Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengatasi Aplikasi MySmartfren Error Tidak Bisa Dibuka

6 Cara Mengatasi Aplikasi MySmartfren Error Tidak Bisa Dibuka - MySmartfren merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mempermudah segala bentuk transaksi telekomunikasi. Dengan demikian pelanggan bisa membeli paket internet, cek kuota, beli pulsa, dan cek masa aktif lewat satu sentuhan layar. Namun sering terjadi kasus aplikasi MySmartfren tidak bisa dibuka oleh beberapa user baik android maupun Iphone.

Dalam beberapa kasus pula pelanggan mendapati aplikasi MySmartfren error hanya menampilkan layar putih saja. Meskipun sudah dicoba berulang kali tapi hasilnya layar tetap blank tidak menampilkan informasi apapun. Maknanya kalian tidak bisa memasukan kode voucher, beli paketan, dan lain sebagainya. Hal ini tentu sangat mengganggu karena kita harus mengakses segalanya secara manual lewat kode dial.

Solusi ketika aplikasi smartfren error tidak bisa dibuka, blank, dan tidak bisa digunakan untuk transaksi
Aplikasi smartfren error dan tidak bisa dibuka

Oleh karenanya kalian perlu cara mengatasi aplikasi MySmartfren error tidak bisa dibuka di ponsel android serta Iphone. Sayangnya dalam memecahkan masalah tersebut tidaklah sesimpel seperti membalikan telapak tangan. Fakta yang ditemui justru sebaliknya, frekuensi aplikasi MySmartfren tidak bisa dibuka dan error ketika beli paket internet terus meningkat. Hal ini ditandai oleh meningkatnya query pencarian google dengan keyword aplikasi MySmartfren error dan cara mengatasi aplikasi MySmartfren tidak bisa dibuka.

Menurunnya rating aplikasi smartfren di playstore juga seolah menandakan semakin buruknya kualitas layanan dari pihak operator. Sebagai pelanggan kita dituntut untuk berpikir jernih menghadapi masalah tersebut. Cara mengatasi aplikasi smartfren tidak terbuka menjadi salah satu tantangan yang harus dipecahkan.

6 Cara Mengatasi Aplikasi MySmartfren Error Tidak Bisa Dibuka

Jika diingat kembali, smartfren adalah provider yang berhasil migrasi dari layanan CDMA menjadi GSM. Perubahan tersebut tentu bukanlah main-main mengingat ketatnya persaingan industri telekomunikasi di Indonesia. Seiring perubahan besar yang dibuat smartfren ternyata masih saja meninggalkan sejumlah masalah. Mayoritas adalah aplikasi smartfren error dan aplikasi Mysmartfren tidak bisa dibuka untuk bertransaksi.

Padahal aplikasi smartfren sangat dibutuhkan pelanggan jika sewaktu-waktu ingin membeli paket internet, menukar voucher kuota, dan lain sebagainya. Meskipun kita bisa menggunakan layanan kode dial sebagai pengganti. Namun pengguna sudah terlanjur nyaman dengan interface dari aplikasi tersebut. Sehingga ketika mengalami aplikasi smartfren error kita harus segera mencari tau apa penyebabnya.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam apa penyebab aplikasi MySmartfren tidak bisa dibuka dan masih banyak lagi. Selain itu kita juga akan membahas cara mengatasi aplikasi MySmartfren error secara terperinci. Adapun topik dari pembahasan meliputi diagnosa, penyebab masalah dan solusi dari masalah itu sendiri. Penasaran seperti apa ulasan singkatnya? silahkan simak artikel ini hingga akhir.

Masalah Aplikasi MySmartfren Error

Setiap orang tentunya memiliki permasalahan yang berbeda beda antara satu sama lain. Menyadari perbedaan tersebut kalian harusnya juga sadar bahwa solusinya pun juga berbeda. Jika diklasifikasikan, ada banyak sekali faktor penyebab aplikasi MySmartfren error yang pernah saya temui. Berikut ini adalah daftar error yang sering terjadi pada aplikasi smartfren berdasarkan query pencarian google:
  1. Aplikasi MySmartfren tidak bisa dibuka.
  2. Aplikasi MySmartfren tidak bisa beli paket internet.
  3. Aplikasi smartfren blank hanya menampilkan layar putih.
  4. Tidak bisa beli pulsa lewat aplikasi smartfren.
  5. Aplikasi MySmartfren blank tidak muncul tulisan.
  6. Aplikasi smartfren error tidak bisa untuk transaksi.
Setelah kita mengetahui berbagai masalah tersebut lantas bagaimana cara mengatasinya? mudah saja. Saya telah membaca beberapa forum termasuk pembaca penjelasan dari smartfren itu sendiri ketika mendapati permasalahan seperti diatas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak dalam sub-pembahasan di bawah.

Aplikasi MySmartfren Blank

Blank adalah keadaan dimana aplikasi smartfren tidak bisa dibuka secara normal. Tanda-tandanya tidak lain ketika dibuka hanya menampilkan layar putih saja dan tidak bisa digunakan sama sekali. Beberapa pelanggan yang mengalami masalah error yang satu ini sudah berulang kali mencoba buka tutup aplikasi namun hasilnya sama saja.

Aplikasi smartfren blank hanya menampilkan layar putih bisa disebabkan karena berbagai faktor. Namun rata-rata karena performa ponsel yang tidak baik dan bisa juga karena versi aplikasi tidak kompatibel dengan OS pada ponsel. Ketika memori penyimpanan ponsel dan dan pemakaian aplikasi tinggi maka akan menyebabkan performa menurun. Inilah yang menjadi akar penyebab aplikasi Mysmartfren error tidak bisa dibuka sebagaimana mestinya.

Di lain sisi, versi yang tidak kompatibel dengan OS maupun platform ponsel juga perlu diperhatikan. Pasalnya, beberapa aplikasi memang menuntut requirement lebih tinggi seperti OS harus android lolipop, ram setidaknya harus 2GB, dan lain sebagainya. Jika gagal memenuhi spesifikasi lantas apa yang terjadi? tentu saja aplikasi smartfren tidak bisa dibuka seperti kasus diatas.

Cara mengatasi Aplikasi MySmartfren tidak bisa dibuka dan hanya menampilkan layar blank tidak lain adalah melakukan upgrade downgrade sesuai dengan versi yang kompatibel. Hal inipun dikonfirmasi oleh pihak operator yang mengharuskan pelanggan melakukan update secara berkala untuk menjaga versi aplikasi dan OS tetap sinkron.

Tidak Bisa Login MySmartfren

Aplikasi smartfren pada dasarnya diciptakan untuk mempermudah aktivitas para pelanggan. Tapi ada kalanya pengguna ponsel mengalami kendala ketika membukanya. Saya pun pernah mengalaminya saat baru pertama kali berpindah provider. Bagi orang awam problem semacam ini pasti cukup membingungkan.
Cara Mengatasi Aplikasi MySmartfren Error Tidak Bisa Dibuka
mysmartfren error tidak bisa login


Ketika gagal login maka kalian tidak akan bisa membeli paket kuota atau cek informasi seperti sisa kuota. Tentunya hal ini sangat bertolak belakang dengan tujuan pihak operator yang ingin memudahkan transaksi. Lantas bagaimana cara mengatasi tidak bisa login mysmartfren? pertama kita harus mengetahui terlebih dulu apa penyebabnya.

Problematika di atas umumnya menimpa pengguna ponsel yang ada di wilayah pedesaan atau minim sinyal. Karena sinyal internet tidak stabil sehingga mengganggu proses login aplikasi. Tak heran jika layar ponsel hanya menampilkan layar putih dan loading yang terus berputar tanpa henti. Cara mengatasinya cukup mudah yakni refresh jaringan ponsel. Simaklah tutorial di bawah:
  1. Swipe menu atas di layar masing-masing.
  2. Tap mode pesawat/matikan data.
  3. Matikan mode pesawat/hidupkan data.
  4. Tunggulah beberap saat lalu login kembali.

Tidak Bisa Beli Paket Internet

Salah satu masalah menjengkelkan lain terjadi ketika pelanggan tidak bisa mengaktifkan paket internet smartfren yang dipilihnya. Hal demikian tentu saja sangat mengganggu terlebih jika kita benar-benar memerlukan kuota internet untuk beraktivitas.

Biasanya kegagalan terjadi pada halaman pembayaran dimana kita haruskan memilih opsi untuk membayar paket data tersebut. Saya pernah mengalaminya ketika memutuskan pilihan pada shopee pay. Harusnya bisa redirect menuju aplikasi shopee tapi fakta mengatakan lain. Aplikasi Mysmartfren error dan hang bahkan loading pun tak berjalan sama sekali.

Cara mengatasi tidak bisa beli paket internet smartfren karena stuck di halaman pembayaran sebenarnya cukup mudah. Silahkan kalian ganti metode misalnya menggunakan pulsa ataupun transfer via M-Banking. Alternatif lain jika ingin lebih simpel kita bisa mengisi kuota menggunakan voucher smartfren yang dijual di konter terdekat.

Keluhan pun juga datang dari beberapa pengguna yang mengatakan performa ponselnya menurun saat membuka mysmartfren. Meski sudah bisa login Mysmartfren tapi di menu dashboard loading tak berhenti sehingga pelanggan pun tidak bisa daftar paket internet. Lantas apa penyebabnya?

Menurut saya pribadi penyebab mysmartfren tidak bisa beli paket internet karena cache penuh dan kapasitas ram yang terpakai habis. Sehingga saat sedang membuka aplikasi justru malah hang. Maka dari itu, kalian harus rajin membersihkan perangkat dari cache tidak terpakai.

Close tab aplikasi yang tak terpakai juga memberi dampak besar karena membebaskan ram dari pemakaian. Sehingga performa ponsel pun akan meningkat dan terhindar dari error ketika Mysmartfren tidak terbuka.

Clear Cache Aplikasi

Cache merupakan istilah untuk data singgah sementara yang ada di ponsel kita. Data ini mencakup hostory aplikasi semenjak kita melakukan instalasi. Jadi ketika kita melakukan transaksi, membeli pulsa, ataupun mengubah settingan aplikasi maka secar otomatis data tersebut akan terekam dalam cache. Cache yang jarang dibersihkan akan membuat aplikasi mysmartfren error dan tidak bisa digunakan.
Baca juga: Cara Mengatasi Kartu Smartfren Tidak Ada Sinyal dan Tidak Ada Layanan
Mayoritas pelanggan akan mendapati layar ponselnya blank ketika membuka aplikasi yang cachenya jarang dibersihkan. Lebih parahnya lagi cache yang menumpuk bisa menyebabkan aplikasi mysmartfren tidak bisa dibuka yang menjadi salah satu indikasi error. Tentunya kita tidak ingin hal ini terjadi bukan? jika demikian kita harus sering membersihkan cache pada ponsel.

Namun bagaimana jika hal yang kita takutkan sudah terjadi? jangan panik. Kita bisa mengatasi aplikasi mysmartfren error dengan membersihkan cache dan cookienya. Adapun langkah yang bisa kita lakukan adalah:
  1. Buka pengaturan ponsel.
  2. Masuk ke menu aplikasi.
  3. Pilih aplikasi mysmartfren.
  4. Selanjutnya tap clear cache.
  5. Tunggulah bebera saat hingga cache dibersihkan.
Cara mengatasi mysmartfren tidak bisa dibuka dan mengatasi error secara umum ini meurut saya cukup efektif. Namun dalam beberapa kasus pelanggan masih mendapati kerusakan pada aplikasinya meskipun sudah sempat terbuka. Lantas apa penyebabnya? untuk mengetahuinya silahkan simak pembahasan selanjutnya.

Update Mysmartfren

Taukah anda prinsip kerja aplikasi hampir sama layaknya sistem operasi? hal ini disebabkan karena aplikasi termasuk dalam kategori perangkat lunak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kita perlu update agar bisa login mysmartfren secara lancar. Versi usang yang sudah lama bisa menjadi penyebab kenapa aplikasi mysmartfren error dan kadang tidak bisa dibuka.

cara mengatasi mysmartfren tidak terbuka
Solusi tidak bisa login mysmartfren

Dengan melakukan update versi mysmartfren kita akan memperbaiki bug yang ada pada versi sebelumnya. Inilah yang menjadi penyebab kenapa smartfren sering mengupdate versi aplikasinya. Smartfren merupakan provider yang tergolong masih berkembang jadi wajar saja kita sering terjadi error dalam setiap layanannya.

Maka dari itu cara mengatasi aplikasi mysmartfren tidak bisa dibuka sangat saya sarankan untuk mengupdate versi aplikasi terbaru. Langkah prakteknya cukup mudah, silahkan ikuti tutorial di bawah ini:
  1. Buka playstore.
  2. Search dengan keyword "mysmartfren".
  3. Tap pilihan aplikasi.
  4. Langkah terakhir adalah tap update aplikasi.
  5. Tunggulah hingga proses update selesai.
Itulah cara memperbaiki aplikasi smatfren yang error tidak bisa dibuka dan tidak bisa digunakan untuk transaksi. Pastikan setelah melakukan update untuk cek fungsi aplikasi apakah masih ada yang error atau tidak. Jika masih ada kita bisa menyampaikannya pada kolom review aplikasi agar segera mendapatkan follow up dari pihak smartfren. Secara tak langsung kalian sudah membantu smartfren berkembang menjadi provider telekomunikasi selular yang lebih baik.

Paket Internet MySmartfren Hilang

Error tidak hanya berbentuk aplikasi mysmartfren tidak bisa dibuka atau gagal login semata. Tapi ada kalanya isi ataupun menu-menu pembelian yang ada menghilang tak karuan. Hal semacam ini tentu sangat mengganggu terlebih apabila kita sedang terdesak kehabisan kuota dan ingin membeli.

Beberapa kali saya pernah menjumpai masalah berupa paket internet yang ada di mysmartfren hilang begitu saja. Meski sudah mencari namun faktanya kuota add-on tetap tidak ketemu. Demikian pula seorang rekan yang berkeluh bahwa ia memiliki pengalaman buruk memakai aplikasi resmi. Mulai dari smartfren tidak terbuka, login gagal, sampai paket unlimited hilang.

Kala itu, saya ingin membeli kuota add-on untuk menambah FUP paket unlimited smartfren yang sudah terdaftar. Namun saat membuka aplikasi ternyata opsi tersebut hilang dan tidak dapat ditemukan sama sekali pada menu apapun. Lantas bagaimana cara mengatasi aplikasi mysmartfren error semacam ini?

Sebenarnya kejadian demikian tak lepas dari pemeliharaan system yang dilakukan oleh pihak operator. Terkadang memang ada pembaruan kebijakan yang mengharuskan suatu paket di hapus maupun nonaktif sementara. Maka dari itu, pelanggan tak memiliki opsi selain menunggu bug itu diperbaiki oleh provider.

Internal Error dan Maintenance

Internal error dan maintenance adalah dua istilah yang berbeda namun memiliki hubungan yang sangat erat. Internal error sering dikaitkan dengan terjadinya kerusakan sistem internal pada server smartfren sehingga menyebabkan beberapa layanannya tidak bisa diakses. Sedangkan maintenance adalah proses untuk memperbaiki internal error itu sendiri.
Baca juga: Trik Internet Gratis Smartfren 4G Unlimited Terbaru
Berhubung smartfren adalah prover yang masih berkembang dan membutuhkan banyak peningkatan wajar saja jika sering terjadi internal error. Kadang sistem yang error tersebut membuat aplikasi mysmartfren tidak bisa dibuka dan digunakan seperti semestinya. Tentuya ini sangat menggangu dan bisa menurunkan rating dari provider tersebut.

Namun mau bagaimana lagi, aplikasi smartfren error yang disebabkan karena faktor internal memang tidak terhindarkan. Solusi paling tepat jika terjadi internal error adalah menunggu poses maintance selesai. Pada masa ini aplikasi smartfren tidak akan bisa dipakai untuk beli kuota, menukar voucher, maupun bentuk transaksi lainnya. Meskipun demikian pelanggan tetap bisa melakukan pembelian kuota lewat kode dial maupun lewat situs resmi smartfren.

Reinstall Aplikasi MySmartfren

Apa yang bisa kita lakukan jika telah menjalankan berbagai cara diatas namun aplikasi my smartfren tetap saja error? mudah saja. Kita bisa menggunakan cara terakhir sebagai solusinya. Reinstall aplikasi adalah salah satu cara mengatasi aplikasi MySmartfren error dan tidak bisa dibuka. Ini merupakan cara paling mudah dan bisa dibilang jalan pintas jika kita tidak ingin ribet.
Baca juga: Cara Setting APN Smartfren 4G Unlimited Tercepat
Dengan melakukan reinstall aplikasi maka kita sudah melakukan reset, clear cache and cookie serta membersihkan bug yang ada pada aplikasi tersebut. Semua orang pasti sudah tau bagaimana cara reinstall mysmartfren karena metode ini sangatlah mudah. Panduan untuk mengatasi aplikasi mysmartfren error dan tidak bisa dibuka dengan reinstall adalah:
  1. Buka pengaturan ponsel.
  2. Masuk pada menu aplikasi.
  3. Selanjutnya pilih uninstall aplikasi.
  4. Langkah berikutnya adalah melakukan clear cache dan membersihkan memory.
  5. Setelahnya install kembali aplikasi my smartfren.
  6. Terakhir adalah jalankan aplikasi seperti biasa.
Setelah kita melakukan install ulang aplikasi maka cek keseluruhan fungsi dari aplikasi itu sendiri. Pastikan tidak ada error lagi pada mysmartfren. Pastikan juga aplikasi mysmartfren bisa digunakan untuk transaksi misalnya beli pulsa, beli kuota dan tukar poin. Jarang terjadi kasus aplikasi mysmartfren error dan tidak bisa dibuka setelah menjalankan cara ini. Namun tidak menutup kemungkinan juga hal tersebut masih terjadi.

Jika aplikasi mysmartfren tidak bisa dibuka dan masih error maka bawalah ponsel beserta kartunya ke gerai terdekat. Lakukan pengaduan pada customer service dan jangan lupa bawa data diri berupa KTP. Pastikan pula kalian menceritakan kronologi bagaimana aplikasi bisa error dan mintalah solusi atas masalah tersebut.

Itulah beberapa cara mengatasi aplikasi mysmartfren error tidak bisa dibuka dan digunakan untuk transaksi. Meskipun aplikasi smartfren tidak bisa dibuka dan sering error namun sebagai pelanggan kita harus maklum. Hal tersebut termasuk proses peningkatan smartfren untuk menjadi provider yang lebih baik. Terimakasih telah membaca artikel tentang masalah aplikasi mysmartfren kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

1 komentar untuk "6 Cara Mengatasi Aplikasi MySmartfren Error Tidak Bisa Dibuka"

  1. masalah sambungan atau kode mmi tidak valid buat saya kesal tiap cek pulsa di kartu sf ini..jaringanya baik tapi tidak bisa merespon saya dalam pengecek an

    BalasHapus

Disclaimer: Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.