Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting APN 5G Tercepat Semua Operator

Cara Setting APN 5G Tercepat Semua Operator - Kecepatan internet menjadi salah satu faktor kenyamanan yang diharapkan oleh semua pengguna ponsel. Untuk mendapatkanya, pelanggan dari berbagai provider pun mencari cara mepercepat jaringan. Mulai dari setting APN,  mengganti DNS, memakai proxy server, dan lain sebagainya.

Di lain sisi, kemajuan teknologi memaksa kita harus beradaptasi dengan segala aktivitas digital. Perkembangan sinyal yang mulanya masih 4G pun kini perlahan mulai digantikan oleh jaringan 5G. Sinyal 5G diklaim mampu memberikan pengalaman berinternetan lebih baik dan lebih cepat. Di lain sisi, masyarakat juga menyambut baik hadirnya perkembangan tersebut.

Cara setting APN 5G Semua operator
Cara Setting APN 5G

Tak banyak proxy ataupun server yang support 5G mengingat jaringan satu ini masih tergolong baru. Bahkan sebagian besar operator seluler serta ponsel yang beredar di indonesia pun belum bisa mengikutinya. Inilah alasan mengapa meski kalian bersikeras membeli hp 5G tapi pada kenyataanya kecepatan yang didapatkan hanya seperti 4G.

Oleh karenanya kalian perlu melakukan setting APN 5G sendiri untuk mempercepat internet. Sampai sat ini hanya ada beberapa tipe hp saja yang sudah support jaringan internet 5G. Diantaranya adalah samsung note 20, samsung S21, xiaomi poco X3 keluaran terbaru, dan tentu saja Iphone. Tapi kita berharap saja ponsel dengan harga kelas menengah segera mengadaptasi teknologi 5G.

Cara Setting APN 5G Tercepat Semua Operator

Membeli HP sinyal 5G di tahun ini menurut saya bukanlah pilihan yang bijak. Meski menawarkan segudang kelebihan khususnya kecepatan internet yang diklaim 10 kali lebih baik dari pendahulunya. Tapi kita tak bisa menampik fakta bahwa tak semua daerah atau kota terjangkau sinyal 5G. Di lain sisi, semua operator seluler pun sampai sekarang juga belum mengadaptasikan teknologi tersebut pada layanannya.

Cara setting APN 5G telkomsel, indosat, XL, dan TRI dan smartfren sebenarnya sama saja. Permasalahanya apakah kartu perdana yang kalian pakai sudah support jaringan tersebut? Jika belum percuma saja kita mengubah APN di hp android ataupun iphone milik kita. Alih-alih mendapat kecepatan sesuai harapan justru ponsel tak akan tersambung ke internet jika pengaturan salah.

Dalam artikel kali ini saya ingin membahas lebih dalam bagaimana cara memaksimalkan koneksi hp 5G milik kalian. Pembahasan terbagi menjadi beberapa sesi dimana saya akan memberikan data server dan proxy APN 5G semua operator. Lalu kita akan mempelajari pula cara memasukan data tersebut ke hp masing-masing.

Setting APN 5G Global

Seperti yang kita ketahui bahwa semua operator dari telkomsel, indosat, XL, kartu tri, maupun smartfren sepenuhnya mengaplikasikan teknologi 5G. Infrastruktur yang masih dalam tahap pengkajian menjadi salah satu kendala utama mengapa di Indonesia jaringan internet 5G belum efektif. Inilah alasan mengapa harus mengikuti cara setting APN 5G tercepat agar bisa memperoleh kecepatan sesuai yang diharapkan.

Pengaturan akses poin menggunakan server global memberikan kita banyak sekali keuntungan. Selain bisa dipakai di semua negara, apn global biasanya dapat dipakai untuk semua kebutuhan. Mulai dari chatting, bersosial media, streaming youtube, download, sampai aktivitas game online dirangkap menjadi satu. 

Jadi jika kebutuhan internet kalian tidak bersifat spesifik alangkah baiknya kalian mengktifkan APN 5G satu ini saja. Tapi sayangnya karena masih bersifat baru akhirnya banyak pengguna ponsel yang tak mengetahui pengaturan tersebut. Apabila tertarik dengan cara setting APN 5G telkomsel, smartfren, dan operator lain yang berskala global simaklah informasi pada tabel di bawah ini:

APN GlobalKeterangan
Nama5G Unlimited
APNfast
UsernameKosongkan
PasswordKosongkan
ProxyKosongkan
PortKosongkan

APN Telkomsel 5G

Telkomsel menjadi operator seluler terdepan yang akan melakukan pemutakhiran jaringan dari 4G ke 5G. Tentunya harapa tersebut disambut baik oleh seluruh pengguna kartu AS, simpati, maupun loop. Merasakan stabilitas serta kecepan jaringan biasa saja sudah cukup memuaskan. Kini pelanggan berkesempatan menikmati akses internet 5G telkomsel di waktu mendatang.

Sayangnya APN 5G telkomsel belum sepenuhnya bisa dinikmati oleh semua pelanggan. Berdasarkan informasi yang saya himpun ternyata pihak operator masih mengkaji tingkat efisiensi sinyal 5G. Bisa dikatakan hanya beberapa kota besar saja yang menjadi daerah demonstrasi. Nah, jika ponsel kalian sudah support jaringan terbaru maka tak ada salahnya mencoba.

Cara setting APN telkomsel 5G sebenarnya sama saja seperti versi koneksi sebelumnya. Perbedaanya terletak pada server yang akan kita pakai yang notabenya masih tergolong baru. Data akses poin yang akan saya sampaikan hanya bisa digunakan oleh pengguna kartu AS, simpati, dan loop. Silahkan simak dan samakan pengaturan jaringan di ponsel kalian seperti pada tabel di bawah:

APN TelkomselKeterangan
NamaTelkomsel
APNtelkomsel 5g
Username-
Password-
Proxy-
Port-

Jika ponsel kalian sudah support jaringan 5G maka APN tersebut akan bekerja sebagaimana mestinya. Namun, data di atas sangat tidak saya rekomendasikan dimasukan pada hp yang versi sinyalnya masih 4G atau 4.5G.

Tanpa sadar ternyata pihak operator pun juga sudah mulai memperluas cakupan sinyal 5G mereka. Sehingga APN 5G Telkomsel tercepat pun bisa berjalan sebagaimana mestinya tak seperti sebelumnya.

Sebagai salah satu pengguna, saya pun juga sempat merasakan kecepatan dan stabilitas koneksi generasi ke-5 tersebut. Kedepannya, mari kita tunggu pihak operator menyediakan paket internet khusus 5G agar performa jaringan lebih maksimal.

APN Indosat 5G

Tentu kita sudah tak kaget dengan peluncuran APN telkomsel 5G tapi bagaimana jadinya kalau hal ini juga terjadi pada indosat? mengutip dari press releasenya operator satu ini memang berencana meluncurkan kartu 5G untuk varian perdana IM3.

Indosat Ooredoo pun seolah tak mau kalah dari rivalnya dalam hal peningkatan kualitas dan layanan. Operator seluler yang mengantongi lebih dari dua juta pelanggan ini recananya juga akan memperbarui teknologinya dari 4G ke 5G.

Apakah keputusan tersebut terlalu tergesa-gesa? mengingat masih banyak hal yang harus dikoreksi pada sinyal 4G milik indosat sendiri. Persebaran sinyal yang kurang merata, koneksi tidak stabil, sampai mahalnya harga kuota menjadi pertimbangan utama. Tapi pihak operator pun mengklaim dengan cara setting APN indosat 5G pengguna ponsel bisa memperoleh kecepatan maksimal.

Apakah kalian baru saja membeli hp 5G? jika iya maka segeralah ke gerai indosat dan minta ganti perdana. Setelahnya, kamu hanya perlu mengikuti cara setting APN 5G indosat dengan memasukan kode di bawah ini:

APN IndosatKeterangan
NamaIndosat
APNindosat5g
Username-
Password-
Proxy-
Port-

Terlepas dari isu simpang siur jaringan internet indosat yang lemot serta ngadat. Kita tak bisa menampik fakta bahwa provider IM3 memang sudah mengantongi ijin resmi untuk merilis basis internet terbaru. Jadi, kemungkinan APN indosat 5G di atas juga akan bertambah.

APN Smartfren 5G

Cara setting APN 5G tercepat selanjutnya datang dari smartfren yang notabenya jadi pilihan para generasi milenial. Meski termasuk provider yang masih berkembang tapi siapa sangka ternyata smartfren melesat meninggalkan pesaingnya dengan memenangkan tender infrastruktur 5G di indonesia bersama telkomsel.

Hal itu pun menuai kesan positif di mata pelanggan sebab kini mereka dapat menikmati akses internet lewat pengaturan APN smartfren 5G. Sayangnya hanya sedikit orang yang sadar bahwa operator ini menyediakan APN 5G.

Apabila tertarik mencoba betapa stabilnya APN 5G smartfren maka samakan pengaturan jaringan kalian seperti pada tabel di bawah:

Nama APNSmartfren 5G
APNonline.telia.se
Username-
Password-
proxy-
port-
Server9.9.9.9
MMS Proxy20.47.108.204

APN XL 5G

XL termasuk operator seluler yang layak dipertimbangkan karena harga paketnya yang murah. Meski kualitas koneksi tak sebagus telkomsel dan indosat tapi banyak pengguna ponsel berlangganan paket internet XL.

Sayangnya tak semua pelanggan tau cara mempercepat internet yang mereka aktifkan. Padahal trik tersebut bisa dilakukan dengan cara setting APN 5G XL tercepat. Karena XL sudah menjadi satu perusahaan dengan axis secara otomatis pengaturanya pun memakai server yang sama. Maka dari itu, APN 5G yang akan saya berikan dapat kalian gunakan untuk dua operator berbeda.

Cara setting APN XL 5G cukup mudah yakni masuk ke menu pegaturan jaringan lalu pilih akses poin. Selanjutnya masukan data sesuai tabel berikut ini:

APN XL AXISKeterangan
NamaXL Axis
APNaxis5g
Username-
Password-
Proxy-
Port-

Cara Merubah Jaringan 4G Menjadi 5G

Sinyal 5G merupakan tipe jaringan yang tak bisa kalian dapatkan begitu saja hanya dengan menginstall aplikasi. Mengapa demikian? karena sinyal tersebut hanya dapat ditangkap oleh perangkat khusus yang notabenya tertanam pada ponsel generasi terbaru. Contohnya samsung galaxy S20, samsung note 21, Xiaomi poco X3, Iphone XR, dan beberapa hp generasi baru lain.

Sampai saat ini saya belum pernah mendengar adanya cara mengubah jaringan 4G menjadi 5G maupun bentuk optimasi lainnya. Pengguna hanya bisa melakukan upgrade ponsel keluaran terbaru dan memakai perdana support 5G saja. Jika kalian menjumpai artikel yang membahas cara merubah jaringan menjadi 5G di situs lain bisa dipastikan itu tidak benar.

Sejauh ini pun hanya ada dua provider saja yang sudah mempersiapkan teknologinya untuk menghadapi perubahan 5G. Diantaranya adalah telkomsel dan smartfren yang notabenya memenangkan tender lelang. Lantas apakah kita bisa setting APN 5G, axis, dan tri? sampai sekarang operator lain belum support.

Berdasar penuturan di atas bisa kita simpulkan hanya ada 2 informasi valid. Yakni cara setting APN 5G telkomsel dan provider smartfren saja. Mengapa demikian? sebab operator seluler lain belum menerapkan teknologi sinyal 5G pada layanan mereka.

Apa yang harus kita lakukan untuk mendapatkan kecepatan seperti 5G? mudah saja. Tak perlu terburu-buru membeli hp baru karena kalian bisa setting APN 4G tercepat sesuai operator masing-masing. Dalam artikel sebelumnya pun saya telah membahas cara mengatur APN telkomsel, APN indosat, APN TRI, APN smartfren dan lainnya sesuai kebutuhan.

Posting Komentar untuk "Cara Setting APN 5G Tercepat Semua Operator"