Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Cara Mengatasi Indosat Lemot (Pasti Berhasil)

14 Cara Mengatasi Indosat Lemot (Pasti Berhasil) - Indosat merupakan salah satu operator seluler yang menyediakan beragam paket internet murah. Selain harganya yang terkesan miring provider ini juga menawarkan volume kuota besar untuk para pelanggannya. Katakanlah paket yellow indosat kuota harian 1GB yang bisa kita beli dengan harga seribu rupiah, paket unlimited, dan beberapa pilihan bundling reguler lainnya.

Meski memberikan kuota melimpah dan harga murah namun provider ini tidak dibekali jaringan yang mumpuni. Terbukti dengan banyaknya pelanggan mengeluhkan koneksi internet indosat lemot, sinyal patah-patah, lag, dan buffering saat streaming. Akhirnya banyak pengguna ponsel yang mencari cara mempercepat internet indosat karena merasakan performa kurang maksimal.

Inilah cara mempercepat koneksi internet indosat 4G
Cara mengatasi internet indonsat lemot

Padahal koneksi menjadi salah satu faktor penentu kenyamanan komunikasi jarak jauh baik lewat internet, telpon, maupun sosial media. Di lain sisi, cara mengatasi indosat lemot tidaklah semudah membalikan telapak tangan karena pelanggan harus berjibaku mengidentifikasi penyebabnya terlebih dahulu. Mengapa demikian? karena tidak semua masalah bisa diselesaikan hanya dengan solusi yang sama.

Walau sudah tau banyak kekurangan, namun nyatanya masih banyak orang yang tertarik menggunakan layanan Indosat. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan, melainkan karena harga paketnya yang murah dan tidak menguras kantong. Selain memberikan solusi, saya juga akan jelaskan berbagai penyebab kenapa jaringan indosat lemot dan lelet. Sehingga di kemudian hari kalian bisa mengantisipasi masalah tersebut.

14 Cara Mengatasi Indosat Lemot (Pasti Berhasil)

Pernahkah terbayang dibenak anda apa yang menyababkan koneksi internet indosat menjadi lemot atau sinyal jelek? tentu saja pernah. Terlebih lagi kalau kita sering mengalami kejadian tidak mengenakkan tersebut berulang kali. Beberapa pelanggan bahkan sering mengalami problem dimana bar sinyal 4G hilang yang mengindikasikan tidak tersambung ke jaringan.

Untuk mengatasinya kita perlu melakukan tindakan pencegahan sejak dini. Namun untuk melakukannya tentu kita perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Lewat proses sebab akibat ini selanjutnya pengguna bisa mencari cara mengatasi indosat lemot yang paling tepat.

Terlepas dari baik buruknya kualitas sinyal, Indosat merupakan salah satu operator terbaik yang menyediakan paket internet murah. Sangat disayangkan jika sebagai pelanggan kita tidak bisa memaksimalkan jaringan indosat yang lemot tersebut. Meski dibayang-bayangi sinyal tidak stabil, koneksi jelek dan internet lemot tapi kita bisa mengatasi masalah tersebut.

Sebagai catatan, Saya telah memperbarui artikel ini untuk menjaga informasi di dalamnya tetap valid dan bermanfaat untuk pembaca. Di lain sisi, kontribusi anda sebagai pembaca pun juga saya butuhkan untuk merevisi cara mempercepat internet indosat di bawah jika memang terdapat kesalahan.

Nyalakan Mode Pesawat

Sebenarnya internet lambat ataupun sinyal hilang bisa disebabkan oleh permasalahan sepele seperti persebaran jaringan yang kurang merata. Namun banyak pengguna yang tidak menyadari hal ini hingga akhirnya mereka merasakan dampaknya.

Cara mengatasi indosat lemot dan sinyal jelek adalah mengaktifkan mode pesawat. Setiap pengguna pasti sudah sangat familiar dengan mode pesawat yang ada di menu ponsel. Dengan mengaktifkan mode ini maka hp tidak bisa lagi menangkap sinyal operator yang artinya kita tak mampu kirim SMS, nelpon, atau tersambung ke internet.

Memakai mode pesawat menjadi alternatif ketika anda merasa performa koneksi indosat lemot. Karena prinsip mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat sama seperti anda sedang mereset jaringan. Ketika mode pesawat aktif secara otomatis ponsel akan terputus koneksinya. Dan ketika kita sudah terhubung kembali maka ponsel akan mendapat IP baru.

Cara Mengatasi Internet Indosat Lemot dan mempercepat Koneksi 4G
Nyalakan mode pesawat

Cara mengatasi indosat lemot yang satu ini bisa kalian terapkan pada operator lain seperti telkomsel dan smartfren. Langkahnya pun juga cukup mudah dan saya yakin kalian semua sudah mengetahuinya. Swipe menu atas ponsel dan aktifkan mode pesawat hingga bar sinyal berganti icon menjadi pesawat. Selanjutnya matikan mode tersebut agar ponsel terhubung kembali dengan jaringan operator.

Setting Jaringan Indosat

Hinggga saat ini kita mengenal ada 3 tipe jaringan yang dipakai yakni GPRS, 3G, dan 4G. Singkatnya, ketiga tipe koneksi tersebut memiliki perbedaan dari segi kualitas serta kecepatan. Tapi mayoritas pengguna ponsel pintar dan operator seluler sekarang hanya berfokus pada akses internet berbasis 3G dan 4G saja.

Biasanya pengaturan pemilihan jaringan akan diatur secara otomatis untuk menangkap semua sinyal yang ada. Nah, kalian bisa mengatasi indosat lemot dengan mengatur tipe jaringan menjadi 4G only untuk memprioritaskan koneksi 4G LTE. Namun, cara yang satu ini tergantung juga pada wilayah masing-masing apakah sudah tercover sinyal 4G indosat atau belum.

Cara Mengatasi Internet Indosat Lemot dan mempercepat Koneksi 4G
Ganti pengaturan jaringan

Setiap ponsel memiliki menu pengaturan tersendiri untuk mengganti sinyal 4G. Pada contoh di bawah saya memakai ponsel samsung A6 Plus. Tapi tutorial berikut juga valid kalian pakai pada semua tipe ponsel karena sejatinya letak pengaturannya sama saja. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke menu pengaturan umum
  2. Pilih menu koneksi.
  3. Pilih pengelola kartu SIM.
  4. Jika anda ponsel anda dual sim pilih kartu SIM Indosat.
  5. Masuk kembali ke submenu mode jaringan.
  6. Langkah terakhir ubah mode jaringan menjadi LTE/3G 2G (sambungan otomatis).

Jika di daerah anda tercover sinyal 4G maka secara langsung ponsel anda akan menangkap dan memprioritaskan sinyal tersebut secara langsung. Akantetapi, ketika suatu wilayah belum terjangkau sinyal 4G LTE ponsel akan memprioritaskan koneksi 3G atau H+.

Mode jaringan indosat tersebut bisa diatur sesuka hati menyesuaikan keadaan anda masing-masing. Apakah ingin mengoptimalkan tangkapan semua tipe sinyal ataukah berfokus hanya sinyal 4G atau 3G saja.

Setting APN Indosat Tercepat

Mengganti APN sudah menjadi cara mengatasi indosat lemot dan sinyal 4G hilang, lag, patah-patah. Access point name (APN) atau dalam bahasa indonesia disebut nama akses poin ibarat pintu gerbang yang menjembatani akses ponsel ke internet. Setiap operator seluler memiliki pengaturan default APN yang berbeda beda, demikian pula dengan indosat.

Ketika anda pertama kali memakai indosat maka operator ini secara otomatis akan membekali anda dengan pengaturan APN Indosatgprs. Karena dipakai banyak orang sebagai APN default akhirnya performa jaringan pun terkesan menjadi jelek dan sinyal patah patah ketika ponsel terhubung ke internet. Akhirnya saya memutuskan untuk mengganti APN lain untuk mempercepat jaringan indosat yang lemot.

Jika merasa internet indosat lemot tak tertahankan hari ini. Silahkan setting APN indosat di ponsel anda sesuai dengan informasi di bawah:

Nama APN: Indosat 4G
APN: Internet
Username: -
Password: -

Meski masuk dalam trik mempercepat jaringan indosat tapi tidak semua server APN memiliki kualitas yang baik. Maka dari itu pelanggan harus megecek terlebih dahulu performa koneksi melalui situs speedtest. Disamping itu, ada pula beberapa pengaturan akses poin untuk kegiatan yang lebih spesifik seperti bermain game online, streaming film, kegiatan download, maupun berinternetan gratis.

Segala kelebihan dan jenis akses poin tersebut sudah pernah saya bahas dalam artikel berjudul Cara Setting APN INDOSAT 4G Unlimited Stabil Tercepat. Saya sarankan kalian membaca lalu menggati settingan default menjadi custom seperti pada tutorial itu.

FUP Paket Unlimited Habis

Sudah bukan rahasia lagi jika operator indosat menyediakan layanan paket unlimited harga murah. Tapi paket internet tersebut menurut saya ibarat pedang bermata dua. Meski mampu memberikan akses tanpa batas tapi beberapa penggunanya justru malah dibuat bingung saat FUP habis. Ketika hal itu terjadi maka kecepatan internet menurun dan tak akan mampu lagi untuk dipakai aktivitas berat.

Ada kalanya pelanggan tak menyadari kuota FUP mereka telah habis. Hal itu tentu menjadi penyebab kenapa indosat lemot bahkan hanya untuk sekedar browsing sekalipun. Lantas bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? tentu saja dengan membeli kuota add on yang notabenya mampu menambah batas FUP.

Pihak operator sediri telah menyediakan layanan add on khusus untuk pengguna paket unlimited. Kalian bisa beli dan melakukan aktivasi langsung dari aplikasi MyIm3 dan masuk ke menu belanja. Harga yang dipatok berbeda beda menyesuaikan besaran kuota yang akan kalian pilih nantinya.

Alternatif lain cara mengatasi indosat lemot karena FUP habis yakni menggu reset FUP. Umumnya, batas wajar pemakaian ditentukan berdasarkan hari. Jadi saat sudah terpenuhi maka pelanggan hanya perlu menunggu FUP kembali terisi pada periode berikutnya.

Beli Kuota Add On

Masih berkutat di sektor paketan yang berpotensi membuat internet indosat lemot tidak ada jaringan. Ada kalanya, ketika FUP habis pelanggan harus menunggu batas wajar tersebut kembali seperti semula. Tapi beberapa orang lebih suka menambahnya dengan daftar kuota ekstra yang menurut saya lebih murah.

Membeli kuota add-on bisa sangat membantu mempercepat internet indosat yang lemot. Kalian bahkan bisa merasakan dampaknya secara signifikan pada penggunaan paket unlimited yang notabenya berbasis FUP. Sedangkan untuk paket volume based kuota tambahan tersebut mampu menjadi substitusi data.

Sayangnya, cara mengatasi indosat lemot yang satu ini tidak bersifat gratis karena pelanggan dituntut harus membeli paket add-on. Indosat sendiri menyediakan beberapa varian add on mulai harga ribuan sampai puluhan ribu.

Nah, cara belinya pun juga cukup sederhana yakni lewat aplikasi resmi myIM3 yang dapat kalian unduh lewat playstore. Apabila sudah melakukan login maka silahkan menuju menu shop dimana semua varian paket sudah terdisplay.

Restart Ponsel

Merestart perangkat menjadi salah satu cara mengatasi jaringan indosat lemot jika tiga trik di atas masih belum terasa dampaknya. Dalam beberapa kasus, sistem operasi dan perangkat yang kelebihan beban bisa menyebabkan performa hp menjadi lemot. Hal ini pun akhirnya mempengaruhi kemampuan ponsel menangkap sinyal dan menguraikan perintah ketika kita mengakses internet.

Peningkatan suhu panas yang signifikan pun sedikit banyak juga mempengaruhi kinerja HP. Rata-rata penyebabnya karena aktivitas multi tasking yang berlebihan tidak sesuai dengan spesifikasi ponsel itu sendiri. Solusi terbaik adalah rajin membersihkan cache dan penyimpanan internal ponsel kalian secara berkala. Jika tak ingin repot, silahkan install aplikasi pihak ketiga seperti clean master.

Bersihkan Cache dan Internal memory

Ada kalanya pelanggan merasakan pengalaman buruk pada browsing, streaming, maupun gaming bukan karena jaringan yang jelek. Melainkan disebabkan performa ponsel yang menurun karena memori internal penuh.

Secara garis besar storage memang mempengaruhi performa ponsel khususnya pada saat pemprosesan data. Jika kalian pengguna ponsel dengan internal memory serta ram kecil maka alangkah baiknya memperhatikan penggunaan kedua aspek tersebut. Jika kalian merasa internet lambat padahal indikator sinyal 4G penuh maka ada indikasi bahwa ponsel kalian yang mulai lambat performanya.

Cara mempercepat jaringan indosat karena masalah tersebut cukup mudah. Kita hanya perlu membersihkan cache dan menghapus file-file tidak berguna yang ada pada hp masing-masing. Jika belum tau, maka simaklah cara mengatasi indosat lemot di bawah:

  1. Buka pengaturan ponsel.
  2. Masuk ke pengaturan aplikasi.
  3. Cek semua aplikasi yang menghabiskan resource.
  4. Tap untuk membuka lalu pilih clear cache.

Batasi Penggunaan Jaringan

Cara mempercepat jaringan indosat selanjutnya ialah dengan membatasi penggunaan jaringan itu sendiri. Jaringan akan semakin lemot jika akses koneksi ponsel anda semakin banyak, inilah yang dinamakan multi tasking. Misalnya dalam satu waktu melakukan download file besar dan juga melakukan streaming di youtube.

Sementara itu, anda juga melakukan berbagi koneksi (teathering) dengan hp lain. Dari kondisi ini sudah dipastikan bahwa jaringan internet indosat pada ponsel akan menjadi lemot. Untuk itulah penggunaan jaringan (bandwidth) perlu dibatasi sehingga lebih maksimal kecepatan yang akan diperoleh.

Saran saya utamakan hal-hal penting terlebih dahulu, misalnya sedang download tunggulah hingga selesai. Atau ketika sedang streaming film maka hentikanlah aktivitas lain yang berhubungan dengan internet karena bandwith indosat sedang berfokus pada aktivitas streaming tersebut.

Lantas apa saja kategori aktivitas yang termasuk memakan banyak bandwith? diantaranya adalah:

  1. Download.
  2. Upload.
  3. Streaming.
  4. Gaming.

Jika kalian berlangganan paket internet indosat maka hindarilah melakukan kegiatan multitasking di atas. Usahakan untuk menyelesaikan aktivitas satu persatu saja untuk mempercepat internet indosat. Munkin itulah cara mengatasi indosat lemot dari hal yang paling kecil yakni pengaturan bandwith.

Beralih ke Mode 5G

Indosat ternyata sudah support jaringan 5G meski hanya di beberapa daerah saja. Bagi kalian yang tinggal di area perkotaan maka segera ubah setelan ponsel.

Memfokuskan mode jaringan 5G bisa jadi cara mengatasi indosat lemot yang ampuh. Sebab koneksi berbasis 5G diklaim memiliki latensi yang lebih kecil dari para pendahulunya. Satu satunya kekurangan trik ini terletak pada device masing-masing pengguna.

Sebelum mulai menjalankan tahapan ada baiknya kalian cek terlebih dulu apakah HP sudah mendukung jaringan 5G atau belum. Pasalnya banyak juga orang yang berkeluh bahwa opsi "Prioritas 5G" tidak muncul.

Adapun langkah yang bisa kalian terapkan untuk mempercepat internet indosat 5G adalah:

  1. Masuk ke menu Pengaturan/Setelan.
  2. Pilih Pengaturan Jaringan Ponsel.
  3. Pilih simcard Indosat.
  4. Masuk ke opsi Jaringan Prioritas.
  5. Pilih "Prioritas 5G".
  6. Simpan pengaturan.
  7. Selesai.

Agar mendapat hasil maksimal maka kalian juga bisa mengatur APN 5G. Tapi itu hanyalah opsi bisa kalian ikuti ataupun skip sesuai keinginan. 

Sambungkan ke WiFi

Salah satu cara mengatasi indosat lemot yang pasti berhasil adalah menyambungkan perangkat ponsel ke wifi. Di era modern seperti sekarang kita bisa menjumpai wifi di berbagai tempat umum seperti kantor, sekolah, atau kafe.

Bahkan masyarakat pun kita berbondong bondong memasang wifi rumahan dengan berbagai alasan. Selain dapat terhindar dari sinyal indosat lemot dan patah-patah, hadirnya sambungan nirkabel juga diharapkan mampu menghemat pengeluaran.

Sudah bukan rahasia lagi apabila stabilitas dan kecepatan internet HP yang memakai wifi sangat terjaga. Meski kita sudah setting APN indosat, beli paket berbasis volume, dll tapi terkadang masih merasa internet lemot. Hal ini tentu tidak bisa ditoleransi oleh pelanggan yang gemar bermain game moba.

Cara mempercepat internet indosat yang lemot khususnya bagi mereka yang bermain game online adalah menimpanya dengan wifi. Apalagi game kalian sudah support fitur booster jaringan yang notabenya mengombinasikan paket internet dan koneksi nirkabel. Misalnya mobile legends, free fire, CODM, pubg, dan lain sebagainya.

Install Aplikasi Penguat Sinyal Indosat

Cara mengatasi indosat lemot yang tak kalah unik dan menarik adalah menginstall aplikasi penguat sinyal. Jujur saya belum pernah melakukan hal demikian karena sudah sangat puas dengan kecepatan internet sekarang. Tapi beberapa sumber yang saya temui sangat merekomendasikan pemasangan aplikasi tersebut.

Melansir dari situs mocipay, setidaknya ada 5 penguat sinyal indosat populer yang diklaim bisa mempercepat internet lemot. Diantaranya adalah:

  1. Connection Stabilizer Booster.
  2. Net Optimizer.
  3. Signal Strength.
  4. 4G LTE network Booster.
  5. Speedify.

Apabila kamu tertarik silahkan install lalu ikuti instruksi yang ada pada aplikasi tersebut. Bandingkan apakah betul bisa menjadi solusi internet indosat lemot atau hanya rumor semata. Tuliskan testimoni yang kalian alami lewat kolom komentar.

Beli Stiker Berbahan Alumunium

Cara mengatasi indosat lemot satu ini mungkin terdengar agak aneh tapi ternyata banyak yang menyarankan. Stiker alumunium dinilai layaknya alat penguat sinyal yang mampu menstabilkan jaringan indosat.

Teori itu didasarkan pada kualitas sinyal im3 yang notabenya masih belum terlalu baik di beberapa daerah. Mengambil konsep antena penangkap sinyal dari bahan alumunium akhirnya banyak yang mengaplikasikannya ke ponsel.

Apabila tertarik ingin mempercepat internet indosat maka kalian dapat membeli stiker berbahan alumunium di e-commerce. Banyak vendor yang menjualnya dengan harga mulai dari 5 ribuan sampai puluhan ribu. Pemasangannya pun mudah tinggal kalian tempel saja di bagian belakang ponsel lalu rasakan peningkatan jaringan yang terjadi.

Jujur saja saya belum pernah mengatasi internet indosat lemot, sinyal indosat tidak muncul dan problematika lain memakai metode ini. Sebab saya sendiri telah bermigrasi dari pengguna paket internet ke wifi. Tapi kalau ternyata kalian mempraktekan lalu berhasil saya mohon bagikan pengalaman lewat kolom komentar.

Hubungi Call Center Indosat

Menghubungi call center menjadi cara mengatasi indosat lemot yang tidak banyak dipikirkan oleh pelanggan operator ini. Namun faktanya trik ini cukup ampuh menyelesaikan masalah seperti sinyal jelek dan beberapa permasalahan jaringan lainnya. Di samping itu, menghubungi call center menjadi langkah terakhir ketika sudah mengalami kebuntuan ketika menjalankan usaha mempercepat internet indosat.

Customer service yang menjawab call center memiliki informasi penuh tentang paket dan pengaturan jaringan yang dipakai oleh pelanggan. Mereka juga merupakan bentuk layanan pengaduan untuk membantu pengguna ketika mengalami masalah ketika menggunakan operator indosat. Masalahnya tak semua pelanggan tau berapa nomor call center indosat untuk pengaduan internet lemot.

Tapi, dengan perkembangan teknologi kini kita bisa mengakses informasi tersebut hanya dengan satu sentuhan jari. Anda bisa menghubungi customer service melalui nomor 021-30003000 atau mention akun twitter mereka di Indosat Ooredoo.

Kenapa Internet Indosat Lemot

Sebenarnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi baik buruknya jaringan indosat. Salah satu yang paling berpengaruh adalah cakupan sinyal di suatu wilayah sedikit banyak akan mempengaruhi kecepatan internet. Contohnya sinyal internet indosat di daerah pedesaan cenderung lebih lemot daripada di wilayah perkotaan. Pembangunan infrastruktur yang lambat dan tidak merata menyebabkan sinyal 4G indosat tidak muncul.

Mengetahui penebab utama dan gejala yang ada adalah cara mengatasi indosat lemot yang menurut saya cukup akurat. Dari penyebab itulah kita bisa mencari solusi terbaik atas masalah koneksi pada ponsel. Oleh karenanya, simaklah beberapa faktor internal dan eksternal kenapa sinyal indosat lemah berikut.

Device Ponsel

Perangkat ponsel yang kurang mumpuni memang dapat menjadi alasan jaringan indosat lemot sehingga bukan hanya karena providernya saja. Misalnya banyaknya bandwidth yang disebabkan penginstalan aplikasi yang banyak atau cepat panasnya ponsel kita.

Hal ini tentunya membuat internet indosat tidak stabil meskipun di bar sinyal ponselnya penuh. Terlebih lagi jika ponsel dipakasa menjalankan aplikasi berat diluar spesifikasinya seperti memainkan game PUBG, Mobile legends, dan streaming secara terus menerus.

Baca juga: 12 Kode Rahasia Indosat Gratis Kuota Internet, Nelpon, dan SMS

Kalau sudah demikian maka cara mengatasi indosat lemot di atas tak akan berpengaruh sama sekali. Sebab problematika terletak pada perangkat HP itu sendir, bukan dari operator. Saran saya ganti hp baru saja yang notabenya sekarang dengan harga 1 2 jutaan sudah mendapat ponsel mumpuni.

Cuaca

Sebagai salah satu operator besar di Indonesia, harusnya sinyal indosat akan tetap stabil walaupun diterpa cuaca buruk. Namun, dalam beberapa kasus banyak yang mengeluhkan sinyal tiba-tiba hilang atau koneksi indosat lemot ketika terjadi hujan badai. Menurut saya hal ini sangat lumrah karena setiap provider memiliki batas toleransi tersendiri jika berkaitan dengan cuaca buruk.

Akan tetapi sinyal indosat patah patah tidak akan berlangsung lama karena perubahan cuaca dan bahkan cepat pulih. Kalian tak perlu mempraktekan cara mempercepat internet indosat yang lemot. Cukup tunggu sampai jaringan stabil dan sinyal 4G indosat muncul kembali.

Perbaikan Jaringan

Perbaikan jaringan adalah proses dimana suatu operator berusaha meningkatkan kualitas jaringan agar layanan yang diberikan menjadi lebih baik. Kita juga bisa menyebutnya maintenance atau proses perbaikan jika terdapat kerusakan. Dalam prosesnya, maintenance terkadang menimbulkan beberapa dampak negatif yang turut dirasakan pengguna operator itu sendiri. Tidak ada cara mengatasi indosat lemot selain menunggu jika masalahnya disebabkan karena proses perbaikan jaringan.

Sekian penjelasan mengenai akibat dan sebab kenapa indosat lemot yang dapat saya sampaikan. Kalian bisa menyesuaikan cara mempercepat jaringan Indosat di atas berdasarkan faktor penyebabnya. Misal internet indosat lelet karena cuaca buruk, sinyal jelek, device ponsel, maupun perbaikan jaringan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "14 Cara Mengatasi Indosat Lemot (Pasti Berhasil)"