Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Internet Indihome Lemot dan Sinyal Patah-Patah

Cara Mengatasi Internet Indihome Lemot dan Sinyal Patah-Patah - Ketika memilih berlangganan indihome kita harus siap dengan segala konsekuensi dan resikonya. Mulai dari jaringan yang tidak stabil, koneksi internet tiba tiba lemot atau terputus hingga tarif harga yang mahal. Meskipun permasalahan ini tidak dialami oleh semua orang. Namun tetap saja jika kita mengalami internet indihome lemot tentu rasanya tidak akan menyenangkan.

Menyelesaikan permasalahan internet indihome lemot sampai ke akar
Cara mengatasi internet indihome lemot

Indihome merupakan salah satu anak perusahaan dari telkomsel yang berkecimpung dalam bidang pelayanan internet rumahan. Untuk menstabilkan kecepatan internet, indihome menggunakan teknologi fiber optic (kabel fiber) untuk menggantikan fungsi kabel tembaga sehingga tidak ada lagi istilah indihome lemot dan sebagainya. Sayangnya penyebaran dari fiber optic tersebut belum sepenuhnya merata. Hal inilah yang menjadi akar dari beberapa masalah seperti intenet indihome lemot dan sering terputus secara tiba-tiba.

Meningkatkan layanan dan memperbaiki indihome lemot merupakan salah satu prioritas utama PT telkom. Komitmen tersebut dibuktikan dengan begitu cepatnya respon customer service dan teknisi ketika ada keluhan dari pengguna. Ditambah lagi pilihan paket pemasangan indihome dengan harga dan kuota internet beragam juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri.


Cara Mengatasi Internet Indihome Lemot dan Sinyal Patah-Patah

Salah satu permasalahan yang sering dijumpai oleh pengguna indihome adalah jaringan internet drop lemot bahkan disconnect sendiri. Hal ini tentu sangat menjengkelkan terlebih lagi ketika kita tengah asyik berinternetan. Saya sendiri yang sering melakukan aktivitas upload file pun akan merasa terganggu jika mendapati problem seperti di atas.

Sementara itu, ada banyak sekali faktor yang menjadi penyebab indihome lemot dan jaringan drop. Penyebabnya bisa berasal dari banyak faktor internal dan external. Adapun penyebab indihome lemot dari faktor intar meliputi server yang down, kabel putus, maintenance dan sebagainya. Sedangkan penyebab indihome lemot dari faktor external seperti koneksi bocor melalui wifi, cuaca buruk, dan lain sebagainya.

 Baca juga: Harga Pasang Wifi Indihome Murah Terbaru Bulan Ini 

Pada intinya, Cara mengatasi indihome lemot bergantung pada gejala serta penyebabnya. Kita harus ingat bahwa tak semua masalah bisa diselesakan dengan solusi yang sama. Dalam artikel kali ini kita akan membahas apa saja penyebab sinyal indihome drop. Selain itu, saya telah merangkum pula cara mengatasi internet indihome lemot karena berbagai faktor.

FUP Indihome Habis

Fair usage policy adalah istilah untuk batas pemakaian wajar yang diperbolehkan oleh satu pelanggan. Singkatnya, FUP merupakan peraturan yang membatasi kuota maksimal penggunaan internet bulanan. Pelanggan yang telah mencapai batas maksimal tersebut akan mengalami koneksi indihome lemot secara langsung.

Faktanya, beberapa pelanggan sering mengabaikan keberadaan FUP tersebut. Hingga akhirnya saat internet indihome lemot mereka baru bertanya-tanya apa penyebabnya. Meski terdengar sepele tapi kita harus selalu melakukan cek kuota secara berkala untuk menjaga agar tidak over used.

Lalu berapa FUP indihome? jumlah FUP setiap paket berbeda beda, paket indihome dengan kecepatan 20 Mbps akan memiliki FUP sebesar 600Gb selama satu bulan. Jika kita mengalami internet indihome lemot ada baiknya kita cek FUP kita apakah sudah mencapai batas maksimal atau belum. Jika kita sudah mencapai FUP maka kecepatan internet yang awalnya 20Mbps akan menurun menjadi hanya 7.5 Mbps saja.

Baca juga: 4 Cara Cek Tagihan IndiHome Secara Online Terbaru 

Kecepatan internet turun karena FUP ini tidak bisa diakali dan ditangani karena sudah menyangkut dengan kebijakan indihome sendiri. Tidak ada pula cara menghilangkan FUP indihome karena semua sudah diatur oleh pihak penyedia jasa internet rumahan.

Cara mengatasi internet indihome lemot yang disebabkan karena FUP habis adalah melakukan upgrade layanan, atau menunggu reset FUP di bulan berikutnya. Misal kalian berada di paket berkecepatan 10mbps mintalah upgrade ke 20mbps. Maka jumlah FUP kalian pun juga akan meningkat diikuti dengan total tagihan bulanan juga.

Kabel Fiber Optic Putus

Salah satu penyebab internet indihome lemot adalah putusnya kabel fiber optic yang menghubungkan server indihome dengan accesspoint kita. Meskipun kabel fiber optic diklaim lebih tahan gangguan dibanding kabel tembaga, namun tidak bisa dipungkiri bahwa hal buruk akan selalu ada. Misalnya saja kabel terputus karena tertimpa pohon tumbang. Mungkin teknologi fiber tahan terhadap cuaca buruk tapi jika sudah terkena timpaan pohon apakah masih tahan?

Contoh lain ketika terjadi gangguan pada kabel fiber bawah laut yang notabenya menjadi penghubung antar pulau. Maka pihak penyedia layanan terpaksa melakukan maintenance selama kurun waktu lumayan lama. Hal inilah yang membuat internet indihome lemot dan sinyal wifi patah-patah.


pohon tumbang memutus kabel indihome
Pohon tumbang bisa memutus kabel indihome

Selain terkena gangguan karena faktor alam, bisa saja kabel indihome tersebut memang sengaja diputus oleh pihak telkomsel karena sedang ada perawatan kabel secara berkala yang akhirnya berdampak pada koneksi internet indihome lemot dan lambat. Tapi biasanya kalau ada pemutusan oleh pihak provider maka pelanggan yang terdampak akan dikabari terlebih dahulu.

Cara mengatasi internet indihome lemot karena kabel fiber bermasalah adalah melihat dulu skala kerusakannya. Jika hanya putus karena tertimpa pohon kalian bisa langsung melakukan pengaduan ke customer service. Pastikan anda mencantumkan alamat, serta nomor indihome ketika membuat laporan. Untuk respon cepat anda bisa melakukan laporan dengan memention akun twitter resmi indihome.

Tapi jika internet indihome mati karena terputusnya kabel bawah laut maka tak ada yang bisa kalian lakukan. Opsi terbaik yakni menunggu pihak indihome memperbaikinya saja. Jadi meski membuat laporan pengaduan hal itu akan percuma saja.

Internet Bocor

Menjaga privacy serta data pelanggan merupakan prioritas kita sebagai pengguna layanan internet rumahan. Pasalnya ada banyak sekali kasus terjadinya pencurian data serta kuota melalui berbagai cara.

Kasus ini sering terjadi di perkantoran dimana internet indihome bisa dibagikan melalui access point yang sudah disediakan. Masalahnya adalah yang menggunakan koneksi internet merupakan pengguna ilegal akhirnya membuat koneksi indihome lemot dan lambat. Ketika orang beramai ramai menggunakan wifi indihome secara bersamaan akan menyebabkan bandwith yang dibutuhkan menjadi semakin banyak. Hal inilah yang memicu konensi internet lemot dan kadang disconnect sendiri.

Sebagai seorang pelanggan indihome kita diharuskan mampu menjaga privasi jaringan. Ketika jaringan kita dipakai banyak orang karena mereka mengetahui password wifi itu merupakan faktor kelalaian pengguna dan bukan kesalahan indihome.

Baca juga: Cara Pengaduan Gangguan Indihome Cepat dan Mudah

Cara mengatasi internet indihome lemot dan patah patah karena data yang bocor cukup mudah yakni update password secara berkala. Selain itu, kalian juga dapat memantau lalulintas bandwith itu sendiri. Ketika ada lonjakan signifikan maka pelanggan akan langsung mengetahui ke mana saja koneksi dibagikan.

Gangguan Teknis

Adanya gangguan teknis merupakan salah satu penyebab internal indihome lemot bahkan disconnect sendiri. Gangguan tersebut meliputi server down, pemeliharaan perangakat secara berkala ataupun proses upgrade kabel dari tembaga menjadi fiber optic.

Jika koneksi internet indihome lemot mungkin saja sedang terjadi gangguan teknis. Laporkan saja kendala yang anda alami ke customer service indihome dan silahkan tunggu sejenak sampai laporan anda ditanggapi.

Baca juga: PROMO Harga Paket Indihome Terbaru Bulan Ini

Jika dilihat catatan lapangan indihome, terjadinya kasus koneksi indihome lemot dan ngadat banyak disebabkan karena gangguan teknis yang berasal dari dalam perusahaan itu sendiri. Tidak banyak solusi yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ini. Yang bisa kita lakukan adalah membuat pengaduan ke pihak indihome dan menunggu saja.

Tapi ada kalanya gangguan juga terjadi pada perangkat pemancar sinyal (accesspoint). Maka dari itu, sebelum melakukan pengaduan ada baiknya kalian reset dulu akses poin tersebut. Caranya cukup mudah yakni cabut kabel power lalu colokan kembali ke sumber listrik. Maka perangkat pun akan restart dengan sendirinya dan menghilangkan segala masalah jaringan.

Indihome Lemot Karena Faktor Cuaca

Pernahkah anda mendapati koneksi internet indihome lemot ketika sedang terjadi hujan lebat? kasus ini sering dialami oleh pelanggan indihome yang masih menggunakan layanan kabel kawat tembaga. Pasalnya kawat tembaga diklaim lebih rawan terkena gangguan ketika cuaca buruk dibanding dengan kabel fiber optic.

Lagi lagi solusi terbaik untuk memecahkan masalah ini  adalah melakukan pengaduan dan menunggu teknisi indihome melakukan pengecekan kabel di area sekitar rumah kita. Jika hanya kecepatan internet menurun itu masih wajar, namun jika internet tiba tiba disconnect mungkin saja itu akibat dari pohon tumbang.

Cara mengatasi internet indihome lemot karena faktor cuaca menurut saya adalah dengan melakukan upgrade layanan. Jujur saja, di era teknologi yang semakin maju seperti sekarang kabel tembaga sudah tak lagi efektif. Banyak pelanggan yang kini beralih memakai fiber optic karena jaringan internet lebih cepat dan stabil.

Itulah berbagai permasalahan kenapa internet indihome lemot dan kecepatan internet indihome turun beserta dengan cara mengatasinya. Pada dasarnya faktor penyebab internet lemot tersebut saling berkaitan. Sebagai seorang pelanggan kita juga harus memberikan pengertian pada pihak penyedia layanan. Cukup sekian artikel yang membahas penyebab indihome lemot dan lelet, terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Internet Indihome Lemot dan Sinyal Patah-Patah"