Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati Terblokir Dan Hangus

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati Terblokir Dan Hangus - Mengembalikan nomor yang sudah mati bukan hal mustahil. Ada beberapa trik untuk mengaktifkan nomor telkomsel yang terblokir bahkan hangus. Dengan demikian kalian tidak perlu takut kehilangan nomor-nomor penting ataupun data yang terhubung dalam SIM card tersebut.

Kartu telkomsel mati terblokir dan hangus adalah kedaan dimana SIM Card kita sudah tidak bisa digunakan berkirim SMS, nelpon, serta internet. Bahkan untuk sekedar menangkap sinyal operator pun juga tak memungkinkan lagi. Kalau sudah begini kebanyakan orang akan berpikir beli kartu baru saja meskipun ada data penting pada nomor yang terblokir. Padahal ada cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati sesuai dengan permasalahan yang dialami.


cara mengaktifkan kembali kartu telkomsel yang hangus mati dan terblokir
Cara mengembalikan nomor telkomsel yang hangus

Pada dasarnya, kartu perdana merupakan suatu komponen penting yang harus dijaga oleh setiap pelanggan. Nomor tersebut bisa diibaratkan identitas seluler kalian karena lewat nomor itulah kita bisa saling berkirim pesan.

Nomor telkomsel juga digunakan untuk berbagai kepentingan private seperti mendaftar whatsapp, facebook, twitter, instagram, dan lain sebagainya. Jika nomor telkomsel mati, terblokir dan hangus lantas apa yang terjadi? kita akan kehilangan data login yang berkaitan dengan nomer tersebut.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati Terblokir Dan Hangus

Meski sepele namun fakta di atas sangat krusial karena mayoritas pengguna kartu AS, simpati, dan loop mengabaikannya. Banyak dari mereka seenaknya berganti kartu tanpa mengetahui dampak buruknya. Ada pula pelanggan yang acuh terhadap masa aktif hingga pada akhirnya kartu telkomsel mati dan hangus sebab kadaluarsa. Maka dari itu saya hadir memberikan solusi bagaimana cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati karena habis masa aktifnya.

Sebelum mulai menuju topik bahasan kita harus mengetahui terlebih dahulu konsep daur hidup SIM Card. Setiap nomor memiki batas masa aktif dan masa tenggang yang berbeda-beda tergantung tingkat keaktifan usernya. Kartu yang tidak pernah dipakai untuk bertransaksi maka akan melewati masa aktif menuju ke masa tenggang.

Di masa tenggan ini, kartu telkomsel tidak akan bisa digunakan untuk mengirim pesan, nelpon, dan SMS. Secara garis besar kalian hanya bisa menerima panggilan serta pesan singkat saja. Jika pelanggan tidak mengisi pulsa ketika kartu AS, simpati, dan loop berada di masa tenggang barulah nomor itu akan hangus.

Deskripsi mati disini bukan berarti selamanya, karena nomor itu akan diproses lalu diaktifkan kembali menjadi kartu perdana baru untuk dijual lagi. Maknanya, sebelum nomor perdana memasuki masa daur ulang kita tetap bisa mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati dengan syarat ketentuan khusus.

Kartu Telkomsel Tidak Ada Sinyal

Ketiga masalah pada kartu SIM yang menjadi tajuk artikel kali ini memiliki gejala yang sama. Masalah selalu ditandai dengan bar sinyal ponsel silang yang mengindikasikan tidak ada layanan. Meski demikian penyebab dari probematika tersebut berlainan. Demikian pula cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati pun mempunyai metode berbeda.

Jika kalian yakin memiliki pulsa cukup serta masa aktif lama tapi di ponsel tidak ada layanan dan sinyal bisa jadi kartu telkomsel terblokir. Sampai sekarang tak ada alasan jelas mengapa pihak operator melakukan blokir sepihak seperti itu. Alasan cukup kuat yakni ada aktivitas mencurigakan pada nomor yang kita pakai. Entah karena terindikasi penyalahgunaan atau memang murni kesalahan pengguna sendiri.

Baca juga: Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel di Semua Daerah

Di lain sisi, keadaan akan berbeda jika penyebab kartu telkomsel tidak ada layanan karena pelanggan tak pernah memperhatikan status kartunya. Nomor yang jarang dipakai untuk bertransaksi atau sekedar isi ulang pulsa maka masa aktifnya akan habis. Ketika kalian sudah lewat masa tenggan secara otomatis maka nomor kartu AS, loop, dan simpati akan mati dan hangus begitu saja.

Sehingga dapat disimpulkan apabila kartu tidak ada sinyal dan indikator bar menunjukan icon silang maka:

  1. Kemungkinan berada di masa tenggang.
  2. Perlu registrasi NIK dan KK ulang.
  3. Kartu sudah terblokir.
  4. Jaringan telkomsel sedang error.

Dalam sesi pembahasan di bawah saya telah merangkum masalah terkait nomor terblokir satu paket dengan solusinya. Ada beberapa cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati atau terblokir sesuai ketentuan pihak operator. Apakah anda penasaran? simaklah artikel dibawah hingga selesai.

Mengembalikan Kartu Telkomsel yang Terblokir

Kartu AS dan simpati terblokir menjadi salah satu masalah utama yang dialami beberapa pelanggan. Pemblokiran sepihak yang dilakukan telkomsel tanpa pemberitahuan terkadang membuat pengguna menjadi bingung. Tanda-tanda masalah ini adalah tidak bisa menangkap sinyal operator. Kartu telkomsel terblokir sendiri dapat disebabkan oleh beberapa faktor baik itu karena user error maupun murni kesalahan sistem.

Misalnya saja terdapat aktivitas mencurigakan pada kartu perdana miliki kita. Sistem dan algoritma telkomsel yang curiga akan langsung memblokir nomor tersebut untuk menghindari adanya tindakan penyalahgunaan kartu. Teori tersebut sangat masuk akal karena saya sendiri pernah mengalaminya.

Beruntung, hampir semua kasus nomor terblokir bisa dipulihkan dan kembali seperti sediakala. Karena pada hakekatnya kartu telkomsel yang sudah mati berbeda dengan kondisi dimana nomor terblokir. Arti dari kata diblokir mengacu pada pembekuan sementara. Hingga pemilik sah kartu tersebut melakukan konfirmasi untuk aktivasi kembali nomor tersebut.

Cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati karena terblokir adalah:

  1. Pergi ke grapari terdekat.
  2. Jangan lupa untuk membawa KTP dan fotocopy KK.
  3. Ceritakanlah kronologi kejadian kapan nomor simpati atau kartu AS mulai terblokir kepada CS.
  4. Tunggu customer care memproses keluhan.

Jika anda bingung menyusun kata-kata ikutilah panduan percakapan berikut: Mbak, kartu saya tiba-tiba terblokir tanggal sekian. Bagaimana cara mengembalikannya? Selanjutnya anda akan ditanyai berapa nomor hpnya, kapan terakhir kali digunakan, dan kepada siapa terakhir kali berkirim pesan/telpon. Hafalkanlah 3 pertanyaan tersebut sebelum berbicara pada CS.

Setelahnya, kalian harus mengisi data diri serta menyerahkan fotocopy KTP KK kepada CS. Tunggulah beberapa saat hingga CS selesai mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati karena terblokir. Anda akan diberikan kartu perdana baru yang berisi nomor, layanan, data, serta pulsa yang sama persis seperti sebelum kartu terblokir.

Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Habis Masa Tenggang

Perdana simpati dan kartu AS yang tidak pernah diisi pulsa menjadi penyebab nomor telkomsel hangus terblokir. Hal ini biasa dijumpai pada pelanggan yang sering bergonta ganti kartu perdana setiap bulannya demi kebutuhan isi kuota. Meskipun terkesan instan, namun hal ini sangat krusial mengingat nomor ponsel seperti layaknya identitas.

Dimana untuk mendaftar dan login whatsapp, instagram, line, telegram, bahkan akun sosial media bisa menggunakan nomor tersebut. Bagaimana kalau seandainya kartu telkomsel habis masa tenggangnya? tentu saja nomornya akan terblokir dan masuk ke proses daur ulang kembali. Dengan demikian kita tidak akan bisa login ke akun sosmed jika sewaktu-waktu ada masalah.

Ketika memasuki masa tenggan, pelanggan akan mendapatkan pemberitahuan untuk mengisi pulsa sebelum batas waktu yang ditentukan. Gunanya adalah untuk menghindari nomor telkomsel hangus karena masa tenggangnya sudah habis. Jika peringatan tersebut tidak dihiraukan maka nomor AS, simpati, loop, dan halo milik kalian akan dihapus.

Jika sudah demikian bagaimana cara mengaktifkan kembali kartu telkomsel yang sudah mati? Jawabannya adalah tidak bisa. Ini adalah jawaban mutlak yang akan diberikan oleh customer service ketika anda bertanya perihal cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati karena masa tenggangnya habis.

Ketika kartu telkomsel mati karena habis masa tenggang maka sudah tidak bisa diaktifkan kembali oleh pihak customer service. Hal ini pun sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan pelanggan yang diterbitkan bertahun-tahun silam. Jika anda mencoba menghubungi customer service hasilnya akan sama saja. Bahkan kita disarankan untuk membeli kartu SIM yang baru di outlet ataupun grapari terdekat.

Ingat nomor terblokir dan kartu mati karena masa tenggang habis adalah dua kasus yang berbeda.

Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Hangus

Andai kata nomor simpati ataupun kartu AS milik kalian hangus lantas apa yang harus dilakukan? tak perlu risau. Masih ada cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati asalkan tidak lewat 15 hari setelah masa tenggagnya habis. Namun status kartu akan berubah yang mulanya prabayar menjadi pascabayar (Kartu HALO).

Dengan berubahnya status kartu, maka pola transaksinya pun juga akan ikut berubah. Misal pada mulanya kita bayar di awal sebelum beli sekarang kalian akan dikirimkan tagihan tiap bulan. Inilah hal penting yang harus kalian pelajari tentang konsep dasar kartu pascabayar.

Jika kartu telkomsel mati karena masa tenggang lebih dari 15 hari maka kita benar-benar tidak akan bisa mengaktifkan nomor itu lagi. Sedangkan prosesnya pun sama saja yakni pelanggan harus menyambangi grapari terdekat. Lalu menceritakan kronologi bahwa kalian ingin mengembalikan nomor telkomsel tersebut dengan cara bergantis status ke pascabayar.

Membuat Laporan Ke Grapari

Apakah kita bisa mengakali dengan cara membuat laporan ke grapari atas masalah di atas? jawabannya percuma saja.  Saya pernah mengalami masalah sedemikian rupa dimana nomor terblokir dan status ponsel tidak ada layanan. Setelah di cek ternyata memang benar kartu sudah mati karena saya lupa melakukan isi ulang pulsa.

Ketika hendak bertanya, customer service pun langsung memotong dan mengatakan bahwa pelanggan tidak bisa mengembalikan kartu telkomsel yang hangus terblokir karena mati. Oleh karenanya penting bagi pelanggan untuk menjaga nomor tetap aktif.

Intinya, kepemilikan nomor telepon adalah hal penting layaknya identitas yang harus dijaga oleh setiap pelanggan kartu telkomsel. Karena jika terjadi sesuatu pada nomor tersebut maka kita bisa kehilangan seluruh data, kontak, dan layanan yang berkaitan dengan nomor tersebut.

Di lain sisi, cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati juga tidak mudah. Kita harus rela mengorbankan status dari prabayar menjadi pascabayar agar kartu tersebut bisa digunakan lagi.

Namun, apabila nomor sudah mati karena lewat masa tenggang lebih dari 15 hari ada baiknya anda mempertimbangkan untuk membeli perdana baru saja. Karena seperti apapun anda meminta pada customer service untuk mengaktifkan kartu AS simpati dan loop. Hasilnya sama saja yakni tidak akan bisa karena nomor tersebut sudah masuk ke database untuk didaur ulang.

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati Terblokir Dan Hangus"