Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kode Frekuensi Digital Satelit Palapa D Terbaru Semua Kualitas

Kode Frekuensi Digital Satelit Palapa D Terbaru Semua Kualitas - Industri penyiaran televisi terus mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu. Hal ini ditandai dengan banyaknya frekuensi TV yang mengudara di berbagai satelit. Contohnya satelit telkom 3s, telkom 4, palapa, measat, dan lain sebagainya. Berkatnya, kita bisa menikmati tayangan edukatif dan menghibur mulai dari box office movie, sinetron, bulletin, hingga reality show.

Di bawah ini saya lampirkan tabel frekuensi satelit palapa D terbaru
frekuensi digital di satelit palapa D terbaru

Berapa kode frekuensi satelit palapa digital yang baru? inilah pertanyan yang sering diajukan oleh penonton belakangan ini. Frekuensi global tv, MNCTV, RCTI, Indosiar, dan SCTV hilang sebenarnya bukanlah hal baru lagi. Masalah ini disebabkan oleh sering bergantinya kode MPEG2 maupun MPEG4 karena proses maintenance yang dilakukan oleh pihak stasiun TV. Solusinya pun cukup sederhana yakni memasukan kode frekuensi digital satelit palapa D ke transponder.

Meski demikian, tak sedikit orang yang masih bingung bagaimana cara memasukan kode frekuensi transponder palapa D tersebut. Penyebabnya tak lain karena tidak familiar dan kurangnya informasi cara memperbaikan frekuensi yang hilang. Oleh karenanya, dalam artikel singkat kali ini saya ingin membahas cara mengatasi problem di atas.

Kode Frekuensi Digital Satelit Palapa D Terbaru Semua Kualitas

Indonesia memiliki satelit yang pengoperasiannya dilakukan oleh Indosat menggunakan parabola besar, baik dengan satelit maupun jaring. Maka dari itulah sinyal yang dihasilkan oleh satelit ini juga cukup kuat. Kita juga masih dapat mentracking palapa D C-Band menggunakan dish offset 100 cm, namun hanya dapat menangkap beberapa channel islami saja. Beberapa channel islami yang ditangkap oleh satelit Palapa tersebut seperti Insan TV, Rodja TV, Ashiil TV dan sebagainya.

Satelit palapa juga dapat menangkap beberapa channel televisi Nasional seperti GTV, MNCTV, RCTI dan sebagainya. Kita dapat menonton channel channel tersebut secara gratis dan tidak berbayar. Setiap pengguna televisi parabola tentunya pernah mengalami masalah di satelit ini yang menyebabkan beberapa channel TV hilang. Cara mengatasi permasalahan ini kita dapat memasukkan kode frekuensi digital palapa terbaru ke transponder secara manual
Baca juga: Frekuensi RCTI Digital Terbaru 2023 di Semua Satelit
Frekuensi transponder palapa di setiap channel memang selalu mengalami perubahan. Perubahan ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas channel tersebut menjadi lebih bagus, baik dari segi audio hingga gambar yang dihasilkannya. Agar anda dapat mengakses semua channel siaran TV di satelit palapa, maka saya akan membagikan beberapa tabel frekuensi satelit palapanya. Adapun tabel frekuensinya yaitu sebagai berikut:

Daftar Frekuensi Satelit Palapa D Terbaru

Palapa D merupakan salah satu satelit tertua yang pernah dimiliki oleh Indonesia. Berkatnya siaran radio RRI dan telkom pada mulanya bisa mengudara. Seiring berjalannya waktu satelit palapa terus mengalami perbuahan dan peningkatan kualitas. Hingga pada akhirnya produk gagasan bangsa ini pun bisa menyiarkan berbagai tayangan tv lewat frekuensi yang berbeda beda.
Baca juga: Daftar Frekuensi Parabola Semua Satelit Terbaru Bulan ini
Sebagai salah satu anak bangsa kita harus bangga menggunakan frekuensi digital satelit palapa D sebagai bukti kecintaan produk dalam negeri. Sayangnya satelit palapa D seringkali mengalami gangguan dan harus diperbaiki. Perbaikan tersebut akhirnya memaksa teknisi untuk mengalihkan dan mengganti frekuensi TV menjadi acak. Hal ini tentu merugikan penonton yang menggunakan pancaran sinyal satelit palapa D.
Baca juga:Frekuensi TRANS TV Digital 2023 Terbaru di Semua Satelit
Untuk mengatasinya kita harus mencari lalu input manual kode frekuensi digital satelit palapa pada transponder. Alternatif lain kita bisa mencari sinyal acak yang dikeluarkan oleh satelit tersebut. Nah, untuk menyingkat waktu dalam pembahasan pertama saya akan berikan tabel channel TV yang terdaftar pada satelit palapa D.

Channel Frekuensi Keterangan
Indosiar, SCTV (Indonesia) dan O Channel 3835 H 7000 FTA2
Papua Channel 3832 V 1600 FTA2
KTV (Indonesia) 3819 V 1000 FTA2
TV 9 Nusantara 3815 V 1700 FTA2
Aceh TV, Bandung TV, Jogja TV, Surabaya TV 3814 H 6363 FTA2
TVOne 3786 H 5632 FTA2
INews dan MNC TV 3774 H 6500 FTA2
TVRI, TVRI Nasional, TVRI Sport, dan TVRI 3 3767 H 4000 FTA2
TVRI Nasional 3762 H 3500 FTA2
Net 3752 H 4700 FTA2
Efarina TV 3750 V 2083 FTA2
Net 3746 H 4400 FTA2
Madani TV, Nada Muslim TV, dan Saling Sapa TV 3627 H 17985 FTA2
Klik Music dan K Vision 3600 V 31000 FTA dan $ KVision2
Point of Sale Media Network 3429 H 1250 FTA2

Daftar frekuensi transponder palapa D diatas dapat anda coba masukkan ke reveiver parabola yang ada di rumah. Masukkan kode frekuensinya sesuai dengan channel yang diinginkan. Selain channel channel tersebut, masih ada lagi daftar channel siaran TV lainnya yang terdapat pada satelit Palapa D seperti di bawah ini.

Tabel Frekuensi Satelit Palapa D Alternatif

Mencari alternatif pengganti frekuensi satelit palapa D yang hilang maupun tidak bekerja bisa menjadi pilihan kita. pasalnya, dalam beberapa kasus ada penikmat siaran televisi yang sudah memasukan kode frekuensi digital dengan benar namun satelit palapa tidak memberikan respon. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari permasalahan jaringan hingga kode yang terus diacak setiap harinya.

Jika mengalami gagal memasukan kode frekuensi satelit palapa D ada baiknya anda simak beberapa kode alternatif berikut ini:

ChannelFrekuensi TPKeterangan
TV Edukasi dan TV Edukasi HD4007 V 4800FTA
Ahsan TV, Al-Iman TV, Indo TV 24, dan MyChannel3991 H 2600FTA
Fajri 99.3 FM, Gunungkidul TV, dan TVE Timor3988 H 2500FTA
Info TV, MyTV, Pijar TV, dan Topas TV3960 H 30000FTA dan $ Topas TV
I Am Channel, JTV (Indonesia), dan Matrix TV3946 V 7400FTA
GTV (Indonesia) dan RCTI3934 H 7200FTA
Qur’an Hedayah Indonesia, Metro TV Jawa Timur, dan Space Toon3932 V 15800FTA
Bali TV3925 H 2590FTA
Indonesia Network3922 H 1640FTA
BBS TV (Indonesia)3910 H 1500FTA
Elshinta TV, Jawa Pos TV, Metro TV, Sinema Indonesia X, TVOne3880 H 29900FTA
Rajawali TV3863 V 4333FTA
TV Mu3837 V 2500FTA

Jika daftar channel dan kode frekuensi diatas tidak bekerja lantas apa yang harus saya lakukan? tentang. Masih ada banyak sekali kode alternatif yang bisa menggantikan tabel diatas. Hal ini sering kali terjadi ketika satelit mengalami maintenance berkepanjangan seperti tahun kemarin. Kejadian itu membuat seluruh frekuensi dan kode channel menjadi acak setiap beberapa hari sekali.

Tabel Saluran di Satelit Palapa D

Kode frekuensi satelit palapa D hilang menjadi salah satu masalah yang harus dialami oleh sebagian penonton. Imbasnya, mereka pun akan kehilangan berbagai saluran favorit. Ada berbagai penyebab mengapa saluran televisi seperti RCTI, Indosiar, TVRI, dan GTV menghilang dari peredaran.

Cara mengembalikan frekuensi yang hilang sebenarnya cukup mudah dan bisa kalian lakukan sendiri. Penonton hanya perlu mengaktifkan fitur blind scan untuk memperoleh kembali kode yang hilang di transponder. Meski prosesnya cukup lama tapi kita akan mendapatkan semua frekuensi yang ada pada suatu satelit.

Alternatif lainnya, kalian dapat memasukan kode frekuensi digital saluran televisi spesifik secara langsung. Dengan demikian penonton pun tak perlu menunggu lama karena sistem tak perlu mencari kode acak. Nah, jika kebetulan kamu sedang mendapat masalah demikian maka simaklah beberapa kode berikut ini:

Channel Frekuensi Keterangan
Akhyar TV, MGI TV, Niaga TV,  Suara Muslim Radio Network 4014 H 7200 FTA
Da Ai TV Indonesia 4044 V 2833 FTA
Jaya TV (Indonesia) 4047 H 1650 FTA
Ashiil TV, Fatwa TV, dan Insan TV 4052 H 3333 FTA
Kompas TV dan Motion Radio 4055 V 2900 FTA
Radio Rodja dan Rodja TV 4057 H 2727 FTA
Al-Manar TV, Digdaya TV, HollaGo, Jak TV, Nusantara TV, Metro TV (Indonesia), dan BBC 4080 H 28125 FTA
Indosiar, Matrix Garuda, Matrix TV, Matrix Shop, MNC Shop 88 4100 V 29900 FTA
MWD, MWD Movies, MWD Music, dan Thazin FM Radio 4110 H 11669 FTA
MWD 4122 H 2244 FTA
Elshinta, Indosiar, O Channel, dan SCTV (Indonesia) 4131 H 12250 FTA
Matrix Garuda 4140 V 29900 $
GTV (Indonesia), INews, MNC TV, dan RCTI 4186 V 8800 FTA

Tabel daftar frekuensi transponder satelit palapa D di atas dapat dinikmati dan ditonton secara gratis. Akan tetapi adapula beberapa siaran televisi yang berbayar sebelum dinikmati dan ditonton. Pilihlah tayangan sesuai selera anda apakah yang gratis ataupun berbayar.

Cara Memasukkan Kode Frekuensi ke Receiver

Memasukan kode frekuensi digital ke receiver sebenarnya cukup mudah. Meski demikian beberapa penonton yang masih awam sering mengeluh tak mengetahui caranya. Hal ini menurut saya pribadi cukup lumrah karena fitur tersebut memang jarang terpakai.
Dalam prakteknya kita harus memasukan kode frekuensi satelit palapa D yang sudah didapatkan ke receiver masing-masing. Meskipun setiap orang memiliki merk dan tipe yang berbeda namun pada prinsipnya semua receiver sama saja.

Setelah membagikan beberapa frekuensi palapa di atas, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang cara memasukkan kode frekuensi satelit palapa ke receiver. Kode frekuensi digital pada tabel di atas dapat anda masukkan ke receiver menggunakan langkah langkah seperti di bawah ini:
  1. Langkah pertama ialah mengetaui kode frekuensi pada satelit palapa terlebih dahulu.
  2. Kemudian masukkan angka MHz frekuensi pada bagian paling kiri.
  3. Lalu isi polaritasnnya, baik berupa Horizontal ataupun Vertikal.
  4. Setelah itu memasukkan angka Symbol Rate menggunakan satuan kSPs pada bagian paling kanan.
Kode frekuensi transponder palapa D dapat dimasukkan ke receiver dengan cara yang berbeda beda. Semua itu disesuaikan dengan menu pada pengaturan satelit atau antenanya. Sekian penjelasan mengenai frekuensi satelit Palapa beserta cara memasukkan kode frekuensi palapa Digital. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "Kode Frekuensi Digital Satelit Palapa D Terbaru Semua Kualitas"