Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus Nomor yang Sudah Terdaftar di 4444 Semua Operator

Cara Menghapus Nomor yang Sudah Terdaftar di 4444 Semua Operator - Ganti nomer hp bukanlah sesuatu yang baru di tengah ketatnya persaingan industri telekomunikasi. Hal ini pun sejalan dengan kebutuhan kuota yang fluktuatif dan asumsi masyarakat untuk mencari operator seluler terbaik. 

Sesuai peraturan pemerintah, semua pengguna ponsel memang wajib melakukan registrasi nomor HP memakai NIK dan KK. Namun hal ini tidak berlaku bagi operator smartfren yang membebaskan pengguna dalam hal registrasi. Kalau anda berlangganan tri, telkomsel, axis, indosat, atau XL dan belum mendaftar ke 4444 maka kartu tidak akan berfungsi.

Cara Menghapus Nomor yang Sudah Terdaftar di 4444 Semua Operator
Cara Menghapus NIK dan KK yang sudah terdaftar

Sayangnya, registrasi nomor ke 4444 itu hanya terbatas untuk 3 nomor saja. Sehingga saat ingin ganti nomor kalian wajib menghapus nomor yang sudah terdaftar di 4444 agar proses registrasi bisa sukses. Inilah poin penting yang justru terkadang terlupakan oleh masyarakat karena kurangnya edukasi dari pemerintah.

Cara menghapus nomor yang sudah terdaftar di 4444 pun wajib kita perhatikan secara seksama. Jika kebetulan kamu ingin ganti no HP tapi NIK masih tersangkut di kartu lama maka saya punya solusi. Setelahnya, pelanggan bisa kembali memakai NIK untuk mendaftar nomor baru.

Cara Menghapus Nomor yang Sudah Terdaftar di 4444 Semua Operator

Secara garis besar kita memang bisa membatalkan pendaftaran NIK dengan mendatangi kantor atau gerai terdekat. Tapi tentu hal itu akan memakan banyak waktu dan kurang cocok bagi mereka yang mempunyai jam terbang tinggi. Beruntungnya, hampir semua operator menyediakan opsi unreg lewat kode dial maupun SMS.

Cara unreg nomor telkomsel, indosat, XL, ataupun axis pun akhirnya mulai banyak dicari di internet. Banyak situs yang mengulas setiap langkah dan permasalahan yang berkaitan dengan proses unreg NIK dan KK tersebut.

Tapi tidak semua mengandung informasi valid karena setiap operator memiliki cara menghapus nomor yang sudah terdaftar di 4444 tersendiri. Dalam artikel kali ini akan saya ajarkan bagaimana cara unreg NIK agar bisa dipakai kembali untuk registrasi kartu baru.

Cara Hapus Nomor yang Sudah Terdaftar Lewat Kode Dial

Cara menghapus nomor yang sudah terdaftar di 4444 tidaklah terlalu sulit. Apabila memang kalian belum mengetahuinya maka simaklah langkah langkah di bawah:

  1. Dial kode *4444# lalu panggil.
  2. Pilih nomor 3 untuk UNREG.
  3. Masukan 16 digit NIK yang dipakai registrasi.
  4. Kirim.

Segera setelahnya, kita akan memperoleh SMS balasan yang menyatakan bahwa nomor unreg NIK dan KK sukses. Kini pelanggan bisa menggunakan data tersebut untuk registrasi kartu perdana baru tanpa takut terkena pembatasan.

Harusnya cara unreg NIK dan KK lewat kode dial untuk masing-masing operator sama saja. Mengingat 4444 adalah nomor universal untuk mendaftarkan nomor baru. Tapi untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat informasi pada provider yang kini sedang dipakai.

Cara Hapus Nomor yang Sudah Terdaftar Lewat Kode Dial

Saya sendiri lebih suka unreg NIK dengan mengirim format SMS sebab responnya lebih cepat. Dahulu, saya pernah coba memakai kode dial tapi gagal karena kode MMI Tidak Valid. Tapi setelah berhasil mengidentifikasi penyabab masalah jaringan tersebut akhirnya saya pun berhasil.

Cara menghapus nomor yang sudah terdaftar di 4444 sebenarnya sangat mudah. Kalian hanya perlu mengirimkan format SMS kebalikan dari perintah registrasi itu sendiri. Lebih kerennya, format itu support untuk semua provider baik itu telkomsel, indosat, axis, XL, maupun kartu tri. Jadi pada dasarnya semua operator bisa hapus nik dan kk memakai format yang sama.

Jika belum mengetahuinya, maka simaklah cara unreg nomor di bawah ini:

  1. Buka menu perpesanan.
  2. Buat pesan baru.
  3. Ketik SMS dengan format "UNREG#No KTP.
  4. Contoh: UNREG#6127821837001
  5. Pada kolom penerima isi 4444.
  6. Kirim SMS.
  7. Tunggu sampai mendapatkan SMS balasan.
  8. Selesai.

Setelah semua proses selesai maka pihak operator akan langsung menghapus nomor kalian dari database pemerintah. Dengan demikian pelanggan bisa berganti serta melakukan registrasi di kartu barunya. Mudah bukan? format SMS unreg di atas valid untuk semua operator baik itu telkomsel, tri, indosat, axis, maupun XL.

Mungkin cukup sekian artikel singkat yang membahas cara menghapus nomor yang sudah terdaftar di 4444 di atas. Termakasih sudah membaca dan semoga langkah langkah unreg NIK dan KK di atas bisa bermanfaat. Apabila kalian masih mengalami kendala maka sampaikanlah melalui kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Cara Menghapus Nomor yang Sudah Terdaftar di 4444 Semua Operator"