Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Tompel di Layar HP Bisa Menyebar dan Cara Mengatasinya

Apakah Tompel di Layar HP Bisa Menyebar dan Cara Mengatasinya - Sebagian pengguna pasti pernah melihat bayangan samar layaknya tompel di LCD. Munculnya Tompel di layar hp dipastikan akan mengganggu kegiatan kita pada saat menggunakan ponsel. Baik saat membuka IG, berkirim pesan, bermain game gambar akan tertutup dan tak terlihat.

apakah tompel di layar HP bisa menyebar
Cara Menghilangkan Tompel di Layar HP

Selain tidak enak dipandang bercak hitam itu juga berpotensi mengurangi sensitivitas touchscreen. Alhasil saat bermain game atau sekedar berkirim pesan pun kita akan sering salah ketik. Lantas apakah tompel di layar hp bisa menyebar dan bertambah besar? pertanyaan ini mungkin sedang terbesit di benak kalian.

Tompel di layar HP sendiri bersifat multitafsir dan bisa memiliki banyak arti. Ada yang mengartikannya sebagai bercah hitam di layar, bayangan samar di layar, atau tanda cap menyerupai jempol. Sah-sah saja kalian mau mengartikan yang mana karena tak akan mengubah pokok pembahasan kita.

Apakah Tompel di Layar HP Bisa Menyebar dan Cara Mengatasinya

Tompel atau bercak hitam biasanya muncul di bagian pojok layar akibat efek bermain game online. Namun ada pula yang mendapatinya setelah layar HP terbentur atau tercelup air secara tidak sengaja. Wajar saja jika orang bertanya apakah tompel di layar HP bisa menyebar atau tidak. Sebab mereka yang mengalami hal demikian pasti memiliki rasa cemas ponsel semakin rusak.

Bahkan saya pun pernah mengalami saat masih gemar bermain game moba memakai HP xiaomi. Sekilas layar ada bercak hitam kecil tapi seiring berjalannya waktu ukurannya membesar dan cukup mengganggu. Lalu dalam hati saya pun bertanya bagaimana cara menghilangkan tompel di layar Hp xiaomi. Meski pada akhirnya sampai saya berganti HP sekalipun pertanyaan itu masih belum terjawab.

Penyebab Tompel di Layar HP

Sebelum kita jawab pertanyaan apakah tompel di layar HP bisa menyebar dan membesar. Mari kita pahami dulu apa yang menyebabkan masalah tersebut sehingga kita bisa melakukan tindak pencegahan.

Tanpa sadar ternyata beberapa aktivitas yang sering kita lakukan memberi pengaruh besar terhadap performa ponsel. Munculnya tompel di layar HP sebenarnya disebabkan oleh beberapa faktor sepele yakni:

  1. Over pressure (tekanan berlebih pada LCD).
  2. Suhu layar terlalu tinggi.
  3. Terjatuh atau layar terbentur.
  4. Kemasukan air.

Dari sekian banyak penyebab tompel di layar HP itu faktor yang paling berpengaruh yakni over pressure dan suhu layar terlalu tinggi. Dua hal itu sebenarnya sering kita alami khususnya pengguna berumur remaja.

Aktivitas bermain game terkadang menuntut kita untuk terus memencet layar sehingga tanpa sadar kita memberikan tekanan berlebih pada LCD. Padahal kondisi layar ponsel yang panas justru akan memperparah sehingga tompel di layar HP bisa menyebar dengan cepat.

Apakah Tompel di Layar HP Bisa Menyebar

Tompel di layar HP bisa menyebar seiring berjalannya waktu sesuai dengan intensitas pemakaian. Penggunaan melebihi batas normal seperti bermain game terus menerus dapat menyebabkan tompel menyebar dengan cepat. Hal ini terjadi karena tekanan yang diterima layar terlalu kuat sehingga membuat bekas permanen yang tidak dapat dihilangkan.

Dari segi fungsi sebenarnya tompel di layar xiaomi, samsung, bahkan Iphone sama sekali tak berpengaruh terhadap performa. Sekilas ponsel masih bisa dipakai normal untuk aktivitas, tidak lemot, dan lain sebagainya. Hanya saja bercak hitam tersebut sangat mengganggu pemandangan dan antar muka.

Dalam beberapa kasus, sensitivitas layar pun juga dapat terganggu sehingga menyebabkan typo saat mengetik pesan. Saya pun pernah mengalami hal demikian saat masih memakai HP xiaomi beberapa tahun lalu sampai akhirnya beralih ke samsung karena sudah merasa tak nyaman.

Jika kebetulan HP kalian sudah ada tompel maka sebaiknya lebih berhati-hati dalam menggunakannya. jangan sampai bercak hitam bertambah besar sampai mengganggu aktivitas berkirim pesan sehari-hari. Jadi, saya simpulkan kembali bahwa tompel di layar HP bisa menyebar akibat pola pemakaian yang salah secara terus menerus.

Cara Menghilangkan Tompel di Layar HP

Kalian sudah dapat jawaban apakah tompel di layar HP bisa menyebar dan membesar. Kini muncul pertanyaan baru bagaimana cara menghilangkan bercak hitam itu. Meski sudah mendapat penjelasan sedemikian rupa ternyata tak membuat sejumlah orang menyerah. Masih ada beberapa pengguna yang coba menghilangkan tompel di layar hpnya.

Karena termasuk kerusakan hardware maka solusi terbaiknya adalah ganti LCD agar tompel tidak melebar. Berdasarkan pengalaman saya tidak tak ada aplikasi ataupun metode yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Sehingga mau atau tidak pengguna hanya bisa menuju ke gerai resmi ataupun konter kepercayaan.

Itulah artikel yang sedikit banyak membahas permasalahan LCD berbagai merk ponsel yang dapat saya sampaikan. Menjaga hp agar tidak mengalami kerusakan merupakan kewajiban kita sebagai pengguna. Kunci utama agar terhindar dari hal seperti di atas tak lain adalah menjaga pola pemakaian sebagaimana mestinya.

Saya harap, setelah membaca artikel di atas tak ada lagi yang bertanya apakah tompel di layar HP bisa menyebar. Sebab jawabannya adalah bisa bergantung pada intensitas pemakaian apakah over atau tidak. Di artikel selanjutnya kita akan coba belajar cara menghilangkan tompel di layar HP secara permanen.

Posting Komentar untuk "Apakah Tompel di Layar HP Bisa Menyebar dan Cara Mengatasinya"