketahui. Akhirnya saya pun memasukan frekuensi global tv satelit telkom 4 yang secara otomatis menggeser pendahulunya.

Masalahnya, tak semua orang familiar ketika diminta mengotak atik perangkat televisi miliknya. Buka tanpa alasan karena rasa takut akan memperparah keadaan sering kali menjadi kendalanya. Maka dari itu, dalam sesi ini saya ingin membagikan kode frekuensi Global TV digital yang bisa kalian masukan ke transponder. Simaklah tabel di bawah:

Satelit Transponder Keterangan
Palapa D 1 4186 V 8800 Free TA
Palapa D 2 3934 H 7200 Free TA
Telkom 3S 12560 H 10000 Transvision
JCSAT 4B 12490 H 30000 Big TV
Measat 3b 12643 H 30000 Transvision
SES 7 2535 H 22500 MNC Vision

Pada tabel diatas dapat kita libat berbagai frekuensi transponder global tv dari setiap satelit. Namun kita juga harus menyadari bahwa setiap setelit memiliki kualitas channel yang berbeda beda. Maka dari itu kita harus memilih frekuensi global tv digital terbaru yang paling sesuai untuk daerah kita.

Seperti yang kita ketahui bahwa MNC group selalu memperbarui kode frekuensi GTV digital setiap beberapa periode sekali. Hal ini dilakukan untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan seperti siaran yang tidak jelas, gangguan sinyal, dan lain sebagainya. Maka dari itu, sebagai pelanggan kita harus bisa mengikuti syarat dan ketentuan stasiun tv itu sendiri. Artikel ini telah saya update agar konten dan informasi di dalamnya tetap terjaga dan tidak menyesatkan pembaca.

Frekuensi GTV di Satelit Telkom 4

Saluran global tv hilang dari transponder? hal ini sudah biasa terjadi. Hilangnya kode frekuensi tersebut bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari tidak stabilnya jaringan karena cuaca buruk sampai pihak stasiun televisi yang berganti satelit pemancar.

Berakhirnya masa orbit dari beberapa satelit seperti telkom 3, palapa D dan sebagainya membuat frekuensi televisi tak lagi mengudara. Inilah alasan mengapa program telkom 4 diluncurkan untuk menggantikan para pendahulunya.

Saluran GTV satelit telkom 4 tentunya menawarkan banyak kelebihan daripada versi sebelumnya. Kita ambil saja contoh dari segi kualitas video dan audio yang jauh lebih baik. Dengan demikian kalian akan merasakan pengalaman nyaman saat menonton televisi
Sayangnya tak semua receiver bisa menangkap sinyal yang dipancarkan melalui satelit tersebut. Pengguna akan menjumpai beberapa kesulitan ketika receivernya keluaran versi lama. Inilah salah satu alasan kenapa transponder tidak diperbarui otomatis ketika frekensi global tv berganti.

Cara mengembalikan frekuensi GTV hilang di satelit telkom 4 tak lain adalah dengan memasukan kodenya secara manual. sayangnya tak semua penonton tau berapa kode yang benar untuk memperoleh kualitas siaran HD yang kini ditayangkan secara digital.

GTVSatelit Telkom 4
Frekuensi4030
PolaritasHorizontal
Symbol rate16600
SID0003
SystemMPEG4 HD

Frekuensi GTV di Satelit Palapa

Palapa D dan palapa C2 merupakan dua buah satelit yang sudah mengorbit sejak lama. Satelit tersebut mampu memancarkan frekuensi global tv hingga ke pelosok Negeri sekalipun. Satelit Palapa juga merupakan cikal bakal dunia pertelevisian di Indonesia dan terus mengalami perkembangan hingga saat ini. Hal ini dibuktikan dengan berbagai format frekuensi yang dipancarkan satelit ini.

Channel Global TV GTV terbaru yang pertama akan saya jelaskan berada di satelit Palapa D atau Palapa C2. Umumnya, ketika mengganti frekuensi global TV digital kita akan dihadapkan dengan pilihan antara mpeg2 dan mpeg4. Lantas apa bedanya format frekuensi global TV tersebut? tentu saja berbeda.

Jika kita buat komparasi dari berbagai segi tentu kita akan tau perbedaan kualitas frekuensi Global TV MPEG2 dan MPEG4 dengan lebih jelas. Perbedaan tersebut terletak pada kualitas kompresi dan jumlah bit yang berbeda dari dua metode pengkodean diatas. Lantas mana yang lebih baik? tentu saja frekuensi global TV MPEG4 karena formatnya menggunakan algoritma yang lebih simpel.

Namun tidak ada salahnya jika kita ingin mengganti frekuensi GTV dan menggunakan format MPEG2. Untuk menentukan frekuensi global tv mana yang harus kita pilih sangatlah sederhana. Kita perlu menyesuaikanya dengan spesifikasi pada TV kita. Selain itu lakukanlah perbandingan ketika menggunakan frekuensi GTV MPEG2 dan MPEG4 dari segi audio, bit frame, dan kejernihan gambar tentunya.

Frekuensi Global TV MPEG2 di Satelit Palapa

MPEG2 merupakan format pengkodean yang digunakan untuk menyiarkan saluran TV dan DVD. Banyak stasiun tv yang menggunakan format MPEG2, salah satunya adalah Global TV. Frekuensi GTV MPEG2 bisa dibilang sangat sederhana dan merupakan versi pertama sebelum dikeluarkannya versi terbaru dari metode pengkodean tersebut.

Meskipun demikian, Masih banyak orang yang menggunakan frekuensi global TV MPEG2 dan belum mengganti frekuensi tersebut dengan versi MPEG4. Mengapa demikian? karena banyak orang merasa sudah nyaman dengan channel GTV tersebut. Nah jika anda ingin mencoba mengganti frekuensi GTV digital terbaru anda untuk sekedar mencoba, silahkan samakan settingan TV seperti di bawah:
  • Transponder (TP) GTV : 4186 V 8800
  • Posisi : 113.0⁰E
  • Frekuensi : 4186 Mhz
  • Simbol Rate : 8800
  • Polaritas : Vertikal
  • SID : 3
  • Audio PID (APID) : 1221
  • Video PID (VPID) : 1211
  • Penyedia : MNC Media
Menurut saya pribadi transponder global tv digital terbaik adalah dari satelit MNC media. Kita bisa menggunakan settingan seperti diatas untuk membuat channel GTV di televisi menjadi lebih baik dan lebih jernih. Yang kita perlukan hanya menyesuaikan dan mengganti transponder global tv seperti di atas.

Frekuensi Global TV MPEG4 di Satelit Palapa

Sedangkan MPEG4 adalah format pengkodean yang ditujuan untuk perangkat digital seperti internet streaming. Dengan menggunakan teknologi tersebut frekuensi global TV terbaru dapat dipancarkan lebih efisien ke seluruh kota di Indonesia. Teknologi ini secara otomatis juga telah menggeser pendahulunya yakni MPEG2.

Jadi kita tidak perlu panik ketika frekuensi global TV hilang dari televisi kita karena bisa saja frekuensi GTV digital sudah diganti. Untuk mengembalikan channel global TV tersebut kita bisa menyeting ulang TV kita dengan menggunakan versi terbaru yakni MPEG4. Samakanlah settingan frekuensi global tv anda seperti di bawah ini:
  • Transponder (TP) GTV : 3934 H 7200
  • Posisi : 113.0⁰E
  • Frekuensi : 3934 Mhz
  • Simbol Rate : 7200
  • Polaritas : Horizontal
  • SID : 4
  • Audio PID (APID) : 1220
  • Video PID (VPID) : 1210
  • Penyedia : MNC Media
Apakah ada alternatif frekuensi GTV terbaru lainnya yang bisa kita pakai? tentu saja ada. Terdapat banyak sekali settingan dan cara mengganti frekuensi global TV yang dapat kita terapkan sesuai dengan satelit dan parabola yang kita pakai. Jadi kita tidak hanya terpaku menggunakan satelit palapa saja, namun kita juga bisa mencari frekuensi global tv pada satelit lainnya.

Channel Global Tv di Satelit JCSAT 4B (Big TV)

JCSAT 4B merupakan nama satelit yangpasti terdengar tidak asing lagi di telinga penonton. Secara garis besar satelit ini digawangi sepenuhnya oleh BIG TV yang notabenya merupakan penyedia saluran televisi berbayar. Melalui saluran inilah frekuensi GTV digital dipancarkan hingga ke seluruh Indonesia. Meski demikian tak semua masyarakat mengetahuinya karena mereka lebih familiar dengan satelit telkom 4 dan palapa.

Karena channel global TV pada satelit JCSAT menggunakan format pengkodean MPEG4. Maka kualitas kejernihan gambar serta suara yang dihasilkan pun cukup memuaskan meskipun tak mampu mencapai HD/4K. Jika anda ingin mengembalikan frekuensi global Tv yang hilang maka samakan settingan seperti di bawah ini:
  • Frekuensi Global TV MPEG4 JCSAT 4B
  • Transponder (TP) GTV : 12490 H 30000
  • Posisi : 124.0⁰E
  • Frekuensi : 12490 Mhz
  • Simbol Rate : 30000
  • Polaritas : Horizontal
  • Enkripsi : Niagravision
  • SID : 623
  • Audio PID (APID) : 1172
  • Video PID (VPID) : 1171
  • Paket : Big TV
Apakah frekuensi global tv ditigal tak tersedia pada satelit satu ini? tentu saja tidak. Penyedia saluran yang satu ini berbasis internet streaming jadi hanya menggunakan MPEG4 saja. Sedangkan untuk versi terdahulunya hanya dikhususkan untuk siaran tv konvensional dan dvd saja.

Satelit SES 7 (MNC Vision)

Selain Big TV, salah satu penyedia saluran televisi berbayar lainnya adalah MNC vision. Seperti yang kita ketahui bahwa global TV meruakan anak perusahaan dari MNC group. Jelas saja jika MNC vision juga mengakomodasi keberadaan frekuensi global TV tersebut. Tujuannya tentu adalah agar pengguna bisa lebih mudah menemukan channel GTV di televisi mereka.

Frekuensi Global TV digital terbaru selanjutnya yang akan saya jelaskan berada di satelit SES 7. Frekuensi GTV ini menggunakan format pengkodean MPEG4 dan berada dalam naungan MNC vision. Adapun penjelasan selengkapnya yaitu sebagai berikut:
  • Transponder (TP) GTV : 2535 H 22500
  • Posisi : 108.2⁰E
  • Frekuensi : 2535 Mhz
  • Simbol Rate : 22500
  • Polaritas : Horizontal
  • Enkripsi : Videoguard
  • SID : 4417
  • Audio PID (APID) : 656
  • Video PID (VPID) : 528
  • Paket : MNC Vision
Ketika anda mendapati channel GTV hilang begitu saja maka jangan panik terlebih dahulu. Bisa saja pihak global TV sedang melakukan maintance dan memindahkan frekuensinya. Jika anda mendapati masalah demikian maka silahkan ganti frekuensi GTV seperti di atas.

Frekuensi Global TV di Satelit Telkom 3s (Transvision)

Transvision merupakan salah satu penyedia saluran tv kabel di Indonesia yang sudah berumur cukup tua. Setiap channel transvision juga sangat menghibur dan bersifat informatif. Didukung satelit telkom 3s membuat transvision menjadi salah satu stasiun tv yang memancarkan frekuensi global tv digital dengan kualitas yang baik. Satelit telkom 3s digadang-gadang memiliki kualitas pancaran sinyal yang baik dan banyak disambungkan ke transponder tv seluruh Indonesia.
Baca juga: Daftar Frekuensi Parabola Semua Satelit Terbaru Bulan ini
Ketika anda mendapati channel gobal tv hilang maka jangan langsung panik. Kita bisa mengembalikan frekuensi GTV digital tersebut dengan sangat mudah, syaratnya kita harus mengikut panduan yang sudah saya sediakan. Channel Global TV GTV terbaru selanjutnya yang akan saya jelaskan berada di satelit Telkom 3s. Frekuensi GTV ini ditransmisikan dalam bentuk MPEG4. Silahkan ganti frekuensi global TV terbaru anda dan samakan dengan settingan di bawah ini:
  • Frekuensi Global TV MPEG4 Telkom 3s
  • Transponder (TP) GTV : 12560 H 10000
  • Posisi : 118.0⁰E
  • Frekuensi : 12560 Mhz
  • Simbol Rate : 10000
  • Polaritas : Horizontal
  • Enkripsi : Irdeto
  • SID : 108
  • Audio PID (APID) : 230
  • Video PID (VPID) : 231
  • Paket : Transvision
Itulah detil frekuensi GTV digital pada satelit telkom 3s di bawah naungan transvision. Apakah masih ada alternatif satelit lain yang bisa kita pakai? masih ada. Satelit tersebut masih berada dalam perusahaan transvision.

Satelit Measat 3b (Transvision)

Frekuensi Global TV digital terbaru selanjutnya yang akan saya jelaskan berada di satelit Measat 3b. Frekuensi GTV digital ini dipancarkan menggunakan pengkodean MPEG4. Karena masih tergabung dalam perusahaan transivision jadi membuat kita lebih mudah dalam menyetingnya. Kita hanya perlu mengganti bagian transponder global tv saja pada settingan tv. Adapun detail selengkapnya yaitu sebagai berikut:
  • Frekuensi Global TV MPEG4 Measat 3b
  • Transponder (TP) GTV : 12643 H 30000
  • Posisi : 91.5⁰E
  • Frekuensi : 12643 Mhz
  • Simbol Rate : 30000
  • Polaritas : Horizontal
  • Enkripsi : Irdeto
  • SID : 1108
  • Audio PID (APID) : 124
  • Video PID (VPID) : 123
  • Paket : Transvision
Frekuensi GTV digital memang mengalami perubahan namun transponder satelit yang digunakan tidak berubah. Tidak semua satelit mengalami perubahan frekuensi GTV DVB-T2 2024 ini, melainkan hanya beberapa satelit saja yang terjadi perubahan. Seperti halnya kode frekuensi Global TV terbaru di atas. Jika anda mendapati ada kode channel yang sudah tidak bisa diakses silahkan ajukan keluhan melalui kolom komentar agar saya bisa memperbaruinya kembali.

Demikianlah penjelasan mengenai frekuensi Global TV digital di saluran DVB-T2 terbaru. Untuk memperoleh frekuensi Global TV tersebut dapat dilakukan dengan cara manual ataupun otomatis. Lakukanlah eksperimen dan komparasi pada masing masing settingan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Komparasi tersebut mencakup kualitas audio, bit frame, dan kejernihan tentunya.

Posting Komentar untuk "Frekuensi Global TV (GTV) Digital Terbaru 2024 di Semua Satelit"