Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Kuota Lokal TRI Tidak Bisa Digunakan dan Cara Mengatasinya

Kenapa Kuota Lokal TRI Tidak Bisa Digunakan dan Cara Mengatasinya - Kuota lokal adalah varian paket data yang hanya bisa kita pakai di daerah tertentu saja. Sifatnya sangat bertolak belakang dengan kuota reguler yang notabenya aktif di semua daerah.

Contoh penggunaan kuota lokal terjadi saat pelanggan membeli paket internet TRI di bogor maka bonus kuota lokal hanya bisa dipakai di kota itu juga. Saat menuju ke jakarta maupun kota lain maka kuota lokal TRI tidak bisa digunakan.

Kenapa Kuota Lokal TRI Tidak Bisa Digunakan dan Cara Mengatasinya
kuota lokal tri tidak terpakai

Sama seperti telkomsel, Kini kuota lokal TRI juga tersedia sebagai produk yang mengadopsi mekanisme kerja yang sama seperti kompetitornya. Pada mulanya pihak operator kartu 3 memberikan bonus local data secara cuma-cuma. Hal itu menurut saya lebih bermanfaat dariada bonus streaming youtube, netflix, spotify, dan lain-lain.

Tapi karena kurangnya pengetahuan membuat sebagian orang bertanya kenapa kuota lokal TRI tidak bisa digunakan dan masih tetap sama volumenya. Dalam artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang masalah yang sering dialami oleh pelanggan kartu 3.

Kenapa Kuota Lokal TRI Tidak Bisa Digunakan dan Cara Mengatasinya

TRI termasuk operator yang konsisten memberi layanan dengan harga relatif murah. Komitmen itu dibukti dengan banyaknya varian paket sesuai kebutuhan pengguna ponsel. Mulai dari paket Happy, AON, sampai paket unlimited pun tersaji di aplikasi BimaTRI.

Pada dasarnya, cara menggunakan local data sama saja seperti layaknya kita memakai kuota reguler. Kalian dapat memanfaatkannya untuk streaming, browsing, mengakses IG, tiktok, dan lain sebagainya. Tapi kenapa banyak yang mengeluh kuota lokal TRI tidak terpakai?

Bukan fakta mengejutkan apabila banyak orang bertanya kenapa kuota lokal TRI tidak bisa digunakan. Pasalnya, tak semua pelanggan mengetahui bahwasanya kartu 3 menyediakan kuota berbasis pembagian zona. Bahkan, saya pun juga baru mengetahui akhir-akhir ini dari salah seorang rekan yang menanyakan hal serupa.

Berada di Luar Zona Aktivasi

Penyebab kenapa kuota lokal TRI tidak bisa digunakan adalah pelanggan berada di luar zona paket. Seperti namanya, local data hanya bisa kita pakai di daerah tertentu saja sesuai kebijakan yang telah ditetapkan. 

Apabila kita mendaftar paket internet yang menyertakan bonus kuota lokal di kota tangerang. Maka kuota itu hanya akan aktif di wilayah tangerang dan sekitarnya saja. Sehingga cukup masuk akal apabila kuota lokal TRI tidak terpakai di daerah lain seperti solo, yogyakarta, dan surabaya.

Faktor penyebab itu pun juga diperkuat oleh pernyataan resmi kartu 3 melalui syarat pemakaiannya. Bahwasanya paket kuota lokal tidak bisa sembarangan dipakai layaknya kuota reguler. Pelanggan harus berada di kota tempatnya membeli paket internet atau voucher TRI.

Hal itu secara tak langsung membuat kuota lokal kartu TRI jadi produk yang tidak ramah traveler. Karena setiap kali berpindah tempat kita akan dihantui pertanyaan kenapa kuota lokal TRI tidak bisa digunakan.

Setidaknya ada dua cara mengatasi kuota lokal TRI tidak bisa digunakan karena faktor ini. Kalian bisa kembali ke kota awal aktivasi voucher atau paket internet, mengubahnya jadi kuota reguler, atau memakai fake GPS. Saya akan coba jabarkan ketiganya:

Cek Zona Kuota Lokal TRI

Cara paling sederhana untuk mengatasi masalah di atas adalah dengan kembali ke daerah awal. Sehingga kita tak perlu repot mencari trik segala macam untuk menggunakan kuota lokal tri di daerah lain. Tapi ada kalanya pelanggan lupa atau bahkan tidak tau di zona mana paket internet kartu 3 aktif. Oleh karenanya kita harus mengetahui terlebih dulu lokasinya dengan cara:

  1. Buka aplikasi Bima+.
  2. Lalu pilih menu live chat dengan tap 3Chat.
  3. Silahkan tanyakan zona aktivasi paket internet terbaru kepada customer care.
  4. Tunggu beberapa saat sampai pihak CS selesai mengecek paketan kalian.
  5. Atau silahkan telepon ke nomor 123 untuk langsung terhubung lewat panggilan suara.

Segera setelah mendapatkan lokasi kuota lokal TRI maka kalian bisa langsung kembali ke sana untuk mulai menggunakan local data.

Cara Menggunakan Fake GPS Kuota Lokal TRI

Cara mengatasi kuota lokal TRI tidak bisa digunakan yang menurut saya lumayan ampuh tapi minim resiko yakni dengan fake GPS. Sederhananya, aplikasi ini akan memalsukan lokasi sehingga kita seolah berada di zona kuota lokal.

Cara mengatasi Kuota Lokal TRI Tidak Bisa Digunakan

Adapun langkah untuk install dan setting fake GPS adalah:

  1. Buka playstore.
  2. Di kolom pencarian silahkan isi Fake GPS.
  3. Pilih aplikasi Fake GPS dengan rating terbaik, lalu install.
  4. Sebelum mulai menggunakannya, pertama kalian harus mengaktifkan fitur mock location yang ada di mode pengembang ponsel.
  5. Buka aplikasi Fake GPS lalu pilih titik sesuai kota aktivasi paket internet.
  6. Langkah terakhir adalah tap Mock Location.

Ubah Kuota Lokal TRI

Kenapa kuota lokal tri tidak bisa digunakan padahal sudah berada di zona aktivasi? apabila mengalami masalah demikian, maka saran saya ubah saja varian paket data itu menjadi kuota reguler. Adapun langkah langkahnya adalah:

  1. Install anonytun.
  2. Buka aplikasi lalu pilih setting.
  3. Isikan data server dan bug TRI yang masih aktif.
  4. Simpan pengaturan.
  5. Lalu Run Anonytun.
  6. Selesai.

Sekilas metode di atas memang terlihat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Tapi faktanya untuk menjalankan anonytun ada beberapa syarat yang harus terpenuhi. Diantaranya adalah bug yang masih aktif, nyalakan mode pengembang, bahkan beberapa ponsel harus melakukan root terlebih dulu. Karena syarat itulah akhirnya saya tempatkan cara mengatasi kuota lokal TRI tidak terpakai satu ini di urutan terakhir.

Kuota Lokal Sudah Habis

Beberapa orang sudah berhasil dan tau cara menggunakan kuota lokal TRI di daerah lain lewat serangkaian trik. Tapi tanpa sadar mereka terlena dan melewatkan aturan penting dalam berinternetan, yakni selalu cek sisa kuota.

Ketika sudah memenuhi syarat pemakaian maka kuota lokal TRI akan jadi prioritas data yang aktif pertama. Secara otomatis kita pun bisa menghemat paket utama agar tidak cepat habis. Tugas pelanggan hanya mengecek secara berkala sisa local data.

Alasan kenapa kuota lokal TRI tidak bisa digunakan selanjutnya bisa berasal dari faktor kelalaian pelanggan. Jika sudah berada di zona paket internet tapi kuota reguler tetap tersedot maka besar kemungkinan local data sudah habis. Hanya ada satu cara mengatasi masalah satu ini yaitu beli paket kuota lokal kembali untuk menikmati akses internet di dalam kota.

Setelah kalian mendapatkan bonus local data maka lakukan pengecekan sisa kuota lokal dengan cara:

  1. Buka menu dial ponsel.
  2. Dial kode *111#.
  3. Setelah muncul jendela baru, pilih nomor 4 "Cek Kuota"
  4. Lalu pilih nomor 2 "Kuota Data"
  5. Terakhir pilih nomor 1 "Cek Kuota".
  6. Selesai.

Menurut saya sangat penting untuk terus memonitoring dan cek sisa kuota lokal agar terus bisa menggunakanya.

Masa Aktif Habis

Kartu 3 termasuk provider yang loyal terhadap para pengguna ponsel tanah air. Hal itu terbukti dari banyaknya varian produk paket internet murah yang tersedia di aplikasi resmi bimaTRI. Tak mengherankan bila masa aktif paketan lebih cepat habis daripada volume kuota karena murahnya harga.

Jadi, kenapa kuota lokal TRI tidak bisa digunakan padahal masih ada disebabkan karena masa aktif yang habis. Tidak ada cara memperpanjang masa aktif local data karena sifatnya menempel pada paket internet utama.

Satu satunya hal yang bisa kita lakukan adalah menggunakan kuota lokal TRI sampai habis. Karena menurut saya pribadi kalau tak mampu menghabiskan varian data itu akan sangat merugikan.

Sinyal TRI Jelek dan Internet Lemot

Penyebab kenapa kuota lokal TRI tidak bisa digunakan selanjutnya berasal dari aspek internal provider. Sebagai penyedia layanan telkomunikasi yang masih berkembang TRI memiliki kualitas sedikit di atas rata-rata. Kalian tak boleh membandingkannya dengan kompetitor seperti telkomsel ataupun indosat yang notabenya sudah stabil.

Karena persebaran jaringan yang belum merata akhirnya membuat beberapa pengguna harus merasakan dampaknya. Internet lemot, sinyal tidak stabil, indikator 4G hilang jadi tantangan utama apabila kamu berlangganan paket internet kartu 3.

Cara mengatasi kuota lokal TRI tidak bisa digunakan karena sinyal jelek salah satunya dengan setting APN. Masalahnya, tak semua APN TRI work sebagaimana mestinya dan lagi-lagi pengguna harus teliti pada saat mengatur jaringan ponsel. Sedikit saja kesalahan memasukan data maka akibatnya pun fatal yakni ponsel tak akan terhubung ke jaringan.

Maka dari itu, simaklah cara mempercepat internet TRI di bawah agar terhindar dari kesalahan:

  1. Buka menu Pengaturan/Setelan/Setting di Ponsel.
  2. Masuk ke pengaturan jaringan.
  3. Pilih kartu SIM TRI.
  4. Pilih Nama Titik Akses (APN).
  5. Silahkan isikan data APN yang masih work.
  6. Simpan pengaturan.
  7. Lakukan Refresh jaringan.
  8. Selesai.

Alternatif lain, kita hanya harus menunggu gangguan tersebut diperbaiki oleh pihak operator. Biasanya kejadian seperti server error, internet down, sinyal hilang tak akan berlangsung lama. Sembari menunggu kalian dapat mengaktifkan lalu mematikan mode pesawat untuk memancing sinyal kembali.

Terlepas dari baik buruknya kualitas jaringan serta performa layanan keseluruhan. Menurut saya TRI sudah berusaha semaksimal mungkin menyediakan paket internet murah untuk masyarakat. Mungkin cukup sekian artikel yang sedikit banyak membahas cara mengatasi kuota lokal kartu TRI tidak terpakai. Semoga tak ada lagi yang bertanya kenapa kuota lokal TRI tidak bisa digunakan di daerah lain.

Posting Komentar untuk "Kenapa Kuota Lokal TRI Tidak Bisa Digunakan dan Cara Mengatasinya"