Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kartu Smartfren Tidak Ada Sinyal dan Tidak Ada Layanan

Cara Mengatasi Kartu Smartfren Tidak Ada Sinyal dan Tidak Ada Layanan - Sinyal hilang secara tiba-tiba bisa dialami oleh pelanggan lama ataupun baru. Karena kartu smartfren tidak ada layanan akhirnya membuat fungsi internet, nelpon, dan sms menjadi tidak berjalan. Keadaan ini tentunya sangat mengganggu aktivitas kita khususnya dalam hal komunikasi. Pelanggan pun berharap banyak agar pihak operator dapat segera memberi cara mengatasi smartfren tidak ada layanan.

Sinyal smartfren hilang tidak ada layanan
Sinyal smartfren hilang tidak ada layanan

Permasalahan internet smartfren lemot sudah menjadi hal biasa mengingat jaringan yang masih belum stabil. Namun bagaimana dengan sinyal smartfren hilang tiba-tiba meskipun sudah mengaktifkan 4G LTE. Sebagai pelanggan, kita pun akan bertanya-tanya bagaimana hal tersebut bisa terjadi. Padahal smartfren baru saja melakukan upgrade layanan yang semula CDMA menjadi smartfren GSM 4G. Di tengah masa transisi tersebut pelanggan justru mendapatkan persoalan tidak mengenakan.

Pada dasarnya, kalian harus menanggapi masalah kartu smartfren tidak ada sinyal ataupun sinyal hilang secara mendadak dengan bijak. Pasalnya terdapat kemungkinan penyebab smartfren tidak ada layanan tersebut karena human error dan bukan salah dari pihak provider. Maka dari itu, dalam artikel kali ini kita akan membahas penyebab kenapa kartu smartfren tidak ada layanan dan sinyal smartfren hilang mendadak.

Cara Mengatasi Kartu Smartfren Tidak Ada Sinyal dan Tidak Ada Layanan

Kurangnya pemahaman terkait teknologi menjadi kendala utama mengapa masyarakat lebih memilih membawa hpnya ke konter ketika mengalami kendala. Dalam menangani masalah harus ada standar operasional yang dijalankan, standar inilah yang selanjutnya dikenal dengan istilah SOP. Tidak hanya untuk mengatasi kartu smartfren tidak ada layanan saja. Melainkan untuk menyelesaikan berbagai problematika pun harus menerapkan SOP.

Pertama, cara mengatasi kartu smartfren tidak ada layanan adalah melakukan diagnosa terlebih dahulu. Tujuannya agar kita tau penyebab masalah tersebut secara presisi dan bisa melakukan pencegahan di kemudian hari. Di lain sisi, sinyal volte hilang hanya disebabkan oleh masalah sepele sehingga pengguna pun tak perlu repot mengadu kepada customer service.

Setelah mengetahui akar masalah kartu smartfren tidak ada sinyal barulah kita bisa mencari solusi masalah tersebut. Singkatnya, pelanggan bisa menghubungi call center ataupun pusat bantuan smartfren lewat messenger dan menceritakan kronologi permasahalan yang dialaminya. Tapi saya sendiri cenderung lebih suka mengatasi sinyal smartfren hilang secara mandiri karena balasan dari operator yang terlalu lama.

Kenapa Sinyal Smartfren Tidak Muncul

Sebagai pelanggan tentunya kita tak ingin mengalami kejadian tak mengenakan ketika memakai suatu layanan. Misalnya saja buffering saat streaming, lag bermain game, atau terputus pada waktu mengikuti pelajaran online. Tapi terkadang kenyataan memang tak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Faktanya, banyak pengguna ponsel mengeluh smartfren tidak ada layanan bahkan sinyal tidak muncul. 

Pengalaman ini pernah saya rasakan ketika bepergian ke luar kota dimana kala itu saya mendapati bar sinyal penuh. Meski demikian saat ponsel dipakai mengirim whatsapp atau sekedar mengakses sosial media ternyata tidak bisa. Dari sinilah saya menyadari bahwa sinyal volte hilang yang akhirnya menyebabkan internet mati.

Mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan kartu smartfren tidak ada sinyal merupakan suatu langkah penting. Lewat pemahaman tersebut kita bisa menghindari segala kemungkinan kartu tidak tersambung ke jaringan internet. Di waktu yang sama kalian pun juga akan mampu menemukan cara mengatasi smartfren tidak ada layanan atau sinyal hilang.

Lantas apa saja penyebabnya? simaklah beberapa faktor berikut:

  1. Kartu/ponsel belum support 4G.
  2. Wilayah tidak tercover sinyal 4G.
  3. Cuaca buruk atau pemadaman serentak
  4. Jaringan tidak stabil.
  5. Jaringan VoLTE mati.

Beberapa pelanggan juga mengeluhkan masalah sama tapi dengan gejala berbeda dari apa yang saya sampaikan di atas. Namun pada dasarnya, cara memunculkan sinyal smartfren sebenarnya hampir sama. Kita akan membahas tutorialnya secara lengkap pada sesi di bawah.

Cara Mengatasi Smartfren 4G Tidak Ada Sinyal

Kartu smartfren tidak ada layanan jika dibiarkan terus menerus akan mengakibatkan ponsel tidak bisa menjalankan fungsinya dengan benar. Hal ini tentunya akan memicu masalah beruntun lain seperti tidak terhubung ke jaringan, gagal membuka internet, gagal mengirim pesan/sms, bahkan tidak bisa melakukan dial kode.

Seperti yang kita ketahui smartfren telah melakukan upgrade layanan dan memunculkan kartu smartfren GSM 4G yang diklaim mampu bersaing dengan kompetitornya. Namun tetap saja terdapat kendala seperti sinyal smartfren hilang, sinyal tidak muncul, dan lain sebagainya. Di lain sisi, pelanggan pun sering salah mengartikan bahkan menggeneralisasikan kartu smartfren tidak ada layanan karena kualitas sinyal yang buruk. Padahal anggapan tersebut belum tentu sepenuhnya benar.

Baca juga: Trik Internet Gratis Smartfren 4G Unlimited Terbaru

Penyebab kartu smartfren tidak ada sinyal bisa berasal dari berbagai faktor tidak hanya disebabkan satu hal saja. Misalnya jaringan smartfren yang memang belum stabil, kesalahan pengguna dalam mengatur APN, ataupun perdana yang terblokir/rusak itu sendiri. Maka dari itu pahamilah terlebih dahulu penyebab umum dan cara mengatasi kartu smartfren GSM 4G tidak ada layanan di bawah.

Kartu Smartfren Harus Support Jaringan 4G

Penyebab kenapa kartu smartfren tidak ada layanan adalah karena perdana tersebut tidak support 4g. Ada kalanya pelanggan lama yang awam masih menggunakan jaringan 3g atuapun CDMA. Jika kartu anda merupakan salah satunya maka silahkan lakukan upgrade kartu di galery smartfren secara gratis.

Mintalah pada customer service untuk ganti kartu menjadi smartfren GSM 4G. Anda juga bisa membeli di konter terdekat dan daftar kartu smartfren GSM sendiri menggunakan NIK & KK. Selanjutnya silahkan beli paket internet 4G sesuai kebutuhan dan cobalah tes sinyal smartfren apakah baik atau masih tidak ada layanan.

Menurut saya cara mengatasi smartfren tidak ada layanan satu ini sudah tak lagi valid. Mengapa demikian? sebab kartu perdana yang dijual smartfren semua kini sudah berbasis 4G. Tak seperti beberapa tahun lalu saat pihak operator memasuki masa transisi. Sehingga kalian tak perlu repot lagi menukarnya ke gerai resmi.

Area Belum Terjangkau Jaringan 4G Smartfren

Anda sudah upgrade kartu dan menggunakan smartfren GSM tapi tetap saja kartu smartfren tidak ada sinyal ? bisa jadi jaringan 4g smartfren belum menjangkau daerah anda. Permasalahan ini menurut saya cukup klasik mengingat pihak operator masih dalam status berkembang. Belum ada cara mengatasi kartu smartfren tidak ada layanan dan sinyal jika sudah menyangkut infrastruktur jaringan.

Umumnya sinyal smartfren hilang akan dialami ketika kita meninggalkan daerah perkotaan dan beralih ke desa desa. Ya, smartfren belum menjangkau semua area di Indonesia. Provider ini masih mencoba mengembangkan dan mengusahakannya sembari memfokuskan kekuatan jaringan internet di perkotaan.

Jika kalian gemar bepergian ke luar daerah alangkah baiknya membawa perdana internet cadangan seperti telkomsel atau indosat. Karena tak semua kota tercover zona smartfren misalnya saat beranjak ke pedesaan atau wilayah terpencil. Sehingga saya berani mengambil kesimpulan bahwa operator satu ini tak direkomendasikan untuk para traveler.

Pastikan Ponsel Sudah Support 4g

Kartu sudah menggunakan smartfren GSM 4G dan sinyal 4g smartfren sudah ada? pastikan juga device atau ponsel anda juga sudah support 4G. Hal ini mungkin terdengar sepele namun masih saja banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka masih menggunakan ponsel dengan sinyal CDMA yang memaksa memakai perdana GSM.

Banyak pelanggan sibuk mencari cara mengatasi smartfren tidak ada layanan tapi sering mengabaikan faktor ponselnya. Hal ini biasanya terjadi pada mereka yang baru pertama kali menggunakan hp android terlebih keluaran versi lama.

Pengguna ponsel pintar bisa mengetahui apakah hpnya sudah support 4G melalui menu "tentang ponsel". Pada menu tersebut sistem akan memberikan detail informasi ponsel mulai dari perangkat jaringan, processor, versi perangkat lunak, dan lain sebagainya.

Aktifkan VoLTE Smartfren

Salah satu penyebab utama kenapa kartu smartfren tidak ada layanan dan sinyal khususnya 4G karena pengguna tak mengaktifkan layanan LTE. Masalah ini pernah saya alami ketika menggunakan HP xiaomi keluaran tahun lama yang notabenya belum support LTE. Padahal, smartfren mengkombinasikan sinyal konvensional dengan VoLTE agar tercipta sinergi yang baik. Hasilnya pelanggan pun dapat menikmati internet cepat meski operator satu ini masih dalam tahap berkembang.

Cara mengaktifkan VoLTE smartfren sebenarnya sudah pernah saya jelaskan dalam artikel sebelumnya. Namun akan saya ulang kembali pada pembahasan kali ini. Kalian bisa membacanya nanti di akhir sesi dan untuk sekarang mari berfokus menyelesaikan masalah sinyal dari faktor internal terlebih dulu.

Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Hilang Tidak Ada Layanan

Lalu bagaimana dengan kartu smartfren yang hilang sinyal apakah solusinya sama saja? tentu tidak. Sinyal hilang mendadak bisa mengindikasikan jaringan yang kurang stabil atau bahkan tidak ada jaringan sama sekali. Dalam beberapa kasus pula perangkat ponsel hanya bisa menangkap sinyal 3G saja padahal sudah memakai perdana GSM support 4G.

Penyebab sinyal 4G smartfren tidak ada layanan karena kualitas jaringan yang jelek akibat kurang meratanya pembangunan infrastruktur perusahaan. Di lain sisi, smartphone juga memberlakukan fitur auto detect yang akan langsung mendeteksi dan menetapkan pengaturan jaringan terbaik untuk hp anda. Dengan kata lain, jika sinyal smartfren hilang dan berganti menjadi 3G disebabkan karena lemahnya kualitas jaringan 4G di wilayah tersebut.

Cara Setting Sinyal Smartfren 4G Only

Ada kalanya internet lemot karena mode jaringan yang terus berganti-ganti. Nah, pergantian ini secara tak langsung mempengaruhi kinerja ponsel untuk memproses data keluar masuk. Sehingga seolah koneksi tidak stabil dan menimbulkan kebingungan bagi yang tidak tau.

Cara mengatasi smartfren tidak ada layanan adalah dengan memfokuskan tangkapan sinyal hanya pada 4G saja. Lazimnya, pengguna bisa melakukan hal tersebut lewat pengaturan jaringan di menu utama ponsel. Tapi untuk hasil yang lebih maksimal kita juga bisa mereset paksa perdana lewat kode USSD, untuk teknisnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Ketik kode rahasia *#*#4636633#*#*
  2. Centang opsi band 40 kemudian pilih set.
  3. Tap select network dan lanjutkan
  4. Pilih LTE only.
  5. Pilih Ok.

Dengan melakukan settingan tersebut membantu ponsel kita untuk menangkap sinyal 4G LTE saja dan mengabaikan sinyal lainnya. Atau mungkin lebih tepatnya perintah lewat kode dial di atas berfungsi menonaktifkan layanan 3G dan GPRS di kartu perdana. Setelah settingan selesai cobalah restart ponsel anda. Jika jaringan sedang tidak error maka harusnya sinyal 4G smartfren akan muncul di ponsel anda.

Install SmartToolkit

Ada banyak cara mengatasi sinyal smartfren hilang yang menurut saya layak untuk dicoba. Salah satunya yakni menginstal aplikasi penguat sinyal atau network optimizer.

Penggunaan aplikasi pihak ketika untuk mempercepat internet sudah menjadi hal lumrah. Karena kapabilitas pihak operator yang tak memadahi akhirnya memaksa pengguna untuk menggunakan metode tersebut. Nah, kalian bisa memakai aplikasi satu ini untuk memunculkan sinyal smartfren yang hilang.

Alternatif lain ketika kartu smartfren tidak ada layanan ataupun kartu smartfren tidak ada sinyal bisa menggunakan smart toolkit. Aplikasi tersebut mampu membantu pelanggan GSM untuk mendapatkan kualitas sinyal yang lebih baik melalui metode pengaturan hybrid. Silahkan simak tutorial berikut:

  1. Cari aplikasi bernama smartfren toolkit.
  2. Masuk ke smartfren toolkit, lalu pilih ON.
  3. Restart ponsel anda.
  4. Masuk ke pengaturan dan pilih 4G LTE.
  5. restart ponsel anda kembali.
  6. Masuk ke menu setting sekali lagi, pilih jaringan CDMA.
  7. Lanjutkan ke menu setting, dan swap jaringan evdo ke evdo hybrid.
  8. Restart kembali ponsel anda, dan pilih 4G LTE hybrid ketika ponsel menyala.

Cara Mengatasi Jaringan Smartfren Tidak Stabil

Jika berbicara tentang jaringan yang tidak stabil maka sudah beda lagi urusannya dengan sinyal smartfren hilang ataupun status tidak ada layanan (no service available). Pasalnya ponsel kita sudah berhasil menangkap sinyal operator namun dengan kekuatan yang lemah sehingga jaringan sering naik turun. Apakah kondisi ini baik-baik saja? tentu saja tidak, bahkan mengganggu kinerja pengguna.

Problematika sinyal smartfren tidak stabil utamanya akan berimbas pada performa pemakaian internet dan kualitas suara saat nelpon. Hal ini sering dialami oleh pengguna yang dominan tinggal di wilayah pedesaan ataupun tempat terpencil. Jaringan 4G dan pembangunan infrastruktur yang belum merata membuat sinyal smartfren sulit ditangkap oleh pengguna ponsel pintar di beberapa daerah.

Cara mengatasi sinyal smartfren tidak stabil dan suka naik turun saat dipakai internetan adalah dengan mengubah APN default menjadi custom. Lewat pengaturan inilah pelanggan bisa mendapatkan stabilitas koneksi internet meskipun dengan bar sinyal kecil sekalipun. Untuk mengganti APN juga sangat mudah dan bisa dilakukan setiap pelanggan secara mandiri. Inilah sedikit gambaran apa yang harus anda lakukan untuk mendapatkan kualitas jaringan internet yang stabil:

  1. Masuk pengaturan jaringan.
  2. Pilih menu APN.
  3. Input server APN smartfren tercepat.
  4. Simpan pengaturan dan restart jaringan.

Dalam beberapa kesempatan saya sudah membahas cara mempercepat jaringan dalam artikel yang berjudul Cara Setting APN Smartfren 4G Unlimited Tercepat. Jika tertarik memakai trik tersebut ada baiknya anda membaca pembahasan setting APN secara seksama. Karena sedikit saja kesalahan pengaturan saja bisa berakibat fatal untuk ponsel anda.

Sinyal 4G Smartfren Tidak Muncul

Dalam beberapa kasus saya pernah mengalami kartu smartfren tidak ada layanan dan bar sinyal 4G hilang ketika dipasangkan pada ponsel. Lebih tepatnya ponsel tersebut merk Xiaomi tipe X4 yang merupakan smartphone keluaran tahun 2017.

Setelah melakukan riset dan mencari informasi di berbagai forum akhirnya saya menemukan jawabannya. Smartfren adalah operator seluler yang statusnya masih berkembang dan menggunakan teknologi VoLTE untuk mendukung jaringannya. Perangkat smartphone dituntut harus support layanan tersebut untuk bisa menjalankan VoLTE.

Nah, jika anda mengalami masalah kartu smartfren tidak ada sinyal atau smartfren tidak ada layanan 4G sebaiknya cek perangkat anda terlebih dulu. Tidak semua ponsel sudah support layanan VoLTE provider smartfren. Lantas bagaimana cara mengatasi sinyal 4G smartfren tidak muncul? tidak ada metode spesifik untuk mengatasi masalah tersebut. Pelanggan harus mengupgrade perangkatnya dengan ponsel keluaran terbaru.

Ketika memutuskan memakai operator seluler yang satu ini kita harus siap dengan segala resikonya. Sinyal smartfren hilang, jaringan tidak stabil, bahkan tidak ada layanan sama sekali akan terus menghantui pelanggan selama operator smartfren tidak serius dalam membangun infrastruktur. Di lain sisi, sebagai pengguna kita pun juga harus maklum dengan segudang kekurangan provider tersebut mengingat begitu mahalnya harga yang harus dibayar untuk membangun fasilitas jaringan yang baik.

Itulah beberapa cara mengatasi kartu smartfren hilang sinyal, tidak ada layanan dan jaringan tidak stabil yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Jika solusi tersebut masih belum membuahkan hasil silahkan ke galery smartfren dan jelaskan keluhan anda. pastikan juga anda menjelaskan kronologi kartu smartfren tidak ada sinyal yang anda alami.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Kartu Smartfren Tidak Ada Sinyal dan Tidak Ada Layanan"