Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Memperkuat Sinyal XL 4G LTE Agar Tidak Lemot

6 Cara Memperkuat Sinyal XL 4G LTE Agar Tidak Lemot - Mengakses instagram, chatting, hingga streaming sudah menjadi kebiasaan masyarakat. Untuk menunjang aktivitas tersebut maka pengguna ponsel memerlukan kuota melimpah dan jaringan stabil. Melihat pontesi tersebut maka semua operator seluler tanah air pun tak tinggal diam dan terus berinovasi menghadirkan layanan terbaiknya.

Cara memperkuat sinyal xl yang lemah

XL merupakan operator seluler yang terkenal akan jargonnya yang berbunyi "internet ngebut anti lemot". Untuk mewujudkannya, pembangunan infrastruktur jaringan pun terus digaungkan di berbagai daerah. Harapannya agar mampu menjangkau wilayah dengan kekuatan sinyal XL lemot. Dengan demikian pelanggan pun dapat merasakan pengalaman lebih baik ketika berselancar di dunia maya.

Tapi harapan itu berbanding terbalik dengan kenyataan yang dialami oleh pengguna. Banyak yang mengeluh dan akhirnya berpindah ke telkomsel ataupun smartfren sebab berbagai alasan. Sebut saja karena sinyal XL jelek dan internet lemot. Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan masalah tersebut? kita akan segera membahasnya.

6 Cara Memperkuat Sinyal XL 4G LTE Agar Tidak Lemot

Kita tak bisa menampik fakta bahwa xl termasuk provider yang menyediakan berbagai kebutuhan untuk pelanggan. Mulai dari paket internet bulanan, paket unlimited, nelpon, hingga SMS bisa kita beli dengan harga relatif murah.

Sayangnya produk unggulan tersebut kurang didukung oleh jaringan yang kuat sehingga membuat pelanggan kurang nyaman. Akhirnya banyak orang hengkang dan beralih ke provider lain yang menawarkan kualitas jaringan lebih baik. Tapi tak sedikit pula pengguna memilih untuk mengoptimasi sendiri koneksi internet agar lebih cepat.

Cara memperkuat sinyal XL 4G lte menurut saya cukup tabu untuk dibicarakan. Pasalnya frekuensi pancaran sinyal memang sudah diatur oleh pihak operator menyesuaikan teknologi yang dipakai. Meski begitu, tak serta merta menutup kemungkinan untuk menstablikan jaringan lewat serangkaian metode.

Misalnya mengubah settingan ponsel agar menangkap sinyal lebih baik dengan memfokuskan mode jaringan. Alternatif lain adalah dengan setting APN XL tercepat seperti yang pernah saya bahas. Bahkan beberapa orang percaya dengan memasang stiker alumunium bisa memperkuat sinyal. Nah, pada artikel kali ini mari kita fokuskan pembahasan hanya pada cara mengatasi sinyal xl lemot saja.

Cara Memperkuat Sinyal XL 4G

Beberapa merk ponsel memang sudah support untuk mengganti mode jaringan. Kalian bisa menemukan opsi tersebut di setelan lanjutan atau opsi pengembang. Tapi ada juga tipe hp yang tak menyertakan fitur itu di menu pengaturan sehingga pengguna pun harus mencari alternatif lain.

Untungnya kita tetap bisa mengatasi jaringan XL 4G lemot lewat kode dial. Penasaran seperti apa caranya? simaklah tutorial di bawah:

  1. Dial kode *#*#4636#*#*.
  2. Tunggulah bebera saat sampai muncul dialog box baru.
  3. Masuk ke pengaturan informasi ponsel.
  4. Aturlah tipe jaringan ke LTE Only.
  5. Jika opsi LTE tidak ada maka pilih WCDMA Only.
  6. Simpan settingan dan reset jaringan.
  7. Selesai.

Konsep dari metode ini sebearnya cukup sederhana yakni pengguna memfokuskan tangkapan sinyal hanya pada 4G only. Nah, fitur ubah mode jaringan sendiri juga dapat kalian aktifkan lewat menu pengaturan ponsel seperti yang sudah pernah saya bahas.

Sebagai catatan, setiap ponsel memiliki fitur serta menu berbeda terkait ubah mode jaringan. Jadi jangan heran bila cara memperkuat sinyal XL 4G lte di atas tidak work karena hp kalian belum support. Namun tak perlu risau karena saya akan memberikan metode yang lebih aman dan terbukti ampuh.

Cara Menstabilkan Jaringan XL

Selain internet cepat, salah satu aspek yang menjadi nilai plus di mata pelanggan adalah jaringan yang stabil. Hal inilah yang justru menjadi PR besar untuk semua penyedia layanan telkomunikasi. Karena terlalu fokus pada inovasi produk akhirnya banyak provider lupa meningkatkan infrastruktur layanannya.

Berbagai macam keluhan seperti sinyal XL lemot pun akhirnya menjadi persoalan di tengah masyarakat. Sebagian orang yang tak nyaman lebih memilih berganti kartu, tapi ada pula yang masih bertahan karena masih tertarik dengan paket xl xtra combo lite. Lalu adakah cara agar jaringan 4G XL stabil saat dipakai? tentu saja ada.

Kalian bisa mengubah pengaturan APN XL dari default ke custom sesuai kebutuhan. Cara memperkuat sinyal XL 4G lte satu ini terbukti ampuh untuk segala kondisi. Mulai dari streaming youtube, mengakses sosial media, untuk main game online, atau hanya sekedar browsing biasa.

APN sendiri mengacu pada nama akses poin yang menghubungkan perangkat ponsel ke jaringan. Dalam berbagai kesempatan saya bahkan sudah pernah membahas APN XL 4G tercepat di artikel sebelumnya.

Tapi cara setting APN untuk menguatkan sinyal XL 4G secara umum adalah:

  1. Masuk menu Pengaturan/Setelan.
  2. Pilih pengaturan SIM dan Jaringan.
  3. Pilih SIM Card XL.
  4. Lalu masuk ke Nama Titik Akses.
  5. Pilih Tambah APN Baru.
  6. Isikan Data APN Andalan kalian.
  7. Simpan.

Aplikasi Penguat Sinyal XL

Meski sudah saya terangkan berkali kali tapi faktanya sebagian pengguna tak berani mengubah APN. Rasa takut muncul sebab salah saat setting APN XL maka akan berakibat ponsel tidak terhubung ke jaringan. Apakah kalian salah satunya? jika iya tak perlu risau sebab saya punya alternatif lain.

Banyak orang berspekulasi cara memperkuat sinyal XL 4G yang paling efektif adalah dengan memasang aplikasi pihak ketiga. Boleh jadi menginstall aplikasi penguat sinyal XL bisa membantu mengatasi internet lemot. Beberapa situs terpercaya juga memberi rekomendasi untuk melakukannya daripada ambil resiko mengganti APN.

Nah, bagi kalian yang tak mau ribet mengatur jaringan secara manual maka silahkan instal aplikasi penguat sinyal XL dari playstore. Ada banyak sekali opsi yang dapat kalian pilih tapi pastikan apps tersebut trusted.

Sebab banyak beredar aplikasi penguat sinyal yang ternyata itu adalah palsu. Bukannya mampu mempercepat internet tapi data pengguna malah terancam berkatnya. Inilah alasan mengapa kalian harus benar-benar waspada dan selektif.

Berikut adalah cara menguatkan sinyal XL dengan aplikasi:

  1. Buka Playstore di ponsel.
  2. Di kolom pencarian ketik Net Optimizer: Optimize Ping.
  3. Langkah selanjutnya Install aplikasi.
  4. Buka lalu jalankan aplikasi.
  5. Pilih Activate Net Optimizer.
  6. Lakukan SCAN DNS untuk memperoleh jaringan lebih cepat dan stabil.
  7. Selesai,

Jujur saja, saya belum pernah memakai aplikasi penguat sinyal apapun sampai sekarang. Maka dari itu, pembahasan pada artikel ini pun jadi terbatas karena minimnya pengetahuan. Tapi kalau boleh sedikit saran, hindarilah aplikasi yang mengharuskan root ponsel karena menurut saya apps semacam ini berpotensi merusak sistem.

Clear Cache dan History

Cara memperkuat sinyal XL 4G LTE selanjutnya adalah dengan membersihkan cache aplikasi browser di ponsel. Tanpa sadar, ternyata cache serta riwayat browsing memberi pengaruh besar saat kita mengakses internet. Karena data menumpuk tanpa dibersihkan maka performa ponsel pun menurun hingga seolah sinyal XL lemot.

Alih-alih menginstall aplikasi atau alat penguat sinyal tambahan lebih baik kita coba membersihkan datanya terlebih dulu. Secara garis besar pengguna bisa clear cache dan history langsung dari menu pengaturan aplikasi itu sendiri. Tapi kalau tidak ingin ribet silahkan install apps khusus perawatan ponsel seperti cleanmaster, ccleaner, dan lain sebagainya.

Alat Penguat Sinyal

Apakah memakai alat tambahan bisa menguatkan sinyal XL yang lemot? jawabannya tergantung jenis alat yang kalian pakai. Jika itu repeater GSM sudah jelas alat itu mampu menangkap lalu memproyeksikan frekuensi sinyal jadi lebih kuat.

Harga repeater sendiri terbilang cukup mahal bila penggunaanya hanya untuk sekelas hp. Maka dari itu saya sendiri pun tak merekomendasikan metode tersebut. Terkecuali bila memang kalian memakai operator xl sebagai modem yang tertaut ke PC.

Tapi beberapa hari belakangan muncul perdebatan serius tentang penggunaan stiker penguat sinyal xl yang dijual murah di marketplace. Jujur, saya pribadi kurang percaya bahwa stiker tersebut mampu menjadi cara memperkuat sinyal xl 4G lte yang lelet.

Mengapa demikian? karena sampai sejauh ini saya belum menelaah konsep atau cara kerjanya dengan benar. Tapi kalau kalian salah satu user yang memasan stiker itu mungkin bisa berbagi pengalaman lewat kolom komentar. Apakah cara menstabilkan jaringan xl tersebut work atau tidak.

Pindah Tempat yang Terjangkau 4G

Berpindah tempat mencari lokasi strategis dengan jangkauan jaringan yang baik sudah bukan rahasia lagi. Cara memperkuat sinyal XL 4G LTE satu ini menjadi andalan saya bila semua trik sebelumnya gagal mempercepat internet.

Biasanya masalah sinyal xl lemot paling sering dirasakan oleh mereka yang tinggal di pinggiran kota. Maka dari itu, solusi paling tepat untuk menghabiskan sisa kuota adalah dengan berpindah mencari tempat yang terjangkau jaringan 4G. Saya sarankan untuk pergi ke tempat umum di daerah perkotaan seperti taman, sekolahan, mall, dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui perubahan kualitas jaringan saya sendiri lebih suka memakai bantuan aplikasi. Speedtest misalnya, atau kalau ingin yang bersifat portable kalian dapat menggunakan OpenSignal. Berikut adalah langkah langkahnya:

  1. Buka Playstore.
  2. Di kolom pencarian ketik "Open Signal".
  3. Install Open Signal.
  4. Buka dan jalankan aplikasi.
  5. Ikuti petunjuk untuk mengecek dan menemukan tempat dengan kekuatan sinyal terbaik.
  6. Selesai.

Menghubungi Customer Care

XL sendiri memang masih dalam tahap berkembang tak seperti kompetitor lainnya. Ada berbagai trust issue yang muncul di benak pelanggan terkait dengan infrastruktur jaringan. Mulai dari sinyal XL lemah, internet XL lemot, jaringan error menjadi resiko serta tantangan yang harus dihadapi.

Salah satu cara memperkuat sinyal XL 4G LTE yang bisa kalian terapkan di kala internet lemot yakni call customer service. Langkah satu ini sekaligus menjadi opsi terakhir apabila semua metode yang saya jelaskan sebelumnya tidak work.

Adapun kontak customer care XL adalah:

  1. Telp ke nomor 817.
  2. Twitter myXLCare.
  3. DM instagram @myxlcare.

Buatlah pengaduan dengan menceritakan persamalahan secara kronologis bahwasanya internet XL lemot. Maka pihak CS akan langsung mengecek nomor dan memberikan tips untuk menguatkan sinyal XL 4G agar tidak lemot.

Itulah artikel singkat yang sedikit banyak membahas trik mengatasi sinyal xl lemot yang dapat saya sampaikan. Dari rangkaian metode di atas saya pribadi lebih memilih setting APN karena tak menimbulkan resiko selama tau pengaturannya.

Bila kalian juga tertarik maka simaklah pembahasan sebelumnya sebab semua materinya sudah lengkap di sana. Sekali lagi, terimakasih sudah membaca cara memperkuat sinyal XL 4G LTE pada kesempatan ini.

Posting Komentar untuk "6 Cara Memperkuat Sinyal XL 4G LTE Agar Tidak Lemot"