Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SMSC Nomor Pusat Pesan Telkomsel Beserta Cara Settingnya

SMSC Nomor Pusat Pesan Telkomsel Beserta Cara Settingnya - Pernahkah anda mengalami gagal mengirim SMS telkomsel? pesan yang tidak terkirim bisa disebabkan karena beberapa alasan. Contohnya saat salah dalam pengaturan SMSC pada ponsel. Meskipun fungsi SMS konvensional sudah tergantikan dengan aplikasi perpesanan seperti whatsapp dan line. Tapi pesan singkat tetap memiliki manfaat dan memberikan pengalaman berbeda pada penggunanya.

Berapa Nomor Pusat Pesan Telkomsel?
Nomor pusat pesan telkomsel

Selain sebagai sarana informasi SMS juga bisa menyatakan perintah untuk melaksanakan sesuatu, misalnya registrasi kartu, beli paket, cek kuota dll. inilah alasan mengapa fitur pesan singkat konvensional harus tetap dipertahankan. Sayangnya, beberapa pelanggan kadang kala justru mengeluh tidak bisa mengirim SMS padahal pulsa masih ada.

Lantas bagaimana jika anda gagal mengirim SMS telkomsel? sementara kartu AS simpati yang dipakai dalam kondisi aktif dan pulsa masih penuh. Bisa jadi nomor SMSC telkomsel di ponsel anda salah dan perlu diatur ulang. Masalahnya, hanya sedikit pengguna saja yang mengetahui dengan benar bagaimana cara setting SMSC telkomsel.

SMSC Nomor Pusat Pesan Telkomsel Beserta Cara Settingnya

SMS menjadi salah satu metode untuk berkomunikasi jarak jauh yang tergolong cepat dan praktis pada jamannya. Karena perkembangan teknologi yang semakin meningkat, penggunaan SMS mulai tergantikan dengan layanan baru seperti Whatsapp dan sejenisnya. Meski sudah ditinggalkan, namun media komunikasi ini tetap ada dan bahkan juga masih digunakan meskipun jarang.

Melihat banyaknya orang yang bertanya berapa nomor pusat pesan telkomsel akhirnya saya tergelitik untuk menulisnya. Dalam artikel kali ini selain memberikan no pusat pesan telkomsel saya juga akan mengajari bagaimana cara setting SMSC yang benar. Lantas apa itu SMSC? Apa fungsi SMSC?

Pembahasan akan kita awali dengan pengertian SMSC itu sendiri sebagai bentuk pengenalan. Selanjutnya kita akan mempelajari apa manfaat nomor pusat pesan tersebut sehingga begitu penting untuk diingat.Terakhir setelah mengetahui no SMSC kita akan belajar bagaimana cara setting dan memasukannya ke ponsel.

Apa Itu Nomor Pusat Pesan

Nomor pusat pesan telkomsel atau lazimnya disebut SMSC bisa diartikan sebagai kode wajib yang harus disertakan dalam pengaturan ponsel. Kode berupa digit nomor tersebut mereferensikan server yang dipakai untuk mengirim SMS. Setiap operator seluler pun memiliki kode SMSC yang berbeda satu sama lain.

Layaknya sebuah server, nomor pusat pesan mengatur lalu lintas perpesanan yang dikirim oleh pemilik ponsel. Inilah alasan kenapa kita gagal mengirim SMS ketika pengaturan nomor pusat pesan telkomsel salah. Dari pengertian di atas kita tahu bahwa nomor pusat pesan Telkomsel memang perlu anda ketahui beserta cara setting SMSC telkomsel.

Kenapa kita harus mengatur nomor SMSC telkomsel? adapun beberapa manfaat nomor pusat pesan adalah:

  1. Menyimpan lalu meneruskan SMS ke nomor tujuan.
  2. Mengidentifikasi lalu memilih sinyal operator operator.
  3. Membuat sistem SMS bekerja secara optimal.

Pada dasarnya tidak bisa mengrim SMS telkomsel merupakan hal yang biasa terjadi. bahkan kondisi signalnya baik, masa aktif masih dan pulsa juga masih banyak tetap tak menjadi jaminan. Jika kalian mengalami problem tersebut maka setting no pusat pesan Telkomsel pada smartphone anda belum benar. Maka dari itu pesan yang dikirim gagal dilakukan.

Bagaimana cara setting nomor SMSC telkomsel? Pertanyaan ini pun akhirnya mencuat di kalangan pelanggan.

Berapa Nomor Pusat Pesan Telkomsel

Kenapa SMS bermasalah? Salah satu pemicu kendala SMS tersebut ada pada nomor pusat pesan (SMSC) yang digunakan. Secara umum nomor pusat pesan atau Short Message Service Center (SMSC) merupakan perangkat kombinasi yang memiliki fungsi untuk menghantarkan, meneruskan, menyimpan dan memperkuat pesan pendek dalam perangkat tersebut.

Pengaturan SMSC tersebut memang belum banyak diketahui oleh orang dan tergolong sedikit rumit. Hal ini dikarenakan nomor pusat pesan provider yang digunakan belum banyak diketahui oleh masyarakat. Seperti halnya no pusat pesan Telkomsel tersebut.

Meskipun cara setting SMSC telkomsel telah diketahui, namun adapula orang yang belum tahu tempat dimana nomor pusat pesan pada perangkat tersebut akan disetting. Seperti yang telah saya katakan di atas bahwa masing masig operator memiliki nomor pusat pesan yang berbeda beda.

Oleh karenanya Nomor SMSC Telkomsel berbeda dengan nomor pusat pesan Indosat dan sebagainya. Di bawah ini terdapat nomor pusat pesan Telkomsel yang perlu anda ketahui yaitu sebagai berikut:

No Pusat Pesan Telkomsel = 6281100000

Lalu apakah nomor pusat pesan di atas berlaku untuk semua pelanggan? tentus aja iya. Sejauh ini pihak telkomsel tidak membedakan nomor SMSC antara pengguna baru maupun lama.

Cara Setting Nomor Pusat Pesan Telkomsel (SMSC)

Setelah mengetahui nomor pusat pesan operator Telkomsel di atas, selanjutnya saya akan membahas tentang cara setting SMSC Telkomsel. Cara setting nomor pusat pesan ini dapat dilakukan dengan menggunakan kode dial. Adapun langkah langkahnya yaitu sebagai berikut:

  1. Langkah pertama yaitu buka menu Telepon.
  2. Lalu ketikkan *#*#4636#*#* dan klik Panggil atau Call.
  3. Setelah itu klik pada informasi telepon.
  4. Kemudian masukkan nomor pusat pesan Telkomsel tadi pada kolom SMSC dan tap perbarui.
  5. Restart Smartphone anda dan coba kirim pesan lagi setelah perangkat menyala.
Baca juga : Cara Cek Kartu Sakti Telkomsel Beserta Cara Mendaftar

Jika anda masih kurang familiar dengan tutorial di atas ada baiknya simak uraian gambar di bawah: 

Panduan dan cara setting Nomor SMSC Telkomsel Bergambar
Cara Setting SMSC

Demikianlah penjelasan mengenai nomor pusat pesan Telkomsel beserta cara setting SMSC yang dapat saya sampaikan. SMSC atau nomor pusat pesan merupakan perangkat kombinasi yang memiliki fungsi untuk menghantarkan, meneruskan, menyimpan dan memperkuat pesan pendek dalam perangkat tersebut.

Apabula kalian merasa artikel ini bermanfaat maja segera bagikan kepada rekan yang membutuhkan. Namun, jika memang ada informasi yang dirasa kurang lengkap jangan sungkan untuk memberi komentar pada kolom yang sudah disediakan. Sekali lagi terimakasih sudah membaca cara setting nomor SMSC telkomsel sampai selesai.

Posting Komentar untuk "SMSC Nomor Pusat Pesan Telkomsel Beserta Cara Settingnya"