Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kuota Internet Lokal Telkomsel Tidak Bisa Digunakan (Penyebab dan Solusinya)

Kuota Internet Lokal Telkomsel Tidak Bisa Digunakan (Penyebab dan Solusinya) - Telkomsel menerapkan sistem pembagian kuota pada setiap paketnya. Kuota tersebut terdiri dari flash, reguler (utama), roaming, internasional serta beragam bonus nelpon/SMS. Selain itu ada pula kuota pembagian berdasarkan waktu dan zona pendaftaran yang biasa disebut kuota lokal. Tapi lewat varian kartu AS, simPATI, loop, dan Halo sukses mengantarkan telkomsel menjadi operator seluler terbaik dalam Negeri.

Sayangnya harga kuota telkomsel terbilang cukup mahal jika kita bandingkan dengan provider lainnya. Walaupun sebenarnya harga tersebut terbayar lunas oleh layanan serta performa jaringan yang kita dapat. Tapi dalam beberapa kasus pelanggan sering mendapati masalah tidak bisa menggunakan kuota lokal telkomsel untuk internetan. Hal ini disebabkan perbedaan zona pendaftaran dan zona pemakaian paket.

Mengatasi permasalahan tidak bisa menggunakan kuota lokal telkomsel di daerah lain
Kuota lokal telkomsel tidak bisa dipakai

Dari masalah tersebut munculah pertanyaan bagaimana cara pindah zona lokasi agar bisa menggunakan kuota lokal telkomsel di semua daerah. Misalkan kuota internet tidak bisa digunakan maka pihak operator akan memberlakukan tarif dasar menggunakan pulsa sebagai gantinya. Hal ini tentunya sangat merugikan jika tidak segera kalian sadari.

Karena penyebab kuota lokal tidak bisa dipakai adalah penggunaan yang tidak sesuai zona pendaftaran. Maka cara pindah zona lokasi telkomsel menjadi alternatif untuk menggunakan kuota ini. Pada akhirnya kita memerlukan aplikasi pihak ketiga seperti fake GPS maupun anonytun sebagai media.

Kuota Internet Lokal Telkomsel Tidak Bisa Digunakan (Penyebab dan Solusinya)

Jika harus dikatakan, kuota internet lokal adalah salah satu jenis data yang hanya bisa dipakai di satu wilayah saja. Wilayah inilah yang selanjutnya disebut zona pendaftaran paket atau kota dimana pelanggan mendaftarkan paketan. Baik pelanggan kartu AS, simpati, dan loop hanya bisa memakainya pada zona kuota lokal telkomsel yang sudah ditentukan. Apa yang terjadi kalau kita keluar zona pendaftaran? tentu saja kalian tidak bisa menggunakan kuota lokal.

Singkat cerita, penyebab utama kenapa local data tidak bisa digunakan karena pelanggan keluar dari zona pendaftaran paket. Solusi permasalahan diatas pun beragam mulai dari mengubah zona paket telkomsel hingga mengkonversinya menjadi kuota reguler. Dengan demikian pelanggan tetap bisa menggunakan kuota lokal di daerah lain meskipun keluar zona pendaftaran.

Dalam aritkel kali ini kita akan membahas lebih dalam penyebab kuota internet lokal telkomsel tidak berkurang dan tidak bisa digunakan. Selain itu kita juga akan belajar bagaimana cara mengatasi kuota lokal telkomsel tidak bisa dipakai lewat metode-metode khusus. Namun, sebelum menuju topik bahasan utama ada baiknya kita mengetahui konsep pemakaian dan cara cek lokasi kuota lokal telkomsel terlebih dahulu.

Kenapa Kuota Lokal Telkomsel Tidak Bisa Digunakan

Cara menghabiskan paket internet lokal sangat sederhana karena tak mengharuskan kita install aplikasi. Cukup pakai seperti biasa layaknya kita beraktivitas seperti membuka sosmed, streaming youtube, dan bermain game.

Tapi ada kalanya pelanggan mengalami masalah dan bertanya kenapa kuota internet lokal tidak bisa digunakan. Hal itu mereka sadari saat coba cek sisa paket ternyata varian data tersebut tidak berkurang sama sekali. Justru, paket utama lah yang semakin habis

Apabila paket data lokal telkomsel tidak bisa digunakan maka ada beberapa faktor penyebab yang perlu kalian sadari. Mulai dari masa berlaku paket yang kadaluarsa, paket yang bertabrakan, sampai keluar zona telkomsel. Hal semacam ini terkadang membuat pelanggan bertanya tanya bagaimana cara mengatasinya.

Jika kalian bertanya kenapa kuota lokal telkomsel tidak bisa digunakan maka simaklah beberapa faktor penyebab berikut:

  1. Ada di luar zona paket telkomsel.
  2. Masa aktif kuota lokal habis.
  3. Tidak memiliki local data.
  4. Kartu sudah masuk masa tenggang.
  5. Jaringan internet telkomsel error.

Dari semua alasan itu menurut saya yang paling logis adalah kalian berada di luar zona paket telkomsel. Sama seperti namanya, local data hanya akan aktif di kota tempat pembelian paket internet saja.         Sehingga saat pelanggan beralih menuju ke daerah lain maka kuota lokal tidak terpakai karena kebijakan tersebut.

Cara Cek Lokasi Kuota Lokal Telkomsel

Kuota lokal telkomsel tidak terpakai menurut saya menjadi sebuah kerugian tersendiri untuk pelanggan. Maka dari itu kita harus belajar bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Sebenarnya mudah saja, kalian hanya perlu memalsukan lokasi seolah masih berada dalam zona awal meskipun sudah berada di daerah lain.

Mudah saja jika kita bisa mengingat zona lokasi telkomsel dimana kita mendaftar. Namun bagaimana dengan orang pelupa seperti saya? tenang saja karena saya sudah menyediakan cara cek lokasi kuota internet lokal telkomsel.

Langkah pertama untuk mengatasi kuota internet lokal telkomsel tidak bisa dipakai adalah mengetahui zona pendaftaran terlebih dahulu. Tujuannya tidak lain untuk mengetahui di daerah mana kuota lokal bisa didaftarkan (kecuali anda mengingatnya).

Misalnya, jika pelanggan mendaftar paket internet di kota jakarta maka kota tersebut menjadi zona kuota lokal telkomsel. Jika pelanggan bepergian meninggalkan jakarta maka kuota lokal tidak terpakai dan biaya internet dibebankan pada kuota reguler ataupun pulsa.

Mengecek zona kuota lokal juga merupakan langkah dasar yang hukumnya wajib dilakukan. Tutorialnya pun juga sudah saya bahas dalam artikel sebelumnya dengan judul yang sama. Untuk mempersingkat waktu, akan saya simpulkan cara cek lokai kuota lokal telkomsel lewat facebook instant messenger di bawah:

  1. Login facebook dengan akun anda.
  2. Cari halaman resmi telkomsel dan kirim pesan lewat chat.
  3. Secara langsung anda akan terhubung dengan bot asisten bernama veronica.
  4. Veronica akan menanyakan keluhan apa yang anda alami.
  5. Silahkan bertanya "Cek lokasi kuota lokal telkomsel", maka Veronica akan menyakan informasi umum (no hp, tipe hp, tanggal pembelian paket).
  6. Jawab informasi tersebut dan anda akan mendapatkan detail informasi aktivasi paket internet terbaru yang didalamnya juga memuat zona lokasi pendaftaran paket.

Jika kalian masih merasa bingung dengan tutorial diatas ataupun mau mencoba cara cek lokasi kuota lokal telkomsel menggunakan metode lain, silahkan simak pembahasan lengkap dalam artikel sebelumnya.

Baca juga: Cara Cek Lokasi Kuota Lokal dan Aktivasi Paket Telkomsel

Cara Pindah Zona Lokasi Telkomsel

Lazimnya, kalau bepergian meninggalkan kota asal dimana kita registrasi paket kuota lokal tidak akan bisa terpakai. Namun ada trik khusus yang memungkinkan kita memakai kuota lokal telkomsel di luar zona lokasi pendaftaran. Bagaimana caranya? Kita harus menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tidak lain adalah fake GPS.

Prinsip kerja aplikasi ini adalah memalsukan lokasi keberadaan ponsel kita sehingga tidak terbaca oleh sistem. Dengan menyetel titik poin di zona lokasi telkomsel awal pendaftaran maka kita bisa mengelabuhi operator seolah kita masih berada di dalam zona. Inilah trik termudah untuk menggunakan kuota lokal telkomsel tidak bisa dipakai versi saya.

cara pindah zona kuota telkomsel

Cara ini menurut saya lebih simpel dan praktis daripada mengubah kuota lokal menjadi flash/reguler. Mengapa demikian? karena kita tidak perlu repot mencari bug kuota flash ataupun menyetting APN ponsel. Dengan fake GPS kita hanya perlu tap-tap saja dan aplikasi sudah berjalan.

Setelah kalian mendapatkan informasi lokasi kota pendaftaran maka cobalah trik menggunakan kuota lokal di daerah lain berikut:

  1. Install aplikasi fake GPS di ponsel anda.
  2. Buka aplikasinya, jika ada notifikasi tap allow untuk mengijinkan fake GPS mengakses lokasi saat ini.
  3. Aktifkan fitur mock location pada aplikasi.
  4. Search dan set lokasi palsu menjadi kota asal pendaftaran.
  5. Tap icon play untuk menjalankan aplikasi fake GPS.
  6. Dengan demikian zona lokasi telkomsel akan berubah dan anda bisa menggunakan kuota lokal di daerah lain.

Sekali lagi, tutorial menggunakan kuota lokal tidak terpakai sudah pernah saya bahas dalam pembahasan lain. Untuk tutorial lengkap dan trik lainnya silahkan mengunjungi artikel sebelumnya yang berjudul Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel di Semua Daerah.

Cara Mengatasi Kuota Lokal telkomsel Tidak Bisa Dipakai

Dalam kasus tertentu, tidak bisa menggunakan kuota lokal juga disebabkan karena beberapa faktor. Seperti masa aktif paket yang sudah habis, kuota paket yang saling timpang tindih dan lainnya. Makanya, kita harus rajin cek kuota Telkomsel secara berkala apakah masih tersedia ataupun tidak.

Terlepas dari cara cek lokasi kuota lokal dan pindah zona lokasi telkomsel diatas ada beberapa hal penting yang harus di garis bawah. Setidaknya, dengan mengetahui tips berikut ini kita bisa lebih bijak dalam memakai local data.

Zona Paket Telkomsel

Sebelum mulai menggunakan kuota lokal telkomsel pastikan posisi anda berada di zona lokasi pendaftaran pertama pada paket tersebut. Hal ini dikarenakan sifat paket lokal hanya berlaku pada area atau tempat aktivasi pertama paket internet yang digunakan. Lazimnya kalian memang tidak akan bisa menggunakan local data di daerah lain.

Inilah mengapa banyak pelanggan mencari alternatif dan mengubahnya menjadi varian kuota lain. Sampai sekarang ada banyak sekali cara melakukan hal demikian lewat perantara aplikasi pihak ketiga. Sebut saja anonytun dan pshipon pro yang notabenya menawarkan pengaturan custom untuk proxy serta APN.

Restart Ponsel

Langkah kedua ini dilakukan apabila metode pertama gagal mengatasi permasalahan tidak bisa memakai kuota internet lokal Telkomsel. Pasalnya, memang terdapat beberapa kasus yang menyatakan bahwa operator seluler ini mengalami kegagalan sistem. Sehingga kuota lokal telkomsel tidak terpakai justru malah menghabiskan jatah kuota utama.

Hal tersebut bahkan pernah saya bahasa dalam artikel sebelumnya dengan judul sama. Adapun cara mengatasinya yaitu hanya cukup merestart atau muat ulang smartphone anda. Tanpa perlu saya beri tutorial harusnya kalian sudah bisa melakukannya.

Cek Masa Aktif dan Sisa Kuota

Solusi kuota lokal Telkomsel tidak bisa dipakai selanjutnya yaitu mengecek masa aktif dan sisa paket yang digunakan. Tidak bisa menggunakan kuota internet lokal Telkomsel dapat disebabkan oleh masa aktif yang sudah kadaluarsa.

Untuk itu kita dapat mengecek masa aktif dan sisa paket melalui dial up dengan mengetikkan *888#. Langkah berikutnya yaitu mengikuti langkah seterusnya sesuai dengan petunjuk yang tersedia.

Hubungi CS Telkomsel dan Cek Area

Langkah terakhir sekaligus pamungkas jika anda mengalami masalah kuota lokal telkomsel tidak bisa dipakai adalah menghubungi CS. Melalui call center anda bisa menyampaikan complain maupun menceritakan kronologi permasalahan tersebut. Selain itu, dengan menghubungi customer service kita bisa mengetahui zona kuota lokal telkomsel dengan cepat.

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab kenapa kuota internet lokal Telkomsel tidak bisa dipakai beseta solusinya. Selain harus pandai-pandai memilih paket, sebagai pelanggan kita juga dituntut harus bisa memahami syarat dan ketentuan operator seluler. Salah satunya adalah sistem pembagian kuota dan skema dasar penggunaan kuota internet seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

Pada hakekatnya, wajar saja jika kuota lokal telkomsel tidak bisa dipakai di luar zona pendaftaran. Untuk mengatasinya, kita harus pindah zona lokasi telkomsel terlebih dahulu menggunakan aplikasi. Tapi trik tersebut tak selalu berhasil karena ada pula pengguna ponsel yang mengeluh tidak bisa menggunakan local data meski sudah menyeting fake GPS.

Posting Komentar untuk "Kuota Internet Lokal Telkomsel Tidak Bisa Digunakan (Penyebab dan Solusinya)"