Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting APN Smartfren Tercepat 4G dan 5G Stabil

Cara Setting APN Smartfren Tercepat 4G dan 5G Stabil - Banyak pelanggan memilih mengganti APN default menjadi custom dengan tujuan untuk meningkatkan kecepatan internet. Prinsipnya adalah mengubah server provider. Pengaturan APN smartfren tercepat menjadi solusi untuk beberapa masalah seperti koneksi internet lemot error ataupun kartu smartfren GSM tidak ada layanan. Untuk mengatasi berbagai problematika tersebut maka kita harus mencari cara setting APN smartfren agar dapat menambah kecepatan internet menjadi lebih stabil.

Diluncurkannya kartu smartfren GSM merupakan bukti bahwa operator satu ini telah mengalami melakukan upgrade layanan. Maknanya semua tipe hp bisa menikmati akses internet smartfren dengan bebas dengan kecepatan tinggi. Kalian pun sebenarnya tak harus menggunakan metode setting APN smartfren 4G. Namun dibalik kebebasan itu ternyata masih menyisakan sedikit permasalahan seperti koneksi internet smartfren bermasalah dan tidak ada layanan.

Setting APN Smartfren Unlimited

Di tahun ini pun masih banyak pelanggan yang memanfaatkan custom akses poin untuk mempercepat koneksi. Termasuk juga menghilangkan FUP smartfren 1GB perhari pada paket unlimited bulanan. Tidak hanya hp android saja, namun pengguna Iphone 6, 7, dan generasi lama pun juga terus mencari cara mengganti APN smartfren Iphone mereka masing-masing tanpa harus unlock ponsel. Tentunya hal ini adalah tantangan tersendiri untuk kita semua yang gemar mengotak-atik pengaturan jaringan.

Jika membahas tentang optimasi jaringan dan meningkatkan kecepatan internet smartfren memang tidak ada habisnya. Mengubah setting APN smartfren tercepat menjadi salah satu opsi yang banyak dicoba oleh pelanggan karena memiliki tingkat keberhasilan tinggi. Dengan demikian kualitas jaringan baik dari segi kecepatan, stabilitas, dan sinyal menjadi lebih optimal. Meski begitu, banyak orang yang masih ragu untuk melakukan salah satu trik dasar tersebut karena minimnya pengetahuan.

Cara Setting APN Smartfren Tercepat 4G dan 5G Stabil

Alih-alih mendapat kecepatan tinggi, cara mengganti yang salah justru akan membuat ponsel tidak tersambung ke internet. Lantas bagaimana cara kerja pengaturan jaringan tersebut? tak perlu buru-buru. Dalam artikel kali ini kita akan belajar bagaimana cara mengubah APN default smartfren menjadi settingan yang paling optimal sesuai kebutuhan kita.

Solusi paling jitu untuk mengatasi problematika diatas adalah dengan mengubah pengaturan akses poin default dan menggantinya dengan APN smartfren tercepat. Masalahnya adalah tidak semua orang bisa setting APN smartfren secara maksimal. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor seperti tipe hp yang berbeda beda, APN smartfren GSM yang selalu berganti ganti ditambah dengan susahnya membedakan mana server yang cepat dan lemot.

Pada dasarnya cara setting APN setiap hp baik itu xiaomi 4a, vivo y91, samsung, asus ataupun hp oppo sama saja yakni sama sama berada di menu pengaturan ponsel (setting). Namun sebelum kita membahas bagaimana cara setting APN smartfren 4G unlimited GSM ada baiknya kita membahas apa itu APN dan cara kerja APN terlebih dahulu.

Sebagai catatan, artikel ini akan terus saya update agar konten didalamnya tetap terjaga validitasnya. Dengan demikian setiap orang yang membaca informasi dalam artikel ini pun bisa tetap merasakan manfaatnya. Update terbaru yang sudah saya rangkum mencakup APN smartfren Iphone yang notabennya memiliki konfigurasi berbeda. Selain itu saya juga telah menyediakan beberapa pengaturan APN khusus game PUBG, mobile legends, bahkan APN smartfren anti FUP.

Apa Itu APN

APN merupakan istilah dari Access point name yang berfungsi menjembatani ponsel dengan jaringan gprs, 3g, maupun 4g agar tersambung internet. APN juga mengatur segala komponen utama jaringan operator seluler mulai dari IP, server, proxy, gateway dan sebagainya sampai benar-benar dapat terhubung ke internet. Tanpa settingan APN yang benar maka ponsel kita selamanya tidak akan bisa dipakai untuk chatting, video call, atau sekedar berselancar di dunia maya.

Pada dasarnya setiap provider sudah memiliki pengaturan APN default masing-masing. Sehingga pelanggan tidak perlu repot melakukan setting APN smartfren untuk bisa mengakses internet. Namun seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa kebutuhan koneksi stabil dan internet cepat terus meningkat seiring berjalannya waktu. Akhirnya banyak orang yang mencari cara setting APN smartfren 4G GSM unlimited untuk mempercepat koneksi internetnya.

Ada banyak pilihan server APN smartfren yang biasanya disesuaikan berdasarkan kebutuhan para penggunanya. Contohnya APN game online khusus untuk bermain mobile legends, free fire, genshin impact, dan lain sebagainya. Adapula APN smartfren 4G khusus untuk streaming film serta youtube agar tidak patah-patah.

Setting APN Smartfren

Cara mengganti APN smartfren tercepat yakni masuk ke pengaturan ponsel dan memilih menu jaringan. semua merk hp baik itu xiaomi, lenovo, asus, samsung, oppo dan vivo memiliki settingan yang sama saja. Namun hal ini tidak berlaku untuk perangkan IPhone dan produk yang mengusung sistem operasi IOS besutan Apple. Untungnya, saya telah mengupdate artikel ini sehingga pengguna Iphone 6 maupun generasi selanjutnya bisa tetap menikmati akses internet stabil milik smartfren.

Teknisnya adalah buka menu ponsel, selanjutnya pilih setting (pengaturan), pilih menu jaringan (connection), dan masuk ke menu nama titik akses APN untuk mengganti APN smartfren di hp anda. Dibawah ini akan saya lampirkan berbagai settingan APN internet smartfren mulai dari settingan default hingga custom proxy.

NamaAPN Default Smartfren
APN NameSmartfren
Usernamesmartfren
Passwordsmartfren
ProxyNot set
PortNot set
ServerNot set
MMSChttp://10.14.93.103:8080
Proxy MMS10.127.250
Port MMS8080
MCCL510
MNC09
AutenticationPAP
APN ProtocolIPv4
Protokol JelajahIPv4

Custom Proxy Smartfren

Mendapatkan kecepatan internet yang stabil dengan paket smartfren unlimited memang sangat penting. Hal ini disebabkan karena setiap paket unlimited mencapai batas FUP pasti speednya akan menurun. Untuk mempercepat koneksi internet smartfren kita bisa melakukan setting akses poin secara manual. Cara melakukan custom proxy pada setting APN smartfren pun menurut saya cukup mudah, ikutilah langkah langkah berikut:

  • Nama: Paketinternet.net
  • APN smartfren: Sabartbs5
  • Port: 80
  • Proxy: 31.13.71.3
  • Layanan: isi kosongan.

Proxy Smartfren Unlimited

Seperti yang kita ketahui bahwa smartfren telah melakukan upgrade layanan yang awalnya CDMA menjadi GSM dengan jaringan 4G. Jika kartu anda terdaftar dalam paket unlimited smartfren dan sering mendapati koneksi internet smartfren bermasalah seperti tidak terhubung, lemot dan tidak stabil bisa mengganti proxy apn smartfren unlimited seperti di bawah:

  • Nama: Paketinternet.net
  • Nama APN: unlimited

Secara garis besar saya tak akan mempermasalahkan langkah-langkah teknis mengganti APN hp. Karena setiap merk dan tipe ponsel memiliki fitur dan metode yang hampir sama baik itu samsung, xiaomi, poco, vivo, maupun oppo. Kalian hanya perlu membukapengaturan lalu masuk ke menu pengaturan jaringan.

APN Smartfren 5G

Meski sudah memiliki HP support 5G tapi ternyata masih banyak yang mengeluh lemot pada saat memakai internet. Masalah itu disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari persebaran sinyal yang belum merata sampai pengaturan jaringan yang salah.

Banyak yang mengklaim sinyal 5G memiliki stabilitas serta kecepatan lebih baik dari pendahulunya. Hal ini tentu akan menciptakan pengalaman bersalancar lebih baik dari berbagai aspek mulai dari browsing, streaming, hingga gaming.

Masalahnya sampai sekarang hanya sedikit proxy smartfren 5G yang sudah diketahui oleh pelanggan. Teknologi yang masih baru menjadi alasan utama mengapa masih sedikit yang membagikan cara setting APN smartfren 5G. Padahal server yang support generasi ke-5 jadi syarat utama pengaturan jaringan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Tapi beberapa waktu lalu saya berhasil menghimpun pengaturan APN smartfren tercepat berbasis 5G yang notabenya jarang diketahui. Apabila kalian tertarik untuk mencoba mempercepat internet yang lemot maka samakan data akses poin HP seperti tabel berikut:

Nama APNSmartfren 5G
APNonline.telia.se
proxyKosongi
portKosongi
Server9.9.9.9
UsernameKosongi
PasswordKosongi
MMS Proxy20.47.108.204
MMS Port8888
MCC510
MNC09

Kalau boleh jujur saya sendiri memang sudah tak lagi berlangganan smartfren karena terlanjur pasang wifi di rumah. Jadi bicara soal performa APN 5G di  atas saya kurang memiliki pengetahuan. Maka dari itu, segenap tim paketinternet berharap pembaca yang telah mencoba untuk menuangkan pengalamannya di kolom komentar.

APN Smartfren Anti Lemot

Butuh akses internet stabil? APN smartfren anti lemot mungkin akan cocok untuk kalian. Server AHA banyak dipakai karena dipercaya bisa mengatasi kartu smartfren 4g yang mengalami masalah koneksi. Hal ini mungkin saja terjadi karena proxy yang terus diperbarui secara berkala sehingga tak memungkinkan terjadinya tabrakan data.

AHA juga sering dipakai oleh operator lain untuk mempercepat koneksi. Sebut saja pengguna XL atau axis yang notabenya selalu menggunakannya. Jika kalian ingin mengetahui cara setting APN smartfren stabil dari program AHA, silahkan samakan pengaturan ponsel kalian seperti dibawah ini:

  • Nama APN: Bebas terserah
  • APN: AHA 
  • port: 80
  • Proxy: 103.29.149.219
  • User: kosongi saja
  • Password: kosongi saja
  • Server: 8.8.8.8

Meski menawarkan kecepatan internet stabil tapi ada beberapa kekurangan jika kalian memutuskan untuk memakai settingan di atas. Proxy server tersebut tidak valid untuk paket unlimited yang notabenya memiliki FUP. Hal ini pun sudah dirasakan dan dikonfirmasi oleh sebagian pengguna smartfren.

Selain APN Smartfren anti lemot di atas, kita juga bisa melakukan setting apn smartfren tercepat dan stabil menggunakan username ataupun proxy khusus. Tidak hanya itu saja, kita juga bisa menggunakan pengaturan apn smartfren 4g khusus untuk berbagai kebutuhan. Mengingat setiap tipe ponsel dan penggunaan berbeda-beda maka konfigurasi akses poin pun juga harus dibedakan.

Setting APN Smartfren IPhone

Iphone merupakan produk ponsel eksklusif yang menawarkan beragam fitur premium untuk para penggunanya. Berbeda dengan smartphone berbasis android, iphone mengusung sistem operasi IOS yang notabennya memiliki keamanan tingkat tinggi. Hingga saat ini IPhone telah mencapai generasi 12 yang mana harganya ditaksir mencapai 15 jutaan untuk 1 unitnya.

Cara setting APN Smartfren Iphone tercepat
APN smartfren tercepat untuk iphone

Dengan harga fantastis tersebut perusahaan Apple sudah membekali IPhone gerenasi terbaru dengan perangkat jaringan yang mumpuni bahkan bisa menangkap sinyal 5G sekalipun. Lantas bagaimana dengan generasi iphone 5, iphone 6, dan seterusnya? pengguna diharuskan mengganti APN smartfren iphone untuk mendapatkan koneksi internet stabil.

Karena iphone 6 dan iphone7 merupakan generasi lama jadi pengguna harus bisa beradaptasi dengan perubahan perangkat jaringan. Salah satu triknya adalah mengganti pengaturan akses poin melalui menu pengembangan ponsel. Mengingat ponsel ini memiliki sistem operasi yang berbeda dengan hp android maka cara setting APN IPhone pun juga berbeda. Silahkan ikuti panduan berikut ini:

  1. Di menu utama silahkan masuk ke pengaturan.
  2. Tap menu ponsel (cellular).
  3. Pastikan terlebih dahulu data anda sudah aktif.
  4. Tap koneksi ponsel (cellular data network)
  5. Masuk ke submenu data ponsel.
  6. Ubah settingan menjadi, APN: SmartFren, Username: smartfren, Password: smartfren.
  7. Masuk ke menu settingan LTE. Lalu kosongkan semua kolom (APN, Username, dan Password).
  8. Simpan pengaturan dan restart ponsel anda.

Dalam beberapa kasus anda akan menemukan masalah dimana menu cellular data network tidak bisa dibuka ataupun tak muncul. Maknanya, perangkat iphone belum diunlock dan kalian tidak bisa mengganti APN smatfren Iphone seperti diatas. Bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? tentu saja kita harus melakukan unlock terlebih dahulu. Namun saya tidak menyarankan untuk melakukannya karena seluruh resiko anda sendiri yang menanggungnya.

Setting APN Smartfren Unlimited Anti FUP

Fair usage policy (FUP) merupakan istilah yang merujuk pada batas wajar pemakaian kuota internet selama kurun waktu tertentu. Mengapa kita harus setting APN smartfren anti FUP? seperti yang kita ketahui smartfren menyediakan produk paket internet unlimited harian, mingguan, dan bulanan dengan harga yang variatif. Misalnya saja paket mingguan yang dibanderol seharga 20 ribuan memiliki FUP 500mb - 1gb/hari.

Lazimnya, paket internet smartfren unlimited bulanan harga 80 ribu akan memberikan kita FUP 1gb per hari. Setelah pelanggan mencapai batas pemakaian apa yang terjadi? secara otomatis koneksi akan menjadi lemot karena speednya dibatasi oleh server. Pelanggan pun akhirnya terpaksa harus mengaktifkan kuota add on untuk mempercepat internet. Nah, jika kalian enggan melakukannya maka saya telah mempersiapkan alternatif lainnya. 

APN smartfren Anti FUP ditujukan khusus untuk pelanggan paket unlimited agar tetap mendapatkan kecepatan dan stabilitas internet yang mumpuni meskipun kuota FUP harian telah terpenuhi. Jika anda merupakan pelanggan kuota volume maka tidak disarankan memakai APN smartfren yang satu ini. Alangkah baiknya anda menggunakan settingan yang lain misalnya untuk mempercepat internet, akses poin global, APN game, dan lain sebagainya.

Dalam sesi kali ini saya akan memberikan tutorial untuk mengubah APN smartfren unlimited menjadi anti FUP (fair usage policy). Bahkan bila disimpulkan, inilah trik menghilangkan FUP smarfren yang selama ini membatasi pemakaian kuota perhari. Samakan pengaturan jaringan ponsel seperti di bawah:

NamaAPN Smartfren Unlimited No FUP
APNzone-Smartfren4G
UsernameSmartfren
Passwordsmartfren
Proxy Server-
Port8080

Paket unlimited merupakan pilihan tepat untuk menghemat pengeluaran biaya internet bulanan. Meskipun terdapat FUP atau batas wajar pemakaian namun pelanggan tetap bisa mempercepat koneksi internet menggunakan cara di atas.

Tetapi, dalam beberapa kasus settingan tersebut tidak cocok digunakan untuk bermain game online seperti pubg mobile, free fire, dan mobile legends. Mengapa demikian? karena gaming merupakan aktivitas berat yang memerlukan jalur internet serba cepat/responsif.

APN Smartfren Game Mobile Legends

Free fire, Pubg mobile, AOV dan mobile legends merupakan deretan game online terbaik dengan lebih dari 200 juta pengguna aktif. Selain dituntut memiliki gadget dengan spesifikasi tertentu pemain juga harus memperhatikan konektivitas jaringan. Jaringan tidak stabil bisa mengakibatkan delay atau lag berkepanjangan yang mengakibatkan kekalahan. Maka dari itu banyak gamers mengubah setting APN smartfren tercepat mereka khusus untuk game secara spesifik.

Aktivitas gaming memerlukan koneksi internet super cepat dan stabil untuk menghindari lag jaringan. Faktanya, banyak orang mengeluhkan jaringan yang naik turun ketika di tengah permainan. Untuk menghindari perasaan tidak nyaman semacam itu dibuatlah APN smartfren game khusus untuk bermain mobile legends.

Masalahanya, apakah ada APN smartfren game yang khusus? tentu saja ada. Operator seluler satu ini menyediakan server akses poin anti lag khusus untuk keperluan gaming. Silahkan ikuti petunjuk cara mengubah APN smartfren di bawah ini:

NamaSmartfren 4G Gaming
APNSmartfren
UsernameSmartfren
Passwordsmartfren
Proxy10.17.27.250
Port8080
ServerKosongkan
MMSCKosongkan
MMS ProxyKosongkan
Port MMSKosongkan

Mobile legends, free fire FF, dan PUBG kini telah menjelma menjadi game online yang memerlukan resource tinggi. Baik itu dari segi hardware mumpuni maupun jaringan yang stabil. Maka dari itu, pelanggan harus mampu mempercepat internet yang lemot memakai pengaturan akses poin seperti tabel di atas. Jika terdapat kolom selain yang saya cantumkan isilah secara default atau kosongkan karena kita hanya mengambil proxy dan portnya saja.

APN Smartfren Global

Kalian gagal mempercepat internet smartfren menggunakan pengaturan di atas? tenang saja. Karena saya masih punya alternatif yang bisa menjadi solusi masalah kalian. Server global adalah salah satu jenis APN smartfren tercepat yang banyak dipakai pengguna ponsel pintar. APN ini terintegrasi dengan server global yang terletak di berbagai penjuru dunia. Oleh karenanya, kecepatan internet dengan menggunakan settingan apn global sangat cepat.

cara setting APN smartfren tercepat anti lemot

Ketika terjadi kasus kelebihan user maka lajur koneksi akan langsung berpindahke server lain yang masih longgar. Inilah alasan mengapa layanan multi server dalam APN begitu penting. Ketersediaan proxy dan port pun turut serta membuatnya menjadi sangat lancar ketika dipakai untuk aktivitas berat.

Dalam hal stabilitas jaringan menurut saya tipe akses poin satu ini lebih dari cukup untuk mengakses youtube. Meski demikian, ketika dilakukan tes game online mobile legends user hanya mendapat ping 128ms. Tentu saja lag serta frame drop pun terjadi karena kualitas koneksi yang didapatkan kurang memuaskan untuk gaming. Adapun cara setting APN smartfren global adalah sebagai berikut:

NamaSmartfren GLobal
APNSmartfren4G
UsernameSmartfren
Passwordsmartfren
Proxy141.0.11.241
PortNot set
ServerNot set
MMSCNot Set
MMS ProxyNot set
Port MMSNot set
MCC510
MNC09
AutenticationPAP
APN ProtocolIPv4
Protokol JelajahIPv4
APN TypeDefault,supl,xcap

Access point name berbasis global seharusnya mampu mempercepat koneksi internet kalian. Namun dalam beberapa kasus terdapat pelanggan yang justru mendapati internetnya menjadi tidak stabil. Jika setelah mencoba jaringan anda masih terasa lemot dan kurang baik performanya, silahkan pakai pengaturan APN smartfren yang lain. Dalam pembahasan dibawah saya sudah menyediakan berbagai jenis dan setting APN smartfren tercepat dan stabil yang dapat anda coba.

APN Smartfren Tercepat

Kecepatan internet menjadi salah satu poin penting dalam industri telekomunikasi. Dengan persebaran jaringan yang bisa dibilang masih belum merata tentu membuat internet smartfren kadang terasa lemot. Hal inilah yang mendorong pelanggan harus mengganti dan setting APN smartfren tercepat di ponsel mereka.

Baca juga: Trik Internet Gratis Smartfren 4G Unlimited Terbaru

Salah satu faktor cepat lambatnya APN adalah pada settingan proxy dan servernya. Untuk mendapatkan settingan APN Smartfren tercepat kita bisa mengubah default proxy menjadi custom proxy. Lalu bagaimana caranya? silahkan simak dan sesuaikan setting APN smartfren anda sesuai dengan contoh pada tabel berikut:

NamaAPN smartfren tercepat 4G
APNSmartfren4G
Usernamesmartfren
Passwordsmartfren
Custon Proxy10.17.27.250
Port8080
ServerKosongi
MMSCKosongi
MMS ProxyKosongi
Port MMSKosongi
MCC510
MNC09
AutenticationPAP
APN ProtocolIPv4
Protokol JelajahIPv4
APN TypeDefault,supl,xcap

Bagi sebagian orang faktor kecepatan bukanlah masalah yang besar. Sebagian orang lebih mengincar stabilitas dalam internet. Hal ini tentu mengingatkan kita dengan prinsip pelan pelan asal selamat. Maka dari itu selanjutnya kita akan membahas setting APN smartfren stabil yang dapat kita terapkan. Lalu bagaimana caranya? silahkan baca dalam penjelasan di bawah.

APN Smartfren Ping Stabil

Salah satu faktor yang mempengaruhi kenyamanan internet adalah stabilitas jaringan. Percuma saja jika kecepatan internet tinggi namun tidak stabil. Maka dari itu dibuatlah server APN smartfren stabil ini. Setting APN smartfren unlimited paling stabil ini biasanya digunakan untuk kegiatan download dan upload file-file besar. Sangat cocok untuk anda yang ingin menyimpan file seperti film, game, dan lain sebagainya.

Bila kalian mengalami kendala seperti sinyal smartfren hilang atau kecepatan yang naik turun. Maka silahkan pakai data akses poin seperti pada tabel berikut:

Namasmartfren GSM
APNSmartfren4G
Usernamem8@mobi-sehat
Passwordm8
ProxyKosongi
PortKosongi
ServerKosongi
MMSCKosongi
MCC510
MNC28
AutenticationPAP dan CHAP
APN ProtocolIPv4
Protokol JelajahIPv4
APN TypeDefault,supl,xcap

Dalam beberapa kasus stabilitas merupakan sesuatu yang sulit didapatkan oleh pengguna paket unlimited. Hal ini disebabkan adanya kebijakan pemakaian wajar yang ditetapkan pihak operator. Singkatnya, setelah pelanggan mencapai FUP harian maka kecepatan internet akan drop dan lemot.

Jika kalian ingin tetap merasakan koneksi stabil saat berlangganan paket FUP silahkan samakan pengaturan jaringan kalian dengan APN smartfren unlimited di atas. Simpan pengaturan dan restart jaringan ponsel anda agar settingan berjalan.

Selain setting APN smartfren untuk paket unlimited stabil untuk menghilangkan FUP harian. Saya masih memiliki beberapa settingan APN smartfren 4g yang memang khusus untuk gaming, dan streaming. Seperti apa pengaturan apn tersebut? simaklah pembahasan selanjutnya.

APN Smartfren 4G

Koneksi internet dengan label 4G diklaim menjadi koneksi tercepat hingga saat ini. Sebagai salah satu provider internet murah di Indonesia smartfren tentu tidak ingin kalah dengan provider lain. Hal ini dibuktikan dengan munculnya kartu smartfren GSM 4G yang sudah bisa kita beli di gerai terdekat.

Namun persebaran jaringan smartfren 4G masih belum merata kadang jadi kendala tersendiri. Hal ini tentu menimbulkan masalah jaringan seperti internet lemot dan lain sebagianya. Solusi untuk mempercepat internet smartfren tentu dengan melakukan setting APN smartfren tercepat itu sendiri.

Sayangnya, tidak semua orang tau cara setting APN smartfren 4g stabil terbaru. Padahal banyak pelanggan smartfren yang sudah mulai beralih karena tertarik pada penawarannya. Nah, untuk mengoptimalkan koneksi internet anda, silahkan coba APN smartfren yang satu ini.

Penggunaan APN Smartfren Extice khusus untuk sosial media dan chat saja seperti instagram, twitter, facebook, dan messenger. Kalau tertarik maka samakan pengaturan jaringan kalian seperti pada tabel di bawah:

NamaAPN Smartfren 4G
APNExtice.co.id
UsernameAPN smartfren 4G
Passwordsmartfren
ProxyNot set
PortNot set
ServerNot set
MMSCNot set
Proxy MMSNot set
Port MMSNot set
MCC510
MNC09
AutenticationPAP dan CHAP
APN ProtocolIPv4
Protokol JelajahIPv4
APN TypeDefault,supl,xcap

Bagaimana jika kebutuhan saya adalah youtube ataupun streaming video? Apakah setting APN smartfren tercepat diatas dapat saya pakai? Tidak bisa. Untuk kegiatan streaming, bermain game, dan kebutuhan lainnya kita harus melakukan setting APN smartfren 4g liannya. Hal ini disebabkan karena setiap APN memiliki fungsi dan settingan tersendiri.

APN Smartfren Youtube

Youtube merupakan salah satu website berbasis streaming yang banyak ditonton. Kehadiran youtube sendiri juga telah menggeser serta menggantikan fungsi televisi dan radio. Namun untuk bisa mengakses youtube kita harus menggunakan kuota internet. Akan sangat tidak menyenangkan jika sedang streaming tiba-tiba terjeda karena koneksi yang jelek. Mayoritas pelanggan mengakalinya dengan cara setting APN smartfren youtube yang notabennya memang dikhususkan untuk streaming.

Jika anda gemar streaming film ataupun menonton video melalui youtube, maka setting APN smartfren stabil yang satu ini sangat cocok untuk anda. APN smartfren youtube menggunakan server OCN disertai dengan settingan proxy khusus. Tujuannya adalah agar saat kita menonton video dan film tidak buffering atau delay.

Cara setting APN smartfren tercepat khusus untuk youtube sebenarnya cukup mudah. Dari segi langkah teknisnya sama seperti pengaturan jaringan pada umumnya. Tapi perbedaan terletak pada format data yang dimasukan. Untuk lebih jelaskan simaklah data di bawah:

NamaSmartfren Youtube
APN3g-d-2.ocn.ne.jp
Usernamesmartfren
Passwordsmartfren
Proxy180.250.63.99
Port80
ServerNot set
MMSCNot set
Proxy MMSNot set
Port MMSNot set
MCCL510
MNC09
AutenticationPAP
APN ProtocolIPv4
Protokol JelajahIPv4
APN Typedefault,supl,xcap

Melakukan percobaan untuk mempercepat internet smartfren memang sangat menyenangkan. Kita bisa mengubah APN hingga merubah settingan ponsel. Namun bagaimana hasilnya? tentu kita tidak akan mengetahui jika tidak mencobanya. Janganlah terlalu puas dengan hasil settingan dan kecepatan internet smartfren yang sekarang. Karena kita masih bisa mempercepat internet smartfren dengan memilah dan memilih APN smartfren tercepat.

Cara Cek Kecepatan APN Smartfren

Pada dasarnya memang benar, melakukan setting APN smartfren 4G akan membuat internet di ponsel menjadi lebih cepat. Namun tidak ada yang bisa memastikan sampai seberapa cepat dan stabil koneksi smartfren tersebut. Bisa saja APN satu dan lainya memiliki kecepatan dan stabilitas koneksi yang berbeda.

Selain faktor pemilihan server, hal ini juga dipengaruhi oleh aspek jaringan di setiap kota. Seperti yang kita ketahui masing masing kota punya kualitas jaringan yang berbeda. Maka dari itu setting APN smartfren stabil yang kita lakukan hasilnya akan berbeda di setiap kota. Untuk mengatasinya, kita harus melakukan tes kecepatan internet terlebih dahulu.

Jadi kalau settingan APN smartfren yang kita pilih ternyata lemot kita bisa langsung mengganti APN smartfren tersebut. Selain itu, dengan membandingkan kecepatan antar APN maka kita juga bisa memilih APN smartfren mana yang tercepat di kota kita.

Cara tes kecepatan internet smartfren sendiri sangatlah mudah. Kita tidak perlu menginstall aplikasi dan lain sebagainya. Melainkan kita cek langsung lewat situs speedtest.net. Pada situs ini kecepatan APN smartfren akan diuji dan diukur mulai dari download speed, ping speed hingga upload speednya. Cara menggunakan speedtest relatif mudah, silahkan simak dalam tutorial di bawah ini:

  1. Ganti APN anda sesuai yang diinginkan.
  2. Lalu buka situs speedtest.net (speedtest by Ookla).
  3. Selanjutnya tunggulah hingga sistem melakukan analisa server.
  4. Jika sudah selesai maka silahkan tap "GO".
  5. Tunggulah hasilnya.

Pada halaman result akan diperlihatkan kecepatan ping, download, dan upload dari server APN yang kita pilih. Jika anda merasa tidak puas dengan hasil diagnosa kecepatan internet sekarang, maka anda dapat kembali melakukan setting APN smartfren tercepat lagi. Lalu lakukan pengecekan kecepatan lagi seperti cara di atas.

Review APN Smartfren Tercepat Stabil

Kenapa harus setting APN Smartfren? apakah pengaruhnya besar terhadap peningkatan jaringan? pertanyaan itu sering diajukan oleh pelanggan. Pada dasarnya, mengganti DNS serta proxy server merupakan bentuk upaya untuk meningkatkan kualitas jaringan.

Secara garis besar layanan smartfren kini memang lebih baik daripada beberapa tahun sebelumnya. Tapi tak ada salahnya bila kita tetap berupaya menjaga stabilitas jaringan itu sendiri. Sebab pelanggan sering kali dihadapkan rasa kecewa saat paket unlimited lemot atau smartfren gangguan.

Menurut saya cara setting APN smartfren tetap perlu kita pelajari sebagai bahan pengetahuan. Terlepas dari plus minusnya sudah menjadi keputusan pengguna apakah ingin menerapkan cara mempercepat internet itu atau tidak.

Mengganti konfigurasi akses poin merupakan kegiatan yang rawan dan berbahaya jika kita tidak berhat-hati. Walaupun memiliki tingkat keberhasilan tinggi, namun resiko yang didapat ketika melakukan setting APN smartfren 4G tercepat juga besar. Salah input ataupun menggunakan capital letter yang salah akan membuat ponsel android dan IPhone milik kita tidak tersambung ke internet.

Itulah beberapa cara setting APN smartfren 4G dan smartfren Unlimited tercepat yang dapat saya rangkum dan sampaikan dalam artikel kali ini. Artikel ini akan selalu saya update jika terdapat server ataupun proxy APN yang sudah kadaluarsa. Untuk teman teman yang menemukan proxy setting APN smartfren terbaru bisa disharing dalam kolom komentar di bawah.

Posting Komentar untuk "Cara Setting APN Smartfren Tercepat 4G dan 5G Stabil"