Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Kuota Lokal Axis di Semua Daerah

Cara Menggunakan Kuota Lokal Axis di Semua Daerah - Hampir semua provider memiliki kebijakan tentang pembagian kuota berdasarkan zona atau daerah. Sama seperti namanya, local data merupakan jenis kuota pembagian yang tidak bisa dipakai di semua kota. Di lain sisi, beberapa pelanggan pun mengabaikannya sehingga kuota lokal tidak terpakai dan mengendap sampai hangus.

Kuota lokal axis untuk apa? inilah yang sering ditanyakan oleh pelanggan yang masih awam. Terlebih lagi pihak operator pun tak memberikan deskripsi secara lengkap kuota lokal untuk apa. Padahal jenis data satu ini sering diikutsertakan sebagai bonus atau bundling ketika kita mengaktifkan paket internet.

cara mengubah kuota lokal axis
Cara mengubah kuota lokal axis menjadi kuota reguler

Tidak heran jika banyak orang mencari cara menggunakan kuota lokal axis di daerah lain secara maksimal. Metode yang akan kita terapkan untuk mengakali masalah kuota lokal axis tidak terpakai bisa dilakukan dengan dan tanpa aplikasi.

Seperti yang saya sebutkan tadi, local data axis adalah kuota yang didapatkan ketika kita membeli perdana kuota taupun membeli paket internet axis. Cara menggunakan local data axis sebenarnya cukup mudah hanya harus berada pada zona aktivasi paket internet yang kalian beli. Namun sayangnya tidak semua orang paham bagaimana menghabiskan local data axis di kota lain. Oleh karenanya, dalam artikel singkat kali ini saya ingin memberikan edukasi pentingnya pemahaman jenis data tersebut.

Cara Menggunakan Kuota Lokal Axis di Semua Daerah

Pernahkah anda mengecek sisa kuota yang ada pada perdana? jika iya pasti kita akan menemukan berbagai jenis kuota. ketika memeriksa saya menyadari bahwa kuota lokal axis tidak terpakai bahkan tidak berkurang sedikitpun. Hal ini tentu memicu tanda tanya besar bagaimana cara memakai kuota lokal axis sampai habis.

Mayoritas orang memang tidak begitu memperhatikan adanya kuota pembagian pada saat mendaftar paket internet. Jika merasa ribet dengan peraturan tersebut ada baiknya kalian membeli paket unlimited saja. Secara garis besar, pihak operator memang menyediakan paket internet unlimited bulanan dengan harga beragam. Segala kelebihan dan pembahasanya pun sudah saya tulis rapi dalam artikel berjudul Cara Daftar Paket Unlimited Axis Murah Tanpa FUP.

Tapi, mari kita fokuskan pembahasan kali ini pada cara menggunakan kuota lokal axis di daerah lain. Karena tak sedikit orang yang masih bingung mengingat tak ada penjelasan secara rinci pada saat mengaktifkan paket data. Misalkan saja pembagian kuota malam, kuota siang, kuota reguler, local data axis dan lain sebagainya.

Sebenarnya kuota lokal memiliki konsep yang sama dengan data reguler. Perbedaanya pada penggunaan yang terbatas zona tertentu sesuai kebijakan dari penyedia layanan. Zona tersebut bisa meliputi beberapa wilayah, daerah, maupun kota pendaftaran paket. Nah, pada artikel kali ini kita akan memfokuskan pembahasan pada cara menggunakan kuota lokal axis di semua daerah.

Apa Itu Kuota Lokal Axis

Sebagai salah satu penikmat internet kita pasti sudah sangat familiar dengan keberadaan kuota pembagian. Sistem ini tidak hanya diaplikasikan oleh provider axis saja melainkan semua operator seluler di Indonesia. Lantas kuota lokal axis untuk apa? sebelumnya, kalian perlu mengetahui definisinya terlebih dulu.

Kuota lokal adalah jenis kuota yang hanya bisa dipakai di daerah awal pendaftaran paket internet. Jenis data yang satu ini tidak terikat oleh jam dan waktu melainkan mengacu pada wilayah. Wajar saja ketika pengguna ke luar kota kuota lokal tidak bisa digunakan dan akan menyedot data utama.

cara menggunakan kuota lokal axis di daerah lain
cara menggunakan kuota lokal axis di daerah lain

Lazimnya kalian akan mendapatkan jenis data satu ini ketika membeli paketan bronet, AIGO, dan sebagainya. Deretan paket tersebut akan memberikan pelanggan kuota dari 1gb hingga 6gb yang jumlah dan penggunaan datanya bisa kita cek melalui aplikasi axis dan diap up *889#.

Masalahnya, mayoritas pengguna ponsel hanya berfokus pada data utama saja dan terkesan mengabaikan jenis kuota lain. Akhirnya semua bonus yang kalian peroleh dari bundling pembelian hanya akan hangus. Lalu bagaimana cara menggunakan kuota lokal axis di daerah lain sampai habis?

Kuota Lokal Axis Tidak Bisa Digunakan

Dari penjelasan diatas sebenarnya kita sudah bisa menarik kesimpulan mengapa kuota lokal tidak bisa digunakan. Ya, jawabannya karena pengguna meninggalkan kota asal yang menjadi zona aktivasi paket. Peraturan tersebut pastinya sangat merugikan terlebih jika kita sering bepergian ke luar kota.

Inilah alasan penting mengapa sebelum aktivasi paket kita harus membaca deskripsi yang ada di dalamnya. Alangkah baiknya kita menyesuaikan paket kuota dengan kebutuhan serta mobilitas. Secara garis besar paket yang menyertakan local data memang sangatlah besar volumenya. Tapi privilege tersebuh harus kalian bayar dengan penggunaan yang terbatas hanya pada zona aktivasi saja.

Sebelum mulai menggunakan kuota lokal axis di dearah lain ada hal yang harus kalian lakukan terlebih dulu. Ingatlah di kota mana mendaftar paket internet karena asal daerah tersebut merupakan kunci utama mengakali kuota lokal axis tidak bisa digunakan.

Bagaimana cara cek kuota lokal Axis di kota mana? nah untuk masalah ini sebenarnya gampang-gampang susah. Secara garis besar pelanggan bisa mengecek lewat customer service. Tanyakan informasi paket terakhir yang kita registrasi. Maka pihak CS akan memberikan detail berupa nama paket, tanggal aktivasi, kota, dan lain sebagainya.

Pihak operator menyediakan layanan CS dari sosial media seperti FB dan tweeter. Kamu juga dapat menghubungi nomor customernya langsung lewat panggilan telepon. Alternatif lainnya anda harus mengingat sendiri di kota mana anda aktivasi paket tersebut.

Cara Menggunakan Kuota Lokal Axis di Daerah Lain

Lazimnya, kalian dapat memakai local data hanya pada wilayah tempat dimana mengaktifkan paket tersebut. Tapi apa yang harus kita lakukan semisal berpindah kota? contohnya saat diminta pergi ke suatu daerah keluar zona pendaftaran. Inilah pentingnya mempelajari trik pindah lokasi agar kalian tak perlu lagi mengaktifkan paket internet yang baru.

Sebenarnya hanya terdapat dua cara untuk menggunakan kuota lokal axis agar tidak hangus sia-sia. Antara kita swap jaringan dari 3g ke 4g ataupun sebaliknya dan menghubungi call center axis terkait keluhan kuota lokal tersebut.

Jika anda tidak ingin dipusingkan, saya mempunyai trik tersendiri untuk bisa memakai kuota lokal axis tersebut yakni dengan menggunakan aplikasi fake gps dan melakukan sinkronisasi dengan anonytun. Jadi seolah kita akan berada di daerah dimana kuota tersebut berlaku. 

Setting Fake GPS Axis

Salah satu cara menggunakan kuota lokal axis di daerah lain adalah dengan memanfaatkan aplikasi fake GPS. Prinsip kerja aplikasi ini cukup sederhana yakni memalsukan lokasi ponsel sehingga terlihat sedang berada di suatu daerah. Sayangnya tak semua pengguna tau manfaat dari aplikasi satu ini.

Jadi misal kota awal mendaftar paket internet ada di medan dan kebetulan kita sedang bepergian ke cirebon. Maka kalian hanya perlu mengatur lokasinya kembali ke kota asal dimana paket diaktifkan. Secara garis besar ada banyak sekali aplikasi yang menawarkan fungsi serupa di playstore. Sebagian mengharuskan kita melakukan root hp terlebih dahulu. Tapi ada juga yang hanya meminta mengaktifkan opsi pengembang.

cara menggunakan kuota lokal axis di semua daerah
Setting fake GPS

Oleh karenanya, simaklah cara setting fake GPS kuota lokal axis di daerah lain berikut ini:
  1. Install fake gps terlebih dahulu, anda bisa melakukan instalasi melalui playstore.
  2. Selanjutnya adalah mengizinkan aplikasi fake gps mengakses lokasi anda (allow mock location). Masuk ke pengaturan ponsel, pilih opsi pengembangan, pada aplikasi debugging silahkan aktifkan mock location.
  3. Lalu buka aplikasi fake gps yang telah kita instal sebelumnya.
  4. Arahkan lokasi GPS ke daerah dimana kita membeli paket internet axis.
  5. Selanjutnya klik play untuk mengaktifkan settingan fake gps.
Apakah trik sudah selesai? tentu saja belum karena masih ada satu lagi aplikasi yang harus kita pakai. Sebenarnya ada beberapa opsi yang dapat dipilih seperti http injector, anonytun, KPN tunnel, dan lain-lain. Tapi entah mengapa saya tertarik untuk memakai anonytun saja karena interface yang sederhana sehingga mudah untuk dioperasikan.

Setting Anonytun Axis

Setelah pengaturan fake gps sudah kita aktifkan (pastikan anda tidak menutup atau mematikan fake gsp). saatnya setting aplikasi anonytun agar cara menggunakan kuota lokal axis di dearah lain dapat work. Aplikasi ini menjadi kunci agar ip serta proxy yang kita pakai berubah menyesuaikan lokasi dari fake GPS.

Karena keduanya merupakan aplikasi wajib yang tidak bisa dipisahkan dan harus berjalan secara bersamaan. Maka kita lanjutkan pengaturan ke anonytun untuk melengkapi trik sebelumnya dengan cara:
  1. Install aplikasi anonytun terlebih dahulu.
  2. Buka anonytun lalu masuk ke stealth setting.
  3. Pastikan settingan anonytun seperti ini:
    Stealth tunnel: ON
    Connection port: 443
    Connection protocol: SSL
    Advancel SSL: ON
    Custom TCP: Off
  4. Selanjutnya masuk ke menu edit SSH setting, lalu atur seperti dibawah ini
    True SSL (Anti DPI): Ceklis
    Spoof host: Ceklis dan isi dengan (port)
    Spoof host: www.axisnet.id
    Spoof port: 443
  5. Selanjutnya pilih oke dan tap save untuk menyimpan.
  6. Langakah terakhir adalah tap connect untuk mulai terhubung.
Setelah anonytun terhubung, kita bisa memakai kuota lokal kapan saja dan dimana saja. Local data yang tadinya tidak bisa dipakai sekarang sudah bisa dipakai siang ataupun malam di jaringan 3g maupun 4g. Namun jika anda mendapati anonytun hanya reconnecting saja, maka refresh jaringan anda atau pilih lokasi server dari negara lain.

Cara Menggunakan Kuota Lokal Axis Sampai Habis

Meski dapat mengakali lokasi pemakaian alangkah baiknya pelanggan mematuhi aturan yang diberlakukan oleh pihak operator. Karena peluang ketika kalian memaksakan APN atau pengaturan diatas sangatlah kecil. Terlebih resiko salah pengaturan justru bisa membuat ponsel tidak bisa mengakses internet.

Jika memang hendak bepergian ke luar kota maka silahkan daftar paket internet reguler atau unlimited saja. Agar nantinya kalian tak perlu repot bertanya kenapa kuota lokal axis tidak berkurang dan tak terpakai. Pada sesi kali ini saya ingin memberikan tutorial cara menghabiskan local data secara legal.

Sebenarnya, cara menggunakan kuota lokal axis sama saja seperti kalian mengakses internet memakai paket data reguler. Perbedaanya terletak pada lokasi pemakaian yang hanya terpaku pada satu daerah saja yakni kota awal aktivasi paket. Inilah alasan kenapa saat pelanggan bepergian keluar kota maka jenis kuota tersebut tidak berkurang sama sekali.

Oleh karenya, perhatikanlah bundling serta layanan yang akan kalian beli jika dalam waktu dekat ingin bepergian. Karena tak semuanya dapat kita pakai secara leluasa. Lantas bagaimana jika ternyata dua trik internet di atas tidak berfungsi? Nah, kalian harus pergi ke kota awal untuk memakai local data kembali.

Jika trik di atas sudah mati, maka yang perlu kita ganti adalah server spoof host baru pada settingan anonytun. Jika anda mengalami kesulitan dalam langkah langkah memakai local data axis, kuota bronet, ataupun kuota lainnya silahkan tanyakan melalui kolom komentar. Itulah cara menggunakan kuota lokal axis di semua daerah yang dapat saya rangkum dalam artikel kali ini.

1 komentar untuk "Cara Menggunakan Kuota Lokal Axis di Semua Daerah"

Disclaimer: Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.