Cara Setting Modem ZTE ZXHN H108N Menjadi Access Point

Cara Setting Modem ZTE ZXHN H108N Menjadi Access Point - Teknologi teknologi yang terus berkembang sekarang ini membuat teknologi lama semakin tergantikan dan tertinggal dengan yang baru. Maka dari itu di awal tahun 2000an mulai berjaya teknologi teknologi ADSL. Media transfer data yang semakin berkembang sekarang ini membuat layanan ASDL digantikan oleh Fiber Optic dan mulai ditinggalkan. Hal tersebut membuat teknologi ASDL yang digunakan oleh banyak perangkat menjadi tidak laku dipasaran dan harganya murah saat dijual. Namun teknologi ADSL masih digunakan oleh salah satu perangkat yang dibulding operator indihome yaitu Modem ZTE ZXHN H108N. Apakah anda tahu bagaimana cara setting modem ZTE ZXHN H108N jadi access point itu?

Media transfer data Fiber Optic berupa Fiber To The Home (FTTH) digunakan oleh layanan Indihome yang berkembang seiring zaman. Untuk itu perangkat modem Optical Network Terminal (ONT) mulai menggantikan ADSL. Untuk itulah dipasaran mulai banyak menjual modem ZTE ZXHN H108N ADSL yang kondisinya baru dengan harga yang murah. Apakah anda tahu bagaimana cara setting modem ZTE ZXHN H108N menjadi access point itu? Operator telekomunikasi mulai menggunakan modem ZTE ZXHN H108N karena layanan internet ADSL akan disalurkan oleh Indihome. Selain itu fungsi modem ini juga dapat dijadikan sebagai WIFI Repeater, Access Point, DHCP Server dan sebagainya. Cara setting ini dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan menerapkan beberapa metode yang akan saya bagikan nantinya.

Modem ADSL Indihome Speedy di berbagai type dan merk pada dasarnya dapat digunakan untuk access point. Tetapi modem router tersebut harus memiliki wireless fidelity atau fitur wifi di dalamnya. Dengan kata lain modem Indihome Speedy ADSL dapat dijadikan sebagai Access Point asalkan didukung fitur Wireless di dalamnya. Sedangkan saluran jaringan wifi yang belum disediakan oleh modem ADSL speedy indihome, maka tidak dapat dijadikan sebagai access point. Maka dari itu modem ini hanya dapat digunakan untuk router maupun modem saja. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara setting modem ZTE ZXHN H108N menjadi access point. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Setting Modem ZTE ZXHN H108N Menjadi Access Point

Modem ZTE ZXHN H108N merupakan salah satu modem Indihome Speedy yang dapat dijadikan sebagai access point. Modem ini termasuk dalam perangkat multifungsi ADSL yang menggabungkan beberapa fungsi di dalamnya seperti sebagai wireless, modem maupun router. Dengan kata lain Modem ZTE ZXHN H108N ini dapat dijadikan sebagai router, modem maupun access point yang dimanfaatkan sebagai HUB atau Switch jaringan WIFI agar dapat menghubungkan jaringan internet lokal dengan perangkat komputer yang telah didukung oleh fitur wifi di dalamnya. Untuk menjadikan modem ini sebagai access point tentunya harus melakukan beberapa metode di dalamnya. Metode tersebut merupakan cara setting modem ZTE ZXHN H108N jadi access point tersebut.
Baca juga : 8 Cara Cek Tagihan IndiHome Perbulan Terbaru 2020
Kita dapat mencoba menggabungkan modem ZTE ZXHN H108N dengan modem TP Link TD 8817. Cara ini dapat diaplikasikan pada modem lainnya yang dikonfigurasikan sedemikian rupa asalkan didukung oleh router wifi di dalamnya. Hal ini penting dipelajari sebelum menerapkan cara setting modem ZTE ZXHN H108N menjadi access point. Di bawah ini terdapat cara mengkonfigurasi Modem ADSL TP Link TD 8817 dengan Access Point ZTE ZXHN H108N yaitu sebagai berikut:
  • Kita menyetting modem TP Link TD 8817 untuk dijadikan modem agar dapat disambungkan dengan line telepon atau dikoneksikan dengan internet, dimana modem ADSL TP Link TD 8817 tidak didukung oleh fitur Wifi di dalamnya.
  • Setelah iitu kita membuat Modem ZTE ZXHN H108N menggunakan kabel LAN untuk dijadikan Access Point dengan melalui HUB/Switch yang dapat menyambungkannya. Di bawah ini terdapat gambar konfigurasi Access Point dengan modem router ADSL Indihome Speedy seperti berikut:
Konfigurasi Access Point dengan Modem Router ADSL Indihome Speedy
Cara di atas dapat digunakan oleh Modem ADSL untuk semua type dan merk, baik modem Speedy Indihome maupun modem lainnya. Namun modem yang digunakan harus didukung dengan fitur router wireless di dalamnya. Bagaimana jika IP Address yang digunakan oleh Router Wireless, modem, access point dan perangkat lainnya sama? Contohnya IP address modem ZTE ZXHN H108N sama dengan Modem Huawei HG532e yakni 92.168.1.254 atau IP Address Modem ZTE F609 sama dengan Modem TP Link TD 8817 yaitu 192.168.1.1.  Untuk itu agar tidak terjadi bentrokan atau crash antar perangkat, maka IP Address Access Point ataupun modem harus dirubah. Di bawah ini terdapat cara setting modem ZTE ZXHN H108N menjadi access point yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama yaitu menggunakan kabel LAN untuk menghubungkan HUB/Switch dengan modem ZTE ZXHN H108N.
  • Setelah itu modem dihidupkan dan buka browser. Kemudian IP Address modem (192.168.1.254) diketikkan pada browser tersebut.
  • Lalu masuk ke panel router modem dengan login menggunakan usernase : admin dan password : admin.
  • Langkah berikutnya yaitu mengubah modem ADSL + Wireless menjadi access point dengan melakukan beberapa settingan seperti berikut:
    Klik interface - LAN - Pilih Relay pada DHCP dan masukkan 192.168.1.1 (IP Address Modem TP Link TD 8817) pada DHCP Server IP for Relay Agent. IP yang dimasukkan dapat menggunakan IP Port Mikrotik atau IP Gateway yang termasuk dalam jalur access point pada modem. Lali simpan dengan klik Save.
Baca juga : Harga Pasang Wifi Indihome Murah Terbaru Bulan Ini
Konfigurasi Modem ADSL menjadi Access Point
  • Pengubahan modem ZTE ZXHN H108N dijadikan access point telah selesai dilakukan.
Cara setting modem ZTE ZXHN H108N menjadi access point selanjutnya yaitu membuat laptop, tablet, komputer, smartphone dan semua perangkat lainnya terhubung dengan access point sehingga sinyal Wifi dapat diperoleh. Adapun caranya yaitu meliputi:
  • Langkah pertama klik pada bagian Interface Setup.
  • Lalu pilih pada bagian Wireless.
  • Pilih Actived pada bagian access point.
  • Kemudian pilih pada bagian mode wifi seperti 802.11b+g+n, 802.11n dan sebagainya.
  • Setelah itu nama wifi hotspot dimasukkan pada SSID.
  • Lalu password wifi dimasukkan pada bagian Pre Key Share.
  • Simpan konfigurasi dengan klik Save.
  • Cek apakah laptop dan perangkat lainnya telah terkoneksi dengan access point atau belum.
Cara Memperoleh Sinyal dari Access Point
Demikianlah penjelasan mengenai cara setting modem ZTE ZXHN H108N menjadi access point. Cara setting modem ZTE ZXHN H108N jadi access point di atas dapat anda terapkan pada jenis modem lainnya asalkan didukung oleh fitur wifi di dalamnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Cara Setting Modem ZTE ZXHN H108N Menjadi Access Point"

Posting Komentar

Disclaimer: Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel