Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Shopee PayLater Tidak Muncul

Cara Mengatasi Shopee PayLater Tidak Muncul - Marketplace berbasis aplikasi menjadi pilihan tempat berbelanja karena memiliki segudang kelebihan. Selain kategori barang yang lengkap ternyata masyarakat lebih gemar belanja online sebab terbantu dengan fitur paylater. Salah satunya adalah shopee yang notabenya berperan menjembatani transaksi antara penjual dan pembeli secara daring.

Shopee paylater tidak muncul
Shopee paylater tidak muncul

Shopee Paylater sendiri adalah fitur unggulan yang mampu memberi sejumlah pinjaman kepada penggunanya. Lewat layanan ini kita bisa checkout barang belanjaan dan membayarnya di kemudian hari. Secara garis besar sistem shopee paylater memang mirip layaknya kredit cicilan barang tapi dengan syarat dan tarif lebih murah.

Sebenarnya cukup menarik ketika kita membicarakan berapa skema pembayaran shopeepay. Bayangkan saja kita bisa checkout dengan cicilan bunga 0% selama memilih tempo 1 bulan. Tapi perusahaan juga memberikan opsi hingga 6 bulan dengan skema berbeda menyesuaikan durasi tempo pembayaran.

Cara Mengatasi Shopee PayLater Tidak Muncul

Sayangnya beberapa pelanggan mengeluh fitur shopee paylater tidak ada di aplikasi milik mereka. Tak sedikit pula yang mengalami masalah yakni sudah mendaftar tapi masih belum mendapatkan balasan. Lantas bagaimana cara mengatasi hal demikian? Cara memunculkan shopee paylater tak lain adalah dengan memenuhi syarat ketentuannya.

Ada banyak sekali platform marketplace online yang menjadi tempat langganan belanja masyarakat Indonesia. Masing-masing memiliki kelebihan serta fitur yang menjadi daya tarik di mata konsumennya. Misalnya bukalapak yang selalu memberi cashback pada setiap transaksi, atau program gratis ongkir dari tokopedia. Demikian juga dengan shopee yang menawarkan fitur beli sekarang bayar nanti berkat sistem paylater.

Ketika baru menginstal aplikasi pasti kita akan bertanya-tanya kenapa shopee paylater tidak muncul di ponsel. Padahal fitur tersebut bita kita jumpai di akun keluarga, teman, maupun kerabat yang menginstall aplikasi marketplace ini. Menurut saya pribadi sudah sewajarnya karena pada awal rilis dulu pihak perusahaan masih membatasi pelanggan yang bisa mengaktifkan shopee paylater.

Akun Belum Terverifikasi

Salah satu sebab mengapa kalian tidak bisa menemukan fitur shopee paylater di aplikasi bisa jadi karena faktor verifikasi. Secara garis besar, pihak shopee sendiri mengharuskan setiap pengguna untuk memverifikasi indentitasnya lewat scan KTP maupun SIM.

Pada mulanya verifikasi bertujuan untuk menjaga akun agar terhindar dari penyalahgunaan. Tapi seiring berjalannya waktu hal ini pun menjadi salah satu syarat mengaktifkan shopee paylater.

Cara mengatasi shopee paylater tidak muncul pertama dan paling relevan adalah memverifikasi data diri terlebih dahulu. Untuk melakukannya kalian memerlukan scan KTP/SIM diserta foto berwajah sembari memegang kartu tersebut. Setelahnya pengguna akan diminta mengupload berkas lalu menunggu keputusan dari tim audit.

Akun Shopee Masih Baru

Ketika mendengar cicilan shopee hampir semua pengguna ponsel akan langsung menginstall aplikasi. Tapi konsepnya tidak semudah bayangan kalian karena pihak shopee pun akan selektif pada saat memberikan promo maupun fitur kepada pelanggan barunya.

Jika masih baru melakukan pendaftaran dan umur akun masih kurang dari 3 bulan maka ada baiknya kalian bersabar terlebih dulu. Karena akun shopee baru biasanya akan memperoleh loyalty level terendah. Hal ini terjadi bukan tanpa sebab karena sistem aplikasi akan membaca data riwayat transaksi yang notabenya masih nol.

Baca juga: Kenapa Limit Shopee Paylater Berkurang dan Cara Mengatasinya

Untuk memperoleh privilege sekaligus memunculkan shopee paylater pengguna pun dituntut harus aktif bertransaksi. Misalnya mulai membuka fitur shopeepay terlebih dulu, melakukan top up, ataupun sekedar berbelanja biasa lewat platform aplikasi. Dengan serangkaian usaha tersebut cepat atau lambat akun pun akan mendapatkan level loyalty lebih tinggi serta meningkatkan peluang membuka shopee paylater.

Jadi, cara mengatasi shopee paylater tidak muncul karena status akun masih baru cukup sederhana. Tunggulah minimal seminggu atau sebulan sembari melakukan aktivitas di platform aplikasi. Tidak melulu harus belanja tapi kalian juga dapat mengikuti kuis, minigames, atau sekedar streaming live product.

Jarang Dipakai

Kurangnya intensitas pemakaian ternyata juga bisa menyebabkan shopee paylater tidak muncul di aplikasi. Kasus ini pernah dialami oleh teman saya sendiri yang memiliki akun berumur cukup tua (sekitar 3 4 tahun). Mengapa hal ini bisa terjadi? sudah jelas jawabannya terletak pada status loyality pada akun yang berada pada level terendah.

Argumen tersebut cukup logis jika kita menelaahnya secara terbuka. Sebab cicilan shopee sendiri memang ditujukan untuk mereka yang gemar berbelanja lewat platform aplikasi online. Jadi salah satu cara memunculkan shopee paylater adalah dengan rajin bertransaksi.

Apabila setelah meningkatkan aktivitas ternyata fitur tersebut masih tidak ada maka kalian harus melakukan pendaftaran ulang. Bagi pengguna yang pernah memakai lalu memverifikasi ID Card maka pengajuan akan berlangsung instan. Tapi hal itu tidak berlaku untuk mereka yang baru pertama kali mendaftar Spaylater.

Aplikasi Belum Update

Aplikasi yang sudah usang terkadang memang menyimpan segudang bug atau error tak terduga. Misalnya akun tidak terbuka, gagal login, dan lain sebagainya yang tentu saja sangat mengganggu aktivitas transaksi. Oleh karenanya, kita wajib memperbarui aplikasi agar bisa menggunakan cicilan shopee lebih efektif.

Cara mengatasi shopee paylater tidak muncul selanjutnya kalian tinggal update saja versi aplikasi. Terkadang pihak e-commerce menyelipkan promo atau event baru sehingga membuat aplikasi mengalami kendala.

Sebelum masuk ke metode selanjutnya kembali lagi saya ingin mengingatkan pada sobat semua bahwa jangan terlalu bergantung pada shopee paylater. Jika memang memiliki dana alangkah baiknya kita pakai saja untuk membayar belanjaan di troli.

Akun Belum Menjadi Member Gold

Apa itu member gold? inilah pertanyaan yang sering terbayang di benak pelanggan baru. Secara garis besar pihak shopee memberlakukan tingkat loyalt berbeda berupa member mulai dari classic sampai platinum. Nah, gold merupakan level pertengahan yang dapat kalian peroleh lewat tingkat aktivitas belanja setiap bulannya.

Mengacu pada penyebab sebelumnya bahwa shopee paylater tidak muncul bisa disebabkan karena loyalty akun kita masih berada di level terbawah. Nah, salah satu cara mengatasi problematika itu adalah dengan menaikkan level menuju gold atau setidaknya silver. Hal ini pun sudah terkonfirmasi karena biasanya pengguna gold selalu memunculkan shopee paylater sebagai alternatif pembayaran.

Cara mengatasi shopee paylater tidak muncul yang satu ini menurut saya cukup ekstrim. Karena pengguna ponsel dituntut harus aktif berbelanja sampai mencapai kategori member gold. Maka dari itu, saya menempatkan opsi ini pada bagian terakhir karena memerlukan sumber dana yang lumayan banyak.

Cara Memunculkan Shopee PayLater

Pada dasarnya cicilan shopee memang terlihat menguntungkan karena mampu memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Fitur ini tentunya sangat membentu ketika pengguna berada di keadaan mendesak dan tak bisa melakukan pembayaran via atm/transfer. Kalian bisa menggunakan paylater lalu menyicil atau melunasinya di kemudian hari.

Jika dalam konteks nyata layanan tersebut tak dapat kalian jumpai di menu aplikasi maka tidak usah risau. Karena cara memunculkan shopee paylater sebenarnya cukup mudah dan tak perlu repot menghubungi customer service. Kita hanya perlu meningkatkan intensitas transaksi hingga level akun mencapai member gold. Terkadang, jika kalian beruntung maka sebelum mencapai gold perusahaan sudah membuka cicilan shopee tersebut.

Baca juga:  Cara Mencairkan Shopee Paylater ke ATM, DANA, dan OVO

Lalu bagaimana cara kredit shopee untuk pengguna baru? sederhana saja, kalian perlu memenuhi syarat dan ketentuan. Jika kalian sudah memenuhi persyaratan tapi shopee paylater tidak muncul maka silahkan update aplikasi terlebih dahulu. Selanjutnya clear cache dengan mengikut langkah-langkah berikut:

  1. Buka dan login aplikasi shopee.
  2. Masuk pada halaman "Saya".
  3. Pilih "Pengaturan Akun".
  4. Selanjutnya pilih Informasi akun.
  5. Pilih bersihkan cache.
  6. Terakhir login ulang dan kalian bisa menemukan fitur cicilan shopee.

Terlepas dari benar atau salahnya informasi yang saya sampaikan pada penjelasan di atas. Sebagai pengguna ponsel kita tetap harus memikirkan dampak dari sistem kredit tanpa kartu kredit satu ini. Alangkah baiknya kalian menggunakan cicilan shopee sebagaimana mestinya dan jangan terlalu bergantung padanya.

Setelah berhasil mengatasi shopee paylater tidak muncul sekilas memang sangat menyenangkan. Bagaimana tidak? karena kita bisa berbelanja sesuai limit saldo. Di lain sisi, pihak shopee pun juga terkesan memberikan kelonggaran dengan terus menaikan limit pinjaman. Tapi dampak negatifnya membuat pelanggan ketergantungan dan ketagihan karena metode jual beli yang sederhana.

Saya rasa cukup sekian penjelasan tentang cara mengatasi shopee paylater tidak muncul di aplikasi. Apabila kalian masih memiliki pertanyaan atau masalah lain terkait e-commerce satu ini maka ajukan lewat kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Shopee PayLater Tidak Muncul"