Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kode Remot TV Akari Tabung, LED, LCD dan Cara Settingnya

Kode Remot TV Akari Tabung, LED, LCD dan Cara Settingnya - Akari merupakan salah satu brand smart tv yang banyak peminatnya. Dibekali panel serta sound terbaik membuat TV akari menjadi teman menonton acara tv yang menurut saya cukup layak dipertimbangkan. Hanya dengan 1 jutaan kalian bisa menikmati kualitas gambar jernih serta kontras seimbang.

Cara program remot tv akari
Cara memasukan kode remot TV akari

Sama seperti semua merk televisi lain baik TV akari tabung, LED, maupun LCD juga dibekali remot untuk mempermudah aktivitas pengguna. Tapi bagaimana jika kita menghilangkan remote tersebut? tentu saja sebagai user kita akan kesulitan mengganti saluran. Solusi terbaik adalah beli lalu setting kode remot tv akari universal yang baru.

Walaupun sudah tak sepepuler dulu tapi kita tak bisa menampik fakta bahwa masih ada pengguna yang belum beralih dari tv akari. Hardware yang bandel serta tahan lama menjadi alasan utama mengapa televisi ini jarang mengalami kerusakan.

Keluhan justru datang dari perangkat eksternal seperti remote tidak berfungsi semestinya. Hal inilah yang akhirnya membuat tv akari tidak bisa diremot sehingga penonton jadi kesulitan mengganti channel.

Kode Remot TV Akari Tabung, LED, LCD dan Cara Settingnya

Padahal mencari remote original sendiri sangat sulit untuk dilakukan. Pasalnya remot pabrikan memang jarang sekali diproduksi serta beredar secara masal. Maka alternatif terbaik bagi penonton adalah membeli remot universal yang notabenya support semua merk televisi Indonesia.

Sesuai namanya, remot tv universal memang bisa dipakai untuk mengontrol hampir semua brand tv. Entah sharp, lg, polytron, samsung, TCL, cooca dan lain-lain. Maka dari itu jika ingin memakai kode remot tv akari terlebih dahulu kalian harus menyettingnya dengan benar.

Meski menyandang merk yang sama tapi cara program remot akari memiliki sedikit perbedaan. Entah itu pada langkah-langkah setting ataupun kode remot itu sendiri. Hal tersebut didasarkan pada jenis panel yang berbeda antara akari tabung dan akari LED.

Jadi bisa kita simpulkan kemungkinan kode remot tv akari 21 in tabung akan berbeda dari akari model LED ataupun LCD. Oleh karenanya, silahkan pakai kode tersebut sesuai jenis televisi di rumah kalian masing-masing.

Kode Remot TV Akari Tabung

Televisi tabung merupakan generasi tv akari pertama yang diluncurkan bertahun-tahun lalu. Meski demikian kualitas yang diawarkan pun tak kalah dengan perangkat LED jaman sekarang. Perbedaan paling jelas terletak pada dimensinya yang terkesan lebih besar.

Saat remote bawaan televisi hilang maka pilihan terbaik adalah menggunakan remot joker yang notabenya bersifat universal. Beberapa juga mengeluh tv akari tidak bisa diremot dari jauh pada momen tertentu. Penyebabnya pun karena faktor usia sehingga membuat sensor transimiter dan receiver mulai lemah. Masalahnya tidak semua pengguna tau bagaimana setting serta kalibrasi remot universal.

Tak jarang orang bertanya cara program kode remot tv akari 21 in tabung di internet karena memang tidak tau. Problematika semacam inilah yang akhirnya membuat saya mengulik informasi dan merangkumnya menjadi satu. Jika kalian kebetulan sedang mencari berapa kode remot joker akari tabung 21 in atau resolusi lain maka simaklah tabel di bawah:

Merk TVKode Remote
Akari Tabung103,104,102,015,073,213,140,013,181,224

Berdasarkan laman yang saya kutip kode tersebut valid untuk remot joker yang notabenya dijual secara umum. Tapi tidak menutup kemungkinan pula kode remot tv akari di atas support merk visero, chunghop, multisonic, dan lainnya.

Kode Remot TV Akari LED dan LCD

TV LED perlahan tapi pasti sudah mulai menggantikan pendahulunya yakni tabung. Banyak orang bermigrasi berganti model televisi karena menawarkan banyak kelebihan. Misalnya kontras yang lebih seimbang, tingkat kecerahan optimal, hingga kualitas gambar jernih sekalipun.

Kode remot tv akari
Kode remot tv akari

Akari sendiri meluncurkan smart tv dengan berbagai resolusi mulai dari 21 in sampai 45inc. Fitur yang disertakan pun tak kalah dengan brand televisi ternama seperti panasonic, samsung, sharp, dan sebagainya. Kalian bisa memakai voice controller, nonton netflix, menghubungkan dengan internet, dan lain-lain.

Walaupun sudah dibekali fitur canggih tapi smart tv LED juga tak lepas dari malfunsi serta error. Hal ini terbukti dari frekuensi keluhan tv akari tidak bisa diremot. Belum lagi problem paling sepele seperti remote hilang sehingga pengguna perlu membeli serta memprogram ulang.

Dari sinilah muncul pertanyaan berapa kode remot akari untuk smart tv berpanel LED? mudah saja. Saran saya pakailah merk remot visero atau joker saja yang sudah merakyat dan mudah dibeli. Jika sudah menentukan simaklah daftar kode remot tv akari LED pada tabel di bawah:

Merk TVKode Remote
Akari LED103,213,104,015,102,140,181,013,073,224

Itulah kumpulan kode remot akari tabung LED dan LCD yang dapat saya rangkum. Meski sudah tak mentereng seperti dulu tapi penonton yang memakai merk ini memang masih banyak. Nah, sekarang kita akan beralih topik membahas cara memperbaiki kontroler televisi tersebut.

TV Akari Tidak Bisa Diremot

Saat menonton saluran tentu kita tak ingin mengalami gangguan apapun. Tapi harapan itu sering kali terbentur oleh realita saat remote akari tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Sehingga kegiatan seperti mengganti channel, mengatur volume, atau bahkan sekedar mematikan tv pun jadi terasa sulit.g

Ada banyak sekali penyebab tv akari tidak bisa di remot yang datang dari faktor user ataupun perangkat itu sendiri. Hal ini sering terjadi pada tv akari 21 in tabung ataupun generasi di bawahnya. Lantas apa penyebabnya? berdasarkan riset serta pengalaman hanya ada tiga faktor utama.

Baterai Remote Habis

Batere menjadi salah satu komponen utama untuk menghidupkan semua perangkat elektronik. Dalam beberapa kasus tv akarti tidak bisa diremot penyebabnya datang dari baterai yang habis. Meski terdengar sepele tapi faktanya mayoritas penonton memang tidak memperhatikan aspek tersebut.

Ciri-ciri batre habis sebenarnya cukup sederhana yakni lampu indikator yang mulai redup. Terkadang saat tombol dipencet pun tidak merespon sama sekali.

Sebelum melakukan program ulang dengan kode remot tv akari di atas alangkah lebih baik kalian cek baterainya dulu. Cobalah untuk mengganti batre baru apakah remote masih tidak merespon atau sudah kembali seperti semula.

Tombol Tidak Berfungsi

Ada pula pengguna yang mengalami tv akari tidak bisa diremot tapi kembali normal pada beberapa kesempatan. Ketika mengalami hal serupa jangan langsung memutuskan untuk mencari kode remot tv akari tabung dan LED yang baru. Karena bisa saja error disebabkan dari tombol yang sudah mulai aus.

Sebelum memutuskan untuk beli remote joker, visero, ataupun merk universal lain cobalah cek tombolnya lebih dulu. Jika memang rusak sebagian maka kalian masih bisa memakainya untuk keadaan emergency. Tapi misal sudah merasa tidak nyaman saya sarankan untuk membeli remot akari yang baru.

Cek Sensor Transmiter dan Receiver

Prinsip kerja remote sebenarnya cukup sederhana yakni transmiter mengirimkan pancaran gelombang infra red pada receiver. Meski kalian sudah mengantongi kode remot tv Akari tapi hal itu akan jadi sia-sia apabila tak tau cara merawatnya. Cara cek sensor sendiri bisa kita lakukan dengan memanfaatkan kamera ponsel. Untuk lebih jelasnya simaklah langkah-langkah berikut:

  1. Buka kamera ponsel.
  2. Arahkan sensor transmiter ke arah kamera, lalu pencet tombol sembarang.
  3. Jika lampu indikator menyala di kamera hp, maka remot masih sehat.

Pada dasarnya memperbaiki remote memang sangat sulit terlebih jika perangkat sudah AUS atau mengalami kerusakan. Lebih baik kalian mempertimbangkan beli baru lalu masukan kode remot akari tabung dan LED saja agar lebih nyaman.

Cara Program Remot Akari

Langkah selanjutnya setelah kalian mendapatkan kode remot tv akari adalah melakukan sinkronisasi perangkat. Maksudnya adalah menghubungkan remote joker atau visero dengan televisi milik kalian agar bisa dipakai sebagaimana mestinya.

kode remot TV akari 21 in tabung
TV akari 21 in tabung

Sebenarnya cara setting remote universal baik itu joker ataupun visero pasti sudah tertera pada buku panduan. Tapi mayoritas orang justru sering mengabaikan informasi penting tersebut karena terlalu fokus pada tujuan awal. Untungnya, kita bisa mencari tau sendiri bagaimana cara memasukan kode remot tv akari tabung dan LED di internet. Untuk lebih jelasnya simaklah langkah-langkah di bawah:

  1. Pastikan remote universal kalian sudah terisi baterainya.
  2. Pastikan TV akari dalam keadaan ON (Nyala).
  3. Arahkan remot ke televisi, selanjutkan tekan SET sampai lampu indikator menyala.
  4. Pilih kode di atas sesuai jenis tv kalian.
  5. Jika kode remot akari yang kalian pilih sesuai maka secara otomatis indikator akan mati.
  6. Selesai.

Walau sudah mengikuti tutorial tapi beberapa orang ternyata masih melaporkan adanya kegagalan. Biasanya penyebab gagalnya karena kode remot akari tidak sesuai atau posisi yang kurang dekat dengan televisi. Ketika mengalami hal serupa kalian tak perlu panik, cukup masukan kode yang berbeda sampai ada yang cocok.

Terlepas dari baik buruknya kualitas televisi akari tabung atau LED. Kita tak bisa menampik fakta bahwa masih banyak user yang menggunakan merk satu ini. Sebagai penikmat saluran tv tentu kita sudah mengalami suka dukanya seperti tv akari tidak bisa diremot, perangkat tidak merespon dan lain-lain.

Saran saja, jika memang sudah tidak nyaman dengan kontrolernya maka silahkan beli baru saja. Berbagai merk remote universal pun tersebar luas di pasaran seperti joker, visero, chunghop, atau multisonic. Selanjutnya kalian tinggal melakukan program ulang dengan memasukan kode remot tv akari seperti tutorial di atas.

Posting Komentar untuk "Kode Remot TV Akari Tabung, LED, LCD dan Cara Settingnya"