Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting Modem Huawei HG8245H Menjadi Access Point

Cara Setting Modem Huawei HG8245H Menjadi Access Point - Port LAN pada modem Huawei HG8245H untuk apa? kita bisa memakainya untuk jadi access point. Akan tetapi cara setting modem huawei HG8245H5 bagi orang awan atau pemula tentunya sulit dilakukan karena harus mengetahui bagaimana dan apa prosedur yang benar untuk melakukannya.

Sebelum memahami lebih lanjut mengenai cara setting modem HG8245H Huawei ini, anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai port LAN dalam modem tersebut. Dengan begitu port LAN dapat diaktifkan dengan metode metode yang mudah. Mengapa port LAN pada modem Huawei HG8245H perlu diaktifkan? Tujuannya pun cukup sederhana yakni agar penggunaan seluruh port LAN nya sesuai dengan kebutuhan internet dan jaringan kabel LAN.

Penggunaan port LAN secara default pada dasarnya hanya dua saja yang enable sehingga yang disable (non aktif) hanya terdapat pada dua port lainnya. Jumlah port LAN total pada Modem Huawei HG8245H pada umumnya hanya empat buah. Semua port LAN ini dapat diaktifkan semua, karena digunakan untuk kebutuhan pengembangan akses internet dan sharing jaringan dengan setting port LAN HG8245H melalui kabel.

Hal ini tentunya berkaitan dengan setting modem huawei HG8245H menjadi access point. Lalu apakah anda tahu bagaimana cara mengaktifkan port LAN pada modem Huawei HG8245H itu? Cara setting modem HG8245H Huawei menjadi access point dapat dilakukan dengan beberapa langkah.

Cara Setting Modem Huawei HG8245H Menjadi Access Point

Setting modem huawei HG8245H5 menjadi access point pada umumnya diberikan kepada pihak ISP (layanan internet) atau pelanggan yang memberlakukan teknologi Gigabit-capable Passive Optical Networks (GPON) yakni teknologi basis FTTx dengan kode akses yang dibutuhkan untuk menyediakan layanan multimedia dan akses internet seperti video, voice dan sebagainya.

Pada umumnya 1 modem khusus akan diberikan kepada pelanggan yang telah berlangganan kepada ISP (penyedia layanan internet) yang telah menggunakan GPON. Modem tersebut ditujukan untuk basis jaringan Fiber to the Home (FTTH). Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara setting modem huawei HG8245H menjadi access point lengkap.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa registrasi pada modem Huawei harus dilakukan terlebih dahulu sebelum setup modem untuk dial up pppoe client. Registrasi tersebut dilakukan di OLT Server menurut Serial Number (SN) pada sisi ISP modem. Jika belum dilakukan registerasi pada modem, maka modem tidak dapat digunakan meskipun telah disetup. Modem Huawei HG8245H sebagai modem pada dasarnya memiliki fungsi utama sebagai molulator demodulator.

Selain itu dapat diletakkan pada layer 3 agar bekerja menjadi router berdasarkan 7 lapisan OSI layer. Bahkan modem ini juga dapat digunakan sebagai bridge unuk dikonfigurasi sebagaimana mestinya melalui traffic saja. Sedangkan router dapat melakukan dial up pppoe client jika perangkat router anda ditambahkan ke bawah modemnya.

Baca juga : Paket IndiHome Internet Saja Single Play Internet Only

Apakah anda tahu bahwa modem huawei HG8245H dapat dijadikan access point? Bagaimana cara setting modem huawei HG8245H menjadi access point itu? Modem ini akan dikonfigurasi sebagaimana mestinya hingga SSID dapat dipancarkan menggunakan mode bridge saja. Untuk itu SSID yang dipancarkan modem dapat terkoneksi dengan user, dimana IP DHCP pada perangkat user dapat diperoleh maupun letak modem di atasnya. Perhatikan gambar topologi di bawah ini:

Topologi Pemasangan Modem Huawei HG8245H

Dalam topologi di atas terdapat beberapa perangkat seperti setup modem utama (modem Huawei HG8245H) menggunakan mode brigde. Setelah itu dial up pppoe client dilakukan oleh router mikrotik RB750 dan yang terakhir konfigurasi dilakukan oleh modem kedua yang letaknya di bawah mikrotik (modem Huawei HG8245H) agar dapat digunakan sebagai perangkat access point dengan layak.

Setelah menyesuaikan topologi yang digunakan, lalu kita akan mengkonfigurasi laptop yang pertama kali dikoneksikan dengan modem. Kita hanya perlu menggunakan kabel UTP untuk mengkonfigurasinya. Setelah itu alamat IP statik laptopnya disetup seperti berikut:

  • Netmask : 255.255.255.255
  • IP Address : 192.168.100.2
  • Gateway : 192.168.100.1

Cara setting modem huawei HG8245H menjadi access point selanjutnya yaitu memastikan ping reply pada laptop berhasil dilakukan menuju IP modem (192.168.100.1). Setelah itu IP diakses menggunakan URL bar browser dan username (Telecoadmin) serta password (admintelecom) dimasukkan.

Setelah login berhasil dilakukan kemudian WLAN nya dikonfigurasikan supaya SSID modem dapat dipancarkan sesuai dengan keinginan. Langkah berikutnya yaitu mengubah beberapa parameter seperti berikut ini:

  • Nama SSID : (sesuai keinginan)
  • Enable SSID : diaktifkan dengan cara memberi ceklis
  • Broadcast SSID : SSID dipancarkan oleh modem dengan cara memberi ceklis
  • Authentication Mode : WPA/WPA2 PreSharedKey
  • WPA PreSharedKey : (password diisi sesuai keinginan)
  • Encryption Mode : TKIP & AES

Cara setting modem HG8245H Huawei menjadi access point selanjutnya yaitu menyimpan perubahan konfigurasi yang dilakukan pada modem. Caranya yaitu klik pada bagian Apply saja.

Baca juga : Cara Pengaduan Indihome Cepat dan Mudah
Konfigurasi Modem

Langkah berikutnya dalam cara setting modem huawei HG8245H menjadi access point yaitu port LAN yang ada di modem diaktifkan supaya aktif semuanya. Adapun caranya yaitu klik pada bagian menu LAN - pilih LAN Port Work Mode - aktifkan port LAN yang diinginkan dengan memberikan centang. Lalu simpan perubahan konfigurasi dengan klik Apply.

Mengaktifkan Semua Port LAN Modem

Langkah berikutnya yaitu mengkonfigurasikan modem agar dapat digunakan sebagai access point sebagaimana mestinya. Adapun caranya yaitu service DHCP Server yang terdapat pada modem di disable. Setelah itu klik bagian submenu DHCP Server Configuration pada menu LAN dan pada Enable Primary DHCP Server dihilangkan ceklisnya. Lalu service DHCP Server dimatikan dengan mengenable DHCP Relay nya. Klik Apply untuk menyimpan perubahan konfigurasinya.


Konfigurasi Modem menjadi Access Point

Cara setting modem huawei HG8245H menjadi access point selanjutnya yaitu interface WAN modemnya dikonfigurasi. Adapun caranya yaitu klik pada bagian WAN dan pilih New.

Konfigurasi Interface WAN Modem HG8245H
 Baca juga : Indihome Lemot ? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Selanjutnya atur konfigurasi WAN nya sesuai dengan kententuan ketentuan seperti di bawah ini:

  • Enable WAN : diaktifkan dengan memberi ceklis
  • Encapsulation Mode : Pilih IPoE (IP bukan PPPoE hanya perlu dilewatkan saja)
  • Protocol Type : IPv4
  • WAN Mode : Bridge WAN
  • Service Type : OTHER
  • Enable VLAN : VLAND ID tidak ada yang dilewatkan sehingga cukup di unceklis saja
  • Binding Options : Port yang akan di binding cukup dicentang saja sehingga letak SSID berada dalam satu network yang sama

Cara setting modem HG8245H Huawei menjadi access point selanjutnya yaitu menyimpan perubahan konfigurasi yang dilakukan pada modem. Caranya yaitu klik pada bagian Apply saja.

Konfigurasi WAN Modem

Cara setting Modem HG8245H menjadi access point ini telah selesai dilakukan. Modem tersebut dapat digunakan sebagai access point sebagaimana mestinya. Setelah itu router mikrotik dikoneksikan menuju port LAN modem menggunakan kabel UTP saja. Kemudian koneksikan laptop atau handphone untuk mengetesnya apakah konfigurasi telah berhasil dilakukan.

Jangan lupa service DHCP Server pada router mikrotik dipastikan telah disetup sehingga alokasi alamat IP dapat diperoleh user saat terkoneksi dengan SSID yang modem pancarkan. Demikianlah penjelasan mengenai cara setting modem huawei HG8245H menjadi access point lengkap. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "Cara Setting Modem Huawei HG8245H Menjadi Access Point"