Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Transfer Kuota TRI (Kartu 3) Gratis Tanpa Biaya

Cara Transfer Kuota TRI (Kartu 3) Gratis Tanpa Biaya - Memiliki kuota berlebih dengan masa aktif yang hampir habis menjadi problematika tersendiri untuk beberapa pelanggan. Pasalnya kuota internet tersebut tidak akan terakumulasi pada aktivasi paket selanjutnya. Dengan kata lain kuota milik kalian akan hangus setelah masa aktif habis. Untuk menghindari sisa data internet hangus kita bisa transfer kuota internet TRI ke sesama.

Tapi faktanya, mayoritas pelanggan hanya akan membiarkan sisa kuotanya terbuang percuma saja. Hal ini disebabkan karena faktor ketidaktahuan ditambah minimnya informasi tentang cara kirim kuota kartu 3. Masalahnya apakah anda tau cara transfer kuota TRI ke sesama? pertanyaan ini sangatlah penting. Karena sebenarnya kalian bisa melakukanya secara gratis melalui program KiKiDa dan KiKiPu.

Cara Transfer Kuota 3 Terbaru dan Terlengkap
Cara Mentransfer Kuota Tri

Kirim-kirim data dan kirim-kirim pulsa merupakan layanan berbagi yang dikembangkan oleh provider kartu 3. Lewat fitur ini kalian bisa mengirim sisa kuota secara langsung ataupun membeli paket internet untuk nomor tujuan. Bagaimana, menarik bukan kedua fitur ini?

Fitur yang sudah ada sejak lama tersebut bisa diakses lewat kode rahasia UMB *323#. Alternatif lainnya kalian juga bisa transfer kuota TRI ke sesama lewat aplikasi resmi. Sayangnya, pihak operator belum menyediakan metode pengiriman data menggunakan format SMS. Tapi menurut saya dua cara sebelumnya sudah lebih dari cukup, apalagi gratis.

Cara Transfer Kuota TRI (Kartu 3) Gratis Tanpa Biaya

Paket internet menjadi pengganti biaya pemakaian standar ketika mengakses berbagai platform online. Dengan kata lain, tanpa adanya kuota internet pulsa kartu tri akan terpotong saat mengirim WA, membuka FB, IG, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana cara agar kita tetap bisa berinternetan meski tanpa paket data? Salah satu solusinya dengan meminta teman mengirimkan kuota ke nomor TRI milik kita.

Berkirim kuota adalah salah satu fitur yang bisa ditemukan di hampir semua operator seluler. Layanan tersebut menjadi penyelamat di kala data habis dan kita tidak punya pulsa untuk beli paket internet. Melalui fitur ini pula pelanggan bisa mengirimkan sisa kuotanya agar lebih bermanfaat.

Cara transfer kuota TRI gratis sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Beberapa opsi pengiriman pun telah disiapkan oleh operator mulai via SMS, aplikasi, dan lewat kode dial. Tapi terkadang ada pula pelanggan yang salah mengartikan bisa mengirim kuota kartu tri ke operator lain. Padahal secara teori hal tersebut sangat mustahil terjadi karena tidak adanya bentuk kerjasama antar provider di Indonesia.

Oleh karenanya, saya tergelitik untuk menulis artikel yang sedikit banyak akan membahas seputar fitur kirim kuota 3. Selain mempelajari cara transfer kuota tri gratis, kita juga akan membahas beberapa syarat dan ketentuan fitur tersebut. Tujuannya agar tidak terjadi lagi kesalahpahaman persepsi seperti anggapan di atas. Penasaran seperti apa tutorialnya? silahkan simak pembahasan hingga selesai.

Syarat dan Biaya Transfer Kuota TRI

Setiap operator memiliki kebijakan tersendiri dalam hal mengirim kuota internet ke sesama. Begitu juga dengan provider kartu 3 yang memberlakukan beberapa syarat ketentuan khusus. Sebelum transfer paket data ke nomor lain alangkah baiknya kalian perhatikan beberapa poin penting tersebut. Karena jika gagal memenuhi persyaratan maka proses akan gagal.

Maka dari itu, sebelum belajar bagaimana cara transfer kuota tri gratis ke sesama. Alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu ketentuan yang meliputi syarat umum, biaya transfer, minimal pengiriman kuota, dan lain sebagainya. Lantas apa itu KiKiDa dan KiKiPu? Ada baiknya kalian simak dan penuhi terlebih dahulu beberapa syarat di bawah:

  1. Masa penggunaan nomor pengirim harus dalam kondisi aktif.
  2. Masa penggunaan nomor penerima diperbolehkan dalam kondisi tenggang. Namun masa tenggang nomor tersebut tidak boleh sampai dilewati agar tidak hangus. Pentransferan kuota ini tidak dapat dilakukan apabila nomor penerimanya hangus. 
  3. Pengirim harus memiliki saldo pulsa minimal Rp 5.000 setelah melakukan transfer pulsa. Untuk itu pulsa yang dimiliki ketika akan melakukan transfer harus lebih dari Rp 5.000.

Apakah transfer kuota 3 dapat dilakukan ke operator lain? Bagaimana cara transfer kuota Tri ke operator lain? Pertanyaan tersebut sering saya jumpai dalam forum online. Memang cukup menggelitik tapi justru menimbulkan rasa penasaran di pikiran saya. Cara transfer kartu tri ke Telkomsel dan operator lainnya dapat dilakukan dengan mudah menggunakan beberapa metode saja. 

Cara Transfer Kuota Tri ke Lewat Kode Dial

Saling berkirim pulsa ke sesama sudah menjadi hal biasa di tengah pengguna ponsel pintar di Indonesia. Biaya transfer murah menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pelanggan daripada harus melakukan isi ulang. Tapi pernahkah kalian mengirim kuota internet ke nomor lain dalam provider yang sama?

cara transfer kuota kartu tri gratis
berapa kode dial transfer kuota kartu TRI

Sebenarnya provider Tri telah menyediakan akses gratis Whatsapp, Line, dan beberapa platform aplikasi chatting lain. Bundling tersebut bisa dibeli pelanggan pada beberapa pilihan paket yang memang menyediakan kuota unlimited chat. Tapi bagaimana jika yang kita butuhkan adalah kuota internet untuk browsing?

Cara transfer kuota TRI paling mudah bisa dilakukan lewat kode dial. Kita tak bisa menampik fakta bahwa tiap operator memiliki kode rahasia masing-masing yang mengarah pada suatu layanan. Nah, kali ini saya akan memberikan kode dial untuk saling berbagi kuota internet ke sesama. Berikut langkah-langkahnya meliputi:

  1. Langkah pertama yaitu buka menu Panggilan atau Phone terlebih dahulu.
  2. Kemudian ketikkan *323# dan tekan Panggil/Call.
  3. Pilih 2 - KIKIDA.
  4. Selanjutnya pilih nominal kuota TRI (kartu tri) yang tersedia.
  5. Masukan nomor tujuan penerima.
  6. Untuk konfirmasi pengiriman pilih 1 (ya).

Seharusnya kalau kalian memenuhi kebihakan transfer kuota TRI diatas maka tidak akan ada kendala. Tunggulah hingga mendapatkan SMS notifikasi kuota internet berhasil terkirim. Misalkan kalian tidak bisa mengirim data atau mendapati pesan gagal transfer maka cek kembali syarat ketentuan sebelumnya.

Baca juga : Paket TRI Unlimited Internet Gratis Tanpa Kuota

Sebagai catatan, kalian juga bisa mengikuti program KiKiPu atau kirim-kirim pulsa data sebagai pengganti. Kikipu sendiri memiliki metode yang berbeda karena ibarat kita membelikan paket internet pada nomor tujuan menggunakan pulsa kita.

Cara Transfer Kuota TRI dari Aplikasi

Setiap operator seluler memiliki aplikasi penunjang yang berfungsi untuk mempermudah proses transaksi. Baik beli paket internet, cek info kartu perdana, cek sisa kuota, dan transfer kuota atau pulsa menjadi satu dalam aplikasi tersebut.

Demikian juga operator satu ini yang menawarkan kemudahan akses lewat aplikasi BimaTRI. Pelanggan dapat mengunduh lalu menginstalnya dari playstore maupun appstore. Sayangnya, fungsi dari BimaTRI tak berjalan secara maksimal karena mayoritas pengguna ponsel hanya berfokus pada menu transaksi saja. Padahal jika digali ada berbagai fitur serta layanan menarik yang bermanfaat bagi kita.

Cara transfer kuota Tri selanjutnya dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi BimaTri. Dengan aplikasi ini, kuota Tri dapat ditransfer secara gratis tanpa membutuhkan biaya apapun, namun sisa kuotanya harus berjumlah lebih dari 25%. Adapun cara melakukannya yaitu:

  1. Langkah pertama yaitu mendownload aplikasi BimaTri.
  2. Lalu login dan buka aplikasi tersebut menggunakan nomor kartu 3 (Tri) anda.
  3. Kemudian pilih pada menu GIFT dan cari menu Transfer Paket dengan menscroll ke bawah.
  4. Selanjutnya masukkan nomor tujuan pada kolom yang tersedia dan pilih kategori paket kuota internet Tri yang ditransfer.
  5. Klik Transfer Sekarang dan secara otomatis kuota akan dikirim ke nomor penerima.
  6. Tunggu SMS balasan berisi informasi bahwa paket telah berhasil dikirimkan.

Saya sendiri memang belum pernah kirim paket data TRI secara langsung ke sesama lewat BimaTRI. Tapi berdasar penuturan sejumlah pelanggan ternyata ada kalanya aplikasi tersebut mengalami error. Mulai dari tidak bisa login, layar blank putih, atau bahkan layanan transfer kuota hilang di BimaTRI.

Tidak Bisa Transfer Kuota Tri

Sekilas berkirim kuota ke sesama kartu 3 memang terdengar sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak. Dari sisi penerima sudah akan menerima kuota gratis untuk menunjang aktivitasnya. Sedangkan pengirim berkesempatan memperoleh masa aktif tambahan sekaligus terhindar dari kuota yang terbuang percuma.

Sejauh ini hanya ada dua cara transfer kuota TRI yang ampuh yakni dari aplikasi bimaTRI atau kalian dapat mengakses program kikida. Masing-masing tentu memiliki mekanisme serta langkah berbeda tapi pada dasarnya syarat dan ketentuan keduanya masih tetap sama.

Untuk menikmati fitur transfer kuota pelanggan harus benar-benar mematuhi syarat dan ketentuan dari pihak operator. Sebab ternyata ada juga yang tidak bisa mengirim paket data tri ke tri seperti yang saya ajarkan di atas.

Adapun beberapa penyebab kenapa tidak bisa transfer kuota tri adalah:

  1. Nomor pengirim atau penerima berada di masa tenggang.
  2. Pengirim tidak memiliki cukup kuota.
  3. Pulsa pengirim di bawah 5000.
  4. Belum memenuhi batas minimal kartu aktif.
  5. Salah mengakses kode dial sehingga menu transfer tidak muncul.

Memahami syarat dan ketentuan dari pihak operator jadi kunci utama apabila tak ingin mengalami kegagalan pada saat ingin kirim paket data. Maka dari itu pastikan kalian telah memenuhi syarat seperti memiliki cukup kuota, sisa pulsa di minimal 5000 dan lain lain.

Demikianlah penjelasan mengenai cara transfer kuota Tri atau kartu 3 terbaru dan terlengkap, baik ke sesama maupun operator lain. Layanan transfer pulsa kartu Tri merupakan salah satu jenis fitur provider Tri yang terbaru untuk para pelanggan setianya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "Cara Transfer Kuota TRI (Kartu 3) Gratis Tanpa Biaya"