Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku (Pasti Berhasil)

Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku (Pasti Berhasil) - Akulaku adalah salah satu aplikasi pinjaman online yang namanya sudah terkenal di tengah masyarakat. Sepak terjang perusahaan fintech ini dalam menyediakan pinjaman uang, proses daftar yang mudah, serta pencairan cepat tak perlu diragukan lagi. Aspek itulah yang akhirnya menjadi daya tarik tersendiri di mata publik.

Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku
Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku

Salah satu nilai plus dari akulaku adalah kita bisa membayar pesanan secara kredit (cicilan). Pengguna pun juga dapat dengan mudah membatalkan pesanan jika di kemudian hari ada masalah. Misalnya salah pengiriman, barang tidak sesuai, barang cacat, tidak sesuai deskripsi, dan lain sebagainya. 

Jika itu terjadi maka segeralah batalkan pesanan selagi opsi masih tersedia di aplikasi. Karena saat orderan sudah dikirim maka akan sangat sulit untuk melakukan pembatalan dari sisi customer. Pada artikel kali ini kita akan membahas berbagai metode yang bisa kalian lakukan untuk membatalkan pesanan di akulaku.

Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku (Pasti Berhasil)

Akulaku termasuk lembaga keuangan yang berfokus menyediakan pembiayaan online. Tak hanya pinjaman uang saja, tapi pihaknya juga memberikan kelonggaran bagi pengguna untuk beli produk secara kredit. Bila gemar berbelanja maka sistem bayar di akulaku sudah pasti cocok untuk memenuhi ekspektasi kalian.

Skema bunga cicilan yang ringan serta tenor pembayaran lebih lama seakan mengonfirmasi betapa profesionalnya akulaku. Singkatnya, kalian hanya perlu daftar lalu memverifikasi indentitas maka akan langsung mendapatkan limit kredit. Bila kurang puas, maka pengguna dapat mengajukan tambahan limit sesuai syarat ketentuan. Saya pun sudah pernah membahas cara menaikan limit akulaku di kesempatan sebelumnya.

Meski menawarkan beragam kelebihan tapi tak serta merta membuat layanannya jadi sempurna. Asumsi ini muncul bersamaan dengan keluhan pelanggan yang tidak tau cara membatalkan pesanan di akulaku yang sudah dikirim. Apakah hal itu mungkin? lazimnya kita bisa batalkan pesanan saat belum dibayar atau dikemas. Tapi dalam beberapa kasus ada pula pelanggan yang ingin cancel order karena suatu alasan kuat.

Cara Membatalkan Pesanan yang Sudah Dikirim

Secara garis besar kita tidak bisa batalkan pesanan di akulaku yang sudah dikirim secara sepihak. Mengapa demikian? sebab perusahaan fintech satu ini hadir menjembatani proses jual beli yang adil untuk buyer maupun seller. Guna menciptakan lingkungan transaksi yang sehat maka akulaku pun menerapkan kebijakan guna melindungi sang penjual.

Di lain sisi, memang ada beberapa sebab kenapa pelanggan ingin membatalkan pesanan miliknya. Misalnya karena berubah pikiran, menambah pesanan, lupa memasukan kode promo, dan lain sebagainya. Entah apapun alasannya saya tegaskan bahwa pihak akulaku tidak memiliki wewenang untuk cancel orderan yang sudah masuk ke sistem.

Kalau bersikeras, maka ada alternatif cara membatalkan pesanan di akulaku yang sudah dikirim. Kalian bisa mengirim ulang barang tersebut dengan mengajukan refund kepada penjual. Karena barang sudah dikirim dan berpindah ke tangan jasa ekspedisi maka pelanggan sudah tak memiliki kesempatan untuk cancel. Mau atau tidak kita harus menunggu pesanan itu agar sampai ke rumah terlebih dulu.

Walaupun sudah mengajukan proses refund tapi terkadang pihak e-commerce tidak langsung menyetujuinya. Berdasarkan pengalaman saya, proses refund berjalan cukup lama berkisar antara 2 sampai 5 hari. Belum lagi ongkos kirim yang harus dikeluarkan oleh pengguna untuk mengembalikan barang refund tersebut. Jika ingin mencoba maka simaklah langkah langkah di bawah:

  1. Chat penjual dan katakan ingin batalkan pesanan.
  2. Sertakan alasan yang jelas. Misalnya kualitas barang tidak sesuai, bermasalah, dll.
  3. Kalau tidak mendapat respon maka simpan riwayat chat.
  4. Tunggu sampai pesanan datang.
  5. Ajukan pengembalian (refund) ke customer service akulaku.
  6. Kirim kembali barang ke alamat seller.

Cara Batalkan Pesanan di Akulaku

Melakukan pembatan order sudah menjadi hal yang cukup lumrah dalam ranah belanja online. Hanya saja tindakan itu perlu kita lakukan sesuai prosedur dan langkah yang benar. Mengingat kita berurusan dengan lembaga jasa keuangan dan penjual maka hendaknya kita menyikapinya dengan bijak.

Sebenarnya pihak perusahaan telah menyediakan opsi pembatalan yang bisa diakses sendiri dari platform aplikasi. Jadi, pelanggan tidak harus menghubungi call center jika mengalami kendala dengan barang yang dibeli.

Namun tak semua pengguna ponsel menyadari keberadaan fitur bermanfaat tersebut. Selain dipakai untuk bayar tagihan atau pinjam uang, kita juga dapat memanfaatkan aplikasi akulaku untuk memantau setiap orderan.

Cara membatalkan pesanan di akulaku bila kondisi barang masih dikemas atau belum dibayar relatif lebih mudah. Bila kalian belum tau maka simaklah langkah langkah berikut:

  1. Pastikan koneksi internet stabil agar proses berjalan lancar.
  2. Buka aplikasi Akulaku di ponsel kalian.
  3. Cek limit akulaku terlebih dulu. Bila sudah terpotong maka masuk ke menu Bills.
  4. Lalu pilih Pesananku.
  5. Kemudian akan muncul laman baru bertuliskan "Menunggu Hasil Pembayaran".
  6. Selanjutnya pilih produk yang ingin kalian batalkan.
  7. Lanjutkan dengan pilih Rincian pesanan.
  8. Scroll ke bawah sampai menemukan opsi Batalkan Pesanan.
  9. Langkah terakhir lakukan konfirmasi pembatalan.
  10. Selesai.

Syarat Pembatalan

Ketika memutuskan untuk belanja online kalian harus menerima segala resiko yang akan ditemui. Mungkin barang tidak sesuai keinginan, jauh dari ekspektasi, atau penjual salah mengirim barang. Akan tetapi pelanggan tidak perlu kawatir jika hal itu terjadi sebab pihak aplikator menyediakan opsi refund.

Misalkan saya memutuskan kredit HP di akulaku untuk merk samsung galaxy Z flip 3. Tapi ternyata yang datang adalah galaxy Z flip generasi ke 2. Maka sebagai pelanggan saya berhak mengajukan pengembalian dana sebab barang yang diterima tidak sesuai.

Kendati demikian, ada beberapa syarat yang harus kalian penuhi. Syarat ini bersifat mutlak sebagia bagian dari usaha akulaku menciptakan ruang lingkup e-commerce yang sehat. Agar cara membatalkan pesanan di akulaku berhasil maka pahamilah syarat ketentuan berikut ini:

  1. Konfirmasi terlebih dahulu kesalahan pemesanan barang seperti apa kepada penjual, jelaskan secara rinci dan jelas bisa disertakan dengan foto atau video sebagi bukti yang kuat.
  2. Penjual tidak ada kabar atau barang barang tidak di kirim dalam jangka waktu yang cukup lama.
  3. Stok barang yang kalian pesan kosong, akan tetapi biasanya penjual akan secara otomatis memberitahu kepada kalian via Whatsap.
  4. Buyer mau menerima refund.
  5. Opsi batalkan pesanan masih muncul di aplikasi.
  6. Terjadi kesalahan pemilihan barang, kuantitas, warna, atau kualitas.
  7. Barang belum diambil oleh kurir.

Jika syarat di atas terpenuhi maka kalian bisa batalkan pesanan di akulaku dengan persetujuan dari pihak perusahaan. Bila ternyata orderan sudah terkirim maka pastikan membuat video unboxing terlebih dulu guna membantu proses refund.

Hubungi Call Center Akulaku

Masing masing e-commerce pasti memiliki pusat bantuan dan layanan yang bisa dihubungi. Fungsinya tak lain untuk membantu menyelesaikan segala keluh kesah pelanggan. Demikian pula akulaku yang menyediakan fitur sejenis. Sayangnya, panggilan call center akulaku tidaklah gratis seperti milik kompetitor lain. Jadi, siapkan pulsa minimal 10 ribu sebelum melakukan panggilan.

Meski sudah mendapat arahan begitu jelas terkadang masih ada pengguna ponsel yang bingung mempraktekanya. Kalau cara membatalkan pesanan di akulaku yang saya terangkan terlalu sulit maka masih ada solusi. Mintalah bantuan kepada customer service yang notabenya selalu online 24 jam.

Agar mendapat respon cepat maka hubungi saja via telepon ke nomor: 1500920.

Itulah sedikit pembahasan cara batalkan pesanan akulaku yang dapat saya sampaikan. Sedikit saran jika ingin berbelanja online pastikan toko yang kalian tuju memiliki ranting bagus atau lihat rating barangnya. Saya sendiri memiliki kriteria minimal mendapat rating 4,7 untuk kategori produk. Jangan lupa baca pula komentar dari pembeli lain sebagai bahan rujukan.

Posting Komentar untuk "Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku (Pasti Berhasil)"