Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Cara Mempercepat Internet Smartfren 4G Unlimited

12 Cara Mempercepat Internet Smartfren 4G Unlimited - Smartfren merupakan salah satu provider yang menawarkan paket internet 4G termurah kepada para pelanggan. Sayangnya, koneksi internet 4G smartfren tidak diimbangi dengan kualitas jaringan serta koneksi yang baik. Inilah yang membuat pelanggan harus mencari cara mengatasi internet smartfren lemot.

Cara mempercepat koneksi internet smartfren 4G yang lemot
Cara mempercepat koneksi internet smartfren

Jaringan internet 4G memang digadang gadang mampu memberikan kecepatan akses super cepat. Akhirnya semua provider berlomba mengembangkan simcard yang support sinyal 4G, termasuk smartfren. Bahkan pihak operator kini hadir dengan kartu GSM 4G yang notabennya lebih cepat dari kartu CDMA. Cara mempercepat internet smartfren 4G sendiri masih banyak dipraktekan oleh pelanggan.

Hal ini disebabkan karena jaringan internet smartfren lemot dan belum maksimal seperti provider lainnya. Di lain sisi, sebagai pelanggan kita pasti juga tak ingin merasakan pengalaman buruk lantaran koneksi tidak stabil. Lantas bagaimana cara mengatasi problematika tersebut?

Masalah di atas tentu menjadi sebuah polemik tersendiri di mata pelanggan. Jaringan internet 4G yang harusnya memiliki kecepatan tinggi tapi malah lemot. Sehingga pengguna diharuskan melakukan setting jaringan untuk mempercepat koneksi internet smartfren 4G diatas. Namun untuk sebagian orang hal tersebut tidak menjadi masalah besar daripada harus membeli paket internet mahal.

12 Cara Mempercepat Internet Smartfren 4G Unlimited

Sebelum kita membahas cara mempercepat internet smartfren, ada baiknya kita mengetahui kenapa internet smartfren lemot terlebih dahulu. Pasalnya, internet smartfren lemot bisa disebabkan dari faktor internal smartfren itu sendiri, dari ponsel dan dari cakupan wilayah kita. Maka dari itu metode dan cara mempercepat koneksi internet smartfren yang dilakukan juga berbeda beda.

Smartfren memang masih tergolong provider baru di ranah jaringan internet 4G. Maka tidak heran jika layanan yang diberikan juga masih belum maksimal dalam segi kecepatan. Dari ketidakmasimalan inilah muncul beberapa penyebab internet smartfren lemot. Adapun berbagai penyebab tersebut adalah:

  • Jaringan internet yang belum merata.
  • Tidak ada sinyal smartfren.
  • Setting APN smartfren masih default.
  • Terjadi masalah internal di server smartfren.
  • Terjadi maintenance (perbaikan dan perawatan) jaringan.

Melihat berbagai penyebab internet smartfren lemot diatas barulah kita bisa menentukan cara mempercepat koneksi internet smartfren 4G yang tepat. Jika anda merupakan pelanggan baru smartfrent, maka tidak perlu khawatir jika internet smartfren lemot karena kita bisa mengatasi masalah tersebut. Lalu bagaimana cara mempercepat internet smartfren unlimited terbaru?

Setting APN Smartfren 4G Unlimited

Salah satu cara mempercepat internet smartfren 4G GSM ataupun CDMA adalah dengan mengubah settingan APN di ponsel. APN sendiri merupakan singkatan dari access point name yang berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan ponsel dan internet. Namun dalam melakukan setting APN smartfren ini haruslah berhati hati karena jika salah, ponsel malah menjadi tidak tersambung ke internet.

Cara mempercepat koneksi internet smartfren 4G yang lemot dengan melakukan setting APN smartfren 4G
Setting APN untuk memperlancar internet smartfren

Umumnya setiap kartu perdana dan provider mempunyai settingan APN default sendiri. Begitu juga smartfren yang memiliki default APN yang menurut saya kurang maksimal. Dengan mengubah APN smartfren lalu menggantinya dengan proxy dan server yang sesuai maka akan menghasilkan koneksi internet smartfren tercepat.

Sebenarnya untuk settingan apn smartfren sendiri sudah pernah saya bahas dalam artikel sebelumnya. Dalam artikel tersebut memang saya telah saya jelaskan cara mempercepat internet smartfren dengan APN Unlimited berbasis 4G. Namun tidak ada salahnya saya bahas kembali cara setting APN smartfren untuk mempercepat internet smartfren. Silahkan simak settingannya di bawah ini:

  • Nama: Smartfren 4G
  • APN: Smartfren4G
  • Proxy: not set.
  • Port: not set.
  • Username: Smartfren.
  • Password: smartfren.
  • MMSC: http://10.17.93.103:8080.
  • Server: not set.
  • Proxy mms: 10.17.27.250.
  • port mms: 8080.
  • MNC: 09.
  • MCC 510.
  • Authentication: PAP / Chap.
  • Protocol APN: IPv4.
  • Bearer: LTE.

Selanjutnya tinggal simpan pengaturan dan refresh jaringan internet anda. Untuk melakukan cancel cara mempercepat koneksi internet smartfren 4G diatas anda tinggal mengubah settingan APN menjadi default. Selain APN diatas sebenarnya masih banyak sekali APN smartfren lain yang tidak kalah cepat, anda bisa mencarinya di kolom pencarian blog ini.

Setting DNS Benchmark Smartfren

Setting DNS benchmark merupakan salah satu cara mempercepat koneksi internet smartfren 4G. DNS benchmark sendiri adalah software atau aplikasi pelacak DNS yang lebih cepat dan stabil. Aplikasi ini sering digunakan oleh mereka yang merasa jaringan internetnya lemot. Tentunya pelanggan yang merasa jaringan internet smartfren lemot juga bisa menggunakan aplikasi ini.

Cara kerja dari DNS benchmark adalah aplikasi ini akan melakukan scanning dan menganalisa hingga menemukan server DNS yang lebih stabil serta lebih cepat daripada DNS dafault. Sehingga setelahnya kita bisa mengubah DNS default tadi menjadi lebih cepat. Penggunaan aplikasi ini juga tidak terlalu ribet.

Jika anda ingin mempercepat koneksi internet smartfren anda dengan aplikasi ini, maka anda memerlukan sebuah PC dan menjalankan 2 proses. Yakni mencari server DNS yang lebih cepat dan memasukannya kedalam ponsel kita. Dengan demikian internet smartfren yang lemot akan menjadi cepat.

Mencari DNS smartfren tercepat:

  1. Silahkan install DNS benchmark terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya buka aplikasi dan masuk ke menu nameserver.
  3. Jalankan aplikasi dengan klik "run benchmark".
  4. Tunggulah hingga hasil scanning keluar. Cepat lambatnya proses ini dipengaruhi oleh koneksi internet anda.
  5. Setelah proses scanning selesai, maka kita akan melihat daftar DNS yang berhasil dipindai.
  6. Pilihlah DNS dengan grafik berwarna hijau ataupun biru karena durasi pakainya masih lama. Jangan memilih DNS yang berwarna coklat karena sudah expired. Selain itu carilah DNS yang hampir mirip untuk dijadikan primary dan secondary DNS.

Mengganti DNS Smartfren

Setelah kita mendapatkan primary DNS dan secondary DNS, maka tibalah waktunya mempraktekan cara mempercepat koneksi internet smartfren unlimited. Selanjutnya kita masuk ke tahap 2 yakni memasukan DNS yang sudah kita cari kedalam settingan ponsel. Untuk melakukannya kita harus membuat settingan internet yang baru melalui menu pengaturan dengan format:

  • Profile: Smart 1.
  • Username: smart.
  • Password: smart.
  • Access Number: #777.

Tutorial dan cara mempercepat internet smartfren tidak berhenti disini saja. Selanjutnya pilih advanced untuk melakukan pengaturan dengan tahap lebih lanjut. Dalam pengaturan advanced kita akan mulai memasukan DNS yang sudah kita dapatkan. Silahkan simak tutorial lanjutan di bawah ini:

  1. Pada kolom DNS setting, pilih static selanjutnya isikan primary DNS dan secondary DNS yang sudah kita dapatkan sebelumnya.
  2. Selanjutnya simpan settingan DNS dengan klik ok.
  3. Masuk ke menu pengaturan internet profile, pilihlah profil internet yang baru saja kita buat tadi, lalu pilih connect.
  4. Langkah terakhir adalah refresh jaringan atau restart hp anda agar settingan benar benar tersimpan dan diaplikasikan ke ponsel anda.

Kecepatan internet smartfren lemot dan masih ngadat? mungkin masalahnya bukan terletak pada settingan APN ataupun DNS. Adakalanya penyebab datang dari pelanggan itu sendiri yang kurang memahami kebijakan pemakaian dari pihak provider. Silahkan simak beberapa tips dan cara mengatasi internet smartfren lemot di bawah.

Install Aplikasi Penguat Sinyal Internet

Hadirnya internet memang telah mengubah cara pandang kita terhadap aktivitas baik itu bekerja, sekolah, sampai berinteraksi sekalipun. Fungsinya yang mampu mempermudah semua kegiatan benar-benar dimanfaatkan oleh sejumlah orang secara maksimal. Hingga akhirnya pengguna ponsel pun merasakan betapa frustasinya saat internet smartfren lemot, khususnya mereka yang berlangganan paket unlimited.

Aplikasi penguat sinyal pun jadi cara mempercepat internet smartfren unlimited yang layak dicoba. Opsi ini pun juga direkomendasikan oleh pihak operator lewat artikel di website resimnya. Dari pernyataan itu akhirnya saya pun coba mencari beberapa pilihan aplikasi penguat sinyal smartfren, diantaranya:

  • Connection Stabilizer Booster.
  • Internet Booster & Optimizer.
  • Network Signal Booster.

Ketiganya bisa kalian dapatkan secara cuma-cuma dari playstore. Saya pribadi memang belum pernah mencoba aplikasi tersebut secara personal karena sudah merasa puas dengan koneksi saat ini. Untuk lebih jelasnya, simaklah cara mempercepat internet smartfren dengan aplikasi berikut:

  1. Buka google playstore.
  2. Di kolom pencarian ketik connection stabilizer, lalu cari.
  3. Install aplikasi connection stabilizer booster.
  4. Jalankan aplikasi.
  5. Tap activate sampai status berubah jadi connected.
  6. Selesai.
Aplikasi penguat sinyal Smartfren

Apabila masih bingung maka simaklah settingan yang sudah saya jabarkan pada gambar di atas. Tapi kalau kalian ingin mencobanya jangan lupa cantumkan testimoni di kolom komentar apakah cara mempercepat internet di atas valid atau tidak.

Beli Paket Internet Smartfren Terbaik

Selain karena masalah sinyal jelek dan jaringan tidak stabil ternyata pemilihan paket juga berpengaruh pada kecepatan yang didapatkan. Perlu kita ketahui bahwa operator smartfren memberikan kecepatan yang berbeda untuk setiap paketnya. Perbedaan tersebut terlihat jelas pada paket volume based dan paket internet unlimited.

Kecepatan internet smartfren untuk paket unlimited bulanan berkisar antara 200 KBps sampai 512KBps yang dibanderol 50 ribuan. Adapula pilihan yang memberikan kecepatan internet maksimal mulai dari 100 ribuan. Tidak banyak cara mempercepat internet smartfren yang bisa dilakukan oleh pelanggan. Tapi kita bisa mengantisipasi jaringan patah-patah dan lemot dengan membeli paket internet yang sesuai.

Paket Internet Unlimited

Jenis paket yang satu ini memang memberikan kita akses ke berbagai platform digital tanpa batas. Namun, ketika mendaftar paket unlimited kita seharusnya sudah tau konsekuensinya. Yakni kecepatan internet menurun menjadi lemot ketika sudah mencapai batas wajar pemakaian (FUP).

Cara mempercepat internet smartfren 4G
Pilihan paket unlimited

Jika sudah demikian maka pengguna ponsel pintar masih bisa menikmati kecepatan seperti semula dengan membeli kuota booster unlimited. Paket add on tersebut dijual mulai dari 2000 rupiah perharinya. Pembahasannya pun sudah pernah saya tulis secara lengkap dalam artikel sebelumnya. Silahkan kunjungi artikel berjudul Cara Mengatasi Paket Unlimited Smartfren Lemot.

Paket unlimited memang menawarkan akses internet tanpa batas meski kuota FUP habis. Tapi privilege tersebut memang tak diimbangi dengan kecepatan yang akan kalian dapatkan. Maka dari itu, sebelum mengaktifkan paket unlimited alangkah baiknya kalian mengetahui segala resiko serta kekurangannya terlebih dulu.

Paket Internet Volume Kuota

Paket berbasis volume kuota menjadi pilihan pertama dan paling konvensional. Semua provider layanan telekomunikasi pun mengaplikasikan paket internet berbasis kuota dengan harga yang bervariasi. Smartfren sendiri memiliki program paket basis volume, ION plan, connex EVO, dan kuota nonstop.

Pihak operator sendiri tidak memberlakukan pembatasan kecepatan pada pilihan paket berbasis kuota. Maknanya, kita bisa memperoleh kecepatan maksimal tanpa harus mempraktekan cara mempercepat internet smartfren unlimited. Bahkan hanya segelintir orang saja yang mengeluh paket internet smartfren lemot ketika berlangganan volume kuota. Itupun mungkin disebabkan karena sinyal jelek atau patah-patah karena cuaca buruk.

Membeli paket internet berbasis volume kuota adalah pilihan yang tepat jika kalian tak ingin repot mempercepat internet smartfren. Karena pada program volume pihak operator tak membatasi kecepatan sehingga kalian tak akan merasakan performa buruk ketika pemakaian. Hanya saja harga paket tersebut memang lebih mahal daripada paket unlimited.

Beli Kuota Add On

Kecepatan paket unlimited smartfren menurun karena sudah mencapai FUP? saya punya trik jitu mengatasinya. Add on sendiri merupakan istilah yang mengacu pada tambahan kuota di luar paket utama.

Cara mempercepat internet smartfren yang satu ini hanya bisa diaplikasikan pada pengguna paket unlimited saja. Jika kalian pengguna paket berbasis volume maka jangan pernah membeli kuota add on. Karena tanpa integrasi dari paket unlimited maka layanan add on tersebut hanya akan terbuang pecuma.

Booster UnlimitedBooster UnlimitedBooster Unlimited
FUP 500MBFUP 500MBFUP 500MB
1 Hari3 Hari7 Hari
Rp 2000Rp 5000Rp 10.000

Secara garis besar provider smartfren memberikan 3 pilihan kuota add on yang diberi nama Booster Unlimited. Ketiga pilihan diatas mampu menambah FUP untuk jangka waktu tertentu. Tentunya paket booster tersebut memiliki konsep yang berbeda dari cara menghilangkan FUP smartfren yang tempo hari ramai dibicarakan.

cara mempercepat internet smartfren
Booster Unlimited

Cara mengaktifkan kuota add-on tersebut sangatlah mudah dan bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah. Pelanggan hanya perlu login dan membeli lewat aplikasi Mysmartfren yang sudah disediakan. Tapi sebelumnya, pastikan dulu pulsa kalian mencukupi untuk melakukan aktivasi.

Aktifkan Mode Pesawat

Pernahkah kalian mengalami problem sinyal 4G smartfren hilang secara tiba-tiba? jika pernah kita sama. Masalah seperti ini biasanya menimpa pengguna operator smartfren yang tinggal di pedesaan atau setidaknya jauh dari sumber sinyal.

Smartfren adalah salah satu provider yang statusnya masih berkembang. Hal ini dibuktikan dengan infrastruktur jaringan yang dibangun tidak merata dan lambatnya perkembangan tersebut. Tangkapan sinyal tidak stabil akhirnya membuat bar 4G sering hilang sendiri hingga menyebabkan koneksi drop. Tidak heran jika pelanggan harus mencari cara mempercepat internet smartfren sendiri.

Nah, salah satu cara mempercepat interenet smartfren unlimited adalah rajin mereset jaringan. Kita harus mengaktifkan lalu menonaktifkan kembali mode pesawat ketika kecepatan menurun atau saat internet lemot. Trik satu ini bisa berhasil karena setiap kali jaringan direfresh maka ponsel akan mendapat IP baru. Bahkan pelanggan paket unlimited pun bisa mendapatkan koneksi stabil layaknya tanpa FUP dengan trik tersebut.

Jadi, saat kalian merasakan internet lemot tak perlu repot membeli paket data tambahan ke nomor masing-masing. Cukup lakukan trik mode pesawat di atas dan cobalah untuk beraktivitas seperti biasa kembali.

Sambungkan Perangkat ke WiFi

Apakah kalian sering merasa frustasi merasakan internet smartfren lemot? jangan kahwatir karena saya pastikan kamu tidak sendirian. jaringan lemot sering kali membuat orang berpikir dua kali untuk berlangganan

Cara mempercepat internet smartfren unlimited yang FUP habis adalah mencari sambungan wifi. Sudah bukan rahasia lagi kalau wifi memiliki stabilitas koneksi yang lebih mumpuni daripada perangkat seluler. Selain itu, kita pun juga bisa menghemat paket data dan FUP apabila pintar memanfaatkan situasi.

Wifi sendiri juga menjadi hal yang menurut saya sudah dianggap biasa karena keberadaanya dapat dijumpai hampir di semua tempat. Misalnya sekolah, cafe, perkantoran, perumahan, dan berbagai tempat umum lain. Sehingga sangat cocok apabila pengguna ponsel memanfaatkan privilege tersebut di kala memungkinkan.

Masalah Sinyal Smartfren Hilang

Salah satu penyebab koneksi internet smartfren lemot adalah karena tidak ada sinyal ataupun sinyal smartfren tidak muncul. Masalahnya bisa berasal dari internal server smartfren yang error atau memang di daerah anda tidak ada sinyal smartfren. Untuk permasalahan yang satu ini memang sedikit kompleks.

Kita tidak bisa mempercepat koneksi internet smartfren jika sinyal smartfren hilang atau bahkan tidak muncul. Maka dari itu pastikanlah di daerah anda terdapat sinyal smartfren sebelum membeli paket internetnya. Dengan demikian kita tidak akan merasa tertipu produk paket internet smartfren.

Baca juga: Cara Mengatasi Kartu Smartfren Tidak Ada Sinyal dan Tidak Ada Layanan

Jika memang ditempat anda terdapat sinyal smartfren namun tiba tiba sinyal smartfren hilang maka silahkan tunggu. Bisa saja terdapat gangguan di servernya ataupun sedang ada perbaikan jaringan. Sebagai pelanggan sekaligus pengguna smartfren kita juga harus paham, smartfren tergolong masih baru di ranah 4G.

Itulah berbagai penyebab internet smartfren lemot dan cara mempercepat koneksi smartfren yang dapat saya sampaikan. Semua pilihan memang memiliki konsekuensi dan kelebihan tersendiri. Smartfren memang menghadirkan paket internet murah yang menggiurkan. Namun layanan tersebut belum diimbangi dengan sinyal yang mumpuni. Maka dari itu kita harus mencari cara mempercepat koneksi internet smartfren sendiri.

Posting Komentar untuk "12 Cara Mempercepat Internet Smartfren 4G Unlimited"