Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghentikan Penyedotan Pulsa Tri (UNREG Konten SMS Berbayar)

Cara Menghentikan Penyedotan Pulsa Tri (UNREG Konten SMS Berbayar) - Mengetahui pulsa berkurang tiba-tiba sampai habis kartu TRI merupakan hal yang menyebalkan. Padahal sebagai pengguna ponsel kita tidak merasa berlangganan layanan apapun. Terlebih lagi jika tidak ada notifikasi lewat SMS kalau pulsa 3 tersedot secara perlahan.

Masalah penyedotan pulsa sebenarnya sudah sering dialami oleh berbagai lapisan masyarakat. Tidak hanya operator kartu 3 saja tapi hal ini juga terjadi pada seluruh provider baik itu indosat, XL, bahkan telkomsel sekalipun. Lalu apa penyebab pulsa tri tersedot sampai habis? jawaban atas pertanyaan tersebut sebenarnya cukup kompleks.

Cara Menghentikan Penyedotan Pulsa Tri (Lengkap)
Cara mengatasi pulsa TRI tersedot sendiri

Pulsa TRI berkurang sendiri biasanya terjadi karena nomor diregistrasi secara paksa untuk mengikuti suatu layanan SMS berbayar. Jadi, meskipun kita tidak pernah registrasi konten berbayar tersebut tapi secara sengaja sistem memasukan kita ke dalamnya. Problematika ini menjadi lebih serius lagi ketika pelanggan tidak menyadari terjadinya penyedotan pulsa sampai habis.

Apakah anda pernah menerima SMS yang kurang begitu penting? Dalam SMS tersebut terdapat pemberitahuan mengenai update twitter dari beberapa artis, promosi game, ringtone (NSP) dan sebagainya. Sebenarnya SMS seperti ini dapat berbentuk jebakan agar kita menekan link tertentu yang secara otomatis membuat berlangganan layanan tertentu. Bagaimana cara menghentikan penyedotan pulsa Tri sampai ke akarnya?

Cara Menghentikan Penyedotan Pulsa Tri (UNREG Konten SMS Berbayar)

Sebenarnya provider satu ini banyak memberikan kemudahan dan promo layanan untuk para penggunanya. Maka dari itu banyak pengguna Smartphone yang berlangganan karena tarif serta layanan cukup menarik. Tapi beberapa pelanggan akhir-akhir belakangan mengeluh pulsa TRI hilang sendiri sampai tak tersisa.

Pulsa tri tersedot mayoritas disebabkan oleh Notifikasi SMS yang diterima dengan pemberitahuan bahwa kartu tersebut sedang berlangganan konten tertentu. Padahal sebenarnya pengguna kartu Tri ini tidak mendaftar layanan apapun. Peristiwa tersebut lantas menimbulkan kebingungan sendiri di mata pelanggan.

Akhirnya, banyak pengguna ponsel pintar yang mencari cara menghentikan penyedotan pulsa kartu 3 di internet. Bahkan komplain ke pihak customer service pun juga sudah dilakukan tapi tidak membuahkan hasil. Kesannya seperti nomor kartu 3 terdaftar konten berbayar secara paksa yang kita sendiri tak mengetahuinya.

Baca juga : Paket TRI 2GB 1500 Internet Harian Termurah

Jika sudah demikian pihak operator terkesan melegalkan pencurian pulsa terhadap para pelanggannya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mengatasi pulsa tri tersedot sendiri. Tapi sebelumnya, pahami dulu apa yang menjadi latar belakang permasalahannya terlebih dulu.

Pulsa TRI Tersedot Habis Sendiri 

Kenapa pulsa kartu 3 berkurang dan hilang sendiri? Ketika mengalami masalah seperti ini jangan terbur-buru melakukan isi ulang karena kemungkinan pulsa kalian akan tersedot kembali. Pahami terlebih dulu apa yang menjadi penyebab problem tersebut agar tidak terulang di kemudian hari. Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan pulsa TRI tersedot dan hilang sendiri? silahkan simak di bawah:

  1. Terdaftar konten SMS berbayar.
  2. Berlangganan layanan khusus.
  3. Berlangganan Paket internet/sms/nelpon berjangka.
  4. Kuota Habis.

Dari seluruh kemungkinan tersebut kita harus waspada pada registrasi konten SMS berbayar yang dilakukan secara paksa. Di sisi lain, masih belum jelas siapakah yang mendaftarkan nomor kita untuk berlangganan apakah itu dari provider sendiri atau memang murni karena ulah penyedia konten. Sebagai pelanggan kita hanya bisa melakukan cara menghentkan penyedotan pulsa TRI lalu menerapkan tindak pencegahan.

Tapi ada kalanya pulsa tersedot secara perlahan karena kesalahan pengguna itu sendiri yang kadang lupa mengisi ulang kuota ketika paket internet habis. Ketika kita kehabisan kuota, maka secara otomatis tarif dasar pemakaian akan berlaku dan pelanggan harus membayar sejumlah pulsa per megabytes untuk mengakses internet.

Dalam beberapa kasus pula ada pengguna kartu 3 yang lupa menonaktifkan fitur berlangganan paket. Sehingga saat jatuh tempo pulsa tri tersedot karena dipakai untuk memperpanjang masa aktif paket tersebut. Kalau kejadianya seperti ini mungkin lebih mirip seperti pulsa terpotong sendiri tiap bulannya.

Bagaimana cara menghentikan penyedotan pulsa Tri yang terbukti ampuh? Cara mengatasi pulsa tri tersedot sendiri dapat dilakukan dengan menggunakan kode dial, SMS, ataupun telepon. Ikutilah beberapa lngkah di bawah ketika kalian menyadari pulsa kartu 3 berkurang bahkan habis.

UNREG Layanan Penyedot Pulsa TRI

Salah satu cara menghentikan penyedotan pulsa TRI adalah stop layanan dan konten berbayar yang tertaut ke nomor kita. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah jika kita mengetahui jenis atau penyedia konten tersebut. Misal kalau untuk aktivasi memakai format "REG NSP kartu 3", maka untuk menghentikannya hanya perlu memakai format "UNREG NSP kartu 3" saja.

Perintah UNREG biasanya dipakai untuk stop sekaligus menonaktifkan suatu program spesifik yang ada di nomor perdana. Tapi bagaimana kalau kita sendiri tidak tau terdaftar konten dengan format yang mana? tentu kita akan kebingungan bagaimana cara UNREG nya.

Maka dari itu, sebelum kalian melakukan cara menghentikan penyedotan pulsa TRI ada baiknya cek terlebih dulu nomor terdaftar pada program apa. Umumnya pada awal-awal registrasi, kalian akan mendapat SMS yang berisikan informasi tertentu. Kalian hanya perlu menambahkan kata UNREG pada nama layanan tersebut.

Di lain sisi, biasanya kontek berbayar yang membuat pulsa tersedot akan berisikan instruksi khusus. Kalian benar-benar harus mencermati isi SMS tersebut dan mencari apakah terdapat panduan untuk menghentikan layanan tersebut.

Stop Penyedotan Pulsa Melalui SMS

Biasanya, semua bentuk aktivasi layanan dilakukan melalui pesan singkat berformat khusus. di lain sisi, setiap konten berbayar memiliki format SMS yang berbeda antara satu sama lain. Inilah yang terkadang membuat pengguna ponsel pintar kebingungan terdaftar pada program yang mana. Tapi taukah kalian kalau semua layanan yang tidak kita inginkan bisa dihentikan hanya dengan satu kali unreg saja?

Ya, pada dasarnya sebagai pelanggan kita diberikan kebebasan penuh untuk mengatur push notification yang masuk ke ponsel. Simaklah cara mengatasi pulsa TRI tersedot dan hilang sendiri berikut:

  1. Langkah pertama yaitu buka menu Pesan terlebih dahulu.
  2. Buat pesan baru dengan format UNREG atau STOP(spasi)DATA.
  3. Kemudian isi nomor penerima ke 234.
  4. Lalu kirim dan tunggu sampai memperoleh SMS balasan berisi informasi bahwa registrasi berhasil dihentikan.

Sebagai catatan, beberapa layanan berbayar akan memberlakukan tarif kirim SMS yang beragam mulai dari 2500 sampai 5000 rupiah untuk satu kali SMS. Maka dari itu, sebelum mengirim pesan unreg alangkah baiknya kalian cek terlebih dulu sisa pulsa. Karena jika pulsa habis maka proses Unreg tidak akan berhasil.

Kode Dial UNREG Layanan Berbayar

Alternatif lain kalau kalian tidak yakin format SMS diatas tidak berhasil silahkan lakukan cara unreg SMS berbayar kartu TRI lewat kode dial. Nah, padahal kode dial sendiri ada banyak sekali bahkan tidak terhitung jumlahnya. Setiap kode merepresentasikan program tertentu yang bisa menjadi bumerang tersendiri untuk kita.

Maka dari itu, pelanggan harus berhati-hati ketika mengaksesnya. Saya akan memberikan beberapa kode yang bisa membantu kalian mengatasi penyedotan pulsa TRI agar tidak terulang kembali di kemudian hari.

*123*44#

  • Buka menu Telepon dan ketikkan *123*44#. Lalu tekan Call/Panggil.
  • Kemudian pilih opsi UNREG semua layanan dengan memasukkan angka 2.
  • Tunggu sampai memperoleh pemberitahuan bahwa layanan berhasil dihentikan.

*185#

  • Buka menu Telepon dan ketikkan *185#. Lalu tekan Call/Panggil.
  • Kemudian pilih opsi Layananku dengan memasukkan angka 2.
  • Setelah itu pilih opsi UNREG semua layanan dengan memasukkan angka 2.
  • Lalu tekan angka 1 untuk konfirmasi.
  • Tunggu sampai memperoleh pemberitahuan bahwa layanan berhasil dihentikan.

*123*8*9*7#

  • Buka menu Telepon dan ketikkan *123*8*9*7#. Lalu tekan Call/Panggil.
  • Kemudian pilih opsi UNREG layanan konten dengan memasukkan angka 3.
  • Tunggu sampai memperoleh pemberitahuan bahwa layanan berhasil dihentikan.

*726#

  • Buka menu Telepon dan ketikkan *726#. Lalu tekan Call/Panggil.
  • Kemudian pilih opsi Status dengan memasukkan angka 1.
  • Setelah itu pilih opsi Stop dengan memasukkan angka 2.
  • Tunggu sampai memperoleh pemberitahuan bahwa layanan berhasil dihentikan.

*111#

  • Buka menu Telepon dan ketikkan *111#. Lalu tekan Call/Panggil.
  • Kemudian pilih opsi Status dengan memasukkan angka 1.
  • Setelah itu pilih opsi Stop dengan memasukkan angka 2.
  • Tunggu sampai memperoleh pemberitahuan bahwa layanan berhasil dihentikan.

Saya masih memiliki cara menghentikan penyedotan pulsa TRI yang tidak kalah ampuh jika metode diatas tidak berhasil. Yakni melakukan komplain ke pihak CS operator baik lewat telpon atau langsung datang ke gerai terdekatnya.

Call Center

Cara mengatasi pulsa TRI tersendot sendiri dapat juga dilakukan dengan mengajukan komplain ke call center. CS sediri diciptakan bukan tanpa alasan melainkan untuk melayani pelanggan dan mengatasi setiap permasalahan yang timbul. Adapun cara menghentikan layanan penyedot pulsa Tri melalui call center yaitu sebagai berikut:

  1. Langkah pertama yaitu membuka menu Telepon terlebih dahulu.
  2. Kemudian ketikan nomor 0896 40000 123 atau 123. Tekan Panggil/Call.
  3. Ikuti panduan sesuai dengan perintah operatornya.

Call center menurut saya jadi rujukan terbaik apabila kita mengalami kendala pemakaian kartu. Dengan menceritakan kronologi maka permasalahan pun akan langsung terdiagnosa dan ketemu solusinya.

Cara menghentikan penyedotan pulsa TRI di atas kalian akan terkena biaya tertentu. Setiap panggilan call center di 123 memiliki biaya operasional sebanyak Rp 300. Namun tarif telepon 0896 40000 123 ini disesuaikan dengan biaya normal setiap panggilannya.

Saya sendiri belum pernah menelepon customer service atau menemuinya secara langsung untuk berkeluh kesah. Tapi cara mengatasi pulsa tersedot satu ini tidak ada salahnya untuk kita coba daripada harus merasakan kekesalan berkepanjangan.

Pengaduan ke Gerai TRI

Pulsa berkurang sendiri memang menjadi fenomena yang menyebalkan. Banyak pelanggan yang merasa dirugikan karena terdaftar konten berbayar yang bahkan tidak mereka registrasikan sendiri.

Cara menghentikan layanan penyedot pulsa Tri selanjutnya dapat dilakukan dengan pergi ke gerai kartu 3 secara langsung. Apabila pulsa anda tetap tersedot meskipun menerapkan cara cara di atas, maka akan lebih baik jika anda pergi ke gerai Tri terdekat secara langsung. Setelah itu mintalah solusi kepada customer servie terkait masalah tadi.

Pelanggan hanya perlu membawa data diri seperti KTP maka customer service akan siap melayani. Biasanya, pihak CS akan menanyakan kronologi kapan pulsa tri tersedot dan program apa yang baru saja diikuti.

Menurut saya pribadi, langsung menuju ke gerai resmi adalah opsi terbaik apabila pelanggan tidak bisa menyelesaikan masalah sendiri. Kekurangan metode ini terletak pada persebaran gerai yang hanya ada di beberapa kota besar saja.

Cara Menghindari Penyedotan Pulsa TRI

Cara mengatasi pulsa TRI tersedot bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Oleh karenanya kita perlu melakukan tindak pencegahan agar terhindar dari masalah itu. Adapun beberapa kiat yang bisa saya bagikan supaya pulsa tetap aman adalah:

  1. Aktifkan filter SMS untuk menghindari spam konten berbayar.
  2. Jangan sembarangan klik link promosi.
  3. Isi pulsa secukupnya saja, jangan menimbun pulsa dalam jumlah banyak.
  4. Biasakan beli paket internet dengan metode pembayaran non-pulsa.
  5. Selalu cek secara berkala layanan yang aktif dari aplikasi BIMA+.
  6. Segera unreg apabila merasa pulsa tri berkurang sendiri secara terus menerus.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menghentikan penyedotan pulsa Tri lengkap. Tersedotnya pulsa Tri dapat disebabkan oleh aktivasi kode secara otomatis hanya dengan satu klik yang dikirim oleh nomor tidak dikenal melalui SMS. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "Cara Menghentikan Penyedotan Pulsa Tri (UNREG Konten SMS Berbayar)"