Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid Semua Operator dan HP

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid Semua Operator dan HP - Kode MMI Tidak valid merupakan salah satu masalah sambungan yang harus dihadapi oleh sebagian pelanggan. Baik operator telkomsel, indosat, TRI, axis, maupun XL berpotensi mengalaminya. Meski masalah kode MMI muncul saat tidak bisa mengakses kode dial tapi dampaknya cukup signifikan. Kalian taka akn bisa daftar paket internet, menukar voucher, atau bahkan terhubung ke jaringan.

Dulu, kejadian ini pernah saya alami saat hendak mendaftar paket internet telkomsel lewat kode dial. Ketika gagal mengakses kode dial muncul pesan info operator "Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid" seperti pada gambar di bawah. Kini, setelah beralih memakai kartu Smartfren pun saya juga sering mendapat notifikasi demikian saat gagal isi ulang voucher kuota.

Notifikasi gagal karena masalah sambungan
Notifikasi gagal beli paket

Karena hal tersebut saya pun berpikir apakah masalah sambungan tersebut bisa menimpa semua provider seluler? lalu apa yang menjadi penyebab kode MMI tidak valid? ternyata benar saja. Setelah menyambangi berbagai forum online saya menjumpai pertanyaan serupa datang dari berbagai pengguna.

Tidak ada penyebab spesifik terkait timbulnya notifikasi tersebut saat membeli paket internet maupun menukar kode voucher isi ulang. Diagnosa paling logis disebabkan karena sinyal operator yang jelek sehingga pelanggan mengalami kegagalan ketika mengakses USSD. Karena letak permasalahannya pada jaringan maka kita bisa menyelesaikan masalah tersebut secara mandiri.

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid Semua Operator dan HP

Notifikasi masalah sambungan kode MMI tidak valid biasanya muncul ketika kita hendak memasukan kode voucher atau membeli paket internet lewat kode dial. Meski terdengar cukup sepele tapi faktanya problem tersebut cukup merepotkan jika kita sedang berada pada kondisi tertentu. Misalnya ketika kehabisan kuota tapi gagal membeli paket internet.

Terlebih lagi jika kita sedang tergesa-gesa atau harus mengisi kuota internet secepatnya. Berbekal kasus tersebut akhirnya saya menyambangi beberapa forum dan bertanya langsung ke customer service berbagai operator. Bagaimana cara mengatasi kode MMI tidak valid dan gagal beli paket internet?

Baca juga: Cara Daftar Paket Unlimited Telkomsel Tanpa FUP Termurah

Kode MMI tidak valid bisa menyebabkan beberapa kendala saat menggunakan ponsel, diantaranya adalah:

  1. Gagal membeli paket internet.
  2. Gagal mengakses kode Dial USSD.
  3. Tidak bisa menukar kode voucher.
  4. Tidak terhubung ke jaringan.

Lantas apa yang harus kita lakukan ketika mendapati hal demikian? pertama jangan panik. Karena masalah tersebut bisa diselesaikan dengan mudah tanpa harus menghubungi pihak CS operator. Cukup ikuti beberapa tutorial di bawah dengan baik dan benar.

Apa Itu Kode MMI

Pernahkah kalian mengalami gagal saat menukar kode voucher? tidak bisa beli paket internet lewa kode dial? inilah dampak yang terjadi bila kode MMI tidak valid. Saya sendiri, sering mengalami hal demikian ketika masih tinggal di daerah pedesaan.

Meski masalah sambungan atau kode MMI sering muncul tapi faktanya tak semua orang tau pengertiannya. Kode MMI merujuk pada kode perintah dengan kombinasi angka dan karakter seperti * dan #. MMI sendiri merupakan singkatan Man Machine Interface yang notabenya bekerja layaknya customer service.

Hal ini bisa kalian jumpai ketika mengakses kode dial operator telkomsel, indosat, XL, smartfren, Tri, dan lain sebagainya. Fungsi utamanya adalah untuk cek pulsa, cek kuota, beli paket internet, hingga cek IMEI sekalipun. Tapi terkadang kode tersebut juga bisa menjadi bumerang untuk pengguna ponsel karena sering terjadinya masalah sambungan atau kode MMI tidak valid.

Setting Jaringan

Salah satu cara mengatasi masalah sambungan atau kode MMI tidak valid adalah mengubah pola jaringan. Maksudnya kita harus mengganti mode dan menyesuaikan dengan kualitas tangkapan sinyal terbaik di wilayah tersebut. Pasalnya terkadang ponsel disetting untuk menangkap sinyal 4G only.

Padahal di wilayah tersebut sama sekali tidak ada sinyal 4G dan menyebabkan muncul pesan kode MMI tidak valid saat akses UMB. Inilah alasan mengapa kita harus mengganti mode jaringan serta menyesuaikannya agar bisa menangkap sinyal dengan kualitas terbaik.

Secara garis besar pengguna ponsel pintar bisa mengubah mode jaringan dengan dua cara berbeda. Pertama secara otomatis lewat kode dial UMB sehingga koneksi yang dipilih akan langsung spesifik. Kedua secara manual melalui menu pengaturan yang ada di ponsel.

Ganti Mode Otomatis

Cara mengatasi kode mmi tidak valid pertama cukup mudah dan saya rasa bisa dilakukan pada semua merk ponsel. Selain itu kode dial di bawah juga valid untuk seluruh operator mulai dari telkomsel, XL,Tri, hingga smartfren sekalipun. Untuk lebih jelasnya silahkan simak tutorial berikut:

  1. Buka menu dial pada ponsel.
  2. Dial kode *#*#4635#*#*.
  3. Pada halaman baru pilih Informasi Telepon.
  4. Langkah terakhir pilih WCDMA Preffered.

Dengan demikian mode jaringan anda hanya akan membaca koneksi WCDMA saja dan mengabaikan opsi lainnya. Selanjutnya silahkan coba beli paket internet atau menukar voucher isi ulang kembali. Lihatlah apakah pesan masalah sambungan kode MMI tidak valid masih muncul atau tidak.

Ganti Jaringan Manual

Dalam beberapa kasus penyebab masalah sambungan bisa datang dari koneksi yang tidak stabil. Hal ini dapat terjadi ketika ponsel kesulitan menentukan mode jaringan (GPRS, 3G, 4G) mana yang akan diambil. Maka dari cara mengatasi kode MMI tidak valid selanjutnya adalah mengatur serta menetapkan parameter sendiri.

cara mengatasi kode MMI tidak valid
Ganti Mode Jaringan

Jika anda mengalami kesulitan pada saat mengganti mode jaringan secara otomatis memakai kode diatas. Ada baiknya anda mengubahnya manual langsung dari menu pengaturan ponsel. Silahkan simak tutorial berikut:

  1. Masuk ke menu pengaturan.
  2. Pilih Koneksi.
  3. Selanjutnya masuk ke Jaringan Seluler.
  4. Atur mode jaringan agar memilih Sambungan Otomatis.

Setelah selesai simpan pengaturan tersebut dan ponsel akan menangkap sinyal GPRS, 3G, ataupun 4G secara otomatis. Metode diatas didasarkan atas pengalaman sebagian teman saya yang menyeting mode 4G only padahal di daerahnya sinyal 4G tidak begitu stabil.

Mengaktifkan Mode Pesawat

Cara mengatasi kode MMI tidak valid selanjutnya cukup sederhana yakni memanfaatkan airplane mode. Trik klasik yang sering dipakai oleh pengguna ponsel ketika mengalami masalah sambungan adalah dengan merefresh jaringan. Tidak perlu harus memuat ulang hp (meskipun cara ini bisa) tapi kita hanya perlu mengaktifkan lalu menonaktifkan mode pesawat saja.

Mode pesawat sendiri merupakan fitur dasar yang harusnya ada di setiap jenis ponsel keluaran terbaru. Fungsinya cukup sederhana yakni memutus sambungkan serta menonaktifkan seluruh perangkat jaringan. Hal itu sama saja seperti kita melakukan restart tapi hanya dikhususkan untuk network hardware saja.

Dengan mereset koneksi maka ponsel akan mendapatkan IP baru dan melakukan pencarian koneksi yang lebih baik dari sebelumnya. Inilah alasan mengapa setelah kita mereset jaringan ponsel akan lancar terhubung ke internet. Trik tersebut bahkan sering dipakai untuk mempercepat internet yang lemot dan masalah sambungan lainnya.

Cara mengatasi kode MMI tidak valid lewat mode pesawat adalah:

  1. Slide header menu pada ponsel.
  2. Tap icon untuk mengaktifkan mode pesawat.
  3. Tunggu beberap saat hingga bar sinyal berubah menjadi icon pesawat.
  4. Tap kembali icon untuk menonaktifkan mode pesawat.

Setelah melaksanakan tutorial diatas cobalah untuk menukarkan voucher isi ulang atau beli paket internet lagi. Jika masih gagal, artinya memang ada kesalahan sistem atau sinyal operator ada gangguan.

Ganti Kartu Perdana

Sebenarnya saya tidak terlalu merekomendasikan cara mengatasi kode MMI tidak valid satu ini. Sebab pelanggan perlu membongkar kartu SIM dan mengujinya ke ponsel lain maupun sebaliknya. Memang ada kalanya problem bukan datang dari jaringan yang terganggu tapi dari faktor kartu sim itu sendiri.

Pengalaman di atas pernah saya alami saat berlangganan indosat dan telkomsel. Kala itu sinyal provider full, paketan on, namun saat mengakses kode dial muncul pesan masalah sambungan. Selang satu hari ternyata pihak telkomsel memblokir kartu saya.

Bila kalian memiliki teman atau kerabat dengan perdana operator sama maka trik ini dapat dilakukan. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah cara mengatasi kode MMI tidak valid berikut:

  1. Cari atau pinjam kartu perdana sejenis.
  2. Copot kartu sim kalian.
  3. Pasang kartu perdana sejenis ke ponsel.
  4. Silahkan coba mengakses kode dial apakah masih terjadi masalah sambungan atau tidak.
  5. Bila tidak ada kendala, maka ada indikasi kartu kamu mengalami kerusakan.

Kalau ternyata masalah sambungan atau kode mmi tidak valid masih berlanjut di kartu SIM kalian. Maka segeralah pergi ke gerai resmi untuk minta migrasi kartu. Sebab ada indikasi bahwa perdana bermasalah dan berpotensi terblokir.

Restart Ponsel

Merestart ponsel menjadi cara mengatasi kode MMI tidak valid terakhir yang bisa dilakukan jika semua metode di atas gagal. Restart hp bisa juga diartikan sebagai reset total perangkat. Maknanya, semua bug ataupun kesalahan sistem akan direset dan dikembalikan seperti sediakala ketika ponsel dinyalakan kembali.

Memuat ulang perangkat juga bisa mengatasi masalah sambungan karena perangkat jaringan akan diatur ulang seperti pada metode sebelumnya. Secara teknis kita hanya perlu mematikan lalu menghidupkan kembali perangkat HP masing-masing. Teknik ini saya jamin bekerja pada merk HP xiaomi, oppo, vivo, samsung maupun ponsel lainnya.

Hubungi Customer Care

Menghubungi customer service telkomsel, indosat, maupun XL menjadi salah satu opsi terbaik apabila masih mengalami masalah sambungan. Ketika cara mengatasi kode MMI tidak valid seperti yang saya jelaskan di atas kurang efektif maka tak ada salahnya bila kontak CS.

Secara garis besar customer care akan memberitahu letak kesalahan dan memperbaikinya secara instan. Nah, kalian dapat mengubungi CS baik dari telepon maupun datang langsung ke gerai resmi di kota-kota terdekat.

Masalah sambungan kode MMI tidak valid emang sangat mengganggu, apalagi kalau terjadi secara terus menerus. Untuk menghindari hal tersebut ada baiknya anda mencari tempat dengan kekuatan sinyal yang baik dan stabil sebelum membeli paket internet atau mengakses kode UUSD. Pasalnya salah satu penyebab kode MMI tidak valid adalah kualitas sinyal provider yang buruk.

Posting Komentar untuk " Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid Semua Operator dan HP"