Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Menggunakan Kuota Lokal Indosat di Semua Daerah

4 Cara Menggunakan Kuota Lokal Indosat di Semua Daerah - Indosat merupakan salah satu penyedia paket internet murah yang banyak diminati masyarakat. Lewat layanannya lah kita bisa terus terhubung ke dunia maya, streaming, dan bersosial media tanpa takut kehabisan kuota. Semua itu berkat volume kuota utama serta bonus local data yang dijual dalam satu bundling.

Tak semua pelanggan tau cara menggunakan kuota lokal indosat di daerah lain. Faktanya, banyak yang terkesan abai hingga akhirnya kuota lokal IM3 tidak terpakai dan hangus percuma. Padahal jika dimanfaatkan local data bisa kita pakai untuk streaming, membuka ig, sosmed, dan lain sebagainya. Volume data yang tak kalah banyak dengan kuota utama juga membuatnya layak untuk dipertimbangkan.


Cara Mengatasi Kuota Lokal Indosat Tidak Bisa Digunakan Lengkap
Kuota Lokal Indosat

Setiap operator memiliki kebijakan sendiri yang mengatur pemakaian local data. Namun, mayoritas mengharuskan pelanggan menggunakan kuota lokal di zona aktivasi paket internet. Ketika bepergian ke luar kota secara otomatis jenis data tersebut akan non-aktif. Beban internet pun sepenuhnya akan berpindah ke paket reguler sehingga bonus menjadi sia-sia. Tapi, ada pula pengguna ponsel masih mengeluhkan kuota lokal indosat tidak bisa digunakan padahal sudah ada di kota asal.

4 Cara Menggunakan Kuota Lokal Indosat di Semua Daerah

Masalah tersebut akhirnya menimbulkan perdebatan intens di tengah masyarakat. Beberapa pelanggan berspekulasi bahwa kita tidak bisa menggunakan kuota lokal indosat di kota berbasis jaringan 4G. Oleh karenanya, paket utama lah yang terpotong ketika mengakses internet. Namun, tak sedikit pula yang meyakini konsep local data diambil dari zona atau kota awal pendaftaran paket.

Kuota lokal indosat untuk apa? inilah yang sering ditanyakan oleh beberapa pelanggan kartu IM3 dan mentari. Local data sebenarnya memang tak pernah dicantumkan pada saat melakukan aktivasi paket internet. Jenis kuota satu ini biasanya diberikan oleh pihak operator sebagai bonus ketika kalian melakukan isi ulang atau membeli paket.

Indosat memang tercatat sebagai operator seluler yang menyediakan layanan paket internet murah. Meski setiap paketnya sudah dibekali kuota super besar tapi tidak ada salahnya pelanggan memanfaatkan penawaran kuota lokal di dalamnya. Karena jenis data satu ini sudah jelas bisa membantu kita untuk lebih hemat dan efisien ketika berselancar di dunia maya.

Walaupun sebagian orang sudah mulai familiar dengannya tapi belum tentu tau cara menggunakan kuota lokal indosat di daerah lain. Untuk menjawab segala pertanyaan tersebut akhirnya saya pun melakukan riset dan membaca banyak informasi dari berbagai sumber. Nah, jika kalian masih bingung terkait syarat ketentuan local data maka pahamilah terlebih dulu konsepnya.

Apa itu Kuota Lokal Indosat

Ketika mendengar istilah local data tentu sebagian pelanggan yang aktif bepergian akan berpikir negatif. Penggunaan yang terbatas zona menjadi alasan utama mengapa jenis kuota satu ini tak banyak diminati. Di lain sisi, beberapa pengguna ponsel yang notabenya masih awam tak tau apa itu kuota lodal dan cara menggunakannya sampai habis.

Inilah alasan mengapa saya ingin membahas terlebih dahulu pengertiannya. Kuota lokal adalah salah satu jenis data internet yang hanya bisa dipakai di daerah tertentu saja. Ketika kalian mengaktifkan paket internet biasanya akan mendapatkan berbagai bonus, salah satunya kuota lokal. Kita tak bisa leluasa memakai tanpa tau syarat dan ketentuannya.

Cara menggunakan kuota lokal indosat di daerah lain
Cara menggunakan kuota lokal indosat di daerah lain

Pihak operator sendiri menetapkan zona kuota lokal berdasarkan daerah atau kota pendaftaran paket. Kebijakan satu ini tentu sangat merugikan khususnya bagi pelanggan dengan tingkat mobilitas tinggi karena tidak bisa menggunakan local data di daerah lain. Alih-alih ingin berhemat dengan mendaftar paket internet justru kita harus membeli kuota tambahan ketika harus bepergian ke luar kota.

Masalahnya, tak semua pengguna ponsel tau cara menggunakan kuota lokal indosat di daerah lain sampai habis. Justru banyak pelanggan yang terkesan mengabaikannya karena tak tau apa fungsi dari jenis data tersebut. Akibatnya tentu saja local data tidak berkurang sama sekali dan terkesan sia-sia.

Cara Mendapatkan Kuota Lokal Indosat

Bagaimana cara mendapatkan local data? pertanyaan ini mungkin sering terbesit di benak kita. Mengetahui betapa murahnya harga layanan akhirnya membuat sebagian pelanggan mencari bundling tersebut. Kendati demikian, kalian tidak akan pernah menjumpai pihak operator menjualnya secara terpisah karena biasanya kuota lokal im3 tersedia dalam bentuk combo.

Secara garis besar, kalian bisa mendapatkan bonus kuota lokal indosat dengan cara mengaktifkan paket internet saja. Namun tak semua paket menawarkan bonus maupun tambahan kuota di dalamnya. Misalnya kalian mengaktifkan paket yellow maka hanya akan memperoleh kuota reguler. Jika jenisnya reguler maka sifatnya universal dan aksesnya tak terbatas pada zona ataupun waktu.

Sedangkan local data hanya dapat kita pakai di zona aktivasi paket saja seperti penjelasan saya pada sesi sebelumnya. Inilah pentingnya mengapa kita harus membaca deskripsi paket terlebih dulu sebelum melakukan aktivasi. Lantas apa saja bundling yang didalamnya mengandung local data? simaklah beberapa contohnya:

  • Freedom Internet.
  • Freedom Combo.
  • Freedom U
  • Paket Internet Indosat lainnya (berdasarkan ketentuan yang ada).

Cara menggunakan kuota lokal indosat memang hanya terdapat pada lokasi saat pertama kali mendaftar paket Internet saja. Contohnya anda berada di Surakarta dan mengaktifkan paket Combo Indosat tersebut, maka kuota tersebut tidak dapat digunakan di luar area Surakarta karena hanya dapat digunakan di dalam area Surakarta saja.

Kenapa Kuota Lokal Indosat Tidak Bisa Digunakan

Lazimnya, hanya ada dua jenis kuota yang disertakan dalam pembelian paket internet yakni lokal dan reguler. Kuota reguler adalah jenis data yang bisa dipakai di semua tempat sesuka hati tanpa adanya syarat ketentuan khusus. Sebaliknya, kuota lokal hanya dapat kalian gunakan di zona aktivasi paket internet tersebut.

Tapi, dalam beberapa kasus saya sering menjumpai pelanggan tidak bisa menggunakan kuota tersebut padahal masih ada di dalam zona aktivasi. Itulah masalah yang seringkali dihadapi oleh beberapa pengguna khususnya mereka yang tinggal di pedesaan maupun perbatasan kota.

Sebelum saya ajarkan cara menggunakan kuota lokal Indosat di daerah lain ada hal yang lebih penting. Mari kita simak terlebih dulu kenapa local data indosat tidak bisa digunakan di beberapa kota.

Pemakaian di Luar Zona Pendaftaran

Salah satu alasan mengapa kuota lokal Indosat tidak terpakai karena lokasi anda tidak berada di area pertama kali mengaktifkan paket Internet. Layanan yang sudah kadaluarsa atau belum diaktifkan sepenuhnya pun meberi pengaruh besar. Hal ini saya jumpai pada pelanggan yang sering menumpuk dua atau lebih paket dalam periode pembelian yang sama.

Secara garis besar memang ada beberapa trik dan cara menggunakan kuota lokal indosat di daerah lain. Yakni memakai perantara aplikasi pihak ketiga seperti fake GPS, VPN, sampai mengganti akses poin. Artikel yang membahasnya pun saya rasa juga sudah cukup banyak berada di internet dengan keyword yang sama.

Karena bersifat bonus maka kuota lokal hanya akan aktif bersamaan dengan paket internet utama milik kalian. Contohnya paket Freedom Internet, Freedom Combo dan paket internet lainnya saja yang memberikan bonus kuota tersebut. Kita pun tak bisa mencampurkannya dengan bundling lain karena bonus tak akan terakumulasi.

Kuota Habis

Pada dasarnya local data hanya bersifat sebagai bonus yang diberikan setiap kali pelanggan membeli paket internet. Maka dari itu, jenis kuota ini akan jadi prioritas pertama sehingga akan lebih cepat habis daripada paket data utama.

Setelah mengetahui mudahnya cara menggunakan kuota lokal indosat di daerah lain membuat orang jadi terkesan abai. Karena tak pernah cek sisa kuota akhirnya mereka pun kehabisan local data dan terpaksa harus terkena tarif dasar.

Kualitas Jaringan Jelek

Meskipun terdengar sama saja namun setiap operator selalu memprioritaskan jaringan pada pemakaian kuota reguler dibandingkan kuota lokal. Inilah alasan mengapa jaringan jauh lebih stabil ketika kita membeli paket kuota reguler daripada bundling yang mencantumkan kuota lokal di dalamnya.

Pernyataan itu juga sekaligus menjadi jawaban kenapa kuota lokal indosat tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Kesalahan pada saat mengatur jaringan juga berpotensi menyebabkan masalah demikian. Oleh karenanya kita harus menyetting ponsel sebagaimana mestinya. Mulai dari setting APN sampai mode jaringan 3G/4G.

Cara mengatasi kuota lokal indosat tidak terpakai karena koneksi jelek paling mudah adalah refresh jaringan. Dengan demikian ponsel akan mendapatkan alamat IP baru dan konsumsi data internet pun akan diprioritaskan kembali pada kuota lokal. Namun adakalanya pula kita harus setting APN indosat untuk mempercepat internet.

Kuota Lokal Indosat Belum Aktif

Sebelum belajar cara menggunakan kuota lokal indosat hal pertama yang wajib kalian pelajari adalah langkah aktivasinya. Apabila kuota tersebut belum aktif setelah pembelian maka yang akan tersedot saat kalian streaming dan browsing adalah paket utama. Sudah beli kuota lokal tapi belum aktif? tenang, kalian hanya perlu reset jaringan saja. Caranya yakni nyalakan mode pesawat lalu diamkan sejenak dan matikan kembali.

Paket Sudah Tidak Ada

Salah satu penyebab kenapa kuota lokal indosat tidak bisa digunakan karena memang kalian tak memilikinya. Cek terlebih dulu pada deskripsi paket internet yang dibeli apakah menyertakan bonus tersebut atau tidak.

Ada kalanya juga pihak operator menghapus varian local datad dari bundling produknya. Apabila tidak maka pengguna ponsel harus membelinya sendiri atau mencari alternatif  paket combo lain.

Cara Menggunakan Kuota Lokal Indosat di Daerah Lain

Pada sesi di atas telah saya jabarkan bahwa local data hanya bisa dipakai di kota asal saja dan akan mati saat kita pergi ke wilayah lain. Tentunya hal demikian sudah pasti sangat merugikan jika dilihat dari sisi konsumen. Bonus yang harusnya bisa meminimalisir pengeluaran justru terbuang sia-sia. Tapi ada trik khusus yang mampu mengubah kuota lokal menjadi kuota reguler.

Ketika sedang bepergian ke luar kota kita tetap bisa memaksimalkan pemakaian data dengan cara mengelabuhi sistem. Dengan seolah-olah kita masih berada di zona pendaftaran paket meskipun sudah jauh meninggalkannya. Hal tersebut mungkin terjadi dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yakni Fake GPS location.

Setting Fake GPS Indosat

Prinsip kerja aplikasi ini adalah memalsukan lokasi dengan mengubah pengaturan GPS pada ponsel masing-masing. Lebih uniknya lagi, pelanggan tidak perlu melakukan root hp untuk bisa memakai aplikasi tersebut. Jika anda tertarik maka simaklah cara menggunakan kuota lokal indosat di daerah lain dengan fake GPS di bawah:

  1. Install aplikasi fake GPS yang bisa diunduh lewat playstore.
  2. Setelah terinstall buka aplikasi dan lakukan pengaturan dasar.
  3. Anda akan diminta mengaktifkan fitur pengembangan.
  4. Aktifkan mock location.
  5. Masuk kembali ke aplikasi dan setting GPS sesuai pada zona awal pendaftaran paket.
  6. Save.
  7. Restart jaringan.

Setting APN Kuota Lokal Indosat

Mengganti APN default menjadi custom untuk berbagai keperluan sudah menjadi rahasia umum di tengah pelanggan. Ada banyak sekali manfaat mengganti APN yakni mempercepat jaringan, mengubah kuota khusus menjadi reguler, dan lain sebagainya. Tapi ada kalanya pengguna ponsel mengalami kegagalan dalam mengatur APN sehingga menyebabkan kuota lokal indosat tidak terpakai.

Maka dari itu, kita harus mengubah kembali APN kuota lokal indosat menjadi default. Lantas bagaimana caranya?

  1. Masuk menu pengaturan ponsel.
  2. Pilih menu jaringan.
  3. Pilih APN (access point name).
  4. Buat APN baru.
  5. Masukan data di bawah.
SettingKeterangan
APN NameIndosatgprs
UsernameKosongi
PasswordKosongi

Pada dasarnya, cara menggunakan kuota lokal indosat di daerah lain sampai habis sangatlah mudah. Kita hanya perlu mengikuti syarat dan ketentuan yakni tetap berada di zona aktiviasi paket internet. Seluruh aktivitas baik itu browsing, sosmed, chatting, dan streaming secara otomatis akan dibebankan pada local data.

Cara Mengatasi Kuota Lokal Indosat Tidak Terpakai

Secara garis besar, local data memang kurang memberikan kenyamanan dalam mengakses internet. Pasalnya, pihak operator lebih memprioritaskan pemakaian data reguler yang notabenya menjadi paket utama kita. Tak heran jika banyak pengguna ponsel mencoba mempercepat internet dengan cara setting APN.

Tapi ada kalanya settingan tersebut salah dan menyebabkan kita tidak bisa menggunakan kuota lokal indosat sebagaimana mestinya. Maka dari itu, saya ingin membahas cara mengatasi masalah di atas. Dengan demikian kita tetap bisa memakai local data secara maksimal. Simaklah cara menggunakan kuota lokal indosat pada tutorial di bawah:

  1. Cek sisa bonus kuota lokal lewat aplikasi myIM3 atau kode dial *123#.
  2. Restart hp jika bonus kuota lokal tersebut anda miliki.
  3. Pastikan anda berada di lokasi aktivasi paket internet ketika mengakses kuota lokal IM3.
  4. Lalu masuk pada menu Pengaturan SIM di hp jika anda belum dapat menggunakan kuota lokal ini dan buat APN baru.
  5. Apabila APN telah terpasang, maka gunakan paket internet tersebut. Misalnya saja untuk browsing dan lain lain.
  6. Cara terakhir yaitu menghubungi CS Indosat terdekat apabila kuota lokal Indosat tetap tidak dapat digunakan meskipun menerapkan cara cara di atas.

Layanan CS Indosat yang dapat anda hubungi yaitu nomor 123 atau 021-3000-3000. Anda juga dapat menghubungi CS Indosat melalui website Indosat resmi apabila masih tidak mendapat balasan. Selain itu anda juga dapat mendatangi galeri Indosat terdekat secara langsung untuk mengatasi kuota lokal Indosat tidak bisa digunakan.

Cara Mengaktifkan Kuota Lokal Indosat

Sebuah fakta mengejutkan ketika saya mendengar ada pengguna yang masih belum tau cara mengaktifkan local data indosat. Tapi hal itu cukup lumrah, karena jenis kuota satu ini memang tak terlalu terekspose dan mendapat perhatian. 

Cara mengaktifkan kuota lokal indosat sebenarnya cukup sederhana. Kita hanya perlu membeli paket internet yang mengandung jenis kuota tersebut. Misalnya pada bundling freedom ataupun combo yang notabenya tak hanya berisi satu varian data saja. Setelah melakukan aktivasi maka local data pun juga akan ikut aktif secara otomatis.

Apabila masih belum paham simaklah langkah langkah berikut:

  1. Buka MyIM3.
  2. Masuk ke menu Beli
  3. Pilih menu Paket Internet.
  4. Silahkan pilih paket yang mencantumkan varian kuota lokal di dalamnya.
  5. Misalnya dalam kategori "Hot Promo Sensasi" kalian menjumpai paket internet 25GB dan menyertakan bonus kuota lokal sebanyak 10GB.
  6. Bacalah deskripsi paketnya terlebih dulu.
  7. Pilih metode pembayaran.
  8. Selesaikan pembayaran.

Nah, jika ingin aktif terus memakai lokal data di atas maka silahkan beraktivitas di dalam zona paket internet saja. Karena jika kalian keluar zona maka yang akan terpakai adalah paket reguler. Singkatnya kalian tak perlu melakukan registrasi tambahan atau apapun itu. Cukup beli lalu beraktivitas seperti biasa saja.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menggunakan kuota lokal Indosat sampai habis di daerah lain. Salah satu alasan kenapa local data tidak terpakai ialah lokasi anda berada di luar area aktivasi paket. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "4 Cara Menggunakan Kuota Lokal Indosat di Semua Daerah"