Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mengaktifkan Kuota TRI yang Belum Aktif Sampai Berhasil

4 Cara Mengaktifkan Kuota TRI yang Belum Aktif Sampai Berhasil - Sebagai pelanggan kita memang harus menunggu kuota aktif sepenuhnya saat membeli paket internet. Tapi ada kalanya beberapa orang mengalami masalah seperti kuota tidak aktif. Hal ini pun akan menyebabkan kita tidak bisa terhubung ke internet sampai mengalami pulsa tersedot.

Cara Mengaktifkan Kuota TRI yang Belum Aktif Sampai Berhasil
kuota tri tidak aktif

Segelintir masalah itu sering dialami oleh mereka yang melakukan isi ulang lewat voucher. Cara menggunakan voucher tri yang tidak benar memang berpotensi mengarah ke hal yang merugikan. Cara mengaktifkan kuota tri yang belum aktif pun banyak dicari oleh pengguna ponsel untuk mengatasi kendala tersebut.

Tapi ada pula yang mengeluh mengalai problematika serupa meski membeli paket internet dengan pulsa. Lalu bagaimana apakah ada solusinya? adakah cara mengatasi kuota tri tidak aktif? pertama kalian jangan panik. Sebenarnya kejadian semacam ini sering terjadi dan tak hanya menimpa pelanggan kartu TRI saja.

4 Cara Mengaktifkan Kuota TRI yang Belum Aktif Sampai Berhasil

Paket internet sudah menjadi kebutuhan penting bahkan mulai tak tergantikan di tengah masyarakat. Kuota besar dan jaringan yang handal berbanding harga murah merupakan parameter utama yang diharapkan pengguna ponsel. Kartu Three berusaha mewujudkan semua itu lewat serangkaian produk mulai dari paket internet harian TRI, bulanan, sampai berhasis unlimited.

Metode isi ulang kuota tri pun juga bervariasi tak hanya konvensional saja. Kini pelanggan dapat menggunakan voucher, beli di marketplace, e-commerce, bahkan lewat aplikasi resmi. Namun, baru-baru ini muncul pertanyaan bagaimana cara mengaktifkan kuota tri yang belum aktif sampai sekarang. Pertanyaan itu didasari atas fenomena aneh yang dialami oleh sejumlah pelanggan.

Mulai dari kuota masih ada tapi pulsa terpotong sampai keluhan paket internet tidak aktif pada saat dipakai. Segala problematika itu akhirnya menimbulkan kekhawatiran bagi para pelanggan setia.

Jujur saja, saya belum pernah membeli varian produk paket internet axis karena berbagai pertimbangan. Tapi dalam artikel ini akan saya coba menggali lebih dalam apa sebenarnya yang menyebabkan kuota tri belum aktif padahal aktivasi paket sukses.

Kenapa Kuota Tri Tidak Aktif

Sebelum menuju topik utama yakni cara mengaktifkan kuota tri yang belum aktif sampai berhasil. Alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dulu apa penyebabnya sehingga dapat melakukan tindak pencegahan di kemudian hari.

Faktor yang menyebabkan kenapa kuota tri tidak aktif dapat berasal dari internal maupun eksternal. Faktor internal merujuk pada pengguna ponsel itu sendiri yang salah saat memasukan kode voucher, belum reset jaringan, dan lainnya. Sedangkan faktor eksternal seperti cuaca buruk, tri sedang gangguan, atau terjadi pembaruan sistem database.

Akibatnya, pelanggan akan mengalami kendala pada saat mengakses internet seolah kuota tidak terpakai. Hal demikian tentu berpotensi mengganggu aktivitas chatting, browsing, streaming, dan video call bersama kawan. Tentu kalian tak ingin merasakan pengalaman buruk itu kan?

Dalam sesi ini akan saya sebutkan beberapa sebab kenapa kuota tri belum aktif, diantaranya adalah:

  1. Kode voucher salah.
  2. Masa aktif voucher habis.
  3. Belum reset jaringan.
  4. Server TRI error.
  5. Gangguan infrastruktur jaringan.

Masukan Kode Voucher Dengan Benar

Dari berbagai kemungkinan di atas kita harus bisa menganalisa manakah yang paling relevan dengan keadaan sekarang. Kembali ke topik bahasan tentang cara mengatasi kuota tri tidak aktif, pengguna harus melakukan diagnosa terlebih dulu.

Berdasar diagnosa itu baru bisa ditarik kesimpulan dan solusi jitu atas masalah yang terjadi. Simaklah beberapa cara mengaktifkan kuota tri yang belum aktif sampai berhasil pada penjelasan di bawah.

Terkadang paket internet tidak aktif terjadi karena kita salah saat memasukan kode voucher tri. Faktor ini murni kesalahan kita pribadi sebagai pengguna yang kurang terliti dalam membaca. Alih-alih kuota masuk justru ponsel tak akan tersambung ke jaringan.

Cara mengaktifkan kuota tri yang belum aktif karena kode yang salah sangat sederhana. Cukup masukan kembali kode sesuai digit dan abjad yang benar. Karena sedikit saja kesalahan input sudah pasti voucher paket internet akan error dan kuota tri tidak aktif karena belum masuk.

Aktifkan Kuota Lewat Kode Dial

Hadirnya aplikasi resmi terkadang membuat pelanggan terlena akan fungsi dasar dari kode dial. Padahal lewat kode dial kita bisa merasakan berbagai keuntungan seperti harga paket lebih murah, transaksi anti gagal, dan masih banyak lagi.

Pada artikel sebelumnya bahkan sempat saya bahas tentang kode rahasia kuota gratis TRI beberapa waktu lalu. Tapi sekarang mari kita berfokus memecahkan masalah saja kerena lebih krusial. Cara mengaktifkan kuota tri yang belum aktif selanjutnya yakni memakai kode dial. Apabila belum tau maka simaklah langkah langkah berikut:

  1. Gosok hologram voucher.
  2. Buka kode dial di ponsel.
  3. Dial kode *111*kode voucher# lalu panggil.
  4. Tunggu sampai mendapat SMS notifikasi paket internet telah aktif.

Walau terkesan sederhana tapi ternyata cara mengatktifkan kuota tri di atas kadang masih tidak work. Hal ini ditandai apabila saat memakai internet ternyata paket data tidak berkurang atau bahkan tak tersambung jaringan sama sekali. Jika demikian lanjutkan ke opsi selanjutnya.

Reset Jaringan

Ada kalanya, hp tidak tersambung ke internet bukan karena kuota tri belum aktif. Katakan kita sudah sukses membeli paket internet TRI harian tapi saat dipakai ternyata kuota sama sekali tidak terpakai. Hal ini cukup lumrah sebab sistem masih memprioritaskan paket data lama atau pulsa.

Oleh karenanya, pelanggan wajib memperbarui status jaringan terlebih dulu lewat serangkaian metode. Namun hal ini sering kali dimanai lain oleh masyarakat yang berpikir bahwa harus mengubah APN dan lain-lain.

Cara mengaktifkan kuota tri yang belum aktif paling mudah adalah dengan mereset jaringan ponsel. Trik tersebut bisa kita lakukan dengan cara mematikan data lalu menghidupkannya kembali. Jika ingin memastikan semua berjalan sempurna silahkan hidupkan mode pesawat saja.

Dengan demikian tak hanya paket data yang berhenti, tapi juga seluruh jaringan operator. Saat kembali dihidupkan maka ponsel akan memperoleh alamat IP baru yang notabenya lebih cepat dan stabil.

Adapun cara reset jaringan yang benar adalah:

  1. Posisikan HP di halaman layar utama.
  2. Usap layar ke bawah sampai muncul swipe down menu.
  3. Cari icon pesawat (airplane mode).
  4. Tap untuk menghidupkan mode pesawat, lalu tunggu beberapa saat.
  5. Matikan mode pesawat dengan tap kembali icon pesawat.
  6. Selesai.

Jaringan TRI error

Sudah berusaha tapi tak membuahkan hasil? cara mengaktifkan kuota tri yang belum aktif di atas sebenarnya cukup akurat. Apabila memang belum work boleh jadi koneksi atau database pusat tri yang sedang mengalami error. Fenomena itu menurut saya lumrah karena kartu TRI sendiri termasuk provider yang masih tertinggal dari segi infrastruktur bila dibandingkan para kompetitornya.

Hal demikian pernah saya alami ketika beli kuota tri di konter yang notabenya langsung digarap oleh pemiliknya. Meski sudah memasukan voucher ataupun melakukan aktivasi tapi ternyata kuota tri belum masuk meskipun sudah menunggu cukup lama. Akhirnya pihak konter pun menjelaskan bahwa besar kemungkinan jaringan kartu 3 sedang error.

Tidak ada cara mengatasi kuota tri tidak terpakai karena system yang error selain menunggu. Saran saya, tunggulah beberapa saat sampai tersambung kembali ke internet. Jika memang tak kunjung berhasil ada baiknya kalian menghubungi call center TRI di nomor 123 untuk menyampaikan keluhan.

Cukup sekian artikel yang dapat saya sampaikan. Semoga apa yang saya tulis bisa menjadi solusi untuk mengaktifkan kuota tri yang belum aktif. Apabila kalian sedang mengalami masalah serupa atau menemukan metode lain, jangan sungkan untuk berbagi lewat kolom komentar.

Posting Komentar untuk "4 Cara Mengaktifkan Kuota TRI yang Belum Aktif Sampai Berhasil"