Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Error Tidak Terdaftar di Jaringan (Not Registered On Network)

Cara Mengatasi Error Tidak Terdaftar di Jaringan (Not Registered On Network) - Apakah kalian pernah menerima notifikasi berbunyi "Not Registered On Network". Secara garis besar, pesan tersebut menandakan bahwa smartphone kamu mengalami error tidak terdaftar di jaringan. Biasanya masalah ini muncul ketika sedang mengakses kode dial ataupun melakukan panggilan telepon. Yang menjadi pertanyaan, apa penyebab problematika di atas?

Cara Mengatasi Error Tidak Terdaftar di Jaringan (Not Registered On Network)
Error Not Registered On Network

Jaringan Error bisa disebabkan berbagai faktor mulai dari sambungan bermasalah, bug pada OS, pengaturan ponsel salah, hingga kerusakan komponen. Sebagian orang awam pasti akan panik ketika mendapat pesan demikian mengingat ponsel dalam keadaan prima dan sinyal bagus. Ya, masalah kartu tidak terdaftar di jaringan bisa menimpa pengguna ponsel android tanpa kenal kondisi. Lalu bagaimana cara mengatasi error not registered on network yang datang tiba-tiba? mudah saja.

Hal pertama yang harus kalian lakukan jangan terlalu panik karena peristiwa di atas termasuk kategori masalah general (biasa). Hanya karena ponsel tidak tersambung ke jaringan bukan berarti perangkat ataupun komponen di dalamnya mengalami kerusakan. Untuk membantu kalian mengatasi kartu SIM tidak terdaftar di jaringan saya merangkum informasi secara lengkap. Dalam artikel ini kalian akan belajar apa saja penyebab error dan solusi masalah sambungan itu sendiri.

Cara Mengatasi Error Tidak Terdaftar di Jaringan (Not Registered On Network)

Berkomunikasi jarak jauh lewat ponsel sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Hadirnya ponsel pintar memang sangat membantu aktivitas mulai dari belajar, bekerja, media hiburan, dan sebagianya. Tapi apa jadinya jika perangkat yang harusnya menjadi media penolong justru malah error tidak bisa digunakan sebagaimana semestinya? tentunya hal ini sangat memuakan.

Saya pun pernah mendapat pesan not registered on network kalau tidak salah saat mudik ke daerah jawa timur. Saya pun menyadari ketika SIM error tidak terdaftar di jaringan disebabkan karena sinyal yang jelek di wilayah tersebut. Langkah apa yang harus saya ambil ketika mengalami masalah demikian?

Cara mengatasi error tidak terdaftar di jaringan yang paling mudah adalah mengaktifkan mode pesawat dan mematikannya kembali. Trik ini biasa disebut reset jaringan, sebagai alternatif lain kalian juga bisa restart ponsel agar lebih yakin. Konsepnya adalah memperbarui jaringan lewat IP dan jalur koneksi yang baru.

Tapi ada kalanya cara mengatasi error not registered on network telkomsel, indosat, tri, XL di atas tidak bekerja. Inilah masalah yang sebenarnya karena kita harus berhadapan dengan problem-solving yang lebih kompleks. Tapi tenang saja, saat kalian gagal memakai metode mode pesawat atau restart HP saya punya solusi lain. Tapi pertama, pahamilah konsep masalah sambungan di bawah untuk menambah pemahaman.

Error Tidak Terdaftar di Jaringan

Not registered on network merupakan salah satu masalah sambungan yang sangat krusial bagi pengguna ponsel. Baik sadar atau tidak jaringan error tersebut akan membawa dampak buruk dalam hal komunikasi. Yakni pengguna jadi tak bisa melakukan panggilan telepon, kirim SMS, dan terhubung ke internet.

Kartu tidak terdaftar di jaringan bisa menimpa pengguna smartphone lintas operator mulai dari Indosat, Telkomsel, XL, TRI, hingga smartfren. Pada dasarnya, masalah ini mayoritas disebabkan kerna device yang tidak bisa menangkap pancaran sinyal operator. Tapi tidak menutup kemungkinan pula not registered on network terjadi karena murni adanya gangguan.

Sebelum membagikan tentang cara mengatasi kartu tidak terdaftar di jaringan tersebut. Kita harus memahami terlebih dahulu mengenai beberapa penyebab Not Registered On Network ini. Di bawah terdapat beberapa penyebab kartu SIM error tidak terdaftar di jaringan yaitu meliputi:

  • Sistem mengalami kerusakan.
  • Gangguan jaringan.
  • IC PA mengalami kerusakan.

Dari ketiga penyebab di atas manakah sekiranya yang membuat ponsel anda kartu tidak terdaftar di jaringan? dengan mengetahui sebab-sebab diatas kita bisa menentukan langkah perbaikan. Tapi bagiamana jika kalian sendiri tidak bisa memastikan dengan benar apa yang menyebabkan gagal sambungan diatas? tenang saja. Selanjutnya saya akan membagikan cara mengatasi not registered on network yang biasanya dipakai oleh kebanyakan orang.

Registrasi Kartu SIM

Seperti yang kita ketahui bahwa pemerintah bersama kominfo sudah memberlakukan registrasi kartu perdana. Baik pelanggan lintas operator lama maupun baru wajib melakukan registrasi NIK dan KK. Jika tidak, kartu tak akan bisa digunakan dan muncul pesan nomor tidak terdaftar di jaringan. Nah, apakah anda salah satunya?

Cara mengatasi Not Registered On Network yang pertama yaitu melakukan pendaftaran SIM terlebih dahulu. Ada kalanya pelanggan yang memakai nomor baru lupa meregistrasi perdana miliknya sehingga status jaringan menjadi tidak terdaftar.

Maka dari itu penting sekali melakukan registrasi terlebih dahulu demi memperjelas identitas nomor penggunaanya. Jika belum melakukan pendaftaran kartu SIM, maka nomor tersebut tidak dapat melakukan panggilan telepon, SMS dan melakukan koneksi internet. Cara registrasi simcard sendiri memiliki langkah berbeda untuk setiap operator baik itu telkomsel, XL, indosat, maupun XL.

Atur Jaringan pada Mode Manual

Saat memasukkan kartu SIM ponsel akan mendeteksi jaringan terbaik secara otomatis sesuai jenis operator yang dipakai. Namun terkadang proses sinkronisasi sinyal tersebut gagal karena beberapa alasan. Misalnya saja kartu SIM rusak atau sinyal jelek tak stabil yang akhirnya menyebabkan error tidak terdaftar di jaringan.

Cara Mengatasi Error Tidak Terdaftar di Jaringan Dengan setting jaringan ke mode manual
cara mengatasi tidak terdaftar di jaringan semua operator

Problematika inipun sering dialami oleh pengguna ponsel yang notabennya tinggal di wilayah pedesaan. Terlebih lagi jika anda pengguna kartu smartfren, tri, XL, axis, dan Indosat yang infrastruktur jaringannya belum merata. Namun status tersebut tak menjadi jaminan atau patokan karena saya pun pernah mengalaminya saat memakai kartu telkomsel simpati.

Apabila status kartu SIM not registered on network dapat kita atasi dengan menyetting jaringan ke mode manual. Belum tau langkahnya? simaklah cara mengatasi error tidak terdaftar di jaringan berikut ini:

  1. Langkah pertama membuka Setelan Hp terlebih dahulu.
  2. Setelah itu masuk pada pengaturan kartu SIM.
  3. Klik pada kartu SIM yang akan disetting.
  4. Pilih menu pengaturan jaringan seluler.
  5. Lalu mode pencariannya diatur menjadi manual.
  6. Sesuaikan operator yang akan digunakan.
  7. Tunggu sebentar sampai jaringannya selesai dicari.

Ganti Mode Jaringan 2G

Siapa bilang sinyal 4G selalu memiliki stabilitas yang bagus setiap saat. Teori tersebut dipatahkan dengan banyaknya keluhan pelanggan yang datang dari provider telkomsel, TRI, smartfren, dan indosat. Mereka mengeluh sinyal patah-patah dan tidak bisa terhubung ke internet. Bahkan, ketika dipakai mengakses kode dial pun muncul pesan "Not Registered On Network".

Adakalanya kita harus melakukan downgrade jaringan dari 3G 4G menuju ke sambungan GPRS. Cara mengatasi tidak terdaftar di jaringan selanjutnya yaitu mengganti jaringan ke 2G. Biasanya settingan jaringan ke 4G atau 3G memang sering mengalami masalah. Inilah langkah yang harus anda ambil ketika mengalami hal demikian:

  1. Langkah pertama membuka Setelan HP terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya menu pengaturan pada kartu SIM dibuka.
  3. Pilih jenis kartu SIM yang digunakan.
  4. Lalu buka pengaturan jaringannya.
  5. Setelah itu bagian 2G Only dipilih.

Tunggu hingga muncul sinyalnya dan lakukan pengecekan nomor. Langkah cepatnya silahkan akses kode dial seperti biasa. tujuannya untuk memastikan apakah status masih tidak terdaftar di jaringan atau sudah fixed. Saat semua dirasa sudah normal swap kembali sinyal anda ke 4G agar internet lebih cepat.

Saya sendiri pernah coba memakai trik itu saat masih memakai HP xiaomi. Menurut saya, swap mode jaringan memang memberi pengaruh besar terhadap kemampuan perangkat dalam menangkap sinyal operator. Terlebih kalau kita hidup di daerah pedesaan yang notabenya jauh dari tower pemancar.

Aktifkan Mode Pesawat

Airplane mode adalah fitur default yang harusnya ada di semua merk ponsel masa kini. Mode pesawat mampu menonaktifkan seluruh kinerja perangkat penangkap sinyal ataupun menghidupkannya kembali.

Menariknya, fitur ini bisa membantu kita mengatasi segudang permasalahan baik sinyal maupun jaringan error. Hanya saja tidak semua orang mengetahui fakta tersebut sehingga mereka pun jarang memanfaatkannya.

Menyalakan mode pesawat menjadi cara mengatasi tidak terdaftar di jaringan yang sederhana tapi sebenarnya sangat ampuh. Banyak pengguna memberi testimoni bahwa pesan error not registered on network mereka terselesaikan setelah mencobanya.

Tanpa perlu saya ajari pun pastinya kalian sudah paham cara memanfaatkan airplane mode sebagai solusi error tidak terdaftar di jaringan. Tapi bagaimana dengan mereka yang benar benar awam? simaklah langkah berikut:

  1. Scroll drop down menu di halaman utama ponsel.
  2. Cari icon bergambar pesawat terbang.
  3. Tap satu kali untuk menonaktifkan jaringan.
  4. Tunggu beberapa saat, sekurangnya 5 detik.
  5. Tap kembali untuk mengaktifkan jaringan.
  6. Selesai.

Harusnya saat HP dipakai kembali beraktivitas maka pesan error not registered on network akan hilang. Maka kalian dapat memakainya untuk mengakses kode dial, berinternetan, kirim sms, dan lain-lain.

Reset HP

Masih mencari cara mengatasi error tidak terdaftar di jaringan provider? jika iya maka masalahnya bukan pada kartu ataupun device kalian. Bisa jadi status not registered tersebut disebabkan karena sistem android yang rusak. Kejadian seperti ini sering dialami oleh pengguna ponsel xiaomi, samsung, oppo, dan vivo yang baru saja melakukan upgrade OS versi terbaru.

Cara mengatasi error tidak terdaftar di jaringan dengan reset HP
Reset HP saat sinyal HP hilang

Reset HP menjadi salah satu alternatif cara mengatasi not registered on network berkepanjangan. Jaringan bermasalah memang dapat dipengaruhi oleh konfigurasi OS ponsel itu sendiri. Oleh karenanya kita harus melakukan reset HP untuk mengembalikan sistem ke pengaturan pabrik. Silahkan ikuti tutorial berikut:

  1. Langkah pertama buka setelan HP terlebih dahulu.
  2. Setelah itu masuk pada menu Cadangan.
  3. Pilih opsi Setel Ulang.
  4. Klik pada opsi kembalikan ke setelan pabrik.
  5. Tunggu sampai proses selesai.

Cara mengatasi kartu SIM tidak terdaftar di jaringan dengan mereset ponsel memang sangat efektif. Jika tidak ada kerusakan dari segi komponen penangkap sinyal atau IC PA harusnya metode diatas dapat bekerja.

Baca juga: Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid Semua Operator dan HP

Di lain sisi, kita juga harus mengetahui resiko ketika melakukan reset pabrikan pada ponsel. Sebagai konsekuensi, pengguna harus rela seluruh data yang tersimpan dalam memori internal terhapus setelah proses reset selesai. Maka dari itu pastikan kalian sudah mencadangkan atau backup data di media penyimpanan masing-masing.

Ganti ROM HP Android

Cara mengatasi kartu tidak terdaftar di jaringan selanjutnya ialah mengganti ROM HP Android yang digunakan. Mengganti ROM sama artinya kalian mengganti OS karena Firmware lama di flashing menjadi Firmware baru. Flash HP memiliki tujuan utama untuk menghilangkan bug yang ada pada ROM/firmawre sebelumnya.

Nah sedangkan cara flash tiap merk smartphone biasanya menggunakan metode berbeda-beda. Begitu juga dengan ROM, kita tidak bisa memakai ROM xiaomi untuk ponsel samsung ataupun vivo. Dalam memilih ROM pilihlah versi Global yang sudah memakai default bahasa Inggris agar lebih aman. Pastikan pula ROM tersebut merupakan versi terbaru dan kompatibel dengan perangkat milikmu.

Sebagai catatan, kita tidak bisa mencampurkan masalah not registered on network menjadi satu. Ada yang mengasumsikan ganti ROM identik dengan rusaknya komponen penangkap sinyal. Padahal hal itu salah besar, misalkan setelah mengikuti tutorial di atas penyakit error tidak terdaftar di jaringan masih muncul silahkan simak cara berikutnya.

IC PA Rusak

Apa itu IC PA? dan yang paling penting apa pengaruhnya untuk ponsel? komponen ini pada dasarnya sangatlah penting. IC PA merupakan singkatan dari Integrated Circuit Power Amplifier. Komponen tersebut bertanggung jawab untuk mendeteksi, menangkap, dan memperkuat sinyal pada smartphone. Maka dari itu apabila HP anda tercelup air dan ICnya rusak, HP pun akan mengalami gangguan pada jaringan serta sinyal.

cara mengatasi error tidak terdaftar di jaringan (not registered on network)
Cara mengatasi not registered on network karena IC PA rusak

Salah satu akibatnya yaitu notifikasi "Tidak terdaftar di jaringan". Cara memperbaiki masalah seperti ini ialah melakukan servis HP secara langsung, kecuali kalian bisa melakukannya sendiri. Secara garis besar tak ada yang dapat kalian lakukan sebagai bentuk usaha alternatif. Mengingat kerusakan terjadi pada fisik atau sparepart ponsel bukan bersifat software.

Lantas berapa biaya ganti IC PA? harga servis biasanya menyesuaikan merk ponsel itu sendiri. Misalnya kalian tidak yakin ingin servis di konter, silahkan lakukan perbaikan di gerai-gerai resmi saja. Tapi kalian harus berani merogoh kantong lebih dalam karena biaya service center resmi tidak akan murah.

Menghubungi Operator Jaringan

Cara mengatasi tidak terdaftar di jaringan samsung, xiaomi, atau vivo selanjutnya ialah dengan menghubungi CS operator. Pada dasarnya kita memang tidak dapat mengetahui apa saja gangguan yang dialami oleh provider seluler.

Tapi ketika merasakan hal-hal tidak wajar berkepanjangan ada baiknya kita menghubungi customer service operator. Ada kalanya provider yang kita pakai memiliki penjelasan logis kenapa ponsel selalu muncul tulisan not registered on network.

Maka dari itu gangguan ini dapat diatasi dengan menghubungi pihak operator agar segera diperbaiki. Anda dapat menghubungi operator tersebut melalui akun media sosial resmi yang dimiliki. Baik operator XL, Tri, Indosat, Telkomsel, Smartfren, IM3 dan sebagainya. Lakukan konsultasi dan di akhir mintalah solusi dari cara mengatasi error not registered on network yang menimpa kalian.

Sebagian provider memberikan kelonggarkan berupa gratis nelpon ke customer service. Jadi kalian tak perlu risau pulsa tersedot setelah melakukan panggilan. Tapi hal ini tak berlaku untuk sebagian kecil operator berbasis cdma.

Ganti Kartu

Masalah terkait Not Registered On Network bisa disebabkan oleh rusaknya kartu perdana yang digunakan. Perdana yang bermasalah akan menyebabkan tangkapan sinyal terganggu hingga akhirnya berujung pada jaringan error. Salah satu solusi yang dapat dilakukan yaitu mengganti SIM Card pada HP anda.

Ganti kartu tidak berarti harus memakai perdana bernomor baru yang tersedia di konter. Tapi kalian dapat melakukan pergantian perdana lama di gerai resmi operator seluler masing-masing. Mintalah pada customer service untuk ganti kartu dengan alasan tak bisa mengatasi error tidak terdaftar di jaringan.

Meski membutuhkan sedikit effor karena harus keluar rumah tapi setidaknya kita bisa terhindar dari jaringan error. Masing-masing operator seluler biasanya sudah menyediakan mesin ATM yang berfungsi untuk ganti kartu SIM secara mandiri.

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengatasi kartu tidak terdaftar di jaringan samsung, xiaomi, vivo, dan sebagainya. Apa yang kalian pelajari setelah membaca artikel diatas? ketika mengalami masalah serupa pertama jangan panik. Karena cara mengatasi Not Registered On Network sangat sederhana dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Tapi ketika problem datang dari IC PA ada baiknya kalian melakukan service penggantian komponen.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Error Tidak Terdaftar di Jaringan (Not Registered On Network)"