Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Mengatasi Paket Unlimited Smartfren Lemot

8 Cara Mengatasi Paket Unlimited Smartfren Lemot - Hampir setiap pelanggan pasti pernah mengalami jaringan smartfren lemot secara tiba-tiba. Gejalanya pun cukup mencolok yakni sinyal 4G hilang dan kita pun tidak bisa mengakses internet. Beberapa pengguna bahkan mengeluh paket smartfren unlimited lemot padahal FUP masih ada. Tapi tenang saja, karena setiap datang masalah biasanya satu paket dengan solusinya.

Penyebab dan Solusi Paket Unlimited Smartfren Lemot
Cara mempercepat internet smartfren yang lemot

Pada dasarnya paket internet unlimited memang dirancang untuk memberikan akses tak terbatas bahkan tanpa kuota sekalipun. Namun bukan berarti kecepatan yang kalian dapatkan akan terus stabil selama sebulan. Kenyataanya, pelanggan sering mengeluhkan internet smartfren lemot setelah beberapa saat terhubung ke internet. Lalu bagaimana cara mengatasi paket unlimited smartfren lemot dan kira-kira apa penyebabnya?

Saya salah satunya yang beralih ke operator smartfren (awalnya telkomsel) karena tarif yang ditawarkan cukup murah. Hanya dengan pulsa 80 ribuan kita bisa mengaktifkan paket unlimited FUP 1GB perharinya. Terbesit pula di pikiran saya bagaimana cara mempercepat internet smartfren setelah FUP habis. Pertanyaan tersebut muncul lantaran saya merasakan betapa lemotnya koneksi ketika batas pemakaian wajar terpenuhi.

8 Cara Mengatasi Paket Unlimited Smartfren Lemot

Smartfren merupakan salah satu provider yang menyediakan paket unlimited berjangka bulanan. Dipelopori oleh jaringan 4G LTE yang baru pada kartu smartfren GSM membuatnya berhasil menarik minat banyak pengguna ponsel pintar. Setelah melakukan aktivasi kalian bisa memakai paket internet tersebut untuk mengakses semua platform tanpa perlu takut kuota habis.

Terlepas dari kelebihan di atas, Berbagai permasalah sering muncul di tengah pelanggan baik itu smartfren GSM 4G. Problematika yang paling umum pada kartu GSM adalah kecepatan internet menurun setelah FUP habis. Hal ini tentu sangat mengganggu pengguna ponsel karena tidak bisa menikmati layanan secara maksimal.

Lantas bagaimana cara mempercepat internet smartfren yang lemot karena FUP habis? apakah ada cara menghilangkan FUP paket unlimited? pertanyaan ini pasti pernah terlintas di benak kita. Dalam artikel singkat di bawah saya ingin berbagi pengalaman suka duka ketika berlangganan paket internet smartfren.

Sebenarnya cara mengatasi paket unlimited smartfren lemot dan ngadat cukup mudah. Kita hanya perlu membeli kuota add on yang dijual mulai dari harga Rp 2000 sampai 5 ribuan. Kamu juga dapat memilih mengaktifkan paket dengan FUP terbanyak yakni 2GB perhari. Tapi, saya lebih memilih mencari alternatif untuk menghemat biaya serta pengeluaran.

Kuota FUP Habis

Kenapa jaringan smartfren lemot? pertanyaan ini menurut saya cukup klasik. Smartfren adalah provider yang mengaplikasikan penggunaan kuota FUP dalam paket internet unlimited. FUP sendiri mengacu pada batasan kuota utama yang digunakan untuk mengakses internet. Setelah jatah harian tersebut terpenuhi maka sistem akan menurunkan kecepatan internet secara perlahan. Singkatnya, jika kuota utama ini habis maka kecepatan internet pun menurun.


Paket unlimited smartfren
Deskripsi paket internet unlimited bulanan FUP 1GB

Jika paket smartfren unlimited lemot bisa jadi karena kuota FUP anda telah habis. Meskipun kita sudah mencapai batas FUP tapi kita masih bisa mengakses internet, hanya saja koneksinya bertambah lemot. Inilah yang menjadi akar permasalahan mengapa banyak pelanggan ingin menghilangkan FUP smartfren.

Cara mengatasi smartfren lemot karena FUP adalah dengan melakukan pembelian paket yang sama sehingga kuota pun akan menumpuk. Alternatif lainnya adalah melakukan upgrade FUP menjadi lebih banyak lagi. Berikut ini saya jabarkan beberapa cara mengatasi paket unlimited smartfren lemot dan ngadat:

  1. Beli paketan baru.
  2. Tambah FUP dengan paket add-on.
  3. Setting APN khusus paket unlimited.
  4. Ganti mode jaringan.
  5. Bersihkan ruang penyimpanan.

Meski dikirimi pemberitahuan lewat SMS tapi terkadang habisnya kuota FUP tidak disadari oleh pelanggan. Maka dari itu banyak dari mereka yang bertanya tanya kenapa paket unlimited lemot padahal masa berlaku masih ada. Baiklah, kita akan membahas trik mempercepat internet smartfren lewat beberapa metode di bawah.

Cara Menghilangkan FUP Smartfren

Setiap paket internet unlimited semua operator pasti memiliki FUP (fair usage policy). Smartfren sendiri menerapkan kuota FUP harian yang dapat dibagi antara 500mb dan 1GB perharinya tergantung harga paketnya. Berdasarkan rumor yang beredar muncul cara mengatasi paket unlimited smartfren lemot dengan menghilangkan FUP hariannya. Apakah trik ini valid? kita akan mengulas faktanya.

Dahulu, operator satu ini (ketika masih CDMA) memang menyediakan paket unlimited tanpa FUP. Jadi kita tidak perlu repot menghilangkan FUP smartfren ataupun mengakalinya dengan trik lain. Namun setelah meluncurkan kartu GSM provider ini mengeluarkan kebijakan baru terkait batas wajar pemakaian.

Jika masih memakai kartu smartfren berbasis CDMA maka setiap membeli paket unlimited anda tidak akan diberikan FUP. Maknanya pelanggan bisa mengakses internet secara bebas tanpa adanya batasan kuota. Sayangnya jaringan CDMA tidaklah sebagus dan stabil seperti kartu GSM. Di lain sisi, pengguna smartfren 4G GSM pun mengalami permasalahan yang bertolak belakang karena harus dibebani oleh batas wajar pemakaian.

Jadi saya ingin menegaskan bahwa cara menghilangkan FUP smaftren itu tidak benar. Misalkan anda pernah mendengar trik tersebut dipakai untuk mempercepat internet maka informasi tersebut salah besar.

Lewat artikel ini saya ingin membagikan cara mengatasi internet smartfren lemot yang benar. Metode yang akan kita pakai merupakan langkah resmi dan tanpa resiko. Syaratnya, siapkan sejumlah pulsa karena jika menginginkan cara mempercepat jaringan maka tidaklah gratis.

Beli Kuota Add On

Bagi pengguna paket internet kuota besar pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah add-on. Paket add-on memberikan penggunanya tambahan data yang langsung diakumulasikan dengan kuota utama. Dengan demikian FUP paket unlimited kita akan bertambah dan tidak perlu lagi risau kecepatan internet menurun.

Cara mempercepat internet smartfren dengan beli kuota Add On
Cara mempercepat internet smartfren dengan beli kuota Add On

Gambar di atas merupakan salah satu varian kuota add on yang bisa dibeli oleh pelanggan. Setelah mengaktifkannya kalian bisa mempercepat internet smartfren unlimited apabila telah mencapai batas wajar. Namun, perlu diingat bahwa syarat utamanya kita harus terdaftar dulu dalam paket internet unlimited bulanan FUP berapa saja. Selanjutnya, silahkan simak deskripsi dan uraian paket add on smartfren pada tabel di bawah:

Nama PaketKuota Add OnMasa AktifHarga
Booster Unlimited500MB1 HariRp 2000
Booster Unlimited500MB3 HariRp 5000
Booster Unlimited500MB7 HariRp 10000

Booster add on di atas memiliki tambahan kuota yang sama yakni 500MB perhari dan akan langsung terakumulasi ke paket internet unlimited. Yang membedakan ketiganya adalah masa aktif dan harga mulai dari 2000 perhari sampai 10 ribuan untuk 1 minggu. Cara mengatasi paket unlimited smartfren lemot dengan beli kuota add on cukup mudah. Ikutilah tutorial berikut:

  1. Buka aplikasi Mysmartfren.
  2. Login dengan nomor masing-masing.
  3. Pada informasi paket tap Klaim.
  4. Maka anda akan langsung diarahkan ke halaman pembelian.
  5. Di halaman tersebut silahkan pilih paket add on sesuai keinginan.
  6. Lakukan pembelian seperti biasa.

Tunggulah hingga mendapatkan SMS notifikasi sukses dari pihak operator. Maka anda sudah berhasil mempercepat internet smartfren dan menambah FUP. Nah, bagaimana jika kita sedang tak memiliki pulsa? tenang karena ada cara mempercepat internet smartfren secara gratis. Sejauh ini trik tersebut sangat ampuh ketika saya gunakan untuk bermain game dan streaming film.

Upgrade Paket Unlimited

Ada berbagai varian paket unlimited yang tersedia untuk para pelanggan. Masing-masing memiliki kuota FUP, masa aktif serta harga yang berbeda satu sama lain. Tapi pernahkah terbayang bagi kalian untuk menambah FUP sebagai upaya mempercepat internet smatfren yang lemot?

Cara mengatasi paket unlimited smartfren lemot selanjutnya adalah melakukan upgrade layanan. Jika biasanya kalian daftar paket 1GB perhari maka cobalah varian baru yang memiliki kuota FUP lebih banyak. Misalnya pada paket unlimited nonstop 45GB. Meski mempunyai harga yang sedikit lebih mahal tapi terbukti pengguna bisa terhindar dari internet lemot.

cara mengatasi paket unlimited smartfren lemot
paket unlimited nonstop

Masalahnya, sebagian orang pasti akan berpikir dua kali karena enggan mengeluarkan pulsa berlebih. Tapi saya pribadi menyarankan bagi kalian yang kini sudah mulai punya intensitas pemakaian tinggi untuk upgrade. Kalau merasa tertarik maka simaklah tabel berisi deskripsi produk di bawah:

DeskripsiUnlimited nonstop 45gbUnlimited nonstop 60gb
Kuota Utama45GB60GB
Bonus Unlimitedaplikasi pilihanaplikasi pilihan
Masa Aktif1 Bulan1 Bulan
HargaRp 100.000Rp 125.000

Saya pribadi dulunya berlangganan paket FUP 500mb per hari. Tapi karena kebutuhan serta aktivitas yang terus meningkat membuat saya harus membeli paket yang lebih tinggi. Akhirnya pilihan jatuh pada unlimited nonstop FUP 45GB karena harganya murah. Saran saya, ikutilah keputusan di atas karena tak ada salahnya membayar sedikit mahal selama memperoleh kenyamanan.

Cara mengatasi paket unlimited smartfren satu ini menurut saya cukup efektif daripada yang lain. Apa saja aplikasi pilihan yang bisa kita meski kuota FUP habis? diantaranya adalah:

  1. Whatsapp.
  2. LIne
  3. Discord
  4. Grab & Gojek.
  5. DANA.
  6. Mysmartfren.
  7. Serta Beberapa platform e-commerce.

Setting APN Smartfren Unlimited

Penyebab lain jaringan internet smartfren lemot adalah karena server APN smartfren masih default atau ada kesalahan dalam mengganti APN. APN sendiri merupakan singkatan dari access point name, fungsinya adalah untuk menjembatani ponsel dengan internet. Jika APN tersebut salah atau server padat maka paket unlimited smartfren menjadi lemot.

Solusi dari masalah ini adalah dengan melakukan setting APN smartfren tercepat. Terdapat banyak sekali tutorial setting APN di internet yang dapat kita terapkan. Kuncinya adalah mencari server dan port yang memiliki ping tercepat. Kalian bisa cek kecepatan server tersebut dari situs ookla atau speedtest setelah melakukan konfigurasi.

Setting APN juga dipakai untuk mempercepat internet smartfren yang turun dan tidak stabil akibat FUP habis. Tidak heran jika banyak pelanggan mencari server APN unlimited yang masih valid dari waktu ke waktu.

Dalam artikel sebelumnya juga telah kita bahas bagaimana cara mengatasi paket unlimited smartfren lemot dengan setting APN. Untuk lebih jelasnya lagi silahkan baca artikel sebelumnya berjudul Cara Setting APN Smartfren 4G Unlimited Tercepat. Tapi untuk menyingkat waktu saya akan membagikan pengaturan tersebut pada kalian. Simak dan samakan APN di ponselmu sama seperti pada tabel di bawah:

DataKeterangan
APNSmartfren
Usernamesmartfren
Passwordsmartfren
Proxy-
Port-
Server-

Menurut saya pribadi paket unlimited smartfren merupakan salah satu layanan yang tidak stabil untuk aktivitas berat. Misalnya bermain game, streaming, maupun video conference karena sistem FUP yang diterapkannya. Ketika FUP habis maka pelanggan pun akan mengalami gangguan berupa konekti terputus, lag, dan lain sebagainya. Oleh karenanya kalian perlu setting APN bawaan menjadi custom seperti pada tabel di atas.

Smartfren Gangguan

Kenapa smartfren lemot padahal FUP masih ada? pertanyaan ini sering terbesit di benak pelanggan. Terlebih mereka yang gemar traveling maupun tinggal di area pedesaan. Masalah ini tentunya disebabkan kurang meratanya infrastruktur jaringan sehingga sinyal 4G terkadang hilang sendiri.

Cara mengatasi paket unlimited smartfren lemot karena gangguan
Cara mengatasi paket unlimited smartfren lemot

Smartfren tergolong provider yang masih baru dalam penggunaan jaringan 4G. Pada mulanya provider ini hanya menyediakan paket unlimited untuk kartu berbasis CDMA saja. Namun sekarang layanan operator satu ini telah diupgrade sedemikian rupa untuk mengikuti arus perkembangan jaman.

Karena masih tergolong beta atau masih baru akhirnya banyak kendala yang dialami oleh smartfren. Permasalahan umumnya adalah jaringan smartfren lemot karena sering terjadi gangguan teknis pada server internal. Hal ini saya rasakan ketika turun hujan sudah pasti kecepatan internet akan langsung menurun drastis, sinyal patah-patah, dan jaringan tidak stabil.

Baca juga: Cara Mengatasi Kartu Smartfren Tidak Ada Sinyal dan Tidak Ada Layanan

Selain itu persebaran jaringan 4G smartfren juga belum sepenuhnya menyeluruh. Hal ini juga menjadi penyebab internet smartfren lemot di beberapa daerah. Maka dari itu smartfren masih perlu melakukan pembenahan, khususnya di bidang jaringan agar tetap bisa bersaing dengan provider lainya.

Anda tidak perlu repot mencari cara mengatasi paket unlimited smartfren lemot karena gangguan. Karena tidak ada solusi pasti untuk masalah yang satu ini. Pasalnya gangguan smartfren terjadi pada sektor internalnya, jadi tidak mungkin pelanggan bisa memperbaikinya sendiri. Solusi terbaik adalah menunggu jaringan smartfren stabil kembali atau melakukan komplain pada customer service.

Memory Internal Penuh

Apa hubungannya memory hp penuh dan jaringan smartfren lemot tidak stabil? pertanyaan ini pasti terbesit di benak kalian. Mungkin terdengar konyol tapi faktanya kedua hal tersebut saling berkaitan meskipun secara tidak langsung.

Tak jarang kita menemukan kasus koneksi internet smartfren lemot karena internal hp yang full. Ketika internal HP full karena terlalu banyak file disimpan dan prosesor yang terlalu banyak memproses aplikasi maka ponsel akan menjadi lemot. Hal inilah yang akhirnya mempengaruhi performa ponsel kita sehingga seolah paket unlimited smartfren lemot.

Padahal masalahnya bukan berasal dari paketannya ataupun jaringan smartfren. Masalah utamanya berasal dari ponsel kita sendiri yang sudah kelebihan memory. Maka dari itu kita harus membersihkan aplikasi usang yang sudah tidak terpakai. Kita bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti clean master yang memang berfungsi menghapus memory tidak terpakai pada ponsel.

Cara mengatasi paket unlimited smartfren lemot dari segi internal sebenarnya cukup sederhana. Pengguna hanya perlu membeli micro sd card sebagai extention penyimpanan di ponselnya masing-masing.

Nyalakan Mode Pesawat

Batas pemakaian harian sudah maksimal tapi enggan beli kuota add on? perasaan ini sering melanda sebagian pelanggan. Sah saja bila kalian punya pikiran demikian karena saya juga sering mengalaminya. Himpitan kebutuhan sering kali membuat kita memilih untuk berlangganan paket unlimited.

Cara mempercepat paket unlimited smartfren
Cara mempercepat paket unlimited smartfren

Tapi langkah itu kadang malah jadi bumerang bagi pengguna ponsel yang gemar berselancar di dunia maya. Saat FUP habis maka jaringan smartfren lemot dan internet pun kadang terputus. Tentu kalian tak ingin mengalami hal seperti ini bukan?

Cara mengatasi paket unlimited smartfren lemot yang satu ini cukup klasik dan harusnya sudah banyak diketahui oleh publik. Kita hanya perlu menyalakan mode pesawat untuk mereset jaringan saja. Saat koneksi kembali aktif maka kalian akan terhindar dari internet smartfren lemot untuk sementara.

Itulah berbagai penyebab dan cara mengatasi paket unlimited smartfren lemot yang dapat saya sampaikan. Ketika kita menemui kecepatan internet smartfren menurun jangan panik karena setiap masalah tentu ada jalan keluarnya.

Sebagai bentuk follow up saya akan terus melakukan pembaruan pada artikel ini sesuai dengan informasi terbaru yang masih valid. Maka dari itu saya pun memohon kepada para pembaca untuk membantu. Misalkan menemukan cara mempercepat internet smartfren unlimited yang baru segera hubungi saya lewat laman kontak.

Posting Komentar untuk "8 Cara Mengatasi Paket Unlimited Smartfren Lemot"