Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mengubah Kuota Lokal TRI Menjadi Kuota Reguler Mudah dan Aman

4 Cara Mengubah Kuota Lokal TRI Menjadi Kuota Reguler Mudah dan Aman - Kartu 3 sudah menjadi andalan masyarakat sejak lama. Selain menawarkan paket internet harga murah, volume kuotanya pun juga tak perlu kita ragukan. Salah satunya adalah paket kuota lokal yang notabenya sedang kita bahas sekarang. Kurangnya pemahaman serta syarat pemakaian menjadi jawaban kenapa kuota lokal TRI tidak bisa digunakan.

cara mengubah kuota lokal TRI menjadi kuota reguler

Cara mengubah kuota lokal TRI menjadi kuota reguler akhirnya jadi sebuah trik yang diburu oleh pelanggan. Seolah tak ingin membuat kuota lokal tidak terpakai begitu saja mereka pun berlomba mencari trik tersebut. Hingga muncul pertanyaan apakah kuota lokal Tri bisa digunakan dengan VPN? jawabannya masih simpang siur.

Dalam artikel kali ini saya akan coba ajarkan cara berbeda menggunakan kuota lokal. Kamu tak perlu melakukan root HP atau mencari proxy VPN karena kita hanya akan menginstall aplikasi sederhana. Penasaran seperti apa pembahasannya? simaklah artikel di bawah sampai selesai tanpa skip.

4 Cara Mengubah Kuota Lokal TRI Menjadi Kuota Reguler Mudah dan Aman

Kartu 3 termasuk provider yang kini gencar memperkenalkan paket internet berbasis pembagian kuota. Sama seperti kompetitor lainnya, sekarang pelanggan bisa menjumpai varian local data pada beberapa paket tertentu.

Meski mampu memberikan kuota besar tapi ternyata privilege itu tak sepenuhnya bermanfaat bagi pelanggan. Hal itu terbukti dari banyaknya keluhan kuota lokal TRI tidak bisa digunakan dan terbuang percuma. Padahal, kalau mampu memanfaatkannya maka kita akan 

Menginstall aplikasi yang mampu mengubah kuota lokal TRI menjadi kuota biasa memang tak boleh sembarangan. Sebab resiko penyalahgunaan data di perangkat ponsel pun terus menanti bagi mereka yang ingin mencoba trik tersebut. Untungnya, ada cara mengubah kuota lokal TRI yang tergolong aman karena tak mengharuskan untuk root HP.

Install Fake GPS

Cara mengubah kuota lokal TRI menjadi kuota reguler pertama yang harus kalian lakukan adalah install fake GPS. Ada banyak sekali platform aplikasi yang bisa kita pakai untuk mengganti lokasi sehingga pengguna ponsel seolah sedang berada di daerah lain.

Saya sendiri menyarankan untuk menginstall dari sumber terpercaya seperti playstore untuk menghindari kemungkinan HP disusupi virus. Usahakan pula untuk memasang aplikasi yang tidak mengharuskan root HP demi meminimalisir bahaya.

Sebab kini banyak aplikasi untuk mengubah kuota yang mengharuskan root HP terlebih dulu. Maka dari itu lebih baik kamu install fake GPS saja agar lebih aman. Ikutilah langkah langkah di bawah:

  1. Buka google playstore.
  2. Di kolom pencarian ketik "Fake GPS".
  3. Pilih aplikasi "Fake GPS Location by Lexa".
  4. Tap install untuk memulai pemasangan.
  5. Tunggu sampai proses selesai.
  6. Aplikasi siap digunakan.

Sebenarnya ada banyak sekali varian aplikasi untuk mengganti lokasi sehingga kita bisa menggunakan kuota lokal tri di daerah lain. Tapi saya cenderung memlih Fake GPS besutan developer Lexa karena sejauh ini memiliki rating 4,6 dari 500 ribu ulasan.

Beberapa waktu belakangan, muncul rumor bahwa ada cara mengubah kuota lokal TRI menjadi kuota reguler tanpa aplikasi. Apakah itu benar? tentu saja tidak terkecuali kalian berada di zona aktivasi paket. Maka secara otomatis local data akan terpotong ketika dipakai membuka internet.

Setting Mode Pengembang Ponsel

Langkah selanjutnya setelah berhasil install fake GPS adalah mengaktifkan mode pengembang di pengaturan HP. Karena tidak memerlukan root maka saat aplikasi dibuka akan langsung meminta pelanggan kartu 3 masuk ke developer tool.

cara mengubah kuota lokal TRI menjadi kuota reguler

Secara garis besar, mode ini memungkinkan kita untuk menginstall, mengatur, serta merubah data di luar brand merk HP. Ada banyak hal yang bisa dilakukan apabila memahami konsep serta prinsip kerja developer tools. Salah satunya sebagai bagian dari cara mengubah kuota lokal TRI menjadi kuota reguler seperti yang saya ajarkan.

Apabila kalian ingin mengubah kuota lokal TRI maka simaklah cara setting mode pengembang berikut:

  1. Buka menu Setelan/Pengaturan di ponsel masing-masing.
  2. Pilih About Phone atau Tentang Ponsel.
  3. Pada informasi Versi OS ponsel silahkan tap sebanyak 5 kali.
  4. Maka akan muncul notifikasi "Selamat, sekarang anda adalah seorang pengembang".
  5. Artinya developer mode sudah aktif.

Langkah di atas saya praktekan pada HP merk POCO X5 yang notabenya termasuk jajaran ponsel xiaomi.

Baca juga: Cara Menggunakan Kuota Lokal TRI di Semua Daerah

Jadi, saat pertama kalinya membuka Fake GPS maka jangan kaget apabila memperoleh notifikasi pada aplikasi. Sebab kalian harus mengaktifkan mock location di developer tools. Cukup ikuti petunjuk yang tersedia pada halaman aplikasi fake GPS maka kamu akan diarahkan ke menu tersebut.

Setting Fake GPS

Setelah selesai mengaktifkan mock location maka langkah selanjutnya adalah kembali ke Fake GPS untuk memulai pengaturan. Tugas kita kali ini adalah setting fake GPS agar kuota lokal TRI bisa menjadi kuota reguler dan bisa dipakai di daerah lain.

Cara mengubah kuota lokal TRI menjadi kuota reguler pada tahap ini terletak pada pemilihan lokasi. Jangan sampai salah saat menentukan titik poin fake GPS agar kuota lokal bisa terpakai untuk internetan. Maka dari itu, simaklah cara menggunakan Fake GPS Location by Lexa di bawah:

  1. Buka aplikasi Fake GPS Location.
  2. Drag & Drop titik ke kota tujuan.
  3. Tap tombol play di pojok kanan bawah.
  4. Selesai.

Saran saya, kalau memang lupa dimana kamu membeli paket internet TRI maka cobalah menghubungi customer care di sosmed. Dengan menyebutkan nomor HP dan tanggal aktivasi paket maka pihak CS akan memberi tau dimana zona kuota lokal TRI milik kalian.

Apabila sudah selesai menentukan kota maka langkah selanjutnya adalah tap icon play atau tombol hijau. Tunggulah beberapa saat lalu coba pakai internetan seperti biasa. Kalau semua settingan berjalan lancar maka aplikasi akan berjalan di latar belakang saat pengguna mengakses youtube, facebook, ig, tiktok, dan lain-lain.

Cek Sisa Kuota Lokal

Cara mengubah kuota lokal TRI menjadi kuota reguler yang terakhir adalah memastikan semua langkah-langkah di atas work. Caranya pun cukup sederhana yakni tinggal cek sisa kuota lokal apakah berkurang atau tidak. Jika memang kuota lokal TRI berkurang maka metode yang diterapkan telah berhasil.

Saya sendiri lebih suka cek sisa kuota lokal dari aplikasi Bima plus yang notabenya lebih mudah. Bagi kalian yang belum sempat menginstall bima+ maka masih ada alternatif lain yakni cek sisa kuota lewat kode dial.

Melansir informasi dari berbagai sumber ternyata banyak yang memberikan testimoni positif pada aplikasi fake GPS. Sehingga cara mengubah kuota lokal TRI menjadi kuota reguler di atas tergolong aman.

Sekedar saran, kalau memang ponselmu belum diroot alangkah baiknya jangan kamu lakukan langkah tersebut. Sekarang ini banyak beredar aplikasi yang bisa mengubah kuota tapi mengharuskan pengguna melakukan root terlebih dulu. Padahal, resiko root HP sangatlah tinggi karena menyangkut aspek kenyamanan dan keamanan data.

Posting Komentar untuk "4 Cara Mengubah Kuota Lokal TRI Menjadi Kuota Reguler Mudah dan Aman"