Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Saluran TV Digital Manual (STB) dan Otomatis

Cara Mencari Saluran TV Digital Manual (STB) dan Otomatis - Pemberitahuan tentang migrasi saluran tv anaolog ke frekuensi TV digital sebenarnya sudah menggema sejak beberapa bulan terakhir. Pemerintah berencana memperbarui sinyal analog yang telah lama mengudara dengan sistem yang lebih baik.

Cara mencari saluran tv digital
Cara mencari saluran tv digital

Secara garis besar proses tersebut akan dilakukan secara bertahap dan tetap memerlukan waktu lama. Mengapa demikian? sebab tak semua penonton mampu menerima perubahan yang terjadi. Faktanya, untuk menikmati saluran tv digital kita harus mengganti televisi baru atau memasang alat bernama set top box.

Namun saran saya tidak ada salahnya kita mengikuti trend perubahan ke arah yang lebih baik. Cara mencari saluran tv digital manual pun menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Bahkan, kini banyak yang berbondong membeli STB serta antena tv digital sebagai alat penunjang.

Cara Mencari Saluran TV Digital Manual (STB) dan Otomatis

Pada dasarnya, kita bisa mengartikan frekuensi tv digital sebagai siaran yang mengompresi sinyal memakai konsep modulasi digital. Dengan kata lain, tuner yang notabenya berfungsi sebagai transmisi tv biasa tidak akan mampu menangkap sinyal tersebut. Maka dari itu tak heran bila perusahaan manufaktur televisi kini ramai memproduksi perangkat TV digital dan memasarkannya ke masyarakat.

Ketika bicara soal kualitas maka tak dapat dipungkiri bahwa frekuensi TV digital menang telak dibandingkan analog. Kalian tak akan menjumpai bintik semut maupun suara pecah-pecah ketika sudah beralih televisi.

Meski sudah membeli televisi baru maupun set top box tapi sayangnya tak semua orang tau cara setting yang optimal. Padahal menurut saya pribadi cara mencari saluran tv digital manual dari top box maupun otomatis lewat blind scan sangatlah mudah.

Apakah kamu baru saja membeli perangkat STB tapi tidak tau cara menggunakannya? tenang saja. Dalam artikel ini kita akan membahas lebih dalam cara mencari frekuensi tv digital dengan mudah.

Cara Mencari Saluran TV Digital Otomatis

Cara menikmati siaran tv digital paling mudah dan recommended memang dengan membeli perangkat televisi baru. Mengapa demikian? sebab proses setting tv akan lebih mudah daripada kita harus memasang STB.

Kini sudah banyak bermunculan tv digital yang menawarkan spesifikasi berbeda untuk setiap unitnya. Misalnya tv samsung, sharp, LG, panasonic, TCL, polytron dan beberapa merk lokal yang tak kalah dari segi kualitas. Mereka berlomba menyajikan produk terbaik untuk menunjang aktivitas multimedia para penonton.

Baca juga: Daftar Frekuensi Parabola Semua Satelit Terbaru Bulan ini

Cara mencari saluran TV digital sebenarnya cukup sederhana. Kalau tak mau pusing cukup minta toko penjual untuk menyettingkan sebelum dikirim ke rumah. Tapi jika kalian ingin melakukanya sendiri maka simaklah langkah-langkah di bawah:

  1. Hidupkan Televisi.
  2. Pencet opsi yang ada di remote kalian.
  3. Pilih menu saluran.
  4. Pilih opsi pindai otomatis.
  5. Pilih saluran digital jika muncul 3 jenis saluran (digital, analog, semua).
  6. Tunggu sampai proses scanning selesai.
  7. Frekuensi TV digital sudah siap ditonton.

Televisi digital dijual mulai dari harga 3 jutaan sampai puluhan juta. Saya termasuk salah satu penonton yang telah bermigrasi dan kini memakai tv digital panasonic. Pertimbangan upgrade televisi itu muncul karena saya merasakan pengalaman menonton yang lebih baik dari segi visual maupun audio.

Cara Mencari Saluran TV Digital Manual

Mencari saluran tv digital manual sangatlah bermanfaat guna menemukan sinyal atau frekuensi baru di kemudian hari. Selain itu, setting set top box manual juga dapat membantu kita memperbarui database MUX. Semua itu hanya berlaku jika kalian mencari frekuensi tv digital manual menggunakan set top box.

Secara garis besar kita memang bisa mengubah tv biasa menjadi digital dengan bantuan perangkat tambahan. Perangkat itu meliputi set top box dan antena khusus untuk menangkap frekuensi tv digital. Harga STB dan antena biasanya berkisar antara 100 sampai 300 ribuan menyesuaikan merk serta kualitas barang.

Meski prosesnya tidak mudah tapi banyak orang tertarik mencoba karena kualitas gambar serta suara yang lebih jernih. Kalau kebetulan kalian sedang tidak punya uang untuk upgrade televisi maka tak ada salahnya membeli STB terlebih dulu

Apakah kalian salah satunya? Silahkan beli set top box serta antena terlebih dulu. Jika sudah maka simaklah cara mencari saluran tv digital manual di bawah:

  1. Lakukan instalasi set top box dan tv analog dengan benar.
  2. Nyalakan kedua perangkat tersebut dan pastkan logo set top box muncul di tv.
  3. Masuk ke pengaturan dengan pencet menu pada remot set top box.
  4. Selanjutnya, pilih menu saluran.
  5. Lalu pilih Pencarian Saluran DTV.
  6. Masukan nomor MUX.
  7. Setelahnya, kalian akan melihat bar indikator sinyal tv digital.
  8. Untuk mendapatkan kekuatan sinyal yang optimal maka putarlah antena ke arah yang tepat.
  9. Bila merasa sinyal tv digital sudah kuat maka pencet start untuk lanjut ke proses scanning.
  10. Tunggu sampai proses selesai.
  11. Semua daftar saluran tv digital pun akan tersimpan di set top box.
  12. Selesai.

Nama serta penempatan tombol "Menu" pada remot set top box bisa berbeda menyesaikan merk serta tipe. Tapi konsep, fungsi, dan cara pakainya harusnya tetap sama agar penonton lebih mudah mengatur perangkat.

Cukup sampai sini saja penjelasan cara mencari saluran tv digital manual dan otomatis yang dapat saya sampaikan. Kesimpulannya, kalau kamu punya uang cukup maka belilah televisi generasi terbaru yang notabenya mampu menangkap sinyal digital. Jika ternyata uang kita tidak cukup maka silahkan pasang set top box yang dijual mulai 200 ribuan di pasaran.

Posting Komentar untuk "Cara Mencari Saluran TV Digital Manual (STB) dan Otomatis"