Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SMSC Nomor Pusat Pesan Indosat (IM3, Matrix dan Mentari) Terbaru

SMSC Nomor Pusat Pesan Indosat (IM3, Matrix dan Mentari) Terbaru - Mengganti nomor pusat pesan biasa dilakukan pelanggan ketika gagal mengirim maupun menerima SMS Indosat. Fungsi SMSC indosat adalah untuk mengatur lalu lintas pengiriman pesan. Pada umumnya setiap operator seluler memiliki nomor SMSC yang berbeda satu sama lain. Tanpa setting nomor pusat pesan IM3 kita tidak akan bisa berkomunikasi lewat pesan singkat.

Sayangnya nomor SMSC indosat sering kali berubah-ubah tanpa adanya notifikasi. Hal ini tentunya menyulitkan beberapa pelanggan khususnya mereka yang masih baru mengaktifkan perdana IM3, Mentari, dan Matrix. Ada kalanya nomor tersebut berganti selama periode tertentu karena beberapa alasan.

Nomor Pusat Pesan Indosat (IM3, Matrix dan Mentari)
Kode SMSC Indosat Ooredoo

Kenapa HP tidak bisa menerima SMS indosat? problematika ini sering dialami oleh beberapa pengguna ponsel pintar. Salah satu penyebabnya adalah nomor pusat pesan indosat yang salah atau sudah kadaluarsa. Tidak perlu khawatir, karena kalian bisa memperbaikinya sendiri di rumah tanpa harus pergi ke konter ataupun menghubungi pihak CS.

Indosat menjadi salah satu provider yang rajin melakukan pemeliharaan sistem dan upgrade layanan. Tujuan utamanya tak lain untuk meningkatkan kualitas telekomunikasi dan memuaskan penggunanya. SMSC (short message center) pun menjadi salah satu bagian yang terus diperbarui akibat semakin bertambahnya antusiasme masyarakat memakai kartu IM3, Matrix, dan Mentari.

SMSC Nomor Pusat Pesan Indosat (IM3, Matrix dan Mentari) Terbaru

Nomor pusat pesan indosat terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan servernya. Diantaranya adalah no pusat pesan IM3, Matrix, dan mentari. Dengan kata lain setiap varian kartu perdana memiliki nomor serta server yang berbeda satu sama lain. No SMSC Indosat yang digunakan harus sesuai layanannya sebelum nomor pesan lama diganti dan dimasukkan nomor baru pada menu SMSC tersebut.

Setelah nomor SMSC Indosat telah diketahui, kemudian anda dapat menerapkan cara mengatur SMSC Indosat yang digunakan oleh HP Android atau Smartphone. Apa itu nomor pusat pesan? Pengertian nomor pusat pesan ialah suatu nomor pada layanan SMS yang digunakan untuk mengirim SMS tadi ke operator lain ataupun ke sesama operator dalam bentuk teks.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam apa itu nomor pusat pesan. Saya juga akan jabarkan berapa nomor SMSC indosat, dan bagaimana cara memasukannya pada pengaturan ponsel. Kita akan mengulasnya satu persatu menjadi sub bagian tersendiri agar semua pembaca mudah memahaminya.

Apa Itu Nomor Pusat Pesan

Apa itu SMSC indosat? pertanyaan ini biasanya sering diajukan oleh pengguna ponsel yang sedang mengalami masalah perpesanan. SMSC sendiri adalah singkatan dari short message service center yang merupakan pusat layanan perpesanan pada suatu operator. Singkatnya, HP tidak akan bisa mengirim dan menerima SMS tanpa adanya pengaturan nomor SMS yang benar.

Mengganti nomor pusat pesan indosat tidak hanya dilakukan oleh pengguna kartu lama IM3, Mentari, dan matrix. Dalam beberapa kasus, tidak bisa menerima SMS indosat juga sering dialami oleh beberapa pelanggan yang baru aktivasi perdana.

Saya pun tidak tak bisa menyimpulkan apa yang menyebabkan masalah tersebut. Apakah karena SMSC indosat selalu berganti-ganti ataukan memang ada yang salah pada settingan kartu perdana.

Berdasarkan pengertian di atas bisa kita simpulkan bahwa nomor pusat pesan adalah digit angka yang menjadi gateway keluar masuknya pesan singkat. Tanpa adanya SMSC, ponsel tidak akan bisa mengirim dan menerima pesan dari nomor lain baik itu sesama operator maupun lintas provider.

Nomor SMSC Indosat Untuk Apa

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa SMSC mengacu pada sistem service center perpesanan. Setiap operator memiliki sistem serta metode pengkodean berbeda untuk layananannya sehingga tidak terjadi saling tubrukan data.

Dari pengertian tersebut kita harusnya sudah bisa menerka bahwa fungsi nomor SMSC indosat adalah untuk menjembatani terjadi pengiriman pesan. Banyak yang bertanya berapa nomor pusat pesan indosat yang masih valid karena alasan yang cukup klasik. Yakni mereka mengalami kegagalan pada saat mengirim pesan singkat.

Berapa Nomor Pusat Pesan Indosat

Setelah memahami pengertian nomor pusat pesan diatas tentunya anda sudah memiliki gambaran apa manfaat dan konsep cara kerjanya. Secara garis besar SMSC indosat tidak dipublikasikan secara umum kepada semua pelanggan. Hal ini bisa dilihat pada saat pembelian kartu perdana kita tidak akan menemukan adanya informasi berapa nomor pusat pesan indosat di bungkus kemasan.

Sedangkan beberapa hari belakangan banyak pula pelanggan yang mengeluh sering gagal mengirim SMS. Penyebanya bisa jadi karena nomor SMSC indosat yang sudah berubah. Di lain sisi, settingan ponsel tak mampu mengikuti update tersebut dan masih memakai nomor lama. Maka dari itu kita harus segera melakukan update.

Lantas berapa nomor pusat pesan indosat? setiap produk memiliki SMSC sendiri-sendiri. Tujuan dibuatnya jalur berbeda untuk layanan pesan singkat tersebut agar tidak terjadi traffic collision. Jika anda mengalami masalah HP tidak bisa mengirim SMS indosat silahkan cek terlebih dahulu no pusat pesannya. Nah, berikut ini adalah kode SMSC indosat terbaru yang bisa kalian pakai:

Kartu PerdanaNomor Pusat Pesat
IM3 Server 1+62216124
IM3 Server 2+62855000000
Matrix+62216124
Mentari+62216124

Kalian sudah mengetahui berapa nomor pusat pesan indosat dari tabel di atas. Tapi apakah anda tau bagaimana cara mengganti atau memasukan nomor tersebut? jika tidak simaklah tutorial pada sesi selanjutnya.

Cara Mengganti Nomor SMSC Indosat

Cara mengatasi masalah gagal mengirim SMS indosat adalah mengganti no SMSC. Pada dasarnya ponsel sudah memiliki default pengaturan ketika pertama kali aktivasi perdana. Tapi ada kalanya no tersebut kadaluarsa dan tidak valid lagi karena adanya update layanan.

Oleh karenanya, pelanggan harus mengatur nomor pusat pesan indosat secara mandiri. Tenang saja, karena tutorialnya sangat mudah bahkan bisa diselesaikan hanya dalam waktu 5 menit saja. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikut langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu Pesan terlebih dahulu. 
  2. Kemudian klik Pengaturan Tambahan di menu pesan.
  3. Kemudian pada kolom pusat pesan di SIM/kartu Indosat tersebut diisi nomornya.
  4. Gunakan nomor yang sesuai dengan kartu anda.
  5. Setelah itu klik Ok.

Usahakan pengaturan di atas kalian simpan dengan baik sehingga ketika keluar dari menu pesan tersebut pengaturannya tidak berubah. Minimal buka perpesanan sebanyak dua kali, lalu Handphone tersebut direstart. Langkah berikutnya tunggu sampai Smartphone anda hidup dan coba kirim SMS apakah sudah dapat dikirim atau belum.

Demikianlah penjelasan mengenai nomor pusat pesan Indosat baik IM3, Matrix maupun Mentari lengkap. Nomor pusat pesan merupakan suatu nomor pada layanan SMS yang digunakan untuk mengirim SMS tadi ke operator lain ataupun ke sesama operator dalam bentuk teks. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "SMSC Nomor Pusat Pesan Indosat (IM3, Matrix dan Mentari) Terbaru"