Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting Profile Management Kartu TRI di Laptop, Modem, dan Router

Cara Setting Profile Management Kartu TRI di Laptop, Modem, dan Router - Mengatur profil pengguna adalah salah satu unsur penting yang harus dilakukan sebelum terhubung ke internet. Data operator biasanya digunakan untuk menghubungkan PC komputer atau laptop ke internet lewat perantara modem. Nah, sebagai pengguna kalian perlu mengubah pengatura modem jika hendak memakai kartu 3.

Cara Setting profile management kartu TRI
Profile Management Kartu TRI

Sudah menjadi kebiasaan masyarakat untuk mencari penyedia layanan internet stabil cepat dan murah. Demikian juga saya yang awalnya memakai bundling modem telkomsel dan berganti ke operator TRI atau smartfren karena tertarik harga paket internet murahnya. Ketika mengganti kartu secara otomatis kita pun juga harus mengatur ulang profile management serta data dial up pada mobile partner.

Prinsip kerja profile management modem TRI tersebut sama seperti APN di ponsel yang notabenya menjadi gerbang penghubung antara internet dan device. Ketika kartu tertancap di ponsel APN tersebut secara otomatis akan terisi sendiri berdasarkan provider masing-masing. Tapi hal tersebut tidak berlaku untuk perangkat modem, access point, dan router.

Cara Setting Profile Management Kartu TRI di Laptop, Modem, dan Router

Cara setting profile management kartu TRI biasanya dilakukan oleh pengguna modem yang beralih perdana internet dari operator lain. Mengatur data dial up juga dilakukan pengguna baru modem konvensional merk huawei, ZTE, dan Sierra. Dalam prakteknya masih banyak orang bingung data apa saja yang harus diisi dalam aplikasi mobile partner. Maka dari itu saya memutuskan untuk mengulas tuntas cara mengisi data APN kartu 3 yang hendak dipakai di modem.

Pengalaman di atas pernah saya alami ketika masih di jenjang perkuliahan. Kala itu, teman saya bertanya dan meminta bantuan kenepa modem yang tertancap di laptop tidak bisa connect internet. Singkatnya dia bercerita bahwa kartu perdana TRI kuota 9GB sudah diregistrasi oleh konter tempat pembelian. Tapi setelah saya coba connect ternyata muncul pesan kartu belum didaftarkan (registrasi).

Ketika mencoba membuka aplikasi mobile partner pun ternyata data profile management kartu TRI milik teman saya masih kosong. Seketika saya sadar ternyata modem yang dipakai adalah bekas bundling kartu telkomsel dan perlu untuk diatur ulang. Cara setting profile management kartu TRI di laptop dan modem menjadi solusi masalah tidak bisa connect diatas.

Baca juga: Cara Menghentikan Penyedotan Pulsa Tri (UNREG Konten SMS Berbayar)

Dalam artikel singkat kali ini kita akan belajar bagaimana cara mengatasi modem kartu TRI tidak bisa connect ke laptop. Saya juga telah membekali pengaturan tersebut dengan APN kartu 3 tercepat agar nantinya koneksi modem anda tidak lemot.

Modem Tidak Bisa Connect

Untuk bisa tersambung ke internet tentunya pengguna memerlukan device receiver sinyal berbasis 2G/3G/4G. Salah satunya adalah modem mifi ataupun router yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Dengan ukuran super kecil menyerupai flash disk membuat modem serta mifi memiliki tingkat mobilitas tinggi dan cocok dibawa kemanapun.

Semakin merebaknya perkembangan teknologi membuka peluang untuk vendor-vendor baru penyedia device internet. Kini kalian dapat menjumpai modem ataupun mifi merk huawei, sierra, ZTE, dan lain sebagainya. Biasanya device tersebut dijual bundling bersamaan dengan kartu perdana operator tertentu sebagai penyedia layanan internet. Maka dari itu, cara setting profile management kartu TRI akan berbeda dengan telkomsel, axis, smartfren, dan lain sebagainya.

Ketika kalian mengganti kartu perdana pada modem bundle tersebut maka data profile didalamnya tidak ikut terganti. Akibatnya modem tidak bisa connect internet dan terkadang muncul pesan "kartu belum didaftarkan" pada mobile partner. Solusinya, lakukan cara setting profile management kartu TRI di laptop dan modem yang baru.

Sebagai catatan kalian perlu membuat data profil yang baru ketika berganti kartu perdana. Mengapa demikian? karena setiap provider memiliki APN khusus sendiri-sendiri sebagai jalur penghubung antara device dan internet.

Profile Management Kartu TRI

Kartu 3 sebagai salah satu provider di Indonesia dikenal lewat harga paket internet murah kuota besar yang ditawarkanya. Tak jarang penikmat dunia maya berlangganan paket tersebut. Untuk memenuhi harapan dan kebutuhan penggunanya pihak operator pun mengeluarkan bundling kartu dan modem TRI yang dijual satu paket.

Misal membeli bundling tersebut kalian tidak perlu repot setting profile management kartu TRI ataupun mengubah APN. Tapi bagaimana jika kalian memakai device dari vendor lain? padahal setiap operator seluler memiliki pengaturan akun/profil berbeda-beda ketika tertancap di device modem, router, access point, dan laptop.

Jika kalian memakai modem huawei, ZTE, atau sierra dan ingin berganti kartu perdana internet maka simaklah artikel ini sampai selesai. Pada tabel di bawah telah saya lampirkan data profile management kartu TRI terbaru yang memakai APN TRI tercepat:

DataKeterangan
Profile NameInternet TRI
APN3data
Username3data
Password3data
Access Number*99#

Masih kesulitan memasukan isian data kode dial di atas? jika iya saya punya solusinya. Cara setting profile management di laptop, modem, dan router sebenarnya sangat mudah. Bahkan kalian tidak membutuhkan waktu lebih dari 5 menit untuk melakukan hal tersebut.

Secara garis besar mengubah manajemen profil kartu TRI memang hampir sama seperti mengatur APN pada umumnya. Sehingga kalian juga dapat memodifikasi atau memilih data sesuai kebutuhan.

Cara Setting Mobile Partner

Biasanya setiap vendor membekali modemnya dengan aplikasi bawaan bernama mobile partner yang akan langsung terinstall ketika modem dicolokan ke laptop. Adapula modem router yang memiliki aplikasi tertanam dalam device sehingga membuatnya bersifat PnP atau plug and play. Jadi, pengguna pun tidak perlu repot melakukan instalasi mobile partner. Sayangnya, aplikasi tersebut tidak bisa mengisi data profile management secara otomatis karena setiap operator memiliki APN yang berbeda.

Tapi tenang saja, cara setting profile management kartu TRI di laptop dan modem bisa dilakukan dengan mudah. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pada dashboard Mobile Partner Buka menu Tools.
  2. Masuk ke Options.
  3. Pada kotak dialog baru sorot pilihan Profile Management.
  4. Untuk membuat data profil baru klik New.
  5. Isi data sesuai tabel sebelumnya.
  6. Langkah terakhir adalah save.

Itulah langkah dalam mengatur data dial up di mobile partner modem TRI. Dalam beberapa kasus pelanggan kartu 3 sering pula mengeluh tidak bisa connect internet padahal pengaturan data profile management sudah benar. Lantas apa penyebabnya?

Baca juga: Cara Daftar Paket Internet TRI Harian 5GB 5000

Ada yang berpendapat bahwa masalah sambungan gagal tersebut disebabkan karena sinyal TRI lemah. Saya rasa alasan tersebut sangat logis mengingat persebaran infrastruktur jaringan kartu 3 yang belum merata. Sehingga berpotensi terjadinya jaringan drop bahkan sinyal tidak muncul sekalipun.

Cukup sekian artikel singkat berjudul cara setting profile management kartu TRI di laptop dan modem yang bisa saya sampaikan. Misal kalian masih mengalami kendala pada saat proses install modem ke laptop jangan sungkan untuk mengajukan pertanyaan di kolom komentar. Semoga saja tak ada yang kesulitan pada saat melakukan konfugurasi pada mobile partner sehingga tak perlu repot mencari profil management TRI.

Posting Komentar untuk "Cara Setting Profile Management Kartu TRI di Laptop, Modem, dan Router"