Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Kuota Ilmupedia Menjadi Kuota Utama Telkomsel

Cara Mengubah Kuota Ilmupedia Menjadi Kuota Utama Telkomsel - Belajar di rumah sudah menjadi kewajiban tiap siswa di masa transisi seperti sekarang. Keadaan serta kebijakan pemerintah memaksa guru dan murid untuk melaksanakan tatap muka secara online. Demi mendukung program tersebut telkomsel meluncurkan paket ilmupedia yang berisi kuota belajar gratis. Pihak operator juga menyediakan opsi lain yakni paket ruang guru yang notabenya memiliki konsep sama dengan kuota belajar ilmupedia.

Banyak pengguna ponsel akhirnya mencari cara mengubah kuota ilmupedia menjadi kuota internet biasa. Pasalnya, paket belajar online tersebut hanya bisa dipakai untuk mengakses platform pembelajaran digital. Inilah alasan mengapa banyak siswa terjebak dan salah memahami konsep kuota belajar telkomsel.

Kuota Ilmupedia Telkomsel

Secara garis besar paket ilmupedia telkomsel memiliki total kuota belajar sebesar 30GB. Kuota ilmupedia tersebut akan aktif selama 30 hari penuh terhitung dari tanggal aktivasi. Padahal volume data sebesar itu hanya bisa digunakan untuk membuka situs atau aplikasi berbasis pembelajaran. Contohnya zenius, cakap, sekolahmu, quipper, dan bahaso saja. Lantas bagaimana jika ada sisa data pemakaian? Secara otomatis sisa kuota ilmupedia tidak terpakai akan hangus.

Padahal kalian bisa menggunakan kuota ilmupedia untuk internetan, streaming youtube, bermain game online, download film, dan sebagainya. Untuk melakukan hal tersebut kita harus mengubah kuota belajar telkomsel terlebih dahulu menjadi data reguler. Trik internet gratis telkomsel satu ini sebenarnya sudah banyak dibahas dalam berbagai forum online.

Cara Mengubah Kuota Ilmupedia Menjadi Kuota Utama Telkomsel

Akses internet sudah menjadi kebutuhan dasar setiap orang guna menghadapi tuntutan perkembangan jaman. Begitu juga dengan kalangan uda yang notabenya memerlukan volume kuota besar untuk belajar secara daring. Paket ilmupedia hadir sebagai bentuk apresiasi pihak operator untuk menyongsong masa transisi dan digitalisasi.

Jika diperhatikan sekilas paket ilmupedia memang memberikan volume data cukup besar. Sayanngya, data tersebut tak akan bisa kalian pakai karena fungsinya sudah dikunci hanya untuk mengakses alikasi belajar saja. Meski demikian tak sedikit orang yang mempertanyakan apakah bisa mengubah kuota belajar mendari flash. Nah, kita akan belajar bagaimana mengakali kuota belajar telkomsel agar bisa dipakai untuk berbagai keperluan.

Ada banyak sekali aplikasi pihak ketiga yang dapat kalian gunakan sebagai media untuk mengubah kuota ilmupedia ke internet. Contohnya Anonytun yang memungkinkan pengguna mengatur ulang server suatu provider. Begitu pula dengan psiphon pro yang notabenya memiliki fungsi serupa dan sudah banyak digunakan oleh penikmat internet gratisan. Sayangnya tidak banyak orang tau cara setting anonytun untuk mengubah kuota belajar menjadi flash.

Setelah membaca banyak forum akhirnya saya berhasil menemukan trik serta celah yang memungkinkan akses youtube, browsing, instagram secara gratis menggunakan paket tersebut. Lantas bagaimana cara mengubah kuota ilmupedia menjadi kuota internet utama?

Apa itu Kuota IlmuPedia

Meski menjadi salah satu layanan unggulan karena menawarkan sejumlah kelebihan daripada paket lain. Tapi nyatanya tak semua orang tau apa itu paket ilmupedia yang disediakan oleh operator telkomsel. Bahkan sebagian pengguna menganggap kuota edukasi ini tak penting dan sering mengesampingkannya. Mengapa demikian? sudah jelas alasannya karena kuota ilmupedia tidak bisa dipakai untuk internetan. Tapi, teori tersebut akan saya patahkan dalam artikel singkat kali ini.

Pengertian paket ilmu pedia adalah jenis data khusus yang hanya bisa kalian pakai untuk mengakses satu platform aplikasi saja. Setelah mengaktifkan paket maka pelanggan akan mendapatkan kuota belajar telkomsel dengan batasan pemakaian. Hal ini tentu saja menjawab pertanyaan kenapa kuota tersebut tidak bisa digunakan untuk internetan seperti biasanya.

Harga paket ilmupedia telkomsel sangat murah bahkan tak sampai 5 ribu rupiah. Bahkan dalam beberapa kesempatan, pihak operator pun membagikanya secara gratis sebagia bentuk dukungan program daring. Ketika hendak membeli paketan kita pun juga harus hati-hati dan jangan tergiur besarnya data yang ditawarkan oleh paket tersebut.

Dari penjelasan di atas bisa kita simpulkan bahwa pelanggan tidak bisa menggunakan kuota ilmupedia untuk internet karena keduanya memiliki konsep berbeda. Tapi seiring berjalannya waktu akhirnya muncul trik menguah kuota ilmupedia menjadi kuota reguler. Apakah trik itu work? kita akan membahasnya lebih dalam pada artikel kali ini.

Cara Mendapatkan Kuota Belajar Ilmupedia

Pertama, kalian harus tau bagaimana cara daftar paket ilmupedia terlebih dahulu. Hal ini penting karena menjadi modal awal kalian untuk memperoleh kuota belajar yang selanjutkan akan dikonversi. Langkah aktivasi kuota ilmupedia ini dapat dilakukan dengan mudah. Di bawah ini terdapat tutorial mengaktifkan kuota ilmupedia Telkomsel gratis yaitu sebagai berikut:
  1. Langkah pertama yaitu membuka aplikasi MyTelkomsel.
  2. Setelah itu klik pada menu bagian bawah di menu Shop.
  3. Kemudian klik pada menu Internet.
  4. Cari paket kuota Bebas Akses Ilmupedia yang harganya Rp 0 dengan jumlah paket data 30GB.
  5. Klik Beli untuk mengakses penggunaan paket ilmupedia.
Setelah mengetahui cara mengaktifkan kuota ilmupedia gratis di atas, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang cara mengubah kuota ilmupedia menjadi kuota utama Telkomsel tersebut. Setelah anda mengaktifkan paket internet ini, maka anda dapat menggunakannya untuk mengakses platform online untuk belajar seperti Zenius, Bahaso, Quipper dan Cakap.

Kuota belajar telkomsel diatas memiliki masa aktif 30 hari secara cuma cuma atau gratis sebesar 30GB. Di sisi lain adapula cara ubah kuota ilmupedia ke kuota utama menggunakan aplikasi VPN seperti Tun VPN, Psiphon, Anonytun dan sebagainya. Lewat aplikasi ini kalian bisa mengubah serta menggunakan kuota belajar untuk mengakses semua situs yang telah di blokir. 
Baca juga : Kuota Internet Lokal Telkomsel Tidak Bisa Dipakai (Penyebab dan Solusinya) 
Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengertian kuota ilmupedia Telkomsel ialah jenis kuota dari Telkomsel yang berguna dalam pengaksesan aplikasi digital untuk edukasi. Di bawah ini terdapat beberapa aplikasi yang dapat diakses oleh kuota ilmupedia Telkomsel gratis yaitu sebagai berikut:
  • Aplikasi zenius.
  • Aplikasi bahaso yang berupa bahaso talk, bahaso quiz, dan bahaso lesson.
  • Aplikasi quipper seperti Quipper quiz dan Quipper video.
  • Aplikasi cakap seperti cakap live, cakap chat, cakap private dan cakap group.
Sebelum menerapkan cara mengubah kuota ilmupedia menjadi kuota utama Telkomsel ini, maka anda harus menyetting aplikasi APN yang baru terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan cara mengubah kuota ilmupedia ke kuota utama dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi psiphon pro. Di bawah ini terdapat cara setting APN paket ilmupedia yaitu sebagai berikut:
  1. Langkah pertama yaitu membuat Acces Name Poin (APN) baru. APN baru ini dapat dikonfigurasikan/setting dengan format APN : Internet dan Nama : Paket Internet.
  2. Setelah itu APN ini disimpan dan konfigurasi APN pada smartphone tersebut diganti menjadi APN yang baru.
  3. Langkah berikutnya yaitu data seluler dan mode pesawatnya di ON/OFF kan.

Cara Mengubah Kuota Ilmupedia Jadi Kuota Utama

Setelah menjelaskan sedikit mengenai kuota Ilmupedia Telkomsel di atas, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang cara mengubah kuota ilmupedia ke kuota internet. Setelah kuota Ilmupedia ini diubah menjadi kuota flash, maka anda dapat menggunakannya untuk mengakses berbagai jenis web hiburan, aplikasi, bisnis dan sebagainya. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai cara mengubah kuota ilmupedia ke kuota utama yaitu sebagai berikut:

1. Langkah pertama yaitu menginstall aplikasi Psiphon Pro terlebih dahulu. Aplikasi ini dapat anda peroleh dari App Store dan Google Play Store.
2. Langkah berikutnya yaitu membuka aplikasi Psiphon Pro dan klik pada bagian Opsi.
3. Setelah itu pada bagian "Alihkan Sambungan Seluruh Perangkat" diberikan Ceklis. Lalu klik pada bagian Opsi Lanjutan. 
Klik Bagian Opsi Lanjutan
Baca juga : Cara Merubah Kuota Ruangguru Menjadi Kuota Flash Telkomsel
4. Cara mengubah kuota ilmupedia menjadi kuota utama Telkomsel selanjutnya yaitu menekan Header HTTP Kustom dan memberikan ceklis pada kolom sambungkan lewat proksi HTTP. 
Ceklis Sambungan lewat Proksi HTTP
5. Langkah selanjutnya yaitu memberikan ceklis pada tambahan header HTTP kustom. Kemudian bagian headernya diisi seperti header 1 : x-online-host berupa bug situs dan header 2 : host berupa bug situs.
Mengisi Bagian Header
Dalam cara mengubah kuota ilmupedia menjadi kuota utama Telkomsel terdapat istilah bug situs pada kolom header 2 dan header 1. Bug situs tersebut diisi dengan alamat link internet yang akan digunakan. Anda dapat mengisi bug situs tersebut dengan alamat sekolah.mu, ruangguru.imgix.net, cdn2.ruangguru.com, quipper.com, cdn.ruangguru.com dan belajaronline.ruangguru.com.

6. Langkah selanjutnya yaitu dengan klik Mulai pada aplikasi Psiphon Pro agar paket kuota Ilmupedia ini dapat digunakan untuk mengakses internet reguler. Cara mengubah kuota ilmupedia ke kuota utama telah selesai dilakukan.

Cara Menggunakan Kuota Ilmupedia

Kuota ilmupedia pada dasarnya adalah paket data yang dijual khusus hanya untuk pembelajaran siswa. Masalahnya, beberapa orang justru salah membeli karena tertarik dengan harganya yang murah tanpa memperhatikan deskripsi paket. Apakah kalian salah satu pengguna tersebut? bila iya maka jangan menyesal terlebih kamu masih berstatus siswa.

Selain menjelaskan cara mengubah kuota ilmupedia menjad kuota utama telkomsel saya akan jelaskan cara pakainya. Sederhana saja, kalian bisa menghabiskan paket ilmupedia telkomsel dengan mengakses beberapa platform aplikasi. Diantaranya adalah zenius, ruangguru, dan platform aplikasi belajar online lain.

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengubah kuota ilmupedia menjadi kuota utama Telkomsel. Pengertian kuota ilmupedia Telkomsel ialah jenis kuota dari Telkomsel yang berguna dalam pengaksesan aplikasi digital untuk edukasi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "Cara Mengubah Kuota Ilmupedia Menjadi Kuota Utama Telkomsel"