Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Cara Mengatasi Indosat Tidak Ada Jaringan dan Sinyal 4G

12 Cara Mengatasi Indosat Tidak Ada Jaringan dan Sinyal 4G - Sinyal kuat dan stabil menjadi salah satu parameter utama sebuah koneksi yang baik. Oleh karenanya operator indosat terus berusaha membangun infrastruktur jaringan untuk menunjang kebutuhan pelanggan. Pihak provider pun menyadari harga paket internet murah yang ditawarkan tidak akan diminati bila jaringan indosat jelek. Tapi faktanya masih banyak pengguna ponsel mengeluh sinyal 4g tapi tidak bisa internet indosat baik perdana im3, mentari, ataupun matrix.

Pada dasarnya semua provider bisa mengalami problem seperti sinyal 4G tidak muncul, bar indikator hilang, dan internet lemot. Tak heran jika banyak orang bertanya-tanya kenapa sinyal indosat jelek hari ini karena faktor penyebabnya dapat berasal dari internal maupun eksternal.



Cara Mengatasi Indosat Tidak Ada Sinyal 4G
Sinyal 4G indosat hilang

Nah, cara mengatasi sinyal 4G Indosat tidak muncul hampir sama seperti problematika yang dialami oleh operator lain. Ketika mengalaminya beberapa orang akan langsung pergi ke konter atau service center karena merasa ponselnya tidak bisa memunculkan sinnyal 4G. Padahal anggapan tersebut salah besar dan kita bisa mengatasi indosat tidak ada sinyal 4G sendiri dari rumah.

Indosat sendiri merupakan salah satu operator yang menawarkan segudang kelebihan. Fokus utamanya tidak lain adalah memberikan pelayanan prima pada setiap varian produk yang mereka jual. Contohnya paket Yellow Rp 1000, paket unlimited indosat, dan beberapa bundling harga murah lainnya. Di lain sisi, sebagai pelanggan pun kita tentunya ingin mendapatkan kualitas terbaik dari pihak penyedia jasa. Namun, saya harus jujur karena kualitas sinyal 4G indosat tidak sebaik harga paketan yang dijualnya.

12 Cara Mengatasi Indosat Tidak Ada Jaringan dan Sinyal 4G

Kenapa sinyal indosat jelek hari ini? pertanyaan tersebut sering kali terngiang di benak pengguna. Banyak sekali masalah yang sering muncul ketika saya berlangganan dan menggunakan varian kartu IM3. Mulai dari pulsa tersedot sendiri sampai koneksi internet lemot karena sinyal 4G tidak muncul. Inilah alasan kenapa pelanggan harus ekstra sabar ketika memakai setiap layanan dari pihak operator.

Gangguan mulai dari tidak tersambung ke jaringan, koneksi internet lemot, dan sinyal 4G indosat hilang secara tiba-tiba sering menghantui pelanggan. Alih-alih bisa menikmati akses internet cepat murah kita justru akan dipusingkan oleh segudah problematika di atas.

Tentu saja hal ini sekaligus menjadi koreksi untuk pihak operator agar lekas meningkatkan kualitasnya. Lantas apa yang harus dilakukan ketika mengalami masalah demikian? tenang, kalian tidak perlu panik. Permasalahan sinyal 4G tidak muncul maupun sinyal tiba tiba hilang memang sering menjadi perbincangan di khalayak umum.

Bahkan karena masalah ini, banyak orang yang mencari cara mengatasi sinyal 4G Indosat tidak ada. Sebenarnya cara mengatasi sinyal Indosat 4G tidak ada atau hilang atau tiba tiba hilang dapat dilakukan dengan mudah. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mengatasi Indosat tidak ada sinyal 4G.

Kenapa Sinyal Indosat Tidak Muncul

Taukah kalian kenapa sinyal indosat jelek hari ini? Tak semua pengguna menyadari apa yang menjadi penyebabnya. Sebagian hanya menerka bahwa server utama sedang down, tapi tak sedikit pula yang pasrah menunggu jaringan kembali normal.

Alih-alih hanya menunggu kenapa kita sebagai pelanggan tidak menjemput bola saja? maksudnya adalah memunculkan sinyal indosat sendiri. Dengan demikian pengguna akan memiliki wawasan serta pengalaman apabila di kemudian hari sinyal 4G indosat hilang lagi.

Sebelum membahas tentang cara mengatasi sinyal 4G Indosat tidak muncul. Anda perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab kenapa jaringan indosat hilang dari ponsel. Terkadang Indosat memang kehilangan sinyal secara tiba tiba karena beberapa faktor penyebab seperti di bawah ini:

  1. Belum registrasi NIK dan KK ke nomor 4444.
  2. Pembangunan infrastruktur jaringan kurang merata.
  3. Kalian berada di daerah pedesaan atau terpencil.
  4. Kartu perdana mengalami kerusakan.
  5. Komponen pada Android rusak.
  6. Jaringan pusat sedang diperbaiki.
  7. Cuaca tidak bersahabat.
  8. Pengaturan HP mengalami kesalahan.

Mengetahui dimana letak kesalahan atau sumber masalah menjadi kunci utama untuk memunculkan sinyal indosat yang hilang. Jujur saja, faktor penyebab utama kenapa sinyal indosat tidak ada jaringan karena murni buruknya kualitas layanan. Tapi kalian tak perlu risau sebab saya akan coba jelaskan bagaimana cara mengatasi indosat tidak ada sinyal.

Cara Memunculakan Sinyal 4G Indosat

Agar dapat tersambung ke jaringan Indosat tentunya harus memenuhi beberapa syarat penting terlebih dahulu. Untuk itu penting untuk mengetahui beberapa syarat agar jaringan 4G Indosat dapat terkoneksi. Oleh karena itu jika sewaktu waktu terjadi permasalahan terkait, maka anda dapat langsung menerapkan cara mengatasi sinyal Indosat 4G tidak ada secara langsung.

Di lain sisi, sinyal IM3 juga menawarkan pengalaman berselancar yang lumayan cepat. Tentu kualitas ini lebih baik daripada pendahulunya yang masih berbasis 3G. Jadi, akan sangat merugi apabila indosat tidak bisa internet hanya karena sinyal tidak muncul. Adapun beberapa syarat yang harus dipenuhi saat menyambungkan HP ke jaringan 4G Indosat yaitu:

  1. Jaringan 4G ini didukung dengan wilayah yang menyediakan sinyal tersebut.
  2. Kartu perdana Indosat didukung dengan adanya sinyal 4G ini.
  3. HP atau perangkat Android juga mendukung terkoneksinya jaringan 4G Indosat.

Hal hal di atas harus dipenuhi terlebih dahulu karena termasuk syarat mutlak yang harus ada ketika jaringan Indosat 4G terhubung. Dengan begitu sinyal yang anda peroleh dapat berjalan dengan super cepat. Jangan sampai anda mengira bahwa permasalahan hilangnya sinyal 4G Indosat dikarenakan HP eror dan sebagainya. Pahami terlebih dahulu permasalahannya sebelum menerapkan cara mengatasi Indosat tidak ada sinyal 4G.

Baca juga: Frekuensi TRANS TV 2024 Terbaru di Semua Satelit

Jika sinyal 4G Indosat milik anda tidak keluar atau hilang, maka hal pertama yang perlu anda lakukan ialah tetap tenang dan tidak perlu panik. Setelah itu anda dapat menerapkan beberapa cara mengatasi sinyal 4G Indosat tidak ada dengan beberapa langkah di bawah ini:

Lakukan Registrasi Kartu Indosat

Cara mengatasi Indosat tidak ada sinyal 4G dapat dilakukan dengan mendaftarkan kartu ke 4444. Sebenarnya untuk semua jenis provider memang sudah diberikan kebijakan dari pemerintah untuk mendaftarkan ulang kartu perdananya dengan nomor KK dan KTP, tidak terkecuali. Jika langkah registrasi ke 4444 ini belum anda lakukan, maka sudah dipastikan bahwa sinyal Indosat tidak dapat terkoneksi.

Baca juga: 4 Cara Mendapatkan Kuota Gratis Tri (Kartu 3) Terbaru

Cara mengatasi indosat tidak ada sinyal dapat anda lakukan dengan registrasi kartu perdana yang baik dan benar. Hal ini dikarenakan setiap provider memiliki format sms berbeda dalam registrasi ke 4444. Maka dari itu, jangan samakan langkah langkahnya dengan operator lain seperti telkomsel.

Bila kalian pengguna yang baru beralih ke Indosat maka silahkan registrasi kartu ada terlebih dulu. Cara registrasi Indosat adalah:

  1. Buka menu SMS di ponsel.
  2. Buat SMS baru dengan format NIK#KK#.
  3. Lalu kirim ke 4444.
  4. Silahkan tunggu beberapa saat.
  5. Kalian akan mendapat sms balasan registrasi sukses.
  6. Langkah terakhir, restart ponsel atau reset jaringan untuk memunculkan sinyal indosat.

Registrasi nomor HP termasuk salah satu aspek krusial tapi sering disepelekan. Faktanya, banyak pengguna yang lupa mendaftarkan nomor dan langsung memakainya untuk aktivitas. Padahal Indosat sendiri telah menyampaikan kebijakan di atas secara jelas. Oleh karenanya, jika memang di HP kalian indosat tidak ada sinyal segera cek status registrasi.

Restart Hp Anda

Pernahkah kalian menyelesaikan permasalahan yang ada pada ponsel dengan cara merestartnya? nah ternyata metode itu terbukti manjur. Ketika kinerja ponsel lelet bahkan hang maka orang akan cenderung mematikan lalu menghidupkannya kembali. Hal ini diperkuat dengan berbagai bukti yang sudah saya alami sendiri.

Berdasarkan pengalaman pribadi, trik restart HP bahkan mampu mengatasi masalah indosat tidak ada jaringan karena error. Tujuan restart ponsel sendiri untuk menghentikan paksa segala aktivitas berlebih. Selain itu dengan menghidupkan ulang hp juga mampu menghapus semua bug dan kegagalan sistem pada periode sebelumnya.

Cara mengatasi sinyal 4G indosat tidak muncul selanjutnya dapat dilakukan dengan merestart HP. Jika langkah pertama telah dilakukan, maka kalian dapat mencoba cara kedua dengan mematikan ulang HP atau perangkat Android. Setelah itu perhatikan apakah sinyal Indosat 4G sudah kembali atau belum.

Apabila gejala masih muncul maka silahkan lanjutkan membaca artikel di bawah sampai selesai. Sebab saya masih menyimpan segudang metode sebagai solusi di kala jaringan indosat error.

Aktifkan Mode Pesawat

Kenapa sinyal indosat jelek hari ini? bisa jadi karena server utama mengalami kerusakan atau maintenance. Saat mengalami gejala tersebut secara tiba-tiba pelanggan hanya perlu mengatur ulang koneksi. Cara mengatasi sinyal 4G Indosat tidak ada selanjutnya dapat dilakukan dengan mengaktifkan mode terbang.

Semua perangkat ponsel pasti memiliki fitur mode pesawat yang dapat kalian temukan ketika slide layar utama. Tanpa sadar, fitur satu ini sangat bermanfaat karena berfungsi untuk memblokir semua jenis sinyal tanpa harus mematikan hp.

Pengguna hanya perlu mengaktifkannya selama beberapa menit lalu mematikannya. Dengan demikian maka sinyal indosat akan reset dan kembali seperti semula. Bagaimana hasilnya? banyak yang sudah memberikan testimoni posif terhadap mode pesawat di kala jaringan indosat error.

Bila masih belum mengetahui bagaimana caranya maka simaklah langkah langkah berikut:

  1. Posisikan layar di halaman utama ponsel.
  2. Usap layar ke bawah sampai muncul dropdown menu.
  3. Pilih Icon bergambar pesawat terbang, lalu tap untuk mengaktifkannya.
  4. Tunggu beberapa saat sampai sinyal operator hilang dan berganti ke icon pesawat.
  5. Ulangi langkah 1 sampai 3 untuk mematikan mode pesawat.
  6. Silahkan coba untuk mengakses internet.

Ubah Mode Jaringan

Sudah bukan rahasia lagi kalau koneksi im3 termasuk lemah di beberapa daerah. Penyebabnya datang dari aspek persebaran infrastruktur yang kurang merata. Sehingga wajar saja apabila saat pelanggan bepergian ke luar kota maka sinyal indosat tidak muncul, sinyal 4G hilang, atau internet lemot.

Saya sendiri menyebut masalah ini dengan istilah "sinyal melompat lompat". Lazimnya pengaturan ponsel akan memprioritaskan tangkapan sinyal baik di kualitas 2g/3g/4g. Pengaturan itu bersifat default dan bisa diubah sesuai keinginan pengguna.

Cara mengatasi indosat tidak ada jaringan dan internet lemot yang jarang diketahui orang adalah mengubah mode jaringan. Adapun langkah langkahnya yaitu:

  1. Buka menu Setelan / Pengaturan.
  2. Masuk ke Kartu SIM & jaringan seluler.
  3. Pilih simcard Indosat.
  4. Selanjutnya pilih Tipe jaringan prioritas.
  5. Pilih 4G Prefered untuk memfokuskan tangkapan sinyal.
  6. Simpan pengaturan.

Metode di atas saya terapkan pada ponsel merk POCO X5 besutan xiaomi. Meski setiap merk ponsel memiliki fitur serta tataletak berbeda tapi secara garis besar langkahnya tetap sama. Yakni mengubah tipe jaringan prioritas menjadi 4G only.

Hubungi CS Indosat

Apakah kalian merasakan sinyal indosat jelek hari ini? jika iya maka segera lakukan panggilan ke customer service. Menelpon pihak cs menjadi salah satu opsi untuk mengetahui apakah di daerah kita sedang ada perbaikan jaringan atau tidak. Jika ternyata memang sedang ada perbaikan maka alangkah baiknya kalian menunggu sampai selesai.

Lantas berapa nomor customer service indosat? secara garis besar kalian bisa mengubunginya di nomor 123. Setelah tersambung pelanggna hanya perlu mengikuti arahan yang diberikan oleh narator. Jika memang ada kesalahan pada kartu yang menyebabkan sinyal 4G indosat tidak muncul maka kalian akan langsung dibantu.

Memindai Ulang Jaringan yang Tersedia

Jaringan indosat lemot memang mengganggu segala aktivitas. Konektivitas 4g yang harusnya lancar dipakai mengakses internet justru tidak muncul. Akibatnya banyak pengguna mengeluh lalu komplain ke customer service. Tapi tenang saja sebab saya mempunyai alternatif untuk menyelesaikan problematika tersebut.

Cara mengatasi sinyal Indosat tidak muncul selanjutnya dapat dilakukan dengan memindai ulang jaringan yang tersedia. Adapun beberapa langkah Searching Ulang jaringan di wilayah anda yaitu sebagai berikut:

  1. Buka menu Pengaturan.
  2. Pilih bagian Jaringan Seluler.
  3. Pilih bagian Operator Jaringan.
  4. Setelah itu akan ada pilihan Manual ataupun Otomatis.
  5. Pilih bagian Manual.
  6. Tunggu sampai proses selesai.
  7. Setelah itu akan muncul jaringan yang tersedia di wilayah anda untuk semua Operator.
  8. Pilih jaringan Indosat.
  9. Langkah langkah telah selesai.

Setting APN Indosat Tercepat

Cara mengatasi Indosat tidak ada sinyal 4G selanjutnya dapat dilakukan dengan mengganti APN pada jaringan. APN ialah pengaturan yang berguna untuk menggunakan dan memilih sebuah jaringan. Adapun langkah langkah mengganti APN yaitu sebagai berikut:

  1. Buka menu Pengaturan.
  2. Pilih bagian Jaringan Seluler.
  3. Pilih bagian Titik Point Akses.
  4. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan dan coba satu satu pilihannya maupun membuat APN baru dengan beberapa cara seperti di bawah ini:
  5. Klik pada Icon “+”.
  6. Isilah kolom tersebut dengan APN yang anda miliki.
  7. Klik Simpan.

Cara mengatasi sinyal 4G Indosat tidak ada ini memang dapat dilakukan dengan mengganti atau mendaftarkan APN baru. Untuk itu anda harus mengetahui beberapa APN yang dapat digunakan yaitu diantaranya:

Daftar APN #1

  • Nama Pengguna : Indosat
  • MNC : 01
  • MCC : 510
  • Jenis APN : Default, supl
  • Protokol APN : ipv4
  • Protokol Roaming APN : ipv4
  • Kolom yang lainnya dapat dibiarkan default atau dikosongkan saja.

Daftar APN #2

  • APN : 363.net
  • Server : 8.8.4.4

Daftar APN #3

  • APN : wap.indosat-m3.net
  • Server : nakula.indosat.com

Daftar APN #4

  • APN : indosatunlimited/indosatgprs
  • Server : indosatm2.com

Daftar APN #5

  • APN : vodafone
  • Server : wap.vodafone.com
  • Jenis Autentikasi : Tak Satupun
  • Server : www.google.com

Daftar APN #6

  • APN : mms.satelindogprs.com
  • Username : satmms
  • Password : satmm

Daftar APN #7

  • APN : indosatooredoo.com / indosatm2
  • Username : indosat
  • Password : indosatgprs
  • Server : 202.155.0.25

Ganti Kartu Perdana Indosat

Cara mengatasi Indosat tidak ada sinyal 4G selanjutnya dapat dilakukan dengan mengganti kartu perdana. Bisa saja hilangnya sinyal Indosat dikarenakan kartu perdana yang rusak. Untuk itu bukan HP anda yang bermasalah, melainkan Kartu Perdana yang bermasalah. Permasalahan ini dapat di atasi dengan mengganti Kartu Perdana HP dengan yang baru.

Kalian bisa mendapatkan kartu perdana baru di gerai ataupun konter terdekat. Jika tak ingin kehilangan data serta nomor yang tersimpan maka pergilah ke kantor resmi indosat. Lalu mintalah pergantian kartu pada customer service. Tapi sebelumnya, siapkan terlebih dahulu KTP serta KK sebagai syarat.

Menginstall Ulang Sistem

Cara mengatasi sinyal Indosat 4G tidak ada selanjutnya dapat dilakukan dengan menginstall ulang sistem HP anda. Langkah yang satu ini memang tergolong ekstrim karena jika salah dilakukan maka akan membuat kerusakan pada ponsel atau bahkan membuatnya  mati. Usahakan penginstalan Android dilakukan dengan benar dan baik jika menginginkan hasil yang sempurna.

Membawa ponsel ke konter atau service center juga bisa menjadi alternatif untuk mengatasi sinyal indosat tidak muncul di HP. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya bahwa hilangnya jaringan bisa disebabkan pula oleh faktor internal yang ada pada ponsel. Bisa saja perangkat receivernya rusak atau lain sebagainya.

Satu satunya solusi bila receiver rusak adalah melakukan service secara fisik. Bila masih dalam masa garansi maka sangat saya rekomendasikan untuk claim ke gerai resmi saja. Sedangkan untuk yang sudah lepas masa garansi tinggal pergi ke konter. Berapa biayanya? berdasarkan pengalaman berkisar antara 150 sampai 300 ribu tergantung tipe dan merk hp.

Cara Upgrade 4G Indosat

Selain menjelaskan tentang cara mengatasi sinyal Indosat 4G tidak ada, saya juga akan membahas tentang cara cara mengupgrade 4G Indosat. Cara ini ditujukan untuk anda yang mempunyai ponsel dengan layanan teknologi 4G LTE tetapi Kartu Perdana anda belum mendukung adanya sinyal 4G Indosat.

Cara mudah untuk upgrade Indosat 4G yang paling cepat yaitu dengan mendatangi gerai resmi terdekat. Setelah sampai di gerai Indosat, anda hanya perlu bilang ke CS untuk mengupgrade kartu SIM 3G untuk menjadi USIM 4G. Maka dari itu kartu Perdana anda akan diubah menjadi USIM 4G terutama replace secara otomatis oleh Customer Service.

Kartu USIM 4G replace memang hanya ada di gerai resmi Indosat dan tidak di jual bebas di konter konter. Namun sebelum itu anda harus membawa beberapa dokumen terlebih dahulu sebelum pergi ke gerai resmi Indosat. Adapun dokumen yang dibutuhkan yakni kartu SIM, KTP dan beberapa pesan atau kontak penting dalam kartu SIM anda.

Setelah melengkapi dokumen yang dibutuhkan, kemudian anda akan diberikan beberapa formulir untuk diisi. Setelah selesai, tunggulah sampai kartu Indosat anda tersedia sekitar 10 menit lamanya. Hal terpenting yang perlu anda perhatikan dalam mengurus pergantian kartu perdana Indosat digerai resmi ialah jangan lupa membawa KTP atau kartu tanda pengenal lainnya.

Sekian penjelasan mengenai beberapa cara mengatasi Indosat tidak ada sinyal 4G. Cara mengatasi sinyal 4G Indosat tidak ada dapat anda lakukan dengan mengikuti beberapa langkah di atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selama mencoba.

Posting Komentar untuk "12 Cara Mengatasi Indosat Tidak Ada Jaringan dan Sinyal 4G"