Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid Semua Operator dan HP

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid Semua Operator dan HP - Kode MMI Tidak valid merupakan salah satu masalah sambungan yang harus dihadapi oleh beberapa pelanggan kartu prabayar. Kartu perdana semua provider bisa mendapat pesan tersebut tanpa kecuali.

Dulu, kejadian ini pernah saya alami ketika hendak mendaftar paket internet telkomsel lewat kode UMB. Ketika gagal mengakses kode dial muncul pesan info operator "Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid" seperti pada gambar di bawah. Setelah beralih memakai kartu Smartfren pun saya juga pernah mendapat notifikasi demikian saat gagal isi ulang voucher kuota.

Notifikasi gagal karena masalah sambungan
Notifikasi gagal beli paket

Karena hal tersebut saya pun berpikir apakah masalah sambungan tersebut bisa menimpa semua provider seluler? lalu apa yang menjadi penyebab kode MMI tidak valid? ternyata benar saja. Setelah menyambangi berbagai forum online saya menjumpai pertanyaan serupa datang dari berbagai pengguna.

Tidak ada penyebab spesifik terkait timbulnya notifikasi tersebut saat membeli paket internet maupun menukar kode voucher isi ulang. Diagnosa paling logis disebabkan karena sinyal operator yang jelek sehingga pelanggan mengalami kegagalan ketika mengakses USSD. Karena letak permasalahannya pada jaringan maka kita bisa menyelesaikan masalah tersebut secara mandiri.


Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid Semua Operator dan HP

Notifikasi masalah sambungan atau kode MMI tidak valid biasanya muncul ketika kita hendak memasukan kode voucher atau membeli paket internet lewat USSD. Pengguna yang mendapatkan pesan tersebut tidak bisa membeli paket internet ataupun menggunakan voucher isi ulang.

Meski terdengar sepele tapi masalah sambungan yang satu ini sangatlah mengganggu. Terlebih lagi jika kita sedang tergesa-gesa atau harus mengisi kuota internet secepatnya. Berbekal kasus tersebut akhirnya saya menyambangi beberapa forum dan bertanya langsung ke customer service berbagai operator. Bagaimana cara mengatasi kode MMI tidak valid dan gagal beli paket internet?

Baca juga: Cara Daftar Paket Unlimited Telkomsel Tanpa FUP Termurah

Kode MMI tidak valid bisa menyebabkan beberapa kendala saat menggunakan ponsel, diantaranya adalah:

  1. Gagal membeli paket internet.
  2. Gagal mengakses kode Dial USSD.
  3. Tidak bisa menukar kode voucher.
  4. Tidak terhubung ke jaringan.
Lantas apa yang harus kita lakukan ketika mendapati hal demikian? pertama jangan panik. Karena problematika tersebut bisa diselesaikan dengan mudah tanpa harus menghubungi pihak CS operator.

Setting Jaringan

Salah satu metode yang bisa diterapkan ketika anda mengalami masalah sambungan diatas adalah mengubah pola jaringan. Maksudnya kita harus mengganti mode dan menyesuaikan dengan kualitas tangkapan sinyal terbaik di wilayah tersebut.

Pasalnya terkadang ponsel disetting untuk menangkap sinyal 4G only. Padahal di wilayah tersebut sama sekali tidak ada sinyal 4G dan menyebabkan muncul pesan kode MMI tidak valid saat akses UMB. Inilah alasan mengapa kita harus mengganti mode jaringan serta menyesuaikannya agar bisa menangkap sinyal dengan kualitas terbaik.

Secara garis besar pengguna ponsel pintar bisa mengubah mode jaringan dengan dua cara berbeda. Pertama secara otomatis lewat kode dial UMB sehingga koneksi yang dipilih akan langsung spesifik. Kedua secara manual melalui menu pengaturan yang ada di ponsel.

Ganti Mode Otomatis

Metode pertama sangatlah mudah dan saya rasa bisa dilakukan pada semua merk ponsel. Selain itu kode rahasia UMB di bawah juga valid untuk seluruh operator mulai dari telkomsel, XL,Tri, hingga smartfren sekalipun. Untuk lebih jelasnya silahkan simak tutorial berikut:

  1. Buka menu dial pada ponsel.
  2. Dial kode *#*#4635#*#*.
  3. Pada halaman baru pilih Informasi Telepon.
  4. Langkah terakhir pilih WCDMA Preffered.
Dengan demikian mode jaringan anda hanya akan membaca koneksi WCDMA saja dan mengabaikan opsi lainnya. Selanjutnya silahkan coba beli paket internet atau menukar voucher isi ulang kembali. Lihatlah apakah pesan masalah sambungan kode MMI tidak valid masih muncul atau tidak.

Ganti Secara Manual

Dalam beberapa kasus penyebab kode MMI tidak valid bisa datang dari koneksi yang tidak stabil. Hal ini dapat terjadi ketika ponsel kesulitan menentukan mode jaringan (GPRS, 3G, 4G) mana yang akan diambil. Maka dari itu kita harus mengatur serta menetapkan parameter sendiri.
cara mengatasi kode MMI tidak valid
Ganti Mode Jaringan

Jika anda mengalami kesulitan pada saat mengganti mode jaringan secara otomatis memakai kode diatas. Ada baiknya anda mengubahnya manual langsung dari menu pengaturan ponsel. Silahkan simak tutorial berikut:

  1. Masuk ke menu pengaturan.
  2. Pilih Koneksi.
  3. Selanjutnya masuk ke Jaringan Seluler.
  4. Atur mode jaringan agar memilih Sambungan Otomatis.
Setelah selesai simpan pengaturan tersebut dan ponsel akan sinyal GPRS, 3G, ataupun 4G secara otomatis. Metode diatas didasarkan atas pengalaman sebagian teman saya yang menyeting mode 4G only padahal di daerahnya sinyal 4G tidak begitu stabil.

Mengaktifkan Mode Pesawat

Trik klasik yang sering dipakai oleh pengguna ponsel pintar ketika mengalami masalah sambungan adalah dengan merefresh jaringan. Tidak perlu harus memuat ulang hp (meskipun cara ini bisa) tapi kita hanya perlu mengaktifkan lalu menonaktifkan mode pesawat saja.

Dengan mereset koneksi maka ponsel akan mendapatkan IP baru dan melakukan pencarian koneksi yang lebih baik dari sebelumnya. Inilah alasan mengapa setelah kita mereset jaringan ponsel akan lancar terhubung ke internet. Trik tersebut bahkan sering dipakai untuk mempercepat internet yang lemot dan masalah sambungan lainnya.

Cara mengatasi kode MMI tidak valid lewat mode pesawat adalah:

  1. Slide header menu pada ponsel.
  2. Tap icon untuk mengaktifkan mode pesawat.
  3. Tunggu beberap saat hingga bar sinyal berubah menjadi icon pesawat.
  4. Tap kembali icon untuk menonaktifkan mode pesawat.
Setelah melaksanakan tutorial diatas cobalah untuk menukarkan voucher isi ulang atau beli paket internet lagi. Jika masih gagal, artinya memang ada kesalahan sistem atau sinyal operator ada gangguan.

Restart Ponsel

Merestart ponsel menjadi cara mengatasi kode MMI tidak valid terakhir yang bisa dilakukan jika semua metode diatas gagal. Restart hp bisa juga diartikan sebagai reset total perangkat. Maknanya, semua bug ataupun kesalahan sistem akan direset dan dikembalikan seperti sediakala ketika ponsel dinyalakan kembali.

Memuat ulang perangkat juga bisa mengatasi masalah sambungan karena perangkat jaringan akan diatur ulang seperti pada metode sebelumnya. Secara teknis kita hanya perlu mematikan lalu menghidupkan kembali perangkat HP masing-masing. Teknik ini saya jamin bekerja pada merk HP xiaomi, oppo, vivo, samsung maupun ponsel lainnya.

Masalah sambungan kode MMI tidak valid emang sangat mengganggu, apalagi kalau terjadi secara terus menerus. Untuk menghindari hal tersebut ada baiknya anda mencari tempat dengan kekuatan sinyal yang baik dan stabil sebelum membeli paket internet atau mengakses kode UUSD. Pasalnya salah satu penyebab kode MMI tidak valid adalah kualitas sinyal provider yang buruk.

Belum ada Komentar untuk " Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid Semua Operator dan HP"

Posting Komentar

Disclaimer: Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel