Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Menghemat Kuota TRI Agar Tidak Cepat Habis

6 Cara Menghemat Kuota TRI Agar Tidak Cepat Habis - Paket internet tri yang kalian beli habis sebelum waktunya? masalah ini memang sering dialami oleh sebagian orang. Terlebih mereka yang punya intensitas di depan ponsel cukup lama atau bahkan berjam jam.

Cara Menghemat Kuota TRI Agar Tidak Cepat Habis
Kuota internet tri boros

Kartu 3 sendiri termasuk salah satu operator yang menawarkan paket internet dengan harga murah. Tak heran bila varian produknya terkenal luas di tengah masyarakat . Meski belum didukung jaringan yang stabil tapi faktanya

Belakangan ini pelanggan mengeluh kuota tri lebih boros dari biasanya. Paket data yang harusnya cukup untuk sebulan justru sudah habis di minggu ke 3. Ketika mengalami hal demikian jangan langsung menyimpulkan bahwa kuota di kartu kalian tersedot misterius. Untuk mengatasi kendala itu saya sudah merangkum cara menghemat kuota tri agar kalian tidak boros.

6 Cara Menghemat Kuota TRI Agar Tidak Cepat Habis

Kuota internet kini sudah menjadi kebutuhan primer yang tidak akan pernah lepas dari keseharian. Hampir semua aktivitas baik itu belajar, bekerja, multmedia, sampai gaming memerlukan paket data.  Akibat kegiatan yang padat akhirnya kuota tri jadi cepat habis tanpa kita sadari.

Sebenarnya cara menghemat kuota tri agar tidak cepat habis sangatlah mudah. Misalnya dengan membatasi pemakaian data atau mengurangi aktivitas multimedia. Masalahnya, apakah kalian bisa melakukan hal tersebut? saya yakin mayoritas orang pasti mengalami kesulitan.

Walaupun pada artikel sebelumnya saya pernah membeberkan cara daftar paket tri 20gb murah. Tapi ternyata sebagian pengguna masih merasa kurang dengan volume kuota yang melimpah itu. Padahal kini harga paket data kian meningkat imbas dari kebijakan serta perekonomian tanah air. Maka dari itu, kita perlu mensiasati dan cari cara menghemat kuota tri.

Kenapa Kuota Tri Cepat Habis

Entah mengapa beberapa minggu belakangan banyak pelanggan yang mengeluh boros kuota. Karena memang merasa butuh mau atau tidak mereka harus tetap membeli paket internet dengan harga yang semakin mahal. Sampai munculah prasangka bahwa pihak operator diam diam memotong volume kuota tau ada program penyedot kuota di ponsel.

Apakah asumsi itu benar? sebenarnya tidak juga karena semua problematika pasti ada faktor penyebabnya. Lantas kenapa kuota tri cepat habis berbeda dari biasanya? simaklah beberapa penyebab di bawah:

  1. Sering dipakai streaming film atau youtube.
  2. Videocall yang berlebihan.
  3. Banyak aplikasi yang memerlukan akses internet berjalan di latar belakang. Contoh: messenger, whatsapp, line, facebook, instagram, tiktok, dan lain-lain.
  4. Sering membuka video tiktok dan instagram. Secara garis besar, kedua aplikasi ini memakan banyak sekali kuota karena harus memuat file berbentuk gambar/video.
  5. Streaming musik joox/spotify terlalu lama.
  6. Aplikasi update otomatis.

Batasi Penggunaan Data

Membatasi intensitas pemakaian memang terkesan sepele tapi mampu menghemat kuota internet. Cara menghemat kuota tri agar tidak cepat habis pertama adalah kurangi aktivitas berat. Misalnya streaming film, bermain game online, membaca komik, dan lain sebagainya. Sudah bukan rahasia lagi jika kegiatan multimedia membutuhkan volume kuota dengan jumlah yang besar.

Saya pun pernah mengalaminya dan baru ketahuan setelah cek sisa kuota tri lewat kode dial. Saking terlena streaming youtube akhirnya kuota internet tersedot sebanyak 2gb perhari. Sedikit saran, jika memang tidak ingin meninggalkan streaming maka hendaknya kalian beli paket khusus multimedia. Tujuannya tak lain supaya kuota utama tidak jebol.

Beberapa orang bahkan benar-benar memberi batasan pada penggunaan data pada ponselnya. Bagaimana caranya? simaklah langkah langkah di bawah:

  1. Buka menu pengaturan.
  2. Masuk ke menu privasi atau jaringan.
  3. Pilih penggunaan data.
  4. Lalu set parameter limit data sesuai keinginan.
  5. Tap save untuk menyimpan pengaturan.
  6. Selesai.

Metode di atas saya pakai pada hp samsung A6+ keluaran tahun 2017. Meski masing-masing merk hp seperti xiaomi atau vivo mempunyai menu yang berbeda. Tapi pada dasarnya konsep trik di atas sama yakni mencari menu data usage.

Beli Paket Unlimited

Cara menghemat kuota tri agar tidak cepat habis yang menurut saya sangat efektif adalah beli paket unlimited. Mngapa demikian? karena layanan satu ini menawarkan bebas akses internet. Masa aktif yang terbilang cukup lama membuatnya menjadi opsi paling populer dan banyak dipilih oleh khalayak umum.

Paket unlimited tri sendiri dijual dengan harga yang relatif murah. Tak sampai ratusan ribu pelanggan akan dibekali kuota internet tanpa batas. Meski paket internet tri berbasis unlimited mempunya FUP tapi menurut saya penurunan kecepatan tidaklah terlalu signifikan.

Jadi tunggu apalagi, kalau ingin mengatasi kuota tri cepat habis maka lakukan registrasi paket unlimited saja. Karena dengan paket ini kamu akan terhindar dari yang namanya kehabisan data saat berselancar di internet.

Alternatif lain kalau merasa paket internet unlimited terlalu mahal kalian bisa coba trik gratisan. Saya sudah membahasnya dalam artikel lain berjudul kode rahasia kuota gratis tri sebelumnya. Kalau tertarik silahkan baca penjelasan lebih lanjut di sana.

Install Operamini

Mayoritas pengguna ponsel pasti memakai google chrome untuk berselancar di dunia maya. Walaupun terkenal ringan dan cepat ternyata browser ini mampu menyedot kuota dengan cepat. Maka dari itu, banyak situs memberi rekomendasi untuk mencari alternatif lain.

Berdasar apa yang saya baca dari forum serta sumber referensi lain lebih condong ke operamini. Sama seperti namanya, browser ini mempunyai ukuran yang kecil sekaligus interface yang sederhana. Proses load yang ringan membuatnya tidak memakan terlalu banyak data saat digunakan.

Jujur saja saya belum pernah mencoba cara menghemat kuota tri yang satu ini. Tapi mungkin trik opera mini yang saya jelaskan di atas memang bisa bermanfaat. Silahkan uji coba sendiri dan berikan testimoni di kolom komentar.

Matikan Fitur Auto Update

Pada dasarnya, setiap ponsel memiliki fitur yang bernama auto update baik untuk sistem maupun aplikasi. Fungsinya adalah untuk memudahkan pengguna agar tak perlu repot memperbarui software secara manual. Meski tujuannya baik, tapi faktanya auto update sering menjadi bumerang yang merugikan.

Terkadang auto update justru menyebabkan kuota internet cepat habis karena dipakai untuk mengunduh pembaruan. Bila punya data ekstra atau terdaftar di paket unlimited tentu tidak jadi masalah. Tapi apa jadinya kalau ternyata kalian hanya membeli paket internet tri bulanan biasa? pasti kuota akan langsung habis.

Cara menghemat kuota tri yang jarang diketahui oleh orang adalah menonaktifkan auto update di ponsel. Langkah ini memang tidak akan mengembalikan paket yang habis tapi setidaknya dapat menjadi tindakan preventif di kemudian hari. Simaklah langkah langkah di bawah:

  1. Buka playstore.
  2. Pilih menu profile di pojok kanan atas.
  3. Masuk ke menu Setting.
  4. Pilih preferensi jaringan
  5. Masuk ke pengaturan Update otomatis aplikasi.
  6. Akan muncul 3 opsi, pilih Melalui Wi-Fi saja.
  7. Tap Selesai untuk menyimpan pengaturan.

Dengan demikian aplikasi hanya akan update saat tersambung wifi saja. Kalau kalian ingin memperbarui versi aplikasi maka harus melakukannya secara manual dari playstore.

Sambungkan ke WiFi

Salah satu cara menghemat kuota tri yang paling ampuh adalah mencari sambungan wifi gratis. Trik ini memang terdengar ambigu sebab wifi hanya ada di tempat umum saja. Hal ini membuat sebagian orang yang tinggal di pinggiran kota tidak berkesempatan menikmatinya.

Jika memang tersedia maka saran saya manfaatkan privilege itu sebaik mungkin. Saat tersambung wifi pengguna bebas melakukan aktivitas seperti update, streaming film, bermain game, dan lain-lain. Hidup di pinggiran kota bukan berarti jauh dari jangkauan wifi. Banyak yang memilih pasang wifi rumahan untuk menghemat kuota serta pengeluaran bulanan.





Posting Komentar untuk "6 Cara Menghemat Kuota TRI Agar Tidak Cepat Habis"