Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Kuota Lokal TRI di Semua Daerah (Pasti Berhasil)

Cara Menggunakan Kuota Lokal TRI di Semua Daerah (Pasti Berhasil) - Kuota lokal adalah bonus yang diperoleh pelanggan saat membeli paket internet reguler. Karena sifatnya sebagai bonus sering kali jenis kuota ini tidak terpakai dan hanya terbuang percuma. Belum lagi kita harus mengetahui kebijakan untuk bisa mengaktifkan kuota lokal TRI secara leluasa.

4 Cara Menggunakan Kuota Lokal TRI di Semua Daerah
Kuota lokal tri untuk apa

Kuota lokal termasuk varian paket data berbasis zonasi yang tak bisa sembarangan kita pakai. Walaupun pengguna dapat mengaksesnya selama 24 jam di semua jaringan. Tapi pemakaian hanya akan aktif di kota awal saat kita membeli voucher atau paket internet. Dari situlah muncul pertanyaan baru bagaimana cara menggunakan kuota lokal TRI di daerah lain. 

Semua informasi dari pihak operator mengubah fakta bahwa masih banyak pelanggan bertanya kenapa kuota TRI tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Untuk menjawabnya saya pun melakukan beberapa riset dan mulai mengumpulkan referensi dari sejumlah sumber.

Cara Menggunakan Kuota Lokal TRI di Semua Daerah (Pasti Berhasil)

Tri termasuk salah satu operator populer di tengah masyarakat. Berkat semua program serta layanan murah berhasil membuatnya bersaing dengan kompetitor seperti telkomsel dan Indosat. Meski dari segi kualitas jaringan masih kurang merata tapi tak membuat masyarakat beralih dari paket internet TRI.

Paket internet TRI memang termasuk murah dari segi harga. Volume kuotanya pun juga tidak nanggung sehingga cocok kita pakai untuk menunjang kegiatan bulanan. Hanya saja sering muncul pertanyaan kenapa kuota lokal TRI tidak bisa dipakai oleh sebagian pelanggan.

Misalnya saat kamu membeli paket internet TRI harian 5GB lalu mendapat bonus local data. Daripada membiarkannya terbuang percuma maka lebih baik memanfaatkan bonus tersebut.

Maka dari itu, dalam artikel singkat kali ini mari kita kupas tuntas segala informasi terkait local data kartu 3. Tapi sebelum membahas cara menggunakan kuota lokal TRI di daerah lain saya akan coba menjawab pertanyaan pelanggan terlebih dulu.

Kuota Lokal TRI Adalah

Meski sudah diperkenalkan sejak lama tapi ternyata beberapa pengguna masih ada yang bertanya apa itu kuota lokal, bagaimana cara gunakan, dan cara mengaktifkannya. Semua itu terjadi karena minimnya literasi serta penyampaian informasi dari pihak operator.

Kuota lokal TRI adalah jenis kuota yang hanya bisa dipakai oleh pelanggan di kota tempat registrasi paket internet. Apabila pengguna ponsel membeli paket data atau mengaktifkan voucher di Surabaya. Maka kuota lokal yang ada di produk itu hanya bisa dipakai di kota Surabaya saja. Saat keluar kota misalnya ke malang, solo, yogyakarta maka kuota reguler akan terpotong.

Melihat pengertian di atas tak heran apabila banyak yang mencari cara menggunakan kuota lokal TRI di daerah lain. Mengingat banyaknya orang bertanya kenapa kuota lokal TRI tidak bisa digunakan padahal sudah berkali-kali refresh data.

Kuota Lokal TRI Untuk Apa

Kuota lokal tri bisa digunakan untuk apa saja? pertanyaan ini mungkin sering terbesit di benak pelanggan. Secara garis besar local data dapat kalian pakai untuk membuka youtube, facebook, instagram, tiktok, atau sekedar internetan biasa.

Tak ada pembagian berbasis aplikasi pada local data tapi penggunaanya dibatasi oleh cakupan wilayah. Jadi wajar saja apabila kuota lokal TRI tidak bisa digunakan karena kalian berada di luar zona aktivasi. Jika kondisinya demikian maka secara langsung kuota reguler yang akan terpakai saat kita beraktivitas.

Cara mengaktifkan kuota lokal tri pun juga cukup sederhana layaknya beli paket internet biasa. Hanya saja keluhan local data tidak bisa digunakan disebabkan kerena pelanggan kurang memahami syarat ketentuannya.

Cara Menggunakan Kuota Lokal TRI di Daerah Lain

Ada banyak sekali cara mengaktifkan kuota lokal TRI agar bisa dipakai internetan. Mulai dari mengubahnya jadi kuota reguler, memakainya di zona aktivasi, serta merubah GPS. Dari sekian banyak metode yang paling mudah dan aman adalah memakai fake GPS.

Baca juga: Cara Setting APN Tri (3) 4G Tercepat Paling Stabil

Cara menggunakan kuota lokal tri di daerah lain tanpa aplikasi sangat tidak dimungkinkan. Tapi kamu bisa memanfaatkan aplikasi fake GPS yang notabenya ringan dan tak memakan banyak ruang penyimpanan. Interface yang sederhana pun juga termasuk nilai plus mengapa banyak situs yang merekomendasikannya.

Adapun cara menggunakan kuota lokal TRI di daerah lain adalah:

  1. Install fake GPS dari playtore terlebih dulu.
  2. Buka aplikasi Fake GPS, lalu pilih Enale Mock Location di pojok kanan bawah.
  3. Maka akan muncul opsi Developer Setting.
  4. Masuk ke Select mock location app.
  5. Selanjutnya pilih Fake GPS.
  6. Kembali lagi ke aplikasi fake GPS, maka kamu tinggal drag & drop lokasi di mana paket internet tri pertama kali diaktifkan.
  7. Langkah terakhir tap Run untuk memulai proses.
  8. Selesai.

Setelah semua pengaturan selesai maka cobalah untuk mengakses youtube, facebook, atau browsing di google chrome. Jika internetan tanpa mengurangi paket utama maka kamu sudah berhasil mengaktifkan kuota lokal TRI.

Fake GPS banyak dipakai sebagai cara menggunakan kuota lokal tri di daerah lain kerena memiliki segudang kelebihan. Pelanggan tak perlu melakukan root ponsel dan cukup mengaktifkan fitur pengembang saja. Hal itu akan menimbulkan rasa aman karena kita akan terhindar dari segala kemungkinan penyalahgunaan.

Cara Mengaktifkan Kuota Lokal TRI

Bagaimana cara mengaktifkan kuota lokal TRI? pertanyaan ini mungkin masih sering diajukan oleh pengguna ponsel. Tanpa melakukan apapun sebenarnya kuota lokal akan aktif secara otomatis. Kita tak perlu melakukan registrasi, setting jaringan ponsel, dan lain-lain hanya untuk menikmati local data.

Cukup beli paket internet TRI yang di dalamnya berisi kuota lokal lalu pakai di zona asal aktivasi. Dengan demikian kalian tak perlu repot mencari cara mengaktifkan kuota lokal TRI di internet. Sebab paket tersebut sudah berisi local data yang siap dihabiskan atau diubah menjadi kuota reguler.

Secara garis besar paket local data memang jadi jawaban bagi mereka yang gemar berselancar di dunia maya. Volume kuota yang besar mampu menunjang segala aktivitas streaming, scroll sosmed, dan browsing. Tapi paket tersebut sangat tidak cocok bagi mereka yang punya mobilitas tinggi.

Hal itu terbukti dari banyaknya orang yang bertanya cara menggunakan kuota lokal TRI di daerah lain. Inilah pentingnya mengapa sebelum berlangganan atau membeli voucher kita harus membaca deskripsinya terlebih dulu.

Kuota Lokal TRI Tidak Bisa Digunakan

Dari penjelasan di atas sebenarnya kita sudah bisa menyimpulkan cara mengaktifkan kuota lokal TRI seperti apa. Tapi masalah kembali mencuat ketika sejumlah pelanggan sudah memenuhi syarat pemakaian tapi ternyata local data tetap tidak terpakai.

Kalian sudah mengetahui bagaimana cara menggunakan kuota lokal TRI di daerah lain tanpa aplikasi. Kini saatnya masuk ke sesi penyelesaian amsalah. Kenapa kuota lokal tri tidak bisa digunakan? Ada banyak faktor yang menjadi penyebabnya, diantaranya adalah:

  1. Berada di zona aktivasi paket.
  2. Belum refresh paket data.
  3. Kuota lokal sudah habis.

Dari tiga kemungkinan di atas sebenarnya yang paling relevan karena pelanggan ada di luar kota tempat mengaktifkan paket internet TRI. Tapi dalam beberapa kasus, meski sudah berada di zona aktivitas pun ternyata kuota lokal TRI tidak bisa digunakan. Apabila demikian maka silahkan refresh jaringan terlebih dulu dengan mengaktifkan mode pesawat lalu mematikannya.

Mungkin cukup sekian penjelasan yang dapat saya paparkan dalam artikel singkat ini. Cara menggunakan kuota lokal TRI di daerah lain harusnya masih valid sampai sekarang. Tapi kalau kalian mengalami kendala pada saat menerapkan trik tersebut silahkan ajukan keluhan di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Kuota Lokal TRI di Semua Daerah (Pasti Berhasil)"