Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya Pasang Wifi di Rumah Tanpa Telepon Rumah (Indihome Netizen)

Biaya Pasang Wifi di Rumah Tanpa Telepon Rumah (Indihome Netizen) - Internet secara tidak langsung sudah menjadi kebutuhan masyarakat yang tak tergantikan. Tuntutan arus digitalisasi memaksa semua kalangan untuk bisa beraktivitas secara online. Contohnya sekolah daring, bekerja dari rumah, dan lain sebagainya. Kita bisa mengakses internet dengan berbagai cara seperti membeli paket data, pergi ke warnet, wifi id corner, hingga connect wifi rumah, kantor maupun sekolahan.

harga dan biaya pasang wifi di rumah tanpa telepon rumah
harga dan biaya pasang wifi di rumah tanpa telepon rumah

Wifi merupakan salah satu perangkat umum yng digunakan untuk terhubung ke internet. Layanan ini memungkinkan pemiliknya dan orang yang tersambung ke wifi bisa mengakses internet bahkan secara bersamaan. Hingga saat ini, wifi telah banyak dimnfaatkan untuk kepentingan pekerjaan maupun pribadi seperti di rumah. Sedangkan biaya pasang wifi di rumah maupun kantor bisa dikatakan relatif karena tergantung kebutuhan penggunaan perbulan.

Ketika membicarakan rencana pasang wifi di rumah tanpa telepon rumah tentu kita harus memperhitungkan beberapa hal. Contohnya analisa biaya pemasangan, tagihan bulanan yang harus dibayar, cara instalasi, dan lain sebagainya. Misal kita berlangganan indihome maka cara pasang wifi di rumah tidak perlu repot karena semua sudah dikerjakan oleh teknisi. Namun bagaimana jadinya jika ingin pasang wifi sendiri dengan biaya yang lebih murah?

Beberapa pilihan device seperti modem router, mifi, dan menembak wifi jarak jauh menjadi solusinya. Masing-masing metode tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Inilah yang terkadang membuat kita bingung dan bimbang ingin menggunakan cara yang mana. Oleh karenanya, pada artikel kali ini saya ingin menjabarkan lebih dalam analisa biaya pasang wifi di rumah sendiri.

Biaya Pasang Wifi di Rumah Tanpa Telepon Rumah (Indihome Netizen)

Terdapat banyak sekali penyedia internet rumahan terbaik di indonesia seperti indihome, biznet, citranet dan lain sebagainya. Namun biaya pasang wifi di rumah tersebut relatif mahal karena paket yang ditawarkan bersifat bundling. Artinya pada setiap pemasangan wifi rumahan akan diikutsertakan juga layanan telepon rumah dan tv cable.

Walaupun terdengar baik, namun faktanya kedua layanan (telepon rumah dan tv cable) ini tidak terlalu dibutuhkan dan hanya memperbanyak biaya serta tagihan perbulannya. Untuk menekan, maka kita harus selektif dalam memilih penyedia internet rumahan. Jika ingin hemat kalian bisa mengkalinya dengan cara pasang wifi di rumah sendiri.


cara membuat wifi sendiri dirumah gratis tanpa biaya perbulan
Cara membuat wifi sendiri dirumah

Baru-baru ini indihome merilis paket internet rumahan terbaru (Paket promo 2P) yang ditujukan untuk generasi milenial. Promo indihome tersebut memberikan penawaran berupa paket internet wifi tanpa telepon rumah dan tv cable. Meski biaya pasang wifi di rumah tanpa telepon ini lebih mahal daripada periode sebelumnya tapi sisi positifnya nominal tagihan menjadi lebih murah. Pihak indihome pun juga meningkatkan layanan dengan menghapus paket 10mbps dan hanya menyisakan 20mbps ke atas saja dengan harga yang relatif lebih murah.

Tidak hanya memungkikan pengguna pasang wifi di rumah tanpa telepon rumah. Paket netizen 2P juga sangat cocok untuk anda pemilik usaha pertokoan dan restoran yang notabennya hanya membutuhkan koneksi internet untuk mendukung kenyamanan pelanggan. Tanpa perlu basa basi lagi simaklah pembahasan di bawah sampai selesai.

Apa Bisa Pasang Wifi Tanpa Indihome

Sebenarnya cara pasang wifi rumahan tidak hanya terbatas berlangganan penyedia jasa internet saja. Ada banyak sekali metode yang dapat kalian pakai untuk menghemat biaya bulanan. Selain menggunakan layanan indohome, masih terdapat berbagai cara pasang wifi di rumah tanpa telepon. Seperti memakai mifi, modem router, dan router usb. Ketiga perangkat itu memiliki cara kerja hampir sama yakni menangkap sinyal dari kartu perdana internet lalu memancarkan sinyal agar bisa digunakan.

Perbedaan terletak pada harga, bentuk fisik, kemampuan tangkapan sinyal, serta jarak pancaran. Modem router memiliki performa terbaik karena dibekali perangkat yang mumpuni. Sedangkan router USB ada di peringkat kedua karena fleksibilitas bentuk fisik serta pancaran sinyal yang tak kalah baik. Menurut saya mifi berada di urutan terakhir karena kemampuan menangkap sinyal serta jarak pancar tidak terlalu bagus.

Tentu saja sebelum memasang wifi kalian juga harus memperhatikan beberapa faktor penting. Misalnya, berapa budget untuk membeli device mengingat masing-masing alat memiliki perbedaan harga cukup signifikan. Melakukan analisa biaya pemasangan serta pembelian perangkat perupakan kunci utama agar kalian tak mengalami kerugian di kemudian hari. Kita juga harus menyesuaikan kapasitas pengguna yang akan memakai wifi tersebut sehingga bisa lebih efisien.

Lalu jika dibuat perbandingan, manakah harga pasang wifi di rumah tanpa telepon rumah yang terbaik? Berlangganan indihome ataukan pasang wifi sendiri di rumah dengan ketiga alat diatas? Menurut saya pribadi, kedua cara tersebut tetaplah memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kita harus melihatnya dari segi efisiensi, harga, dan biaya yang dikeluarkan. Perhitungkan pula resiko yang akan kalian hadapi di kemudian hari.

Biaya Pasang Wifi Indihome Tanpa Telepon Rumah

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, salah satu cara pasang wifi di rumah tanpa telepon rumah yang paling mudah adalah dengan berlangganan paket indihome netizen I dan II. Paket netizen ini adalah paketan wifi rumahan yang dikhususkan untuk generasi milenial seperti sekarang. Paket indihome yang satu ini bisa dikatakan spesial karena hanya berisi paket internet saja tanpa telepon rumah, tanpa tv cable dan tanpa bundling apapun.

Paket Netizen Indihome Dual Play
20 Mbps Gratis 100 menit Nelpon Rp 285.000/Bulan
30 Mbps Gratis 100 menit Nelpon Rp 315.000/Bulan
40 Mbps Gratis 100 menit Nelpon Rp 385.000/Bulan
50 Mbps Gratis 100 menit Nelpon Rp 445.000/Bulan

Skema tarif dan harga paket netizen indihome dapat kita lihat pada gambar diatas dan dapat berubah sewaktu waktu menyesuaikan kebijakan PT.telkomsel. Untuk meminimalisir pengeluaran dan biaya pasang wifi perbulan, kita harus menyesuaikan paket wifi indihome sesuai dengan kebutuhan kita.

Pada mulanya kita memang diharuskan pasang wifi satu paket dengan telepon rumah ketika memilih indihome netizen 1. Namun setelah pemasangan pelanggan bisa melakukan downgrade sendiri dari dual play yang notabennya terdiri dari internet dan telepon menjadi single play (internet saja). Inilah cara pasang wifi di rumah tanpa telepon rumah terbaik menurut saya.

Untuk melakukan downgrade agar bisa menikmati wifi indihome tanpa telepon rumah pelanggan harus menghubungi call center terlebih dahulu. Selanjutnya buatlah permintaan untuk mengubah status paket dari dual play ke single play.


Promo paket indihome terbaru
Daftar harga paket indihome internet saja

Jika proses downgrade berhasil maka bulan berikutnya pelanggan hanya harus membayar biaya wifi indihome tanpa telepon kabel dengan sebesar180 ribu. Tagihan tersebut lebih murah 100 ribu daripada harga sebelumnya ketika status masih dual play. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mencoba trik tersebut?

Biaya Pasang Wifi di Rumah Paket Netizen

Berapakah harga pasang wifi tanpa telepon kabel di rumah? Untuk membantu kalian, saya akan membuat rincian atau skema harga yang harus dibayar ketika berlangganan wifi rumah tanpa telepon. Berdasarkan update terbarunya kini calon pelanggan harus membayarkan biaya pasang wifi indihome di awal sebesar 550 ribu. Tentunya peraturan ini jauh berbeda dari beberapa tahun silam dimana pengguna hanya perlu membayar 80-100 ribuan saja.

Setelah memilih paket dan melunasi biaya awal maka kalian masih diharuskan membayar tagihan bulanan dengan nominal sesuai layanan. Semakin sedikit memilih bundling maka semakin murah pula biaya tagihan wifi bulanan. Kini paket paling murah jatuh pada pilihan dual play tanpa telpon sebesar 275 ribu sebulan untuk kecepatan 20mbps.

Pada pembahasan diatas sudah saya jabarkan skema biaya pasang wifi di rumah tanpa telepon memakai layanan Indohome. Untuk medaftar paket netizen I dan II caranya cukup mudah dan bisa dilakukan selama rumah kita masuk wilayah pemasangan. Yang harus anda lakukan adalah pergi ke plaza telkom terdekat dan menemui bagian customer service. Mintalah pengajuan pasang wifi rumah tanpa telepon rumah dan bundling apapun. Pertegaslah bahwa paket indihome yang ingin anda ambil adalah paket netizen I dan II.

Baca juga: PROMO Harga Paket Indihome Terbaru Bulan Ini

Persyaratan pengajuan wifi di rumah dengan indihome adalah membawa KK dan KTP serta slip gaji. Selebihnya tergantung pada kebijakan telkomsel di setiap daerahnya. Selanjutnya, rumah anda akan disurvey oleh pegawai telkom indihome apakah rumah anda sudah tercover jaringan indihome atau belum.

Masalahnya, tidak semua wilayah dilewati oleh jalur kabel telepon. Indihome memang terkenal sebagai layanan penyedia internet rumah nomor satu di Indonesia. Namun bukan berarti semua area bisa tercover, faktanya perusahaan BUMN satu ini belum menjangkau daerah pelosok seperti pedesaan maupun perkampungan. Inilah alasan kenapa kita harus mempertimbangkan alternatif biaya pasang wifi di rumah tanpa telepon rumah lainnya.

Cara Pasang Wifi di Rumah Tanpa Kabel Telepon

Salah satu perangkat jaringan yang terbukti mampu membuat wifi di rumah adalah wifi modem atau router. Alat ini bekerja seperti access point yang memancarkan sinyal internet sehingga bisa digunakan seisi rumah. Hanya saja, sambungan jaringan internet yang didapat berasal dari kartu perdana kuota layaknya smartphone maupun modem. Dengan kata lain kuota dan tagihan bulanan pun sama dengan paket internet pada ponsel umumnya.

Berapa biaya pasang wifi di rumah tanpa telepon yang satu ini? jika anda ingin membuat wifi di rumah menggunakan modem router sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu. Alat ini memang menawarkan performa maksimal dalam menangkap dan memancarkan sinyal operator. Namun biaya awal yang harus dibayarkan tidaklah sedikit karena bisa mencapai 800 hingga 1 jutaan.

Rinciannya adalah harga modem router itu sendiri yang dibanderol mulai dari 700 ribu sampai 1.3 juta rupiah. Jika ingin menambah ekstensi berupa antena atau pigtail maka pengguna harus menggelontorkan dana lebih setidaknya 300 ribu. Biaya pasang wifi rumah tersebut masih di luar tagihan dan harga paket internet yang ingin dipasang nantinya.


Cara membuat wifi sendiri dirumah dengan huawei B315

Pemakaian modem router ini bisa menjadi alternatif jika kebetulan rumah anda tidak tercover jaringan indihome. Namun biaya pasang wifi di rumah tanpa telepon dengan menggunakan modem router bisa dikatan cukup mahal. Hal ini disebabkan karena harga device modem router ini berkisar antara 900 ribu hingga 1 jutaan untuk merk huawei.

Ditambah instalasi dan pemasangan yang harus kita kerjakan sediri, jika tidak ahli di bidang jaringan tentu kita akan kewalahan. Namun keuntungan pasang wifi di rumah dengan modem router adalah biaya wifi perbulan yang dikeluarkan tidak semahal ketika pasang indihome karena kita hanya memakai kartu perdana layaknya modem dan smartphone.

Pasang Wifi di Rumah Dengan Mifi

Biaya pasang wifi rumah tanpa telepon yang lebih murah lagi menggunakan perangkat mifi. Mifi adalah perangkat jaringan yang menyerupai modem router pada sesi sebelumnya Perbedaanya terletak pada cakupan sinyal, kapasitas user, dan dimensi yang lebih ringan. Meskipun dengan performa yang lebih kecil, alat ini masih efektif jika hanya dipakai perorangan (maksimal 4 orang) dalam satu rumah.

Biaya pasang wifi di rumah tanpa telepon rumah
Biaya pasang wifi di rumah tanpa telepon rumah

Mifi menjadi salah satu alternatif jika anda ingin membuat wifi sendiri di rumah dengan biaya murah. Keuntungan penggunaan mifi sebagai pemancar wifi adalah mudah dipindahkan dan dibawa bawa, terlebih untuk anda yang memiliki tingkat mobilitas tinggi tentu alat ini sangat cocok anda bawa. Mifi sendiri dapat kita beli di berbagai toko komputer maupun gerai resmi provider seperti smartfren indosat dan telkomsel. Cara kerja mifi hampir sama seperti modem router yang mengandalkan paket internet berbasis kartu perdana.

Jika dihitung biaya pasang wifi di rumah menggunakan perangkat mifi sangat sederhana. Karena pengguna hanya harus membeli MiFi merk apapun yang biasanya dijual seharga 400 sampai 600 ribuan ditambah kartu perdana. Pemilihan kartu perdana inilah yang nantinya menentukan tagihan bulanan internet anda. Akan lebih baik kalau anda membeli paket internet unlimited saja daripada volume based kuota.

Cara membuat wifi di rumah tanpa telepon dengan mifi sangat mudah. Anda hanya perlu membeli mifi merk tertentu dan membeli kartu perdana kuota atau paket internet dari provider pilihan anda, hidupkan mifi dan wifi rumah siap digunakan. Meskipun terdengar mudah untuk dioperasikan dan elegan, namun mifi memiliki berbagai kekurangan. Kekurangan mifi adalah kapasitas usernya yang hanya mampu menampung 12 orang saja, semakin banyak orang yang tersambung ke mifi akan membuat wifi rumah anda menjadi lebih lemot.

Sebagai catatan,saya menyarankan perangkat mifi dengan merk huawei saja. Mengapa harus hawei? karena banyak forum internet dan jaringan yang merekomendasikan perangkat dengan merk tersebut. Dari pengamatan serta pengalaman pribadi ketika menghitung biaya pasang wifi di rumah pun ternyata mifi huawei lebih bagus daripada yang lain.

Analisa Biaya Tembak Wifi Rumah

Metode menembak wifi sempat terbesit di pikiran saya ketika hendak memasang wifi di rumah tanpa telepon rumah. Dengan alat tembak wifi dan target yang sesuai kita bisa mendapatkan akses internet gratis setiap harinya. Meski begitu, untuk merealisasikan pasang internet di rumah yang satu ini tidaklah semudah metode lainnya. Karena tingkat kesuksesan tembak wifi ditentukan oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah kontur daerah, letak geografis, jarak dengan target tembakan, dan budget yang dimiliki.

harga dan biaya pasang wifi di rumah tanpa telepon rumah
Harga alat tembak wifi di rumah

Kita bahas kontur daerah dan letak geografis terlebih dahulu. Metode tembak wifi dari rumah akan berhasil jika lokasi antara rumah anda dan target tidak ada objek penghalang sama sekali. Katanlah anda ingin pasang wifi di rumah dengan menembak sinyal dari kantor kelurahan misalnya. Anda harus pastikan tidak ada pepohonan, bangunan tinggi, dan obyek lain yang menghalangi alat penangkap sinyal dalam garis lurus. Inilah alasan mengapa kontur daerah dan kondisi alam sangat mempengaruhi metode tembak wifi.

Di lain sisi, jarak juga menjadi masalah serius yang harus diperhitungkan sebelum mulai menghitung biaya pasang wifi di rumah tanpa telepon. Singkatnya, jarak tangkapan sinyal wifi dipengaruhi oleh perangkat yang digunakan. Semakin mumpuni perangkat maka semakin kuat pula sinyal yang didapatkan.

Hal ini tentunya mengarah pada masalah yang ketiga yakni dari segi harga. Total biaya pasang wifi di rumah satu ini setidaknya sekitar 2 jutaan dengan menanggung resiko gagal apabila salah perhitungan. Adapun rincian alat yang harus kita beli adalah penangkap sinyal, pemancar sinyal, antena, dan pengkabelan.

Jika anda ingin membuat wifi sendiri di rumah tanpa harus membayar biaya perbulannya, maka saran saya adalah menembak sinyal wifi secara jarak jauh. Cara ini cukup populer digunakan oleh teman teman saya yang tinggal di daerah perkotaan. Biaya instalasi dan pemasangannya juga tidak terlalu mahal, namun hasil yang didapat cukup memuaskan karena tidak perlu membayar biaya internet perbulannya.

Membuat WiFi di Rumah Dengan Repeater

Sering kali kita hidup bersebelahan dengan tetangga, kantor, atau kafe yang memasang wifi sendiri. Sehingga walaupun berada di rumah tetap dapat tersambung ke internet walaupun dengan kekuatan sinyal yang lemah. Tapi apa jadinya kalau kita bisa memperkuat sinyal wifi rumahan dari tetangga tersebut?

Cara pasang wifi di rumah tanpa telepon rumah selanjutnya memanfaatkan perangkat bernama Repeater. Fungsi alat ini pada dasarnya sangat sederhana yakni meneruskan sinyal dengan pancaran lebih kuat sehingga pengguna memperoleh stabilitas jaringan lebih baik. Karena kurangnya pemahaman membuat orang awam lebih sering menyebutnya sebagai alat penguat sinyal WiFi.

Ada banyak sekali merk serta tipe repeater yang dijual di pasaran ataupun toko komputer. Masing-masing pasti memiliki keunggulan serta harga berbeda sesuai kualitasnya. Saya sendiri pernah memakai repeater merk xiaomi dengan harga 200 ribuan untuk menyalurkan sinyal WiFi rumah ke kantor yang lokasinya bersebelahan.

Satu satunya kekurangan repeater terletak pada radius tangkapan sinyal serta lokasi pemasangannya. Menurut saya jarak efektif penggunaan router berkisar antara 10 sampai 15 meter dari pemancar aslinya. Sejauh pengalaman saya, meski terhalang 2 atau 3 tembok tapi perangkat ini masih dapat memancarkan sinyal dengan bar penuh.

Apabila kita analisa biaya pasang wifi di rumah dengan repeater sudah jelas lebih murah daripada harus beli perangkat tembak sinyal. Kalian pun juga tak perlu repot membayar tagihan internet bulanan.

Sistem plug and play juga menjadi daya tarik mengapa saya merekomendasikan alat penguat sinyal wifi satu ini. Kalian tak perlu repot setting, cukup beli lalu colokan pada sumber listrik maka perangkat akan langsung bekerja memancarkan sinyal.

Pasang Antena Wifi

Kalian butuh akses internet nirkabel yang memiliki kapasitas tampung banyak user? mengombinasikan modem router dan antena penangkap sinyal bisa menjadi solusinya. Cara satu ini cukup ampuh meskipun kalian tinggal di wilayah pegunungan yang notabenya susah sinyal. Jika ditinjau dari segi biaya membeli perangkat pun menurut saya lebih murah.

Ada kalanya ketika mendaftar paket indihome netizen kita akan ditolak karena berbagai alasan. Mulai dari wilayah yang tidak terdaftar sampai rumah tidak dilewati kabel telepon. Secara garis besar kalian bisa meminimalisir anggaran dengan membeli modem router murah seperti orbit huawei B310 maupun B312. Untuk mengoptimalkan jaringan kamu dapat memasang antena lalu menghubungkan keduanya menggunakan pigtail.

Biaya pasang wifi di rumah tanpa telepon rumah indihome menurut saya pribadi cukup murah. Saya akan merinci berapa anggaran yang harus kalian siapkan. Untuk melihat skema harga dan alat simaklah tabel di bawah ini:

AlatHarga
Modem OrbitRp 500.000,-
Antena GridRp 300.000,-
PigtailRp 100.000,-

Tabel di atas hanya mengakomodir apa saja alat pasang wifi di rumah saja dan belum termasuk kuota internet. Tapi jika kalian memutuskan membeli modem wifi orbit keluaran telkomsel maka akan langsung mendapat perdana kuota 50GB gratis. Selain itu, perangkat yang ada pada tabel di atas tidaklah bersifat paten melainkan bisa diganti-ganti sesuai kebutuhan.

Berlangganan ISP

ISP menjadi opsi terbaik jika kalian tak ingin ribet menghitung biaya pasang wifi di rumah tanpa telepon rumah. Masyarakat lebih mengenal penyedia layanan tersebut sebagai "wifi tembak" karena memakai transmiter sinyal. Harga serta tagihan bulanan yang murah sering kali jadi daya tarik karena hanya berkisar antara 100 - 150 ribuan perbulan.

Seiring berjalannya waktu banyak bermunculan ISP baru yang berafiliasi dengan Indihome. Kualitas jaringannya pun juga sudah sangat mumpuni untuk streaming atau browsing. Penyedia layanan itu biasanya berbentuk perusahaan, atau bisa juga perorangan menyesuaikan skala pasarnya.

Cara pasang wifi di rumah dengan ISP cukup mudah. Kalau belum memiliki pandangan ingin menggunakan penyedia layanan mana maka simaklah paket wifi 150 ribu perbulan. Tapi kalau memang sudah mempunyai gagasan sendiri maka tinggal call saja nomor marketing. Dengan segera teknisi akan ke rumah lalu memasang wifi beserta seluruh konfigurasinya.

Itulah berbagai cara dan biaya pasang wifi di rumah tanpa telepon rumah yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Sebenarnya cara membuat wifi sendiri di rumah sangatlah mudah dan bisa kalian lakukan sendiri.

Jika anda memiliki uang lebih sangat saya sarankan untuk mendaftar paket netizen indihome karena instan dan kuota yang ditawarkan perbulannya sangat besar. Namun jika anda ingin sedikit menghemat maka tidak masalah jika ingin memasang wifi sendiri di rumah dengan mifi, modem router maupun menembak sinyal wifi.

Posting Komentar untuk "Biaya Pasang Wifi di Rumah Tanpa Telepon Rumah (Indihome Netizen)"