Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Jaringan Indosat Lemot Hari Ini (Penyebab dan Solusi)

Kenapa Jaringan Indosat Lemot Hari Ini (Penyebab dan Solusi) - Internet indosat lemot secara tiba-tiba memang sering dirasakan oleh sebagian pengguna kartu im3. Tentunya hal tersebut sangat mengganggu kegiatan harian yang mulai didominasi oleh aktivitas virtual. Misalnya sekolah daring, bekerja dari rumah, atau sekedar menonton youtube.

Internet Indosat lemot

Meski termasuk salah satu operator yang menyandang nama besar. Tapi indosat tidak membekali produknya dengan pelayanan prima. Asumsi ini terbukti dengan banyaknya keluhan serta pertanyaan kenapa jaringan indosat lemot sering drop sendiri.

Sebagai pelanggan lama tentu kita sudah hafal dengan penyakit utama kartu IM3. Mulai dari internet yang tidak stabil, sinyal hilang, sampai penyedotan pulsa karena terdaftar konten berbayar. Tapi harga paket murah serta kuota yang besar menjadi daya tarik utama mengapa banyak pelanggan masih bertahan.

Kenapa Jaringan Indosat Lemot Hari Ini (Penyebab dan Solusi)

Sambungan internet memang sudah menjadi kebutuhan wajib untuk sebagian besar pengguna ponsel. Efek modernisasi memaksa masyarakat untuk terus beradaptasi dan mengikuti arus perkembangan jaman. Selain harga paket murah, kini publik juga mulai mempertimbangkan kualitas jaringan yang mumpuni. Hal inilah yang selanjutnya menjadi PR besar bagi semua provider seluler tanah air.

Kenapa jaringan indosat lemot menurut saya tak perlu dijawab secara spesifik. Karena secara keseluruhan masalah semua operator seluler di Indonesia sama saja. Yakni dari faktor infrastruktur yang kurang mumpuni. Kurang meratanya penyebaran sinyal juga seolah memperparah keadaan tersebut sehingga pengguna perlu mencari cara sendiri untuk memperlancar koneksi.

Apakah kalian salah satu orang yang mendapat kendala karena sinyal tidak stabil? bila iya maka simaklah artikel di bawah sampai selesai. Karena sedikit banyak kita akan membahas berbagai penyebab kenapa jaringan indosat lemot dan cara mengatasinya.

Kenapa Indosat Lemot Hari Ini

Sebenarnya indosat sudah dibekali dengan teknologi 4G yang tidak kalah mumpuni dari para kompetitor seperti XL dan telkomsel. Paket internetnya pun menurut saya juga tergolong worth it untuk kita beli. Selain menawarkan volume kuota besar, kecepatan rata rata yang berkisar 13mbps harusnya membuat pelanggan merasa nyaman.

kenapa jaringan indosat lemot hari ini dan cara mengatasinya
kenapa jaringan indosat lemot hari ini

Tapi ternyata fakta berkata lain, banyak orang mengeluh sinyal indosat sering berubah jadi edge sendiri. Hal ini tentu memicu turunnya kecepatan serta stabilitas jaringan yang berdampak pada kenyamanan pengguna.

Jika ditanya kenapa indosat lemot hari ini maka pihak customer service akan melayangkan beberapa jawaban. Misalnya sedang ada perbaikan layanan internal dari segi server. Ada pula yang menjawab gangguan cuaca buruk di beberapa daerah. Apakah jawaban ini benar? saya rasa tidak juga. Sebab menurut saya jaringan internet indosat dari dulu memang tidak stabil.

Hal ini terbukti dari sinyal yang berubah jadi edge dan tak kunjung naik ke 4G meskipun sudah mengaktifkan mode pesawat. Apakah kalian juga merasakah penurunan kecepatan internet? bila iya maka simaklah beberapa penyebab kenapa indosat lemot di bawah.

Kuota Masih Ada Tapi Tidak Bisa Internetan Im3

Masalah pertama yang sering dialami pelanggan adalah tidak bisa internetan padahal kuota masih ada bahkan full. Pengalaman ini pernah saya alami beberapa waktu lalu ketika masih berstatus pelanggan baru. Karena belum familiar akhirnya orang cenderung membeli paket internet sesuka hati tanpa membaca deskripsinya terlebih dulu.

Setelah cek di myim3 ternyata paket tersebut memiliki varian kuota lokal yang notabenya tak bisa dipakai sesuka hati. Benar saja, saat bepergian ke luar daerah kuota tersebut tidak terpakai. Dari sinilah saya sadar kenapa jaringan indosat lemot bahkan tidak terhubung ke internet sama sekali.

Ketika mengalami hal demikian maka jangan langsung menyimpulkan bahwa jaringan indosat error. Justru faktor penyebabnya bisa datang dari paket data yang kalian beli terakhir kali. Hal ini pun didukung oleh fakta bahwa indosat menyediakan berbagai pilihan paket dengan kuota pembagian.

Maka dari itu, sebagai pelanggan kita wajib teliti sebelum mengaktifkan suatu layanan agar tidak merasa dirugikan di kemudian hari. Bila kamu orang yang gemar bepergian atau memiliki tingkat mobilitas tinggi maka aktifkan paket dengan kuota reguler saja. Walaupun harga yang ditawarkan agak mahal tapi setidaknya data internetnya dapat terpakai secara keseluruhan.

Sinyal Indosat Jelek

Pembangunan infrastruktur yang kurang merata sudah cukup menjawab pertanyaan kenapa jaringan indosat lemot di beberapa daerah. Karena minimnya tower pemancar akhirnya berdampak pada persebaran sinyal sehingga tidak mampu menjangkau semua wilayah.

Hal ini biasanya menimpa mereka yang tinggal di daerah pinggiran kota yang notabenya tidak tercover sinyal 4G indosat. Cara mengatasi indosat lemot karena sinyal jelek sebenarnya cukup sederhana. Kalian bisa setting APN, beralih ke area dengan cakupan sinyal lebih baik, sampai metode yang paling sederhana yakni mereset koneksi.

Tapi pada sesi ini saya hanya akan menjelaskan cara paling mudah yang dapat kalian praktekan saat keadaan darurat. Untuk lebih jelasnya simaklah langkah-langkah di bawah:

  1. Masuk ke halaman utama ponsel.
  2. Swipe down untuk membuka menu bar.
  3. Tap icon pesawat untuk mengaktifkan airplane mode.
  4. Tunggu beberapa saat sampai bar sinyal hilang dan berganti icon pesawat.
  5. Langkah terakhir tap kembali icon tersebut untuk mematikan airplane mode.
  6. Selesai.

Saya rasa tutorial di atas sudah cukup jelas untuk menjawab problem kenapa jaringan indosat lemot. Bila internet kalian masih belum membaik maka simaklah artikel sebelumnya. Sebab beberapa waktu lalu kami pernah membahas cara mengatasi indosat lemot.

Cara Mengatasi Sinyal Full Tapi Internet Lemot

Lalu kenapa jaringan indosat lemot padahal sinyal full dan icon 4G muncul? penyebabnya beragam. Tapi indikasi paling kuat karena gateway yang menjadi penghubung antara perangkat ke internet penuh. Biasanya menghidupkan mode pesawat akan menyelesaikan problemati tersebut. Tapi ada kalanya metode itu tidak berpengaruh sama sekali sehingga pengguna perlu mencari alternatif lain.

Kalau membicarakan sinyal full tapi internet lemot sudah pasti solusinya adalah mengganti default apn ke custom. Pengaturan tersebut memungkinkan kita berpindah dari akses poin yang semula padat ke yang lebih lengang. Sehingga kalian dapat memaksimalkan performa jaringan internet.

Masalahnya, tak semua orang tau cara setting apn indosat yang baik dan benar karena server yang selalu berganti. Beruntungnya, saya telah mempersiapkan rangkuman terbaru yang bisa kita pakai. Untuk lebih jelasnya simaklah penjelasan berikut:

  1. Buka pengaturan di menu utama.
  2. Masuk ke pengaturan jaringan.
  3. Pilih kartu SIM.
  4. Selanjutnya masuk ke menu nama akses poin.
  5. Samakan pengaturan seperti pada tabel.
APN IndosatKeterangan
NamaIndosat 4G LTE
APNlte
Username-
Password-
Proxy-
Port-
Server-

Jawaban kenapa jaringan indosat lemot bisa jadi disebabkan ponsel masih memakai apn default yakni indosatgprs. Apabila mendapati settingan tersebut maka segeralah ganti ke LTE untuk mempercepat internet yang lelet.

Jujur saja saya sudah tak lagi berlangganan indosat karena memang lebih nyaman memakai operator telkomsel. Tapi perpindahan saya bukan dilatarbelakangi oleh jaringan yang lebih baik ataupun buruk. Sebenarnya performa im3 sangatlah baik tapi saya tak bisa menolak harga paket yang lebih murah dari simpati.

Semoga dengan terbitnya artikel di atas dapat menjawab pertanyaan kalian kenapa jaringan indosat lemot hari ini.

Posting Komentar untuk "Kenapa Jaringan Indosat Lemot Hari Ini (Penyebab dan Solusi)"