Nomor Pusat Pesan Semua Operator (Telkomsel, Indosat, Smartfren, Tri, XL, Axis)

Nomor Pusat Pesan Semua Operator (Telkomsel, Indosat, Smartfren, Tri, XL, Axis) - Penggunaan metode kirim pesan singkat sudah sangat umum dijumpai dalam konteks berkomunikasi. Metode transaksi atau verifikasi berbasis SMS pun juga masih banyak dipakai. Tapi apa jadinya kalau nomor ponsel milik kita tidak bisa menerima SMS?

Tidak bisa dipungkiri bahwa semua metode komunikasi sekarang sudah tercover oleh hadirnya aplikasi chatting berbasis online seperti whatssap dan messenger. Hanya dengan satu media saja pengguna ponsel pintar bisa melakukan panggilan suara, video call, mengirim pesan teks, berbagi file, dan lain sebagainya. Lalu untuk apa kita harus menyeting nomor SMSC operator? Jawabannya tentu saja harus.

Ketika seorang pelanggan memasukan nomor pusat pesan operator yang salah maka ia tidak bisa mengirim SMS. Mungkin bagi sebagian orang awan hal ini tidak menjadi masalah mengingat sekarang SMS sudah digantikan oleh whatsapp. Tapi kalian harus tau bahwa SMS terkadang memiliki fungsi selain menyampaikan pesan, misalnya menukar kode voucher. Pesan teks konvensional juga menjadi media penyampai informasi oleh provider kepada pelangganya. Lewat media inilah biasanya kalian mendapatkan notifikasi pulsa paketan habis atau promo penawaran paket murah.

ketika kalian gagal mengirim SMS atau justru tidak bisa menerima SMS maka ada yang salah dengan pengaturan nomor pusat pesan di ponsel. Cara mengatasi problematika tersebut adalah dengan mengganti nomor SMSC indosat, telkomsel, XL, smartfren, atau provider yang kalian pakai ke defaultnya.

Nomor Pusat Pesan Semua Operator (Telkomsel, Indosat, Smartfren, Tri, XL, Axis)

Tidak terkirimnya pesan singkat tentunya dapat disebabkan oleh nomor pusat pesan atau SMS Center sering kosong atau kurang 1 angka. Hal seperti ini memang sering terjadi tanpa kita sadari. Untuk itulah kita harus belajar cara setting nomor pusat pesan provider yang dipakai. Lantas apakah no SMSC semua operator sama? tentu tidak, baik telkomsel, smartfren, indosat, XL, kartu TRI, dan axis memiliki jalur komunikasi sendiri.

Cara mengatasi SMSC tidak valid dapat dilakukan melalui menu pengaturan pesan singkat pada ponsel masing-masing. Pengiriman SMS yang tiba tiba tidak dapat dikirim memang merupakan masalah umum dikalangan pengguna ponsel pintar. Saya sendiri pernah mengalai gagal kirim SMS bersamaan dengan munculnya notifikasi SMSC failed to update (update error). 

Masalah gagalnya pengiriman SMS dapat disebabkan oleh nomor pusat pesan tidak terisi atau hilang. Akan tetapi masing masing operator memiliki nomor pusat pesan yang tidak sama atau berbeda. Untuk itu nomor pusat pesan Telkomsel berbeda dengan nomor pusat pesan Indosat dan sebagainya. Agar masalah ini tidak berlarut larut maka lebih baik menerapkan cara mengatur nomor pusat pesan pada semua operator yang tersedia.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan update nomor SMSC indosat, telkomsel, smartfren, kartu TRI, dan beberapa provider lainnya. Tapi sebelum menuju topik bahasan ada baiknya kalian mengetahui terlebih dulu pengertian SMSC itu sendiri. Baru setelahnya kita akan mempelajari cara mengganti nomer tersebut berdasarkan operatornya.

Apa Itu Nomor Pusat Pesan

Apa yang dimaksud nomor pusat pesan itu? nomor yang selanjutnya disebut SMSC adalah bagian jaringan yang digunakan untuk mengirim, menerima, mengantar, mengubah, dan menyimpan pesan singkat. Bisa dibilang digit nomer tersebut mirip seperti metode pengkodean yang menyatakan alamat.

Dalam nomor pusat pesan ini terdapat angka yang mewakili masing masing provider seluler sehingga berbeda seperti provider Telkomsel, Smartfren, XL, Indosat, Axis maupun Tri (3). Setiap provider tentunya mempunyai susunan nomor yang tidak sama. Untuk itu memang cukup panjang untuk menghafal nomor tersebut.
Baca juga : 8 Cara Mengatasi Error Tidak Terdaftar di Jaringan (Not Registered On Network)

Lantas apa yang terjadi kalau nomor pusat pesan smartfren, telkomsel atau operator lain tersebut salah? skenario terburuk ponsel tidak akan bisa dipakai mengirim pesan. Untuk sebagian orang masalah ini sangatlah penting meningat SMS tidak hanya dipakai berkirim pesan saja. Nomor pusat pesan (SMSC) sendiri dapat diartikan sebagai nomor penting dalam sistem perpesanan untuk mengirim teks sehingga tidak gagal meskipun masa aktif dan pulsanya masih ada.

Nah setelah mengetahui fungsi dan betapa pentingnya nomor pusat pesan tersebut. Kini tibalah saatnya kita mengatasi gagal mengirim SMS ke semua operator. Sebenarnya caranya pun cukup simpel, silahkan ganti no SMSC di ponsel anda sesuai default provider masing-masing.

Nomor Pusat Pesan Telkomsel

Telkomsel dikenal sebagai penyedia layanan operator seluler nomor satu di Indonesia. Gelar tersebut diberikan bukan tanpa alasan karena total pengguna kartu AS, Simpati, dan loop mencapai puluhan juta orang. Bermodal infrastruktur yang mumpuni akhirnya membuat jaringan telkomsel tetap terjaga stabilitasnya.

Hal ini dibuktikan dengan internet cepat tanpa lag dan kejernihan suara ketika pelanggan melakukan panggilan telfon. Tapi ada kalanya pengguna simpati atau kartu AS mengeluh tidak bisa menerima SMS telkomsel begitu juga ketika mereka mencoba mengirim pesan singkat. Lantas apa yang sebenarnya terjadi? disinyalir penyebabnya karena nomor pusat pesan telkomsel yang salah.

Sayangnya hanya sedikit orang yang tau cara memasukan nomor SMSC telkomsel karena minimnya informasi. Di lain sisi, kita tidak bisa menyalahkan para pelanggan karena dari pihak operator sendiri tidak mencantumkan berapa nomor pusat pesan telkomsel terbaru yang bisa dipakai. Oleh karenanya, dalam sesi kali ini saya akan berikan nomor SMSC Simpati, Kartu AS, dan loop untuk kalian.

Perdana TelkomselNo SMSC
Simpati, Kartu AS, loop+6281100000

Nomor Pusat Pesan Indosat

Indosat ooredoo menjadi salah satu pelopor provider telekomunikasi bersama dengan telkomsel. Meski terbilang sudah cukup berumur namun faktanya masih banyak permasalahan yang dialami oleh penggunanya. Bukan tanpa alasan saya berkata demikian, karena faktanya tak sedikit pelanggan mengeluh tidak bisa menerima SMS indosat. Keluhan juga datang dari maraknya program konten berbayar yang tiba-tiba menyedot pulsa tanpa disadari.

Dalam artikel sebelumnya pun sudah pernah saya bahas beberapa faktor kenapa seorang pelanggan gagal mengirim pesan indosat ke operator lain. Salah satu penyebabnya bisa datang dari pengaturan nomor pusat pesan indosat yang tidak sesuai. Solusinya adalah mengganti serta mengatur ulang nomor SMSC tersebut agar singkron dengan versi terbarunya.

Baca juga: SMSC Nomor Pusat Pesan Indosat (IM3, Matrix dan Mentari) Terbaru

Meski kita hanya bisa mendapati 1 jenis indosat dengan label ooredoo saja. Tapi sebenarnya operator seluler satu ini memiliki 3 varian kartu perdana yang terdiri dari IM3, Mentari, dan Matrix. Secara otomatis no pusat pesannya pun juga berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya silahkan simak tabel berikut:

Kartu PerdanaNo SMSC
Matrix dan Mentari+6281612
IM3+62855000000

Nomor Pusat Pesan Axis

Selanjutnya kita akan membahas nomor SMSC axis yang notabennya adalah provider seluler berbasis GSM yang menawarkan beragam paketan murah. Sayangnya tidak banyak pengguna ponsel pintar berlangganan paket axis lantaran kekuatan sinyalnya yang tidak stabil. Bahkan dalam beberapa kasus pula sering terjadi error jaringan seperti bar sinyal tidak muncul, 4G hilang, internet lemot dan lain sebagainya.

Walaupun tak banyak diminati tapi axis tetap berusaha memberikan pelayanan prima pada para pelanggannya. Buktinya kalian dapat dengan mudah menemukan cara memasukan nomor pusat pesan axis di internet. Maknanya, provider satu ini memiliki komitmen menjaga kualitas melalui seragkaian pemeliharaan jaringan.

Kalau kebetulan tidak bisa mengirim atau menerima SMS axis baik dari sesama dan operator lain ada baiknya gantilah nomor SMSC di ponsel. Lantas berapa nomernya? silahkan simak tabel berikut:

OperatorNo SMSC
AXIS+628315000032

Nomor Pusat Pesan Smartfren

Smartfren menjadi provider seluler yang belakangan ini terus mengalami lonjakan dalam berbagai bidang. Mulai dari peningkatan jumlah pelanggan sampai varian kartu perdana baru berbasis GSM yang diluncurkannya. Sementara itu, paket internet smartfren pun juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna ponsel pintar di seluruh Indonesia.

Operator seluler satu ini menawarkan paket unlimited bulanan dengan FUP 1.5GB perhari yang dibanderol hanya 100 ribu rupiah saja. Paket volume based dan beberapa pilihan bundling lainya pun tak kalah murah dan terbukti mampu menarik minat pelanggan. Meski demikian, tapi masih banyak pengguna mengeluh gagal mengirim SMS atau menerima SMS dari operator lain.

Lagi-lagi masalah tersebut disebabkan oleh pengaturan nomer pusat pesan smartfren yang salah dan pergu diganti. Apakah kalian tau bagaimana cara mengganti nomor SMSC smartfren? jika tidak simaklah tabel di bawah.

OperatorNo SMSC
Smartfren+628811223344

Misal anda kesulitan atau tidak mengetahui cara memasukan nomor pusat pesan ada baiknya kalian membaca artikel ini sampai selesai. karena pada sesi terakhir nanti akan saya bagikan cara mengatur nomer SMSC di semua tipe HP baik samsung, xiaomi, oppo, dan vivo.

Nomor Pusat Pesan XL

Seperti yang saya jelaskan diatas bahwa tidak bisa mengirim SMS atau gagal menerima pesan bisa menimpa siapa saja. Semua operator berpotensi mengalami masalah serupa termasuk juga operator XL yang notabenya banyak dipakai kalangan muda. Salah satu penawaran yang menjadi andalannya adalah paket XL Xtra Combo lite.

Jujur saja, saya belum pernah sekalipun memakai perdana XL sama sekali. Bukan karena harga paket internet mahal atau pelayanan yang buruk. Melainkan karena di tempat saya tidak terjangkau sinyal provider XL. Jadi saya sendiri pun tidak bisa memberikan ulasan atau menjustifikasi berbagai problematika pada operator satu ini.

Tapi bagi kalian pengguna operator XL yang mengalami masalah dalam perpesanan bisa memasukan nomor SMSC XL di bawah.

Provider No SMSC
XL+62818445009

Nomor Pusat Pesan TRI

Kartu tri adalah salah satu provider yang menurut saya masih tertinggal di bidang optimasi jaringan. Walaupun menawarkan paket internet kuota besar harga murah tapi kita tidak bisa menampik kualitas jaringan tri masih buruk. Akibatnya pelanggan akan merasakan efek lemot ketika internetan, terkadang gagal mengirim SMS, dan lain sebagainya.

Meski tidak banyak yang memakai kartu 3 untuk berkirim pesan atau melakukan panggilan suara. Tapi tidak ada salahnya jika saya bagikan nomor SMSC TRI sebagai bahan pengetahuan.

OperatorNo SMSC
Kartu TRI+6289644000001

Cara Mengubah Nomor Pusat Pesan Android

Setelah membagikan nomor pusat pesan all operator di atas. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang cara mengubah SMSC di android yaitu sebagai berikut:

  • Langkah pertama yaitu menjalankan aplikasi Pesan terlebih dahulu.
  • Setelah itu klik pada menu Pengaturan.
  • Klik pada bagian Pengaturan lainnya. 
  • Pilih pada opsi Pesan Teks.
  • Lalu klik Pusat pesan dan nomor SMSC yang digunakan oleh operator anda dimasukkan.

Cara Setting Nomor Pusat Pesan Semua Operator 

Setelah membagikan kumpulan nomor pusat pusat pesan all operator dan cara mengubah SMSC semua operator di atas. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang cara mengatur SMSC semua operator di Android yaitu sebagai berikut:

  1. Langkah pertama yaitu membuka menu pesan di Handphone anda, baik yang menggunakan operator Indosat, Axis, Smartfren, Telkomsel, Tri dan XL (semua operator). Kemudian klik pada menu Pengaturan.
  2. Setelah itu klik pada bagian Pengaturan Lainnya.
  3. Lalu pilih Pesan Teks.
  4. Kemudian klik pada bagian pusat pesan, jika nomornya sudah ada berarti SMSCnya sudah diisi. Namun jika masih kosong, maka masukkan nomor sesuai dengan operator yang digunakan.
Nomor Pusat Pesan Semua Operator Beserta Cara Setting
Pengaturan Nomor Pusat Pesan

Demikianlah penjelasan mengenai nomor pusat pesan semua operator beserta cara setting nomor pusat pesan. Nomor pusat pesan (SMSC) ialah nomor penting dalam sistem perpesanan untuk mengirim teks sehingga tidak gagal dikirim meskipun masa aktif dan pulsanya masih ada. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Nomor Pusat Pesan Semua Operator (Telkomsel, Indosat, Smartfren, Tri, XL, Axis)"

Posting Komentar

Disclaimer: Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel