Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Transfer Gopay ke OVO Gratis Tanpa Biaya Admin

Cara Transfer Gopay ke OVO Gratis Tanpa Biaya Admin - Roda perputaran uang kini semakin cepat seiring berjalannya waktu. Berbagai platform dompet digital pun sudah mulai menggantikan fungsi bank konvensional pada umumnya. Kini kita bisa saling kirim saldo, menyimpan uang, hingga top up ke marketplace seperti shopee dengan mudah tanpa perlu repot keluar rumah.

Cara Transfer Gopay ke OVO Gratis Tanpa Biaya Admin
Top Up Saldo OVO via Gopay

Cara transfer gopay ke OVO akhirnya menjadi salah satu kata kunci yang banyak dicari di internet. Meningkatnya volume pencarian itu bukan tanpa alasan mengingat keduanya punya reputasi baik di tengah masyarakat. Penggunanya pun semakin hari juga terus bertambah berkat program menarik yang tercipta. Misalnya voucher gopay gratis, potongan harga, diskon, hingga cashback.

Apakah transfer gopay ke ovo tanpa biaya admin bisa dilakukan? pertanyaan ini sering saya dengar. Jawabannya cukup ambigu karena ada yang mengaku saldo tidak terpotong setelah proses kirim. Tapi mengacu pada syarat ketentuan harusnya pelanggan akan dikenakan tarif atau potongan saat transfer saldo.

Cara Transfer Gopay ke OVO Gratis Tanpa Biaya Admin

Kehadiran e-wallet memang sangat membantu pengguna ponsel yang tidak mempunyai rekening. Apalagi jika kalian gemar pesan makanan via grabfood atau memakai jasa ojol dari aplikasi gojek. Proses pendaftaran yang cepat berpadu dengan fitur melimpah menjadi daya tarik utama. Transfer saldo gopay ke ovo ataupun sebaliknya bisa jadi solusi saat saldo kalian sedang kosong. 

Lantas apakah isi saldo ovo lewat gopay bisa dilakukan? tentu saja. Meski terpisah oleh dua developer berbeda tapi masing-masing pengguna tetap dapat berkirim saldo. Konsep ini sama seperti layaknya rekening bank sehingga kita pasti sudah sangat familiar dengan metodenya. Namun hanya sebagian user saja yang paham karena mayoritas lebih suka isi saldo via atm dan alfamart.

Sebelumnya, saya sudah pernah ajarkan cara mendapatkan saldo dana gratis lalu memakainya untuk belanja. Tapi pada artikel ini saya akan ajarkan salah satu cara kirim saldo antar dompet digital. Jika kalian masih belum tau cara transfer gopay ke ovo tanpa biaya admin. Maka simaklah penjelasan di bawah hingga selesai sebab sedikit banyak akan saya sampaikan langkahnya.

Login OVO (Grab)

Mengirim saldo gopay ke ovo sebenarnya bukanlah hal mustahil meskipun keduanya dipisahkan oleh platform yang berbeda. Selama akun tersebut sudah terverifikasi maka kalian tinggal mengikuti setiap langkah ayang akan saya ajarkan.

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka aplikasi grab masing-masing. Bukan demi belanja atau checkout pesanan tapi tujuannya untuk cek nomor ovo. Sebagai catatan, pelanggan tidak perlu upgrade akun grab dengan memverifikasi KTP bila hanya ingin menerima saldo.

Cara Transfer Gopay ke OVO Gratis Tanpa Biaya Admin
Login Ovo

Sebaliknya, user harus punya akun berstatus gopay plus untuk bisa transfer saldo ke ovo. Syarat ini mutlak agar cara transfer gopay ke ovo berjalan lancar. Lalu bagaimana cara upgrade gopay plus? sepertinya saya sudah pernah menjelaskannya. Silahkan cari di katalog artikel pada navigasi situs.

Masuk ke Menu Dompet OVO

Selanjutnya, kita harus masuk ke Dompet OVO yang ada di halaman Dashboard. Pada dasarnya menu ini memuat segala informasi terkait penggunaan saldo ovo yang ada di akun. Mulai dari ID pelanggan, riwayat belanja, top up, bayar, maupun kirim saldo.

Saat sudah masuk, lanjutkan dengan tap menu Isi Saldo di bagian pojok kiri atas untuk mendapatkan ID Virtual Account. Bila belum tau, saya sudah pernah membahas cara melihat nomor ovo di kesempatan sebelumnya.

Cara Transfer Gopay ke OVO Gratis Tanpa Biaya Admin
Pilih menu isi Saldo

Apabila settingan aplikasi masih default maka silahkan pilih menu Top Up seperti pada gambar di atas. Baik Isi Saldo ataupun Top Up memiliki fungsi yang sama hanya bahasanya saja yang berbeda.

Pilih Transfer Bank

Cara transfer gopay ke ovo selanjutnya yakni memilih metode top up. Karena keduanya mempunyai platform berbeda maka kita tidak bisa langsung mengubah saldo begitu saja. Maka dari itu, pengguna harus memanfaatkan fitur virtual account sebagai perantara. Langkahnya cukup mudah, setelah masuk ke opsi isi saldo kalian tinggal pilih bank yang ingin dipakai.

Cara Transfer Gopay ke OVO
Pilihan Bank Transfer Ovo

Setelah memilih bank maka akan muncul instruksi yang ditujukan untuk mempermudah proses pengisian saldo. Nah, kalian fokus saja pada nomor VA billing yang tertera pada instruksi tersebut.

Kalau saya cenderung lebih suka pakai bank BNI atau mandiri karena lebih mudah. Selain itu, keduanya juga sudah support fitur cek otomatis jadi pelanggan tak perlu menunggu terlalu lama. Jika sudah, silahkan copy kode VA masing-masing untuk melanjutkan transfer gopay ke ovo.

Buka Aplikasi Gojek

Secara garis besar, gopay sendiri merupakan alat pembayaran resmi yang terdapat pada aplikasi gojek. Tidak hanya berkecimpung di bisnis pengantaran makanan dan penumpang saja. Tapi perusahaan ini juga kian merambat ke pembiayaan finansial serta payment gateway.

Saya sudah sebutkan bahwa cara transfer gopay ke ovo tanpa biaya admin bisa berhasil apabila kalian sudah upgrade akun gojek. Kalau ternyata akunmu belum terverifikasi maka segera upload foto KTP dan selfie. Karena proses aprovalnya berkisar antara 1 hari yang notabenya menurut saya cukup lama.

Pilih Menu Transfer Instan

Sekilas tampilan aplikasi gojek terlihat sederhana sehingga membuat pengguna mudah mengoperasikanya. Fungsinya pun juga beragam tak hanya untuk membuat orderan saja tapi juga untuk alat transaksi yang lumayan efisien. Pengguna bahkan dapat membeli pulsa, bayar tagihan, checkout belanjaan, sampai berkirim saldo ke sesama.

Semua itu terjadi berkat fitur pembayaran yang terintegrasi dengan berbagai platform mitra gojek. Sehingga kerjasama ini memungkinkan kalian untuk saling transfer gopay ke ovo ataupun sebaliknya.

Setelah berhasil login dan akun tervefikasi menjadi gopay plus maka silahkan masuk Menu Bayar. Lanjutkan dengan pilih kirim saldo gopay ke rekening bank lalu opsi transfer instan, pilih bank (mandiri atau BNI).

Paste Nomor OVO

Cara transfer gopay ke ovo selanjutnya adalah input kode VA yang notabenya merupakan ID grab kalian. Setiap bank pasti memiliki nomor VA berbeda baik itu mandiri, BRI, BNI, maupun BCA. Setelah kode itu akan diikuti oleh nomor HP pelanggan yang terdaftar ke akun grab.

Contoh: saya pilih metode Bank Mandiri maka kode Virtual account yakni 893. Sehingga format nomor ovo saya adalah 893 + 081316944350. Di kolom dialog selanjutnya pengguna akan diminta mengisi nominal transfer saldo yang diinginkan. Batas minimal transfer gopay ke OVO adalah 10 ribu rupiah.

Pastikan jangan sampai salah pada saat memasukan nomor OVO karena saldo tak akan masuk apabila terjadi kesalahan. Lebih parahnya lagi, kalian akan kehilangan saldo gopay karena kebijakan perusahaan menyatakan tidak ada refund.

Apakah proses kirim saldo terkena biaya admin? tentu saja, sebab pengguna memakai jasa VA milik bank konvensional. Tapi potongan itu tidak terlalu besar karena berkisar antara 1000 sampai 2000 rupiah saja untuk sekali transaksi.

Konfirmasi Transfer

Jika sudah menyelesaikan langkah di atas tinggal tap lanjut untuk menuju tahap selanjutnya. Pada tahap ini kita akan diminta mengonfirmasi kiriman saldo apakah sudah sesuai atau belum. Sedikit saran, pastikan nomor ovo tidak keliru karena pihak gopay tidak akan mengembalikan saldo jika terjadi kesalahan.

Untuk mengakhiri cara transfer gopay ke ovo tinggal masukan 6 digit PIN Gopay kamu. Bagaimana, mudah bukan? Dari penjelasan di atas akan saya simpulkan beberapa hal yang harus kalian siapkan.

Syarat Transfer Gopay ke ovo:

  1. Akun ovo biasa (tidak perlu upgrade).
  2. Akun Gopay Plus (harus upgrade).
  3. Saldo lebih untuk biaya admin.
  4. Koneksi Internet.

Mungkin cukup sekian penjelasan yang dapat saya sampaikan. Pada dasarnya, cara kirim saldo gopay ke ovo memang sangat mudah selama user paham dengan syarat dan ketentuan. Kalian juga perlu mempertimbangkan aspek lain seperti biaya admin yang dibebankan saat proses transaksi.

Berapa nominialnya? jasa virtual akun adalah 2500 sedangkan fee dari shope adalah 500 sehingga totalnya 3 ribu rupiah. Bila kalian mempunyai saldo OVO maka simaklah cara transfer ovo ke shopeepay yang sudah pernah saya tulis.

Posting Komentar untuk "Cara Transfer Gopay ke OVO Gratis Tanpa Biaya Admin"