Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Frekuensi MNCTV Digital DVB-T2 Terbaru 2024 di Semua Satelit

Frekuensi MNCTV Digital DVB-T2 Terbaru 2024 di Semua Satelit - Televisi menjadi salah satu media favorit hiburan masyarakat. Kita bisa memilih dan menonton beragam tayangan mulai dari berita, sinetron, sampai sinema menarik. Semuanya telah tersaji menjadi satu dalam channel pilihan yang notabennya sudah mengudara di berbagai satelit. Kini kalian dapat mengakses frekuensi MNCTV di satelit telkom 4 maupun 3s, palapa D, Chinasat, dan lain sebagainya.

cara mencari channel MNCTV
Daftar Frekuensi MNCTV digital terbaru di semua satelit

Untuk menghadapi persaingan dalam industri penyiaran pihak stasiun televisi pun tak punya pilihan selain menghadirkan program baru yang fresh. Konten informatif edukatif dan ramah anak pun perlahan mulai muncul. Sayangnya beberapa penonton malah mengeluh frekuensi MNCTV  hilang dan kurang jelas. Inilah alasan mengapa kita perlu mengganti kode MNCTV MPEG2, MPEG4, HD, dan Mhz ke transponder.

MNC TV adalah stasiun televisi Nasional milik swasta di Indonesia yang banyak sekali penggemarnya. Adapun penggemar frekuensi terbaru channel MNC mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Untuk itu televisi kesayangan kalian bisa memperoleh kode frekuensi MNC TV terbaru ini dengan mudah. Lalu bagaimana cara memasukan frekuensi MPEG2 MPEG4 HD Mhz ke transponder? Nah dalam pembahasan kali ini saya akan membagikan beberapa frekuensi MNCTV digital terbaru 2024. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Frekuensi MNCTV Digital DVB-T2 Terbaru 2024 di Semua Satelit

Kita tidak bisa menampik fakta bahwa kode frekuensi MNC TV sering berganti dan hilang dari transponder. Hal ini pun tak lepas dari berbagai masalah seperti kerusakan pada satelit pemancar maupun perangkat receiver milik kita. Lazimnya, channel MNC terbagi menjadi dua kualitas yakni frekuensi MNC Mpeg2 dan MNC Mpeg4. Tapi seiring perkembangan teknologi penyiaran kita pun bisa menikmati kualitas gambar dan suara lebih jernih lewat kualitas HD serta Mhz.

Sedangkan sinyalnya dipancarkan melalui berbagai satelit baik secara nasional maupun swasta. Contohnya adalah satelit palapa D yang notabenya bersifat Geostasioner yang pembangunannya berskala global. Letak satelit Palapa D dalam menyampaikan frekuensi channel MNCTV ialah berada di 113⁰ Bujur Timur pada orbit Geostasioner. Pada satelit Palapa D memang menyediakan frekuensi MNCTV digital dengan tambahan beberapa channel stasiun televisi lainnya.

Baca juga: Frekuensi RCTI Terbaru 2024 di Semua Satelit

Seiring berjalannya waktu akhirnya pihak stasiun televisi pun menyiarkan pula frekuensi MNCTV di satelit telkom 4 dan 3S. Keduanya merupakan satelit terbaru yang mengusung teknologi digital atau bisa kita sebut sebagai UHF. Kualitas tayanganya pun tak perlu kita ragukan lagi karena mampu memberikan gambar serta suara lebih jernih.

Namun tak semua receiver bisa menangkap sinyal berformat UHF yang dipancarkan oleh satelit telkom 4. Maka dari itu pada artikel ini pun saya juga akan menyertakan channel berformat FTA di semua satelit. Penasaran seperti apa pembahasanya? simaklah artikel di bawah sampai selesai.

Frekuensi MNCTV Satelit Telkom 4

Tidak banyak orang mengetahui bahwa kini penonton bisa mengakses frekuensi MNC TV di satelit telkom 4. Sayang tidak semua receiver bisa menerima transmisi sinyal yang dipancarkan oleh satelit tersebut. Hal ini disebabkan karena perbedaan versi antara kedua perangkat itu sendiri. Pernyataan ini diperkuat oleh fakta bahwa mayoritas receiver lawas tidak bisa mengembalikan saluran MNC yang hilang.

Di bawah naungannya, frekuensi MNC TV digital K vision mampu menghasilkan output video serta audio yang lebih jernih. Alasannya tak lain karena pihak stasiun televisi sudah menggunakan modulasi berupa HD dan Mhz. Nah, jika kalian sedang mencari kode atau saluran MNCTV K vision di satelit telkom 4 maka simaklah tabel di bawah:

SaluranMNCTV HD Mpeg4
Frekuensi03861
Kode Audio12
Kode Symbol Rate30999
Kode PCR22
PolaritasVertikal

Hadirnya satelit telkom 4 seolah menjadi kabar gembira untuk seluruh penonton. Setelah mengusung teknologi yang lebih canggih kini stasiun televisi pun mulai berpindah dari analog ke digital. Dengan trasnsisi tersebut diharapkan bisa memberikan kualitas tayangan yang lebih baik. Kalau boleh memberi saran, jika tv sudah digital maka masukan kode di atas untuk menerima siaran MNCTV digital dari satelit telkom 4 saja.

Cara Memasukan MNCTV Digital FTA ke Receiver

Meski tak sebagus HD ataupun 4K tapi menurut saya pribadi kualitas FTA UHF sudah sangat cukup untuk memanjakan mata. Sayangnya tak semua orang tau bagaimana cara memasukan kode frekuensi MNCTV digital FTA ke receiver. Maka dari itu pada sesi singkat ini saya ingin menjabarkan tutorialnya. Simaklah langkah-langkah di bawah:

  1. Carilah channel MNC lama dan kita akan mencoba mengganti simbol ratenya.
  2. Masukan transponder yang kalian dapat dari tabel di atas.
  3. Masuk ke menu pengaturan receiver.
  4. Pada menu instalasi pilih daftar TP.
  5. Di layar akan muncul data polaritas lalu pilih ubah.
  6. Masukan kode transponder MNC telkom 4 yang baru.
  7. Langkah terakhir adalah pilih cari lalu simpan pengaturan.

Karena satelit telkom 4 memakai teknologi UHF membuat beberapa receiver keluaran lama tidak bisa membaca kodenya. Maka dari itu pastikan terlebih dahulu merk receiver milik kalian sudah support teknologi digital.

Frekuensi MNCTV Digital di Satelit Palapa D

Letak frekuensi MNCTV digital terbaru berada di transponder Satelit Palapa D disertai dengan dua macam receiver yang berguna untuk penerimaan siaran televisi pada channel tersebut. Frekuensi channel MNCTV dapat diperoleh para pengguna antena parabola secara manual dan otomatis menggunakan menu scan pada remote kontrol televisinya.

Ada trik untuk memperoleh sinyal yang bagus dalam antena parabola tersebut. Kalian bisa menggunakan feet yang berukuran 6 dan 8 dari satelit Palapa D sehingga sinyal yang diperoleh berkualitas 45% lebih.

Frekuensi channel MNCTV yang pertama memiliki kualitas gambar MPEG2. Anda dapat memperoleh frekuensi terbaru channel MNCTV ini melalui remot kontrol receiver yang dimiliki dengan cara otomatis maupun manual. Banyak yang menggunakan receiver dengan merk Matril Garuda, Tanaka Technosat dan sebagainya.

Frekuensi channel MNCTV memang selalu mengalami perubahan. Namun perubahan frekuensi terbaru MNCTV tersebut selalu memberikan pemberitahuan kepada penggunanya. Adapun frekuensi MNCTV digital yaitu meliputi:

DataKeterangan
Frekuensi4186 – 4187
Kode Audio32
Kode Symbol Rate08799 – 08800
Kode PCR33
PolaritasVertikal

Silahkan masukan data berupa kode pada tabel di atas ke dalam transponder untuk memperoleh channel MNC TV terbaru. Selain modulasi Mpeg2 saya telah merangkum pula beberapa saluran dengan kualitas gambar dan suara lebih jernih. Penasaran? simaklah pembahasannya di bawah sampai selesai.

Frekuensi MNCTV MPEG4

Frekuensi channel MNCTV selanjutnya memiliki kualitas gambar MPEG4. Frekuensi televisi digital adalah kombinasi sebuah sistem broadcasting pada modulasi video digital dengan audio visual. Dari stasium televisi yang menggunakan sistem kompresi akan melakukan proses transfer menuju satelit. Setelah itu akan berlanjut menuju televisi sebagai pesawat penerimanya.

Pada dasarnya MNCTV menggunakan konsep sistem modulasi sehingga siarannya harus diatur melalui metode pengkodean terlebih dahulu. Dan frekuensi channel MPEG4 sendiri adalah bentuk penjabaran kualitas yang lebih baik daripada versi sebelumnya.

Baca juga: Frekuensi TRANS TV 2024 Terbaru di Semua Satelit

Pada frekuensi channel MNCTV terbaru terkadang terdapat beberapa gangguan tayangan. Gangguan ini dapat diatasi dengan menggunakan parabola berkualitas terbaru sehingga anda dapat menghendaki pencarian frekuensinya dengan tepat. Adapun frekuensi MNCTV digital terbaru MPEG4 yaitu meliputi:

DataKeterangan
Frekuensi1320
Kode Audio1310
Kode Symbol Rate06499
Kode PCR1310
PolaritasHorizontal

Untuk menyimpan frekuensi MNCTV terbaru tinggal memasukkan data transponder pada tabel di atas. Tetapi jika pada televisi kalian belum ada sinyal MNC TV maka langkah yang perlu dilakukan ialah dengan cara blind scan atau scanning buta. Maka channel MNC secara otomatis akan muncul di televisi meski kalian harus menunggu proses agak lama.

Frekuensi MNCTV UHF

Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang frekuensi channel MNC UHF. Di beberapa daerah telah terjangkau sinyal dalam memperoleh tayangan pada stasiun televisi. Dengan begitu anda dapat menikmati hiburan televisi tanpa harus susah payah. Agar di berbagai daerah dapat terjangkau tayangan televisi dengan maksimal, maka membutuhkan frekuensi yang cukup tinggi.

Ultra High Frequency (UHF) ialah gelombang elektromagnetik yang memiliki frekuensi sekitar 300 MHz – 3000 MHz (3 GHz). Frekuensi MNCTV digital UHF adalah frekuensi pita yang digunakan pada MNCTV untuk mentransmisikan sinyal sinyal pada televisi. Untuk itulah UHF digunakan agar hasil frekuensinya tinggi dan gelombang fisiknya lebih pendek.

Siaran channel MNCTV dapat anda peroleh melalui Mhz dan UHF dengan cara scan channel yang ada pada remot kontrol televisi. Saya telah menyertakan pula kode frekuensi MNCTV digital UHF terbaru berdasarkan nama kota di pulai jawa pada tabel di bawah:

KotaFrekuensi MHZFrekuensi UHF
Yogyakarta511.2526
Bandung799.2562
Semarang551.2531
Malang591.2536
Surakarta511.2526
Surabaya559.2532
Jakarta599.2537

Pada dasanya implementasi UHF merupakan terobosan baru dunia pertelevisian yang menawarkan segudang kelebihan. Selain kualitas gambar serta audio ternyata siaran frekuensi UHF mampu memeberikan stabilitas lebih baik daripada FTA. Nah, saya rekomendasikan kalian memperbarui kode polaritas MNC yang ada pada satelit telkom 4 untuk memperoleh kualitas tersebut.

Transponder MNCTV Terbaru

Berapa kode transponder MNCTV satelit telkom 4? inilah yang sering ditanyakan oleh beberapa orang. Faktanya, frekuensi yang terus berubah-ubah membuat penonton kesulitan. Terlebih saat fitur blind scan tak bisa menemukan siaran dengan kualitas MPEG2, MPEG4, Maupun HD Mhz.

Oleh karenanya, dalam sesi terakhir ini saya telah merangkum beberapa kode transponder MNC di semua satelit mulai dari palapa D sampai telkom 3s dan 4. Kita tinggal melakukan sinkronisasi antara frekuensi MNCTV digital dengan transponder tersebut.

Satelit Frekuensi Transponder Keterangan
Palapa D 113.0⁰E 3774 H 6500 MPEG-4, FTA, C- Band
Palapa D 113.0⁰E 4186 V 8800 MPEG-2, FTA, C- Band
Chinasat 11 – 98.0⁰E 12560 V 43200 MPEG-4, FTA, Ninmedia/Ku-band
Telkom 3S– 118.0⁰E 12560 H 10000 MPEG-4, Scrambled, Transvision
Measat 3B– 91.5⁰E 12643 H 30000 MPEG-4, Scrambled, Transvision
SES 7 – 108.2⁰E 2565 V 22500 MPEG-4, Scrambled, MNC Vision/S-band

Tanpa perlu saya jelaskan tentunya anda sudah mengetahui cara menggunakan transponder MNC TV diatas. Silahkan input kode transponder sesuai dengan satelit yang ingin dipilih. Selanjutnya tinggal tunggu frekuensi MNCTV terhubung dengan televisi anda.

Tidak Bisa Memasukan Frekuensi MNCTV Digital

Meski cara memasukan frekuensi MNC TV di atas terkesan mudah tapi faktanya masih ada penonton yang kesulitan melakukannya. Pada saat kode diinput lalu discan channel tetap tidak muncul atau televisi menampilkan pesan "Maaf, saluran tidak ada". Lantas apa yang menyebabkan kendala tersebut?

Hal serupa juga saat pengguna melakukan blind scan DVB-T2 di tv android milik mereka. Maka dari itu, dalam sesi ini saya akan coba membahas cara mengtasi blindscan DVB-T2 error di tv android. Adapun beberapa faktor penyebabnya adalah:

Perbedaan Format DVB-T2

Salah satu penyebab kenapa frekuensi MNC TV digital tidak muncul pada saat blind scan karena perbedaan pada format DVB-T2. MNCTV mungkin menggunakan parameter teknis tertentu yang tidak sesuai dengan konfigurasi default pada beberapa perangkat TV digital. Oleh karena itu, pengguna disarankan untuk memastikan bahwa perangkat mereka mendukung format DVB-T2 yang digunakan oleh MNCTV.

Gangguan Sinyal

Blind scan pada TV digital dapat gagal jika sinyal stasiun televisi di area kalian lemah. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti cuaca buruk, bangunan tinggi, sampai perangkat elektronik lain yang menghasilkan gelombang elektromagnetik.

Cara memasukan frekuensi MNCTV Digital DVB-T2 paling aman agar terhindar dari gangguan sinyal yakni memasang antena. Kalian dapat memakai antena omni directional yang notabenya dapat menangkap sinyal ke segala arah. Tempatkanlah antena agak tinggi sehingga cakupannya jadi lebih lebar.

Antena Tidak Sesuai atau Rusak

Keberhasilan blind scan pada format DVB-T2 juga sangat tergantung pada kualitas antena yang digunakan. Antena yang tidak sesuai atau bahkan usang akan membuat frekuensi MNCTV sulit untuk ditangkap meskipun kalian berada di daerah perkotaan. Apabila mengalami kasus demikian hendaknya kalian beli antena modal baru yang notabenya hanya dijual puluhan sampai ratusan ribu.

Meskipun teknologi blind scan telah berkembang pesat, tetapi masih memiliki kelemahan. Terkadang, algoritma pemindaian mungkin tidak cukup efisien untuk menangkap frekuensi MNCTV digital secara akurat. Saya pribadi lebih menyarankan penonton mencoba metode pencarian manual sebagai alternatif.

Pembaruan Frekuensi dan Parameter

MNCTV atau penyedia layanan televisi digital mungkin melakukan perubahan frekuensi atau parameter teknis secara berkala. Jika pengguna tidak memperbarui informasi ini pada perangkat mereka, blind scan dapat gagal. Pastikan selalu memperbarui informasi frekuensi dan parameter melalui menu pengaturan pada perangkat TV digital.

Dalam menanggapi frekuensi MNCTV digital hilang sedangkan tidak bisa scan DVB-T2 memang butuh ketelitian. Menganalisa berbagai kemungkinan faktor penyebabnya sangatlah penting sehingga kita dapat mengantisipas atau menemukan solusi. Dengan pemahaman yang baik tentang faktor-faktor ini, pengguna dapat meningkatkan peluang keberhasilan dalam menangkap frekuensi dan channel MNCTV yang diinginkan.

Demikianlah frekuensi MNCTV digital terbaru 2024 yang dapat saya bagikan. Frekuensi channel MNCTV yang saya jelaskan di atas terdapat pada satelit Palapa D. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Frekuensi MNCTV Digital DVB-T2 Terbaru 2024 di Semua Satelit"