Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Jumlah User yang Tersambung ke WiFi Indihome

Cara Mengetahui Jumlah User yang Tersambung ke WiFi Indihome - Internet sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat modern untuk memudahkan kehidupan sehari-hari. Ada berbagai cara yang dapat kalian lakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut mulai dari membeli paket data sampai memasang wifi rumahan. Nah, indihome memberikan opsi terbaik bagi penikmat internet yang gemar berselancar tanpa batas dengan kecepatan di atas rata-rata.

Indihome sendiri menjadi provider penyedia internet rumah dengan jaringan terluas di Indonesia. Berbagai pilihan paket dengan harga berbeda pun turut serta ditawarkan pada pelanggan. Berbekal teknolofi fiber optic berkecepatan tinggi menjadi daya tarik utama di tengah merebaknya perkembangan teknologi.

Meski demikian beberapa pelanggan sering resah dan gelisah ketika password wifi milik mereka diketahui oleh orang lain. Bukan tanpa sebab, sandi yang bocor bisa menimbulkan berbagai persoalan negatif seperti internet lemot, kecepatan tidak stabil, bahkan tidak terhubung ke jaringan. Penyebabnya pun tak lain karena router menampung user lebih banyak dari kapasitasnya.

Cara Mengetahui Jumlah User yang Tersambung ke WiFi Indihome

Apakah kalian merasakan wifi indihome lemot? hal ini sering dialami oleh beberapa pelanggan. Penyebabnya bukan karena telat bayar tagihan ataupun kuota FUP habis melainkan password yang bocor. Saat password wifi bocor maka akan ada banyak pengguna ilegal yang tersambung ke wifi kita dan berimbas pada turunnya kecepatan internet.

Bagaimana cara cek user yang tersambung ke wifi indihome kita? inilah pertanyaan yang sering diajukan oleh pelanggan. Dengan memonitoring pengguna maka kita bisa mengetahui sekaligus mencegah pembobolan wifi.

Cara cek pengguna wifi indihome
Cara cek pengguna wifi indihome

Pada dasarnya internet rumah satu ini dipancarkan lewat router fiber optic. Sayangnya pelanggan tak bisa memonitoring router secara langsung ataupun portable dari aplikasi. Cara satu-satunya mengetahui berapa pengguna yang tersambung ke wifi indihome yakni dengan mengakses default IP router.

Baca juga: Biaya Pasang Wifi Di rumah Tanpa Telepon Rumah (Indihome Netizen)

Cara Login Router Indihome (Fiberhome)

Sebagaimana kita ketahui pihak indihome memang tidak menyediakan aplikasi all in one yang mampu memonitoring kinerja, jumlah pengguna, serta mengatur device router. Oleh karenanya kalian perlu mengakses router tersebut secara manual lewat default IP address. Sayangnya tak semua pelanggan khususnya mereka yang masih awam tau bagaimana cara login router.

Maka dari itu langkah pertama sebelum kalian cek pengguna wifi indihome adalah masuk ke pengaturan router terlebih dahulu. Jarang sekali ada orang yang mampu membuka atau bahkan mengetahui cara masuk ke router. Apabila kalian salah satunya maka simaklah cara mengetahui jumlah user wifi indihome berikut:

  1. Buka google chrome atau browser apa saja di ponsel.
  2. Masukan 192.168.1.1 ke search bar lalu tap OK. Maka kalian akan dibawa menuju laman login accesspoint.
  3. Masukan detail login (biasanya tercantum di belakang accesspoint).
  4. Misalnya username: user, dan password: user123.
  5. Lalu tap login untuk masuk ke pengaturan router.

Setelah berhasil login maka kalian bisa mengetahui jumlah user yang tersambung ke wifi Indihome. Sebab dari router inilah kita bisa memantau, mengatur, bahkan membatasi sambungan internet ke setiap user. 

Cara Cek Pengguna WiFi Indihome

Saya akan asumsikan kalian berhasil masuk ke perangkat router menggunakan detail login seperti tutorial sebelumnya. Lalu bagaimana cara mengetahui jumlah pengguna yang tersambung ke wifi indihome kita? sebenarnya mudah saja. Setelah kalian berhasil masuk ke pengaturan router maka silahkan ikut langkah di bawah:

  1. Pastikan sudah masuk ke pengaturan router.
  2. Masuk ke menu Wireless Status.
  3. Pilih WiFi Client List.
  4. Maka akan muncul jumlah user yang tersambung ke wifi.

Meski bisa mengetahui berapa jumlah user wifi indihome tapi tak serta merta bisa membuat kita memblokirnya. Mengapa demikian? karena router internet rumah satu ini tak memiliki fitur yang mampu memblokir pengguna.

Jadi, jika password wifi milik kalian bocor alangkah baiknya langsung menggantinya dengan sandi baru. Sebagai bentuk preventif pelanggan disarankan untuk menggunakan kombinasi alfanumerik serta simbol untuk menambah tingkat kesulitan sandi.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Jumlah User yang Tersambung ke WiFi Indihome"