Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Jaringan Smartfren Lemot dan Lelet

Cara Mengatasi Jaringan Smartfren Lemot dan Lelet - Internet memang sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat yang kini mulai tak tergantikan. Lewat koneksi internet kita bisa saling terhubung dengan orang lain tanpa batasan jarak. Melihat potensi ini, akhirnya semua provider pun berusaha menghadirkan layanan terbaik untuk menarik minat pengguna ponsel.

Kenapa jaringan smartfren lelet?
Kenapa Jaringan Smartfren Lelet

Mengapa banyak orang mencari cara mempercepat internet smarfren? sebab banyak pelanggan merasa jaringan smartfren lemot. sinyal kuat serta jaringan stabil dan cepat menjadi parameter utama operator dikatakan baik. Volume kuota besar jadi sia-sia bila tak mampu mewujudkan rasa nyaman pada saat berselancar di dunia maya. Aspek inilah yang kini menjadi PR besar untuk semua penyedia layanan telekomunikasi di indonesia, khususnya smartfren.

Meski menawarkan paket internet murah tapi tak jarang pula pelanggan mengeluh kenapa jaringan smartfren lelet di waktu tertentu. Keluhan lain timbul ketika internet smartfren lemot bahkan sama sekali tidak terhubung ke jaringan. Indikatornya ditandai dengan sinyal 4G tidak muncul padahal bar sinyal full. Lantas apa yang menyababkan masalah ini? Kita akan segera membahasnya pada artikel di bawah.

Cara Mengatasi Jaringan Smartfren Lemot dan Lelet

Sebenarnya masalah internet smartfren lemot, 4G tidak muncul, dan sinyal lemah sudah pernah saya bahas. Namun seperti artikel tersebut kurang spesifik dan belum mampu menjadi jawaban kenapa jaringan smartfren lelet. Apakah kalian salah satu pengguna yang mengalami hal demikian? tak perlu risau sebab saya sudah menyediakan solusinya.

Sedikit cerita, saya sendiri adalah pelanggan yang terpikat dengan paket unlimited smartfren. Tapi lambat laun entah mengapa performa operator satu ini serasa kian menurun. Pengalaman tak nyaman sering kali muncul ketika intensitas pemakaian internet meningkat. Misalnya lag saat bermain game, buffering ketika streaming, dan lain sebagainya.

Hingga akhirnya munculah pertanyaan kenapa jaringan smartfren lelet di benak saya. Apa karena smartfren gangguan? atau kuota fup habis? Untuk menjawabnya saya pun membaca kembali artikel dari berbagai sumber. Sampai akhirnya berhasil menyimpulkan penyebab kenapa smartfren lemot.

Kenapa Jaringan Smartfren Lelet

Setiap orang pastinya tak ingin merasakan pengalaman lelet saat terhubung ke internet. Masalah tersebut benar-benar mengganggu kinerja serta aktivitas pelanggan. Khususnya bagi mereka yang sedang bekerja ataupun belajar dari rumah.

Apa kalian merasa internet smartfren lemot padahal 4G ada dan sinyal full? hal tersebut sudah dianggap biasa oleh kalangan pelanggan. Walaupun ada indikasi smartfren gangguan tapi tak selamanya penyebab problematika di atas datang dari faktor internal operator.

Sebelum belajar cara mempercepat internet alangkah baiknya kita mengetahui dulu kenapa jaringan smartfren lelet dan lemot. Dari pemahaman itu pelanggan dapat menarik kesimpulan hingga menemukan solusinya.

Kuota FUP Habis

FUP adalah kepanjangan dari fair usage policy yang artinya batas wajar pemakaian kuota. FUP hanya ada pada paket internet smartfren yang notabenya memberi kebebasan pelanggan untuk selalu terhubung ke dunia maya.

FUP Smartfren sendiri terbilang cukup banyak yakni antara 500mb sampai 2GB perhari. Ketika FUP habis maka kecepan internet pun akan menurun menjadi 128kbps. Tentunya angka tersebut tergolong kecil dan berpotensi menyebabkan efek internet lemot. Untungnya setiap hari batas wajar tersebut akan reset dengan sendirinya dan kembali siap untuk digunakan.

Karena merasa terlalu nyaman banyak pelanggan jadi jarang cek sisa kuota smartfren. Nah, salah satu sebab kenapa jaringan smartfren lelet bisa karena kuota fup habis. Cara mengatasi masalah itu cukup sederhana yakni beli paket add on atau menunggu sampai reset FUP.

Sinyal 4G Tidak Muncul

Smartfren tidak ada layanan menurut saya merupakan masalah serius. Hal ini ditandai dengan sinyal lemah dan indikator 4G tidak muncul. Sehingga sangat tidak memungkinkan pelanggan terhubung ke internet. Fenomena ini akhirnya menimbulkan rasa kurang nyaman terlebih saat kita benar-benar butuh koneksi.

Cara mempercepat internet smartfren pun tak akan berfungsi sama sekali apabila sinyal 4G tidak muncul. Jadi, menurut saya problematika satu ini sama sekali tak memiliki keterkaitan dengan internet smartfren lelet dan lemot.

Cara mengatasi jaringan smartfren lemot karena tidak ada layanan sebenarnya pernah saya bahas dalam artiksel sebelumnya. Berdasarkan sumber yang saya rangkum penyebab sinyal 4G tidak muncul murni karena smartfren gangguan. Hingga akhirnya perangkat ponsel pun tak mampu menangkap sinyal operator dengan baik.

Internal Memory penuh

Taukah kalian ternyata memory internal hp yang penuh juga bisa menjadi sebab kenapa jaringan smartfren lelet dan lemot. Secara garis besar internal hp sangat mempengaruhi performa ponsel baik platform android maupun iphone.

Kalau mengira penyebab kenapa internet smartfren lemot karena gangguan maka asumsi kalian salah. Masalah bukan terletak pada koneksi maupun sinyal provier tapi justru performa hardware dan FPS HP yang menurun. Itulah alasan mengapa setiap merk hp menghimbau untuk selalu menyisakan ruang penyimpanan.

Benar saja, hal itu pun pernah saya alami ketika memakai hp samsung tipe A6+ yang kehabisan memory. Meski sinyal full 4G ada tapi saat dipakai streaming dan membuka sosmed tapi rasanya seperti lemot. Satu satunya cara mengatasi internal memory penuh adalah dengan membersihkan file yang tidak dipakai.

Smartfren Gangguan

Sebagai operator yang masih berkembang smartfren tidak pernah luput dari kekurangan di berbagai aspek. Mulai dari aplikasi yang sering error, internet lemot, hingga kekuatan sinyal lemah. Saya pun pernah merasakannya ketika bepergian ke beberapa kota di timur Indonesia.

Gangguan di server ataupun tower pemancar sudah menjadi hal biasa di tengah pelanggan. Pasalnya, indonesia termasuk negara tropis yang memiliki cuaca ekstrim dan tidak menentu. Belum lagi pembangunan infrastruktur pemancar sinyal yang belum merata di sejumlah daerah. Itulah kenapa jaringan smartfren lelet di beberapa area khsusunya pedesaan.

Cara Mengatasi Smartfren Lemot

Oke, kita sudah mempelajari segala kemungkinan yang menjadi penyebab kenapa koneksi terasa lambat. Lantas pertanyaan besarnya bagaimana cara mengatasi jaringan smartfren lelet dan lemot? Saya ada sedikit tips untuk kalian.

Bagi pelanggan paket unlimited smartfren sangat disarankan membeli bundling dengan kuota FUP di atas 1GB. Berdasarkan pengalaman pribadi FUP 500mb masih terasa kurang mengingat kebutuhan kuota yang semakin meningkat. Jika memang FUP satu atau dua gigabyte masih kurang maka kalian harus membeli kuota add on sebagai tambahan.

Kalau masih merasa internet smartfren lemot maka alternatif selanjutnya adalah mengganti APN. Pada dasarnya, cara setting apn smartfren bisa kita jumpai dengan mudah di berbagai forum. Pengaturannya pun berbeda untuk tiap aktivitas mulai dari streaming, bermain game, sosmed, hingga chatting.

Pada sesi ini saya sudah siapkan cara mempercepat internet dan menghilangkan FUP smartfren. Simaklah baik-baik langkah setting APN smartfren di bawah:

  1. Buka ke pengaturan ponsel.
  2. Masuk ke pengaturan jaringan.
  3. Pilih menu nama akses poin.
  4. Isi data APN sesuai Tabel.
  5. Lalu simpan.

Samakan data akses poin kalian seperti pada tabel di bawah:

APN SmartfrenDeskripsi
Namasmartfren 4G
APNAHA
Proxy103.29.149.219
Port80
Username-
Password-
Server8.8.8.8

Kalau ingin memfokuskan kecepatan pada aktivitas spesifik maka silahkan ganti APN sesuai kebutuhan. Kalian bisa membaca artikel sebelumnya untuk mengetahui berbagai jenis akses poin smartfren.

Meski sudah menyamakan pengaturan tapi beberapa pengguna ternyata masih mengalami sedikit kendala. Lalu kenapa jaringan smartfren lelet dan masih lemot? Jika trik sebelumnya tidak work maka ada indikasi smartfren gangguan. Bila sudah demikian maka tak ada cara mengatasi masalah tersebut selain menunggu pihak operator membenahi sistem.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Jaringan Smartfren Lemot dan Lelet"