Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting APN XL 4G Unlimited Stabil Tercepat Anti Lemot

Cara Setting APN XL 4G Unlimited Stabil Tercepat Anti Lemot - Mengubah APN banyak dilakukan pengguna untuk mendapatkan koneksi internet yang lebih cepat dan stabil. Meskipun pada dasarnya pengaturan default APN bawaan hp sudah bisa kalian pakai mengakses internet. Namun, terkadang performa jaringan yang kita dapatkan terasa kurang maksimal. Maka dari itu mayoritas pelanggan mencari cara setting APN XL tercepat untuk menjaga stabilitas koneksi internetnya.

Cara setting apn XL 4G unlimited stabil tercepat
Cara mengubah APN XL 4G tercepat

Meski dibekali teknologi HotRod plus ternyata tidak membuat performa jaringan XL selalu prima. Hal itu pun sempat dirasakan sebagian orang yang registrasi paket Xtra combo, paket akrab, ataupun kuota add on. Keluhannya pun sama yakni internet XL lemot serta sering drop tanpa sebab. Hal inilah yang menjadi latar belakang mengapa kita perlu setting APN XL untuk mendapatkan kecepatan internet terbaik.

Cara setting APN xl tercepat memang tidak semudah membalik telapak tangan karena kalian perlu ketelitian serta hati-hati. Hal ini disebabkan karena sektor pada pengaturan jaringan ponsel sangatlah rawan. Alih-alih mendapatkan internet cepat dan stabil. Jika salah memasukan data ataupun input server APN maka ponsel malah tidak bisa tersambung ke internet. Inilah alasan mengapa saya membahas cara mengubah APN XL beserta dengan server paling stabil untuk segala aktivitas digital.

Cara Setting APN XL 4G Unlimited Stabil Tercepat Anti Lemot

Trik ganti APN pada dasarnya sudah menjadi hal biasa di kalangan pelanggan lama khususnya mereka yang memakai paket internet unlimited. Pasalnya dengan mengganti APN kita bisa menghilangkan FUP XL dan mendapatkan koneksi internet super cepat layaknya tanpa FUP. Begitu pun pengguna paket combo Xtra lite yang gemar mengubah kuota combo non internet agar bisa dipakai berselancar di dunia maya. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

APN XL bisa diibaratkan sebagai sebuah pintu gerbang yang menghubungkan smartphone dengan internet. Setiap operator seluler memiliki settingan APN tersendiri dan berbeda. Fungsinya adalah agar tidak terjadi tabrakan data yang menyebabkan internet menjadi lemot tidak stabil.

Namun faktanya di beberapa daerah sinyal XL masih lemah bahkan sering drop tanpa adanya alasan jelas. Hal ini diperkuat dengan banyaknya pengguna yang mengeluh sinyal 4G hilang mendadak hingga kecepatan internet lemot ketika dipakai bermain game online. Solusi dari masalah ini adalah mengganti APN XL default dan mencari cara setting APN XL 4G yang lebih stabil.

Baca juga: Cara Setting APN Smartfren 4G Unlimited Tercepat 

Selain server yang cepat, dalam mengganti APN XL memang diperlukan ketelitian dan kehati-hatian. Alih-alih mendapatkan kecepatan internet yang stabil cara setting APN XL yang salah bisa mengakibatkan ponsel tidak bisa tersambung ke internet. Selain itu pemilihan server pun juga menjadi hal penting karena setiap APN memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Seperti contoh APN khusus 4G, APN XL unlimited untuk menghilangkan FUP, hingga pengaturan APN game online.

APN XL 4G

Meskipun XL sudah dibekali teknologi hotrod yang sangat unggul di jaringan 3G, namun masih banyak yang meragukan provider ini di jaringan 4G. Dan benar saja, banyak pelanggan yang mengeluhkan lemotnya jaringan internet 4G XL di beberapa kota. Padahal sinyal 4G harusnya mengindikasikan kecepatan dan stabilitas internet mengingat 4G merupakan teknologi terbaru saat ini.

Untuk mengakalinya, kita bisa mengubah APN XL 4G tercepat yang memang diperuntukan untuk pengguna 4G XL. Lalu bagaimana caranya? silahkan buka pengaturan APN di ponsel anda dan samakan settingan seperti di bawah ini.

APN XL 4GData
NamaXL 4G
APNwww.xl4g.net
Username-
Password-
Proxy202.152.240.50
Port80
Server-

Setelah kalian mengganti APN sama persis seperti tabel di atas langkah selanjutnya adalah mengubah mode jaringan ke 4G only. Mengapa demikian? Karena settingan tersebut tidak akan bekerja di jaringan 3G maupun 2G (GPRS). Selain itu, wilayah kalian juga harus tercover sinyal 4G agar hasil yang didapat lebih maksimal. Nah, bagi kalian yang masih bingung cara setting mode jaringan maka simaklah tutorial di bawah:

  1. Buka menu setting ponsel.
  2. Masuk ke menu pengaturan jaringan.
  3. Pilih pengaturan kartu SIM.
  4. Pilih Mode Jaringan.
  5. Atur menjadi 4G only.
  6. Simpan Pengaturan.

Setelah selesai setting APN XL 4G diatas, silahkan simpan dan refresh jaringan anda. Hasil setiap orang berbeda beda karena gateway APN juga memiliki limit pemakaian. Jika masih terasa lemot silahkan coba APN XL lainnya. Lalu settingan apa saja yang bisa dipakai selain settingan APN diatas? silahkan simak artikel ini sampai selesai.

APN XL Stabil

Banyak pengguna yang mengeluhkan internet XL lemot ketika dipakai bermain game online streaming maupun browsing. Selain kecepatan salah satu faktor yang mendukung nyamannya berinternetan adalah stabilitas jaringan. Inilah yang berusaha dihadirkan operator XL hingga sekarang melalui peningkatan layanan dan pembangunan infrastruktur jaringan.

Sayangnya segala upaya tersebut ternyata belum berhasil diimplementasikan secara maksimal. Jaringan internet yang belum merata menjadi salah satu fakta sekaligus permasalahan yang dialami sebagian pelanggan XL. Salah satu cara mengatasi internet lemot dan drop tidak lain adalah dengan mengganti APN default.

AHA merupakan salah satu server APN yang paling banyak digunakan baik itu dari pengguna telkomsel, smartfren ataupun XL. Trik mengatasi jaringan drop dengan server AHA terbukti ampuh mengatasi permasalahan jaringan drop hingga patah-patah. Cara setting APN XL AHA sangat mudah, kita hanya perlu mengganti default APN ke settingan seperti dibawah ini:

APN XL AHAData
NamaInternet XL
APNAHA
Username-
Password-
Proxy-
Port-
Server-

Jika sudah selesai melakukan konfigurasi, silahkan save seperti biasanya. Selanjutnya silahkan nikmati cepatnya internet dari APN XL 4G dari AHA. Jangan lupa untuk melakukan konfigurasi ulang dan mengubah APN menjadi default ketika anda bepergian ke luar daerah. Pasalnya, settingan tersebut akan error dan perlu dilakukan konfigurasi ulang.

APN XL Untuk Game Online

Game online menjadi salah satu kebutuhan yang harus terpenuhi untuk para generasi muda. Mulai dari siswa kelas SMP hingga mereka yang sudah bekerja pun gemar bermain permainan yang notabennya memerlukan koneksi internet tersebut. Misalnya saja game mobile legends dengan konsep mobile moba, PUBG, dan Free fire berkonsep battleground. Tidak hanya butuh internet cepat saja tapi semua game tersebut memerlukan kualitas jaringan yang stabil untuk mendukung permainan.

Cara setting APN XL tercepat untuk game online pun akhirnya banyak dicari oleh kalangan anak muda. Di lain sisi, kita pun juga tak bisa menampik selain spesifikasi gadet ternyata stabilitas internet pun juga mempengaruhi jalannya permainan. Tidak heran jika banyak orang mengeluh dan marah ketika lag bermain game mobile legends dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi segala permasalahan tersebut biasanya para player mengganti APN ponsel mereka menjadi custom. Saya sendiri pun merekomendasikan anda untuk mengubah APN XL anda menjadi server khusus untuk bermain game online.

Cara setting APN XL Game Online cukup mudah, samakan data di hp kalian seperti pada tabel di bawah:

APN XL Game OnlineData
NamaXL Game Speed
APNwww.xlspeed.net
Username-
Password-
Proxy-
Port-
MCC510
MNC11
Tipe OtentikasiPAP
Tipe APNdefault,supl
Protokol APNIPv4

Setelah melakukan cara setting APN XL anti lag seperti di atas silahkan simpan mengaturan dan restart jaringan. Dengan demikian akses poin anda sudah berganti server dan bisa dipakai untuk bermain mobile legends free fire hingga PUBG tanpa lag.

Akantetapi, jika anda mengalami lag maupun sinyal drop secara tiba-tiba bisa dipastikan jika itu adalah murni lemahnya sinyal operator XL di wilayah anda. Maka carilah tempat dengan kekuatan sinyal yang mumpuni.

Sebagai catatan, ada baiknya mencadangkan APN XL defaul terlebih dahulu sebelum menggantinya menjadi APN XL game online seperti diatas. Dengan demikian ketika kita hendak mereset pengaturan defaultnya sudah tersedia.

APN XL Tercepat

Siapa bilang dalam masalah kecepatan internet XL kalah dengan provider lain? Teori tersebut terbantahkan dengan adanya Setting APN XL Speed. Apn XL yang satu ini memberikan akses internet super cepat pada pelanggan. Khususnya mereka yang gemar melakukan kegiatan download dan upload.

Baca juga: Cara Daftar Paket Nelpon XL Murah Sepuasnya ke Semua Operator
Sayangnya tidak semua orang mengetahui bagamana cara setting APN XL 4G Speed ini dengan benar. Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini saya akan membagikan settingannya. Silahkan simak dan samakan settingan APN ponsel anda sesuai dengan tabel di bawah ini:

DeskripsiKeterangan
Nama APNXL Speed
APNwww.xlspeed.net
Proxy-
Port-
Username-
password-
ServerNot Set

Perlu diketahui bahwa kecepatan yang kalian dapatkan setelah meyimpan setting APN XL 4G di atas akan berbeda beda. Hal ini dipengaruhi dari daerah dan kepadatan APN itu sendiri. Ya, bisa dibilang semakin banyak user memakai APN XL diatas maka semakin drop pula jaringan yang didapatkan. Jika anda masih merasa lemot silahkan coba beberapa APN yang tersisa di bawah.

APN XL Xtra Combo Lite

Paket Xtra combo lite menjadi salah satu layanan yang diunggulkan oleh provider satu ini. Benar saja, banyak pengguna ponsel yang tertarik berlangganan karena tertarik oleh besaran kuota serta bonus pasca aktivasi.

Harga yang ditawarkan pun juga lumayan menarik yakni kurang dari 50 ribuan. Kelebihan lain terletak di aturan yang membolehkan semua pelanggan melakukan aktivasi. Tentu aspek ini tak akan kita jumpai pada kompetitornya.

Sayangnya kecepatan xl xtra combo lite sering mengalami penurunan pada waktu tertentu. Penyebabnya pun beragam mulai dari gangguan server hingga gateway yang penuh menampung pengguna. Nah, salah satu cara mengatasi masalah demikian adalah dengan setting APN XL xtra combo lite. Bila kalian tertarik maka ikutilah pengaturan pada tabel berikut:

APN SmartfrenDeskripsi
NamaXL xtra combo lite
APNInternet
Proxy-
Port-
Username-
Password-
ServerDefault

Sebagai catatan, settingan di atas saya rekomendasikan hanya untuk pengguna paket xl xtra combo lite saja. Kalau dalam prakteknya kalian berlangganan paket lain seperti hotrod atau unlimited maka silahkan pakai akses poin lain saja.

APN XL Anti Lemot

Pada awal kemunculan, operator XL terkenal menggaungkan jargon anti lemot pada setiap paket internetnya. Namun jargon tersebut tak diimbangi dengan infrastruktur memadai sehingga sering menimbulkan masalah di tengah masyarakat.

Tak jarang pelanggan mengeluh internet xl lemot dan sinyal 4G tidak stabil. Berkaca dari masalah itu akhirnya pihak operator memutuskan untuk membekali tiap paket dengan setting APN berbeda. Meski sebelumnya saya sudah ajarkan cara memperkuat sinyal XL tapi ternyata masih kurang ampuh.

Untuk mewujudkan jargon di atas maka saya pun tertarik mencoba beberapa trik mempercepat internet XL. Bagaiman triknya? yakni dengan mengubah nama akses poin dari default ke custom. Cara setting APN xl anti lemot sangat mudah yakni cukup menyamakan data seperti tabel di bawah:

APN XLDeskripsi
NamaXL Super Internet
APNwww.xlsuper.net
Proxy-
Port-
Username-
Password-
ServerDefault

Akses poin tersebut saya peroleh setelah membaca referensi dari situs hindsband. Terlepas dari work atau tidaknya saya rasa settingan itu layak untuk kita coba. Apabila ternyata APN kartu XL di atas berfungsi maka berikanlah testimoni lewat kolom komentar.

APN XL Unlimited

Siapa yang tidak suka dengan sesuatu yang unlimited? tentu semua orang suka. Konsep unlimited sendiri menawarkan internet tanpa batas kuota dan dibatasi oleh masa aktif saja. Dulu XL sering memberikan promo paket internet ini. Namun seiring berjalan waktu paket unlimited XL sudah mulai hilang dan diberlakukanlah sistem FUP.

FUP sendiri adalah singkatan dari fair usage policy yang memungkinkan adanya pemakaian batas wajar harian, mingguan, dan bulanan untuk sebuah paket internet unlimited. Dengan kata lain kecepatan internet drop setelah pelanggan mencapai batas pemakaian yang sudah ditentukan. Tidak hanya itu saja, dalam beberapa kasus pengguna kartu XL juga mengeluhkan sinyal patah-patah ketika sudah mencapai FUP.

Tapi, ada cara menghilangkan FUP paket internet XL unlimited yakni dengan mengubah servernya. Dengan kata lain pelanggan bisa memperoleh kembali kecepatan dan stabilitas jaringan seperti sebelumnya meskipun sudah mencapai batas wajar pemakaian. Sejauh saya mengenal operator seluler biru hanya ada beberapa server APN XL unlimited saja yang masih hidup.

Lalu bagaimana cara setting APN XL unlimited tanpa FUP? Simak dan samakan data pengaturan jaringan di ponsel kalian seperti berikut:

  • Nama apn: XL 4G Unlimited
  • APN: wap1.xl.co.id
  • Proxy: 202.153.129.73
  • Port: 80
  • Username: Not set
  • Password: Not set
  • Server: 8.8.8.8

Itulah kumpulan APN XL 4G yang masih work dipakai hingga sekarang. Cara setting APN XL 4G sama seperti setting APN pada umumnya. yakni buka menu pengaturan, lalu pilih setting jaringan dan pilih APN. Selanjutnya ganti APN default XL dengan salah satu APN XL diatas.

Sekian dan terimakasih telah membaca artikel ini. Jika terdapat langkah yang tidak dimengerti atau APN yang sudah tidak berfungsi silahkan cantumkan di kolom komentar. Selain cara setting APN XL 4G diatas saya masih memiliki beberapa cara mempercepat jaringan internet yang dapat anda baca dalam artikel yang berbeda.

Posting Komentar untuk "Cara Setting APN XL 4G Unlimited Stabil Tercepat Anti Lemot"